• Home
  • Berita
  • 14 Rekomendasi Web Proxy Gratis Untuk Kamu Coba

14 Rekomendasi Web Proxy Gratis Untuk Kamu Coba

Oleh Ratna Patria

Web proxy gratis terbaik – Di era yang serba digital ini, memungkinkan semua orang dapat mengakses internet dari mana saja. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa saat mengakses internet, data yang kita punya dapat diambil seseorang yang tidak bertanggung jawab. Kok bisa? Saat mengakses internet kamu akan mendapatkan alamat IP dan server bisa memperoleh informasi perangkat yang kamu gunakan, lokasi dimana kamu mengakses internet, dan bahkan data pribadimu melalui alamat IP tersebut.

Tentu saja tidak ada yang mau data pribadinya akan tersebar apalagi jika digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, ada teknologi yang bisa kamu gunakan untuk melindungi data pribadi kamu, yaitu proxy. Apa itu proxy? Yuk bahas dulu sebelum beralih ke topik selanjutnya.

Apa itu Web Proxy?

Pada dasarnya proxy adalah sistem yang digunakan sebagai jembatan penengah antara user dan internet. Jadi sistem ini akan melindungi identitas asli user, jadi data yang akan dikirimkan ke server menggunakan alamat IP dari proxy server yang digunakan, bukan IP address user yang asli.

Proxy banyak digunakan untuk perusahaan atau bisnis yang ingin mengembangkan jaringan secara tertutup. Selain itu kamu juga bisa mengakses situs website yang diblokir pada wilayah tertentu dengan menggunakan proxy.

Proxy juga bisa dipakai untuk banyak tujuan, tetapi salah satu fungsi utama proxy adalah untuk menyediakan tambahan lapisan keamanan dan privasi saat menjelajahi internet.

web proxy gratis
Sumber : envato

Proxy biasanya berfungsi sebagai “perantara” antara komputer dan situs web yang kamu kunjungi, sehingga menyembunyikan alamat IP asli kamu dan memungkinkan kamu mengakses situs web yang mungkin diblokir di area kamu.

Proxy juga dapat mempercepat kecepatan browsing kamu dengan menyimpan salinan konten yang sering diakses dalam cache-nya sendiri.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan beberapa Web proxy gratis yang akan DomaiNesia rekomendasikan untuk kamu. Simak terus ya!

Apakah situs proxy memiliki kekurangan?

Semua yang memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan. Salah satu kelebihan dari proxy adalah dengan menawarkan sistem keamanan untuk melindungi identitas pribadi.

Sedangkan kelemahan dari situs proxy sendiri yang pertama adalah menyimpan histori penelusuran. Proxy memang bisa memalsukan identitas pribadi sehingga data tersebut tidak bisa disalahgunakan oleh orang lain.

Namun, penyedia proxy pada umumnya menyimpan identitas asli lengkap dengan riwayat pencarian yang dilakukan.

Kedua adalah Tidak semua proxy melakukan enkripsi sehingga identitas asli masih bisa terlihat secara jelas oleh pihak ketiga.

Sumber : envato

Kondisi ini biasanya terjadi ketika kamu menggunakan proxy gratisan yang banyak dibagikan di internet.

Apa itu VPS proxy?

Proxy Server atau VPS Proxy adalah suatu server atau perangkat lunak yang menerima permintaan dari client dan meneruskannya ke beberapa server tujuan.

Mudahnya Proxy Server merupakan jembatan antara client dan server yang memastikan pertukaran data dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Fungsi dari server proxy atau VPS proxy sendiri adalah :

  • Sebagai Firewall. Proxy Server sebagai firewall akan menghalang, menyetujui , dan memblokir lalu lintas masuk sebelum mencapai jaringan.
  • Sebagai Caching. Proxy Server memiliki kemampuan untuk melakukan caching pada situs web sehingga web dapat diakses lebih cepat.
  • Sebagai Sharing Internet Connections. Server Proxy juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi koneksi internet.

Fungsi dari Proxy Video

Proxy video adalah layanan proxy yang dapat membantu user untuk mengakses situs video seperti streaming yang terkadang diblokir oleh web browser.

Biasanya untuk mengakses situs streaming video perlu memerlukan VPN agar berjalan dengan lancar.

Namun dengan adanya proxy video, Kamu dapat menonton atau mengakses situr video streaming dengan lancar. Cukup menggunakan situs yang menyediakan proxy video.

Sumber : envato

Proxy di Indonesia

Salah satu proxy server yang terkenal dan populer di Indonesia adalah ProxySite.

ProxySite adalah penyedia proxy yang menyediakan jaringan internet hingga gigabit yang mampu memberikan kecepatan untuk mengakses halaman website.

ProxySite memiliki beberapa fitur yang dapat kamu gunakan seperti akses global, fitur SSL yang dapat membantu kamu menjelajah dengan aman, dan melindungi privasi kamu dengan menjelajah secara anonim seperti untuk mengakses Youtube dan juga Facebook.

Kelebihan Proxy online

Adapun keuntungan menggunakan proxy secara online adalah sebagai berikut :

  • Dapat meningkatkan keamanan dan privasi pengguna.
  • Dapat menyembunyikan identitas (alamat IP) pengguna.
  • Dapat digunakan untuk mengontrol traffic dan mencegah terjadinya permasalahan saat pertukaran data.
  • Dapat menghemat bandwidth server dengan menyimpan file pada cache.
  • Dapat mencegah dan melindungi jaringan dari bahaya malware.
  • Dapat mengakses konten yang dibatasi atau terblokir.

Cara Unlock Proxy Situs Terblokir

Untuk melakukan unlock proxy pada situs yang terblokir, kamu bisa menggunakan situs Unblock Proxy Sites.

Caranya mudah banget, kamu copy URL atau website yang terblokir, kemudian paste pada kolom di salah satu dari rekomendasi Web Proxy Gratis di bawah ini :

  • SurfShark
  • Whoer
  • Cyberghost
  • CroxyProxy
  • ProxySite
  • Proxify
  • Oxylabs Proxy Server
  • Megaproxy
  • Hidester Proxy
  • ProxyScrape
  • FilterByPass
  • VPN book
  • 4everProxy
  • HMA

Apa itu Proxy Scrape

Proxy Scrape adalah kumpulan proxy. Ada banyak berbagai macam aplikasi proxy scraper yang telah tersedia untuk saat ini. Salah satunya adalah ProxyScrape.

ProxyScrape merupakan salah satu layanan proxy scraper yang populer. S

alah satu kelebihannya adalah ProxyScrape memiliki antarmuka yang simpel sehingga mudah digunakan.

Selain itu, pengguna pun akan bebas menjelajah internet sebab privasi dan keamanannya cukup terjamin. ProxyScrape menyediakan hingga 60 ribuan server proxy gratis yang dapat dipilih.

Baca Juga : Cara Setting Proxy di Browser Google Chrome dan Firefox

14 Rekomendasi Web Proxy Gratis Terbaik 2022

Berikut adalah 14 rekomendasi web proxy gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan data pribadi kamu.

1. Surfshark

Shurfshark adalah layanan web proxy tercepat dan paling direkomendasikan saat ini. Karena memiliki fitur gratis dan premium, kelebihan dari proxy ini adalah koneksi aman dan private, koneksi di banyak device, ada banyak pilihan platform, kecepatan paling kencang, streaming paling lancar dan harga paling murah. Untuk melihat harganya bisa kunjungi di situsnya.

2. Whoer

Whoer adalah proxy gratis tercepat dibandingkan web proxy yang lain. Whoer tersedia dalam bentuk plugin yang harus kamu pasang pada browser mu terlebih dahulu.

Namun tidak seperti web proxy lainnya yang hanya support plugin pada Chrome dan Firefox, proxy gratis ini support lebih banyak plugin pada web browser seperti Opera dan Yandex.

Dengan beberapa fitur seperti pengecekan kecepatan internet, menghindari pelacakan dan pemblokiran oleh situs web, menyediakan koneksi yang cepat di server negara yang kamu inginkan, tidak akan melacak segala aktivitas karena tidak menyimpan log apapun, mengubah alamat IP, dan melakukan tes kebocoran pada DNS.

Namun jika menggunakan layanan gratis, kecepatan yang kamu dapatkan hanya sekitar 1 Mbps saja dan jika kamu ingin mendapatkan layanan server dengan pilihan di berbagai negara kamu harus mengupdate ke versi premium dengan biaya sekitar 9.90 dolar AS.

3. Cyberghost

Cyberghost adalah VPN yang sangat direkomendasikan untuk streaming dan torrenting dengan memiliki 8 server yang tersebar di 4 negara seperti Jerman, Romania, Amerika Serikat, dan Belanda.

Proxy web gratis ini menawarkan kecepatan optimal dan konfigurasi otomatis dengan menyuguhkan kualitas streaming HD dengan berbagai situs yang bisa dibuka seperti Netflix, Disney+, Hulu, Amazon Prime Video, BBC iPlayer, HBO Max, dan juga Youtube TV.

Kemampuan torenting yang cepat yang didukung oleh server yang optimal untuk aktivitas P2P yang aman.

Web proxy gratis ini hadir dalam bentuk extension yang bisa dipasang pada chrome dan firefox melalui Chrome Web Store atau Firefox Addons.

Memiliki fitur kill switch yang digunakan untuk memastikan bahwa data pribadi dan alamat IP yang kamu gunakan tidak akan pernah terekpos meskipun koneksi VPN sedang tidak stabil.

Cyberghost merupakan salah satu proxy web online gratis yang tidak menyimpan log data dan juga jika kamu ingin menggunakannya tidak perlu melakukan login atau register.

4. CroxyProxy

Croxy proxy adalah situs web proxy gratis yang berbentuk website dan plugin yang tersedia pada Chrome dan Firefox serta dilengkapi dengan search box yang bisa kamu gunakan.

Kamu dapat menggunakan proxy web online gratis ini untuk situs hosting video, mesin pencari, bahkan hingga jejaring sosial.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki seperti:

  • Kemampuan untuk menyembunyikan alamat IP asli sehingga kamu bisa mengkses internet secara anonim.
  • Semua situs website akan dienkripsi SSL. Fitur tautan yang memungkinkan kamu berbagi halaman yang kamu buka kepada teman-temanmu.
  • Mendukung lintas platform seperti Android dan Mac OS, dan kamu dapat memutar video dan audio pada HTML 5.

Oh ya, kamu harus tahu bahwa tautan yang kamu berikan hanya aktif selama 3 jam saja.

5. ProxySite

ProxySite adalah web proxy gratis yang memilliki jaringan gigabit yang mampu memberikan kecepatan untuk mengakses halaman website. Selain itu situs proxy website gratis dengan server khusus yang berada pada seluruh dunia.

Memiliki beberapa fitur seperti menyediakan akses global, fitur SSL yang dapat membantu kamu menjelajah dengan aman, dan melindungi privasi kamu dengan menjelajah secara anonim seperti untuk mengakses Youtube dan juga Facebook.

6. Proxify

Proxify adalah proxy gratis yang bisa kamu gunakan untuk menjelajahi internet secara aman dan melindungi data pribadi kamu.

Web proxy gratis ini memiliki sever di seluruh dunia dengan 1390 satelit di 219 kota dari 65 negara.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh proxy web online gratis tersebut yaitu mampu menyembunyikan data sehingga kamu bisa mengakses internet secara anonim karena sambungan akan dienkripsi dan lalu lintas jaringan yang kamu gunakan tidak dapat dipantau.

Web proxy gratis ini mendukung platform Windows, Mac, dan Linux dan semua browser utama seperti Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan Safari

7. Oxylabs Proxy Server

Layanan web proxy gratis tersebut memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data dengan skala yang cukup besar. Dapat juga digunakan untuk mengelola akun seperti riset pasar, agregasi tarif perjalanan, perlindungan merek, pemantauan harga, dan pemantauan SEO.

Proxy gratis tersebut memiliki beberapa fitur seperti datacenter yang menyediakan bandwith dan domain yang tidak terbatas, mengambil data dari search engine dan situs web e-commerce, menawarkan fitur penanganan captcha.

Sayangnya untuk mendapatkan beberapa fitur unggulan tersebut kamu harus membayar sekitar 180 dolar US per bulannya.

8. Megaproxy

Megaproxy adalah proxy web gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuka sosial media serta layanan Google dengan berbagai konten multimedia karena proxy web ini sulit dideteksi oleh website terkenal.

Selain mampu digunakan untuk menyembunyikan alamat IP, proxy ini mampu untuk menyembunyikan jenis browser dan juga sistem operasi yang kamu gunakan.

Namun karena web proxy gratis ini tidak berbayar sama sekali kamu hanya bisa membuka 60 halaman website saja dengan waktu 5 jam.

9. Hidester Proxy

Hidester merupakan pendatang baru dalam layanan proxy web gratis yang mmemiliki 2 server di benua Amerika dan Eropa.

Namun meskipun tergolong baru, web proxy gratis ini memiliki beberapa fitur yang lebih lengkap dibandingkan proxy gratis lainnya namun bisa dikatakan mirip dengan proxy Hide.Me.

Dengan fitur enkripsi SSL yang mampu mengamankan data yang kamu kirim maupun data yang kamu terima karena akan diubah menjadi enkripsi sehingga tidak ada yang dapat membaca data tersebut.

Fitur lain yang dimiliki seperti tidak menyimpan data log apapun, bisa memblokir iklan dan juga cookie, selain itu juga dapat menjadi password generator untuk menciptakan password yang aman.

10. Proxy Scrape

Proxy gratis ini mampu menawarkan kecepatan dan penyesuaian yang cepat juga.

Selain kamu dapat mengakses situs yang di blokir, kamu juga dapat terhubung ke proxy HTTP, Socks4, atau Socks5 dengan memilih salah satu dari daftar proxy yang tersedia.

Fitur yang dimiliki proxy web online gratis ini meliputi enkripsi URL, enkripsi halaman, penghapusan objek, dan bahkan kamu bisa mengaktifkan/menonaktifkan cookie.

11. FilterByPass

Sama seperti beberapa proxy yang lain, FilterByPass ini mampu mengenkripsi data dengan menggunakan SSL untuk melindungi datamu.

Proxy gratis ini memiliki 2 server yang terletak di Amerika Serikat dan juga Eropa. FilterByPass banyak digunakan untuk mengakses konten-konten multimedia dan juga sosial media seperti Youtube, Facebook, Goole, Reddit, Twitter, dan Google.

Selain itu kamu juga bisa memasukkan url yang akan kamu buka dan selanjutnya kamu bisa menjelajahi website tersebut dengan memilih server yang tersedia.

12. VPN Book

Vpn Book adalah web proxy gratis yang terkenal karena kecepatannya yang dillengkapi dengan SSL 256 bit namun tidak membatasi bandwith pengguna.

Memiliki 5 lokasi server di 4 negara seperti Amerika, UK, Kanada, dan Perancis. Namun sayangnya proxy ini menyimpan log kamu selama 7 hari maka dari itu kamu dapat mempertimbangkan hal tersebut sebalum memilih proxy ini.

13. 4everproxy

Layanan web proxy gratis dari 4everproxy ini memiliki beberapa server di 8 lokasi yang berbeda.

Jika kamu menggunakan proxy ini maka kamu dapat menggunakan alamat IP berbeda untuk setiap halaman yang kamu buka pada browser dan juga tidak ada satu orang pun yang dapat mengetahui url yang sedang kamu kunjungi tersebut.

Selain itu kamu juga bisa memilih server mana yang akan kamu gunakan dan kerennya lagi kamu bisa menggunakan beberapa server sekaligus. Humm sangat menarik bukan.

Tunggu dulu, tidak hanya itu saja proxy web online gratis tersebut juga tidak menyimpan log aktivitasmu dan sesi akan terhapus setelah dua jam kamu menutup browser.

14. HMA

HMA atau HideMyAss adalah proxy yang dikemas dengan fitur-fitur yang cukup menarik. Fitur yang dimiliki seperti smart kill switch, tab killer, dan IP shuffle.

Sama seperti Cyber Ghost yang memiliki smart kill switch yang berguna untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran data secara tidak sengaja saat VPN mengalami koneksi yang tidak stabil.

Selanjutnya, fitur IP shuffle yang digunakan untuk mengganti alamat IP setiap beberapa jam sekali yang bertujuan untuk melindungi anonimitas yang lebih baik dan juga mengantisipasi pelacak web.

Tab killer adalah fitur yang digunakan untuk menyembunyikan tab yang terbuka pada browser dengan menenkan shortcut yang sudah tersedia.

Selain fitur diatas, terdapat beberapa fitur yang bisa diaktifkan atau tidak keberadaannya seperti fitur untuk enkripsi SSL, pemblokiran cookies, dan juga penghapusan skrip iklan.

Jumlah server yang dimiliki sekitar 6 buah dam proxy web gratis ini memiliki beberapa server yang berada pada Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Amsterdam, dan Republik Ceko.

Meskipun memiliki beberapa sever, namun kamu hanya bisa menggunakan 1 tab saja dalam browser. Proxy web online gratis ini bisa digunakan langsung dalam browser dan juga mengguunnakan plugin yang tersedia pada Chrome dan Firefox.

Mana yang Akan Menjadi Pilihanmu?

Proxy merupakan sistem yang digunakan untuk menyembunyikan alamat IP dan juga data pribadimu saat mengakses internet. Proxy gratis memiliki beberapa pilihan seperti yang sudah DomaiNesia jelaskan untuk kamu.

Jika kamu menginginkan proxy gratis yang aman kamu bisa memilih CyberGhost dan juga Croxy Proxy. Namun untuk memilih proxy gratis kamu harus lebih memperhatikan kekurangan atau resiko apa yang akan kamu dapatkan dan jangan berfokus pada kelebihannya saja.

Jika kamu masih merasa kurang aman menggunakan proxy gratis kamu jugga bisa menggunakan VPN. Namun tetap diingat untuk selalu waspada dan menghindari kejahatan dengan memilih proxy gratis yang tepat. Tetap waspada dan jangan salah memilih ya!

Setelah membaca artikel ini kamu tertarik untuk memiliki hosting Indonesia DomaiNesia, Hosting murah, WordPress HostingCek Domain Murah dan VPS Indonesia? Tenang, kamu bisa memiliki nya dengan mengakses website DomaiNesia.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds