• Home
  • Berita
  • Proxy Server: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya!

Proxy Server: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.
Proxy server

Kamu penasaran dengan apa itu proxy server? Konon, fungsi proxy server bisa untuk melindungi identitas seseorang secara online? Benarkah begitu?

Kebetulan artikel ini akan menjawab semuanya, kok. Singkatnya, proxy server adalah sebuah server atau komputer yang bertindak sebagai perantara antara klien dan server. Peran yang dijalankan inilah yang membuat manfaat proxy server di dunia online cukup banyak.

Makin penasaran? Nah, tanpa berlama lama mari pelajari tentang pengertian proxy server, jenis dan cara kerjanya. Simak sampai selesai ya.

Apa Itu Proxy Server?

Proxy server adalah sebuah server, baik yang bentuknya hardware ataupun software, yang berperan sebagai perantara antara klien dan server dalam komunikasi data di jaringan

Penggunaan sebuah proxy server bisa berada dalam sebuah jaringan lokal, dan utamanya pada jaringan internet yang menghubungkan banyak server dan klien sekaligus.

Arti proxy adalah perantara, jadi server yang bertindak sebagai proxy akan menjadi pihak yang menjembatani komunikasi antar klien atau server yang menggunakan jenis server ini. 

Gampangnya, ibarat kamu memberikan surat ke teman kamu, lalu teman kamu meneruskan surat itu ke pihak lain. Artinya, meskipun komunikasi terjadi, kamu dan pihak lain tidak saling bertemu atau mengenal.

Kalau dalam dunia online, seperti saat kamu mengakses sebuah website, tapi website tersebut tidak mengetahui identitas atau alamat IP address kamu. Dianggapnya, proxy server adalah pihak yang membutuhkan informasi tersebut, bukan kamu.

Nah setelah tahu apa yang dimaksud dengan proxy server, kurang lengkap apabila tidak membahas tentang fungsi proxy server.

Fungsi Proxy Server

Berapa fungsi dari fraksi server adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Privasi

Fungsi proxy server adalah menjaga privasi dari pengguna dengan cara menyembunyikan identitas asli dari pengguna tersebut. Umumnya, yang disembunyikan adalah alamat IP dari perangkat yang digunakan mengakses jaringan.

Dengan fungsi dari proxy server ini, maka server yang dituju tidak akan pernah dapat melacak identitas asli dari klien. Ini terjadi karena adanya pergantian alamat IP, dari IP address asli milik kamu dengan IP address dari proxy server tersebut.

2. Melakukan Filtering

Selanjutnya, fungsi proxy server adalah untuk melakukan filtering atas komunikasi data yang dilakukan antara klien dan server. Jadi, semacam portal untuk memperbolehkan seseorang masuk atau tidak ke dalam sebuah lokasi tertentu.

Sebagai contoh, ketika mengakses jaringan internet di sekolah dan kamu tidak bisa membuka akses YouTube. 

Ini bisa karena komunikasi yang kamu lakukan dari komputer tersebut melalui sebuah proxy server terlebih dahulu. Nah, kebetulan proxy server itu melakukan filtering atas akses ke website yang tidak relevan dengan dunia pendidikan.

3. Menjalankan Load Balancing

Tak jarang sebuah proxy server digunakan untuk menjalankan load balancing demi menjamin efektivitas dari penggunaan jaringan.

Berbeda dengan fungsi proxy server sebagai filtering, di sini yang terjadi adalah distribusi dari jalur yang akan digunakan. Semuanya boleh masuk dan melakukan akses, akan tetapi ditentukan dibagi-bagi jalur mana yang bisa digunakan. 

Dengan begitu, tidak terjadi antrian yang bisa menyebabkan gangguan komunikasi data. 

4. Melakukan Caching

Fungsi proxy server adalah juga untuk melakukan caching. Artinya server tersebut akan bertugas untuk melakukan penyimpanan data sementara. 

Nah, apabila nantinya ada klien yang membutuhkan informasi data yang sama seperti yang sudah diakses sebelumnya, tidak perlu harus memintanya langsung dari server tujuan. Jadi, cukup menggunakan data cache yang ada di proxy server. 

Dengan alur seperti ini, loading akan terkesan lebih cepat karena tidak harus menunggu respon dari server tujuan. 

VPS DomaiNesia

5. Menghemat Bandwidth

Masih terkait dengan fungsi proxy server dalam melakukan caching, sebenarnya peran tersebut juga penting untuk menghemat bandwith. Alasannya, tidak setiap permintaan informasi harus dilayani oleh server yang ada di luar.

6. Mengakses Website Terkunci

Selain bisa digunakan untuk memblokir akses ke sebuah website, fungsi proxy server adalah melakukan bypass terhadap blokir atas situs tertentu. Jadi, bisa dikatakan memiliki peran ganda.

Sebagai contoh, ketika sedang di kantor dan kamu tidak bisa mengakses Facebook karena dikunci oleh admin jaringan, maka dengan menggunakan proxy server kamu bisa kembali mengakses Facebook.

Pun begitu, langkah ini tidak disarankan dilakukan karena ada resiko yang bisa terjadi dari penggunaannya.

7. Mencatat Aktivitas Komunikasi

Proxy server juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas logging. Artinya, server tersebut akan mencatat seluruh aktivitas akses apapun komunikasi data yang melewati jalur nya. 

Fungsi ini bisa untuk memonitor penggunaan yang sesuai aturan, atau untuk mengetahui apakah ada kendala di jaringan.

Cara Kerja Proxy Server

Dengan banyaknya fungsi dari proxy server di atas, kamu tentu berfikir bahwa cara kerja proxy server cukup rumit. Padahal secara sederhana ada enam tahapan dari proses tersebut, yaitu:

  1. Klien melakukan permintaan
  2. Permintaan dikirim ke proxy server
  3. Proxy server meneruskan permintaan ke server tujuan
  4. Server tujuan memberikan respon ke proxy server
  5. Proxy server melanjutkan informasi ke klien
  6. Klien mendapatkan permintaannya

Kalau dijabarkan, prosesnya mirip sebuah lari estafet. Bedanya, tongkat estafet tersebut pada akhirnya kembali ke pelari pertama (klien).

Sebagai contoh, kamu ingin mengakses YouTube. Maka permintaan tersebut akan diteruskan ke proxy server menggunakan alamat IP kamu. Nah, proxy server akan memastikan apakah akses diperbolehkan. Kalau ternyata boleh, maka permintaan informasi akan dilanjutkan ke  ke server YouTube dengan alamat IP proxy server sebagai requester. 

Nantinya, YouTube akan memberikan informasi data sesuai permintaan data dari proxy server. Lalu, proxy server mengirimkan data yang diterima dari YouTube ke perangkat yang kamu gunakan, berupa tampilan website YouTube lengkap dengan layanan streamingnya.

Cloud VPS DomaiNesia

Manfaat Proxy Server

Sesuai dengan fungsi dari proxy server yang sudah dibahas di atas, inilah manfaat proxy server yang perlu diketahui:

1. Privasi Terjamin

Manfaat proxy server yang pertama adalah memastikan privasi pengguna terjamin. Hal ini terjadi karena alamat IP klien disembunyikan dan diganti dengan alamat IP yang berbeda, yaitu milik proxy server. 

Istilahnya, manfaat proxy server ini bisa dirasakan berkat adanya masking pada alamat IP perangkat asal.

2. Keamanan Bisa Ditingkatkan

Tanpa adanya proxy server, maka komunikasi antara klien dan server terjadi secara langsung. Artinya, pertukaran data yang dilakukan tanpa disaring sama sekali.

Selama akses yang dilakukan ke situs yang aman maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi apabila tanpa sengaja mengakses situs yang ternyata mengandung virus atau malware, maka akan langsung menyerang klien.

3. Distribusi Jaringan Lancar

Manfaat proxy server adalah memastikan distribusi dari lalu lintas komunikasi data berjalan lancar. 

Ibarat petugas Air Traffic Control di bandara, proxy server akan memberitahu siapa pesawat yang bisa landing, siapa yang bisa take off dan siapa yang harus menunggu giliran. Kalau langkah ini tidak dilakukan, maka bisa terjadi chaos pada komunikasi di jaringan tersebut. Agar menghindari chaos jaringan, sebuah website harus menggunakan sistem cloud hosting

4. Browsing Lebih Cepat

Karena menjalankan peran sebagai tempat penyimpanan data sementara atau caching, maka proxy server bisa membuat aktivitas browsing menjadi lebih cepat. 

Seperti yang sudah dijelaskan, hal ini terjadi karena sebenarnya informasi yang diberikan ke klien tidak berasal dari server utama melainkan dari proxy server.

5. Bandwidth Lebih Hemat

Manfaat proxy server lainnya adalah menjadikan bandwidth yang digunakan lebih hemat. 

Hal ini bukan hanya berkat adanya fungsi caching, tapi juga karena pembatasan akses ke website yang tidak perlu. Nah, akses ke website tidak perlu seperti YouTube kadang justru menghabiskan bandwidth lebih besar dibanding aktivitas browsing normal. 

6. Mengakses Website Terblokir

Kadang kamu perlu mengakses website yang blokir oleh admin jaringan kantor untuk semua karyawan. Padahal, kamu perlu mengakses website tertentu untuk kebutuhan pekerjaan. Contohnya seperti mengakses Facebook atau media sosial lain.

Nah, dengan menggunakan sebuah proxy server akses ke website yang terblokir tersebut bisa dilakukan kembali.

7. Memonitor Performa Jaringan

Manfaat proxy server adalah memonitor performa jaringan berdasarkan semua aktivitas yang tercatat melewati server tersebut. Jadi, apabila ditemukan ada akses yang menggunakan banyak bandwidth tidak perlu, bisa langsung dihentikan atau diputus. Jadi, tidak akan membebani jaringan.

Jenis Jenis Proxy Server 

Berikut ini adalah jenis jenis proxy server yang biasa digunakan pada komunikasi jaringan:

1. Web Proxy

Sesuai namanya, web proxy atau yang kadang dikenal dengan HTTP proxy merupakan jenis proxy server yang menjadi bagian dari sebuah browser untuk mengakses informasi ke server.

Jadi, apabila kamu ingin mengakses sebuah situs yang terblokir, maka cukup melakukan perubahan setting pada proxy server di pengaturan browser.

Baca juga: 14 Rekomendasi Web Proxy Gratis Untuk Kamu Coba

2. Forward Proxy

Proxy server yang populer saat ini adalah forward proxy. Prosesnya seperti yang sudah dijelaskan pada cara kerja proxy server di bagian atas. Jadi, klien akan menghubungi proxy server dan memintanya untuk mengambilkan data dari server tujuan.

Karena yang menghubungi server tujuan adalah proxy server maka alamat IP yang dikenal oleh server tujuan adalah alamat IP dari proxy server tersebut. Itu artinya fungsi masking dijalankan dalam pertukaran data dengan forward proxy.

proxy server
Sumber: Envato

3. Reverse Proxy

Reverse artinya kebalikan. Nah, jenis proxy server ini kebalikan dari forward proxy, sebab ia bekerja bukan untuk klien akan tetapi untuk server tujuan. 

Jadi ketika seorang klien ingin menghubungi server tujuan untuk melakukan komunikasi data, maka klien tersebut tidak langsung dilayani oleh server utama, tetapi boleh reverse proxy.  

Fungsi proxy ini adalah untuk menjamin keamanan dari server website sekaligus untuk menjaga lalu lintas akses data ke server agar tidak overload.

4. Transparent Proxy

Sesuai dengan namanya, transparent proxy server adalah jenis server yang tidak menyembunyikan alamat IP asli dari klien. Jadi, penggunaan proxy server tersebut sekadar untuk melakukan filtering atas komunikasi data yang dilakukan. 

Nah, umumnya klien tidak mengetahui bahwa akses yang coba dilakukan ternyata melewati sebuah produksi terlebih dahulu. Tak heran nama lain dari transparent proxy server adalah inline proxy atau forged proxy. 

Maksudnya, semua klien memang diharuskan melewati sebuah proxy server untuk setiap akses internet yang dilakukan.

5. SSL Proxy

SSL proxy server adalah jenis proxy yang melakukan enkripsi pada lalul intas komunikasi data antara klien dengan menggunakan protokol SSL (Secure Sockets Layer)

Dengan adanya perlindungan ini, maka bisa mencegah upaya untuk mencuri data dari setiap komunikasi yang dilakukan melewati proxy server tersebut.

Biasanya, website yang menggunakan SSL proxy merupakan website yang menyimpan dan mengolah informasi pribadi. Sebagai contoh, website perbankan atau website toko online

Karena sebenarnya merupakan forward proxy yang ditambahkan perlindungan SSL, maka jenis proxy server ini sering disebut juga dengan HTTPS proxy.

6. Anonymous Proxy

Sudah bisa ditebak ya kalau kalau anonymous proxy adalah salah satu dari jenis jenis proxy yang digunakan untuk menyembunyikan atau alamat IP dari pengguna. 

Dengan aktivitas masking yang dilakukan, maka website tujuan tidak akan mengetahui alamat IP klien yang meminta informasi kepada nya. Akan tetapi website tetap akan mengetahui bahwa permintaan yang ditujukan kepadanya saat itu berasal dari sebuah proxy server. 

7. High Anonymity Proxy

Salah satu jenis proxy server yang melakukan penyembunyian identitas pengguna adalah high anonymity proxy. Sesuai namanya, maka tingkat anonymity atau kerahasiaan pengguna pada proxy server ini jauh lebih tinggi.

Itulah kenapa high anonymity proxy server dikenal juga dengan istilah Elite proxy. Menariknya, tujuan tidak akan mengetahui bahwa permintaan akses yang dilakukan sebenarnya tidak langsung dari klien.

8. Distorting Proxy

Distorting proxy server adalah jenis proxy yang memberikan layanan anonymity (kerahasiaan) dengan cara memberikan sebuah alamat IP palsu kepada server tujuan. Jadi, ia tidak memberikan identitas klien pun identitasnya sendiri. 

Bahkan, ketika server tujuan mengetahui bahwa akses yang dilakukan melalui sebuah proxy server, distorting proxy akan mengubah identitasnya dengan alamat IP palsu lainnya.

9. Rotating Proxy

Inilah salah satu jenis jenis proxy yang cukup canggih dalam melakukan masking. Rotating proxyi server adalah server yang melakukan penggantian alamat IP secara acak dan otomatis untuk setiap permintaan yang dibuat oleh klien.

Dengan proses yang dilakukan, maka website akan kesulitan untuk mendeteksi adanya penggunaan proxy server dan melakukan pemblokiran. Itu artinya akses ke website tujuan bisa dilakukan dengan lancar tanpa terdeteksi memakai proxy apapun.

proxy server
Sumber: Envato

Resiko Penggunaan Proxy Server

Meskipun manfaat proxy server cukup banyak, tapi risiko penggunaan proxy server juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Apa saja risiko tersebut?

1. Diserang Hacker

Ketika kamu menggunakan sebuah proxy server, sebenarnya kamu mempercayakan data pribadi kamu ke proxy server tersebut. Nah, selama proxy server yang kamu gunakan itu baik, tidak akan terjadi kendala.

Namun, bagaimana kalau ternyata proxy server tersebut bisa dikuasai oleh hacker yang dengan mudahnya mendapatkan semua akses informasi kamu sebagai klien. 

Sebagai contoh informasi tentang nama pengguna, kata sandi, atau informasi lain yang kebetulan kamu gunakan pada saat mengakses jaringan menggunakan proxy server.

2. Privasi Bocor

Kalau aplikasi proxy server yang kamu gunakan bertanggung jawab, maka prvasi kamu akan terjaga. Namun, perlu dicatat bahwa proxy server juga melakukan logging. 

Artinya, setiap aktivitas online yang kamu lakukan pada saat mengaktifkan aplikasi proxy server akan tercatat dan tersimpan di log proxy server tersebut. Bagaimana kalau catatan akses tersebut bocor?

3. Akses Internet Lambat

Seperti halnya proses lain yang menggunakan perantara, proxy server adalah salah satu penyebab dari akses internet yang lambat. 

Apa alasannya? Karena tidak langsung menuju ke server tujuan, permintaan yang dilakukan klien harus masuk ke proxy server terlebih dahulu untuk diproses. Nah, proses inilah yang membuat waktu untuk mengakses informasi menjadi lebih lama.

4. Kendala Geolokasi

Ketika kamu menggunakan sebuah aplikasi proxy server, sebenarnya kamu dikenali oleh server website sebagai IP proxy server, bukan IP kamu sendiri. Hal ini akan menjadi masalah ketika website yang kamu kunjungi tidak bisa di akses dari sebuah lokasi tertentu.

Sebagai contoh, sebuah layanan finansial untuk konsumen Indonesia hanya bisa diakses oleh pengguna di Indonesia saja. Maka, saat ada akses yang dilakukan dari luar negeri sesuai dengan alamat IP yang dipakai, maka layanan tersebut bisa menolak untuk memberikan layanan.

5. Pelanggaran Hukum

Resiko penggunaan proxy server lainnya adalah melakukan pelanggaran yang berdampak hukum. 

Sebagai contoh, ketika akses terhadap konten kekerasan dan perjudian dilarang di Indonesia, maka ketika kamu mengaksesnya melalui sebuah proxy server, hal itu termasuk sebuah kegiatan yang ilegal.

Sudah Tahu Apa yang Dimaksud Proxy Server?

Kamu sudah belajar tentang apa itu proxy server, ya? Jadi, proxy server adalah layanan jaringan untuk menjembatani komunikasi antara klien dengan server.

Penggunaan proxy server memiliki banyak fungsi dan manfaat. Beberapa diantaranya adalah untuk meningkatkan keamanan jaringan, mendukung privasi pengguna, browsing lebih cepat dan menghemat bandwidth.

Nah, karena kamu sudah tahu tentang jenis jenis proxy server dan resiko penggunaan nya, maka kamu bisa memutuskan apakah tetap ingin menggunakan proxy server ketika mengakses internet. Dan, juga pastikan kamu menggunakan jenis proxy server yang tepat, ya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa berlangganan artikel dari DomaiNesia untuk mendapatkan informasi terbaru terbaru.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds