IPv6 Kini Hadir di DomaiNesia

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (1)

Hi DomaiNesians! Sekarang, kamu bisa mendapatkan IPv6 di semua layanan Hosting DomaiNesia! IPv6 adalah generasi terbaru dari IPv4 dengan berbagai perkembangan dan keunggulan di dalamnya. Masih ingat kan apa itu IP? IP adalah singkatan dari Internet Protocol yang merupakan sekumpulan angka-angka yang menyediakan suatu sistem identifikasi lokasi perangkat komputer dan routing lalu lintas internet. Nah, versi IP terdahulu yaitu IPv4 ini sudah mulai habis. Maka dari itu, DomaiNesia mulai mencoba untuk menerapkan IPv6 ini. Yuk ketahui apa itu IPv6 dan perbedaan IPv4 dan IPv6 terlebih dahulu!

Apa itu IPv6 ?

Sebelum kamu tahu apa itu IPv6, pastikan kamu tahu apa itu alamat IP ya. Alamat IP adalah sekumpulan angka yang dapat menunjukkan lokasi website, lokasi paket-paket internet, lokasi komputer dan menyediakan fasilitas untuk routing lalu lintas internet. Semua perangkat elektronik yang terhubung dengan internet pasti memiliki alamat IP.

Mudahnya, IP adalah alamat/ rincian letak atau lokasi dari website/ server/ komputer kamu. Nah, saat ini versi IP yang ada yaitu versi IPv4. Namun, karena teknologi semakin berkembang maka kuota IPv4 akan semakin berkurang. Nah untuk itu diperlukan IPv6 untuk menangani masalah tersebut.

Apa Perbedaan IPv4 dan IPv6 ?

Pada dasarnya IPv6 merupakan perkembangan dari versi terdahulunya yaitu IPv4. Namun tentunya dengan perkembangan yang lebih baik. IPv6 memiliki range yang lebih luas dan lebih besar daripada IPv4. Adapun perbedaan IPv4 dan IPv6 yaitu,

IPv4

    • Struktur pengalamatan sebanyak 32-bits yang tersusun dari 4 blok. Sehingga saat ini kuotanya sudah akan habis.
    • Tiap blok memiliki 8-bits
    • Memiliki 10 basic header field
    • Terdiri dari Desimal 0-9
    • Multicasting terbatas
    • Fitur IPSec dapat diterapkan, namun terbatas

Contoh IPv4:
10.11.12.13/24

*kamu bisa cek alamat IPv4 melalui cekipku.com

IPv6

    • Struktur pengalamatan sebanyak 128-bits yang tersusun dari 8 blok (memiliki ruang alamat IP lebih besar, sehingga masih available untuk beberapa dekade kedepan)
    • Tiap blok memiliki 16-bits
    • Memiliki 6 basic header field
    • Terdiri dari Heksadesimal 0-F
    • Semua sudah multicasting
    • Mobilitas
    • Terdapat fitur IPSec (Internet Protocol Security) sehingga lebih aman
    • Tidak memerlukan DHCP Server (Stateless Mechanism host/client dapat melakukan konfigurasi otomatis alamat IPv6)
    • Dapat menggunakan MAC Address dari perangkat host
    • Tidak memerlukan NAT untuk End to End Communication

Contoh IPv6:
2001:0db8:0:0:0:0:0:0/32

2001:db8:0000:0000:0000:0000:0000:1/32

2001:db8:0:0:0:0:0:1/32
2001:db8::1/32

IPv6 Kini Hadir di DomaiNesia!

Kamu bisa menikmati fitur IPv6 dan juga IPv4 di semua Hosting DomaiNesia. Kamu masih tetap dapat menikmati keduanya, tanpa batas. Silakan cek melalui cPanel Hosting ya. Coba masuk ke Zone Editor lalu cek:

AAAA Record : menunjukkan IPv6 Hosting
A Record : menunjukkan IPv4 Hosting

salah satu manfaat domain dan hosting yang sudah support IPv6, yaitu kamu bisa akses website dari jaringan yang hanya menggunakan IPv6 only. Dimana saat ini, IPv4 sudah akan habis sehingga banyak negara mulai menerapkan IPv6.

Baca Juga: Panduan IPv6 Untuk Pemula

Kesimpulan

DomaiNesia akan terus mengembangkan berbagai teknologi dan fitur terbaru untuk kamu, para customer DomaiNesia. Semua informasi lengkap tentang apa itu IPv6 dan perbedaan IPv4 dan IPv6 dapat kamu temukan di Panduan DomaiNesia. Untuk mengetahui promo terbaru, kamu bisa cek Promo Hosting Murah DomaiNesia.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!