• Home
  • Berita
  • Apa Itu Lazy Load, Manfaat, dan Cara Menerapkannya

Apa Itu Lazy Load, Manfaat, dan Cara Menerapkannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Jika bicara mengenai lazy load maka erat hubungannya dengan kecepatan website alias pages load. Kecepatan website merupakan indikator penting dalam meningkatkan performa suatu website. Bahkan menurut para ahli, pages load ini dapat meningkatkan performa di Search Engine Optimization (SEO). Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang apa itu lazy load, manfaat lazy load, cara mempercepat loading speed website, dan cara menerapkan lazy load.

lazy load
Sumber: Freepik

Definisi

Sebelum kamu tahu cara menerapkan lazy loading dan rekomendasi lazy load, kamu perlu memahami terlebih dulu pengertian teknik lazy loading ini. Teknik ini banyak digunakan pemilik dan pengembang website untuk meningkatkan kecepatan loading website. 

Apa itu Lazy Load?

Melansir dari Geeksforgeeks, lazy loading merupakan teknik yang mampu mengoptimalkan konten dalam sebuah website. Singkatnya, teknik ini membuat load website menjadi lebih ringan sehingga cepat untuk diakses atau dibuka oleh pengguna. 

Mungkin kamu akan membayangkan bahwa teknik ini membuat semua konten ditampilkan dengan cepat secara bersamaan. Namun pada konsep lazy loading, teknik ini malah membuat konten gambar dan video di tampilkan “belakangan”. Artinya, gambar dan video hanya ditampilkan ketika diperlukan. 

Ada banyak website yang menggunakan teknik ini salah satunya adalah medium.com. Jika kamu membukanya lalu melakukan scroll, maka terlihat konten-konten yang berupa gambar akan muncul agak sedikit terlambat namun tetap tidak mengganggu tampilan. Jadi lazy loading ini hanya menampilkan konten gambar yang diperlukan saja sehingga dapat meminimalkan resource yang digunakan oleh pengakses website. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari penggunaan lazy loading:

  • Pemuatan konten website sesuai permintaan, ini dapat mengurangi konsumsi waktu dan penggunaan memori sehingga mengoptimalkan pengiriman konten. Karena hanya sebagian kecil dari halaman web, yang diperlukan, dimuat terlebih dahulu, waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dan pemuatan bagian lainnya tertunda yang menghemat penyimpanan. Semua ini meningkatkan pengalaman pengguna karena konten yang diminta diumpankan dalam waktu singkat. 
  • Penggunaan waktu dan sumber daya ruang yang optimal menjadikannya pendekatan hemat biaya dari sudut pandang pelaku bisnis. (pemilik situs web)
  • Tak perlu repot untuk membuat baris code tambahan untuk membuat lazy loading (untuk pengguna wordpress)

    lazy load
    Sumber: Freepik

Manfaat Lazy Load

Jika kamu kira manfaat lazy load hanya sekedar mempercepat performa loading website, itu tidak cukup. Ada beberapa manfaat lazy load lainnya, diantaranya adalah:

Meringankan Kinerja Server

Saat membuka suatu website melalui browser kamu, browser akan meminta kepada server untuk mengirimkan semua file-file dan script yang dibutuhkan untuk membuka website tersebut. Saat menggunakan lazy loading, browser hanya meminta server mengirimkan konten-konten gambar dan video yang diperlukan saja sehingga dengan hal ini dapat meminimalkan permintaan atau request ke server dan meringankan kinerja server. 

Meningkatkan Performa SEO

Kecepatan load website menjadi salah satu parameter yang digunakan untuk mendongkrak posisi website pada mensin pencari. Jika mengacu pada web.dev, mereka juga merekomendasikan penggunaan tools lazy loading Agar SEO semakin bagus. 

Hemat Kuota Internet Bagi Pengakses

Tentu ini menjadi manfaat lazy load yang dirasakan oleh orang yang mengakses website. Gambar dan video yang di load hanya saat ada di layar pengunjung membuat mereka tidak harus menghabiskan banyak resource data.  

Rekomendasi Lazy Load untuk WordPress

Jika kamu pengguna Content Management System (CMS) WordPress, kamu akan mendapatkan kemudahan dalam menerapkan teknik lazy loading. Hal ini karena pada CMS WordPress telah tersedia banyak plugin yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan lazy loading. Berikut ini beberapa rekomendasi lazy load yang dapat kamu digunakan di hosting WordPress

1. Smush Lazy Loadlazy load

Plugin ini merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk menerapkan teknik lazy loading. Smush dapat mengatur loading website terutama pada gambar sehingga gambar hanya di load saat berada tepat di layar pengguna. Selain itu, smush bahkan mampu melakukan kompresi terhadap ukuran gambar yang dirasa terlalu besar sehingga menghambat kecepatan loading website. 

Smush bisa dibilang cukup populer dikalangan pengguna WordPress. Bahkan pada website smush, mereka telah mengklaim bahwa plugin mereka nomor satu menyediakan teknik lazy loading ini. Mereka mengatakan “Smush telah dijadikan tolok ukur dan teruji nomor satu untuk kecepatan dan kualitas. Ini juga merupakan pengoptimalan gambar favorit & plugin kompresi gambar pemenang penghargaan, back-to-back terbukti untuk WordPress”. 

2. Lazy Loaderlazy load

Selanjutnya adalah plugin Lazy Loader yang dikembangkan oleh Florian Brinkmann. Plugin ini mendukung lazy loading pada elemen gambar, iFrame, video dan audio. Lazy Loader menggunakan script yang terbilang ringan. Dengan modifikasi markup secara manual, juga dimungkinkan untuk memuat gambar latar belakang, script, dan gaya dengan lambat.

3. Litespeed Cachelazy load

Litespeed Cache merupakan layanan yang mampu meningkatkan kecepatan loading website. Selain mendukung lazy loading, plugin ini juga merupakan plugin akselerasi situs all-in-one, menampilkan cache tingkat server eksklusif dan kumpulan fitur pengoptimalan. Plugin ini mendukung WordPress Multisite dan kompatibel dengan sebagian besar plugin populer, termasuk WooCommerce, bbPress, dan Yoast SEO. 

4. A3 Lazy Loadlazy load

Rekomendasi lazy load selanjutnya adalah A3 Lazy Load. Ini merupakan plugin yang sangat mudah digunakan dan berfungsi mempercepat kecepatan memuat halaman website. Semakin banyak konten website kamu, semakin baik kinerja plugin dan semakin akan melihat peningkatan kinerja

5. Lazy Load by WP Rocketlazy load

Plugin ini merupakan tools yang menawarkan layanan secara gratis. Ini adalah plugin lazy loading gratis terbaik untuk WordPress untuk memuat gambar, video, dan iframe dengan lambat di WordPress. Singkatnya, LazyLoad menampilkan gambar, video, dan iframe pada halaman hanya jika terlihat oleh pengguna, itu salah satu cara penting untuk mempercepat situs WordPress kamu dan mengoptimalkan gambar untuk Google PageSpeed. Anda dapat memuat gambar dengan lambat di konten posting atau teks widget, plus thumbnail, avatar, dan smilies. LazyLoad juga menangani pemuatan lambat iframe: kamu akan dengan mudah mengganti iframe Youtube dengan thumbnail pratinjau untuk lebih mempercepat waktu pemuatan website kamu. 

Cara Menerapkan Lazy Load 

Wah, cukup banyak bukan plugin yang bisa kamu pilih. Kamu bisa tentukan terlebih dahulu plugin mana yang akan kamu gunakan. Jika kamu telah menentukan, kini saatnya kamu mengetahui cara menerapkan lazy load plugin pada WordPress. lazy load

Pertama kamu bisa masuk ke dalam dasbor WordPress, kemudian pilih menu Add new plugin pada sidebar. Setelah itu cari salah satu plugin yang ingin kamu gunakan. Pada contoh gambar diatas adalah pencarian pada plugin lazy loader. Tekan enter maka akan muncul hasil pencarian, kemudian klik install now pada plugin yang kamu inginkan.

Tunggu hingga proses instalasi selesai, lalu aktifkan plugin tersebut. Cara menerapkan lazy load dengan plugin wordpress selesai dilakukan. Kini kamu bisa mulai menggunakan dan melakukan pengaturan pada plugin tersebut. 

Optimalkan Performa Website dengan Lazy Loading

Performa website yang baik salah satunya dapat diukur dari kecepatan website tersebut saat di akses. Meningkatkan kecepatan website salah satunya dapat dilakukan dengan teknik lazy load. Ini merupakan teknik yang mampu mengoptimalkan konten dalam sebuah website selain menggunakan hosting. Singkatnya, teknik ini membuat load website menjadi lebih ringan sehingga cepat untuk diakses atau dibuka oleh pengguna. Yuk, sekarang saatnya kamu membuktikan dan optimalkan performa website dengan lazy loading!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds