• Home
  • Tips
  • Tips Jitu Mempercepat Loading Speed Website

Tips Jitu Mempercepat Loading Speed Website

Oleh Ratna Patria
4.75/5 (4)

Di era saat ini mempercepat loading website merupakan suatu tuntutan industri. Hampir semua orang menggunakan internet untuk kebutuhan apapun baik kebutuhan bisnis, pendidikan, pekerjaan, hiburan dan lain sebagainya. Tentunya sebagai pengguna internet pun kita selalu mengharapkan jika jaringan internet berjalan dengan cepat. Akan tetapi terkadang kita sering menemukan beberapa website yang loading page nya lama dan hal tersebut tentu saja sangat mengganggu. Biasanya jika sudah seperti itu orang akan mencari website lainnya.

Website Lambat Merugikan Bisnis

Website adalah platform online yang kamu miliki sendiri dengan nama domain dan konsep yang sudah kamu atur dan sesuaikan dengan konsep bisnis barang atau jasa. Jika website kamu memiliki loading yang lambat, otomatis pengunjung website kamu akan pindah ke website lain.

Hal tersebut bisa berdampak banyak pada bisnis dan pekerjaan kamu. Salah satunya adalah trafik website kamu akan menurun dan website kamu tidak akan berada di jajaran teratas mesin pencari.

mempercepat loading website
Sumber: Pixabay

Untuk pemilik bisnis hal tersebut sangat merugikan karena jika kehilangan 1 konsumen berarti kamu kehilangan kesempatan untuk menambah profit usaha kamu. Dalam dunia bisnis kesempatan dan peluang sekecil apapun tidak boleh diabaikan.

Tips Mempercepat Loading Website

Tidak dapat dipungkiri bahwa mempercepat loading website sudah menjadi faktor yang sangat diperhitungkan untuk SEO. Google pun telah mengkonfirmasi bahwa kecepatan loading website menjadi factor yang besar dalam mengindeks website. Bagaimana tips mempercepat loading website? Mari kita bahas beberapa cara yang bisa dilakukan agar loading page website kamu menjadi cepat.

  • Hapus Plugin yang Tidak Perlu

Kamu dapat menghapus plugin yang kamu rasa tidak perlu untuk mengurangi loading speed dari website kamu. Khususnya untuk para pengguna wordpress, mengurangi plugin itu berdampak sangat signifikan terhadap loading speed website kamu. Buatlah website kamu sesimpel mungkin sehingga pengunjung mudah menemukan apa yang mereka cari.

mempercepat loading website
Sumber: Pixabay
  • Memilih tema Ringan

Salah satu yang bisa kamu coba untuk meningkatkan loading speed website kamu adalah dengan memilih tema-tema yang ringan. Beberapa tema mungkin memiliki visual yang menarik akan tetapi justru bisa saja hal tersebut yang dapat mengurangi kecepatan website kamu.

  • Gunakan Plugin untuk Cache

Salah satu hal yang dapat membantu mempercepat loading website adalah dengan menggunakan bantuan plugin caching di website atau blog kamu. Saat visitor berkunjung ke website kamu, website akan menarik database artikel, lalu generate halaman artikel, setelah itu baru disajikan ke visitor tersebut.

Hal ini terus berulang dilakukan saat visitor datang ke website atau blog kamu. Jika visitor blog kita banyak? Tentunya kinerja server akan berat sekali. Gunakan plugin untuk menyimpan cache dari website atau blog.

Kamu bisa mencoba menggunakan W3 Total Cache atau Wp Super Cache, plugin ini dapat membantu loading speed website atau blog kamu dengan otomatis kembali cepat.

  • Gunakan CloudFlare

Kamu juga dapat menggunakan CloudFlare. CloudFlare adalah jaringan pengiriman konten atau layanan domain server yang didistribusikan untuk meningkatkan kinerja website dan tentunya mempercepat loading website kamu.

mempercepat loading website
Sumber: Pixabay

Layanan ini bisa kamu dapatkan secara gratis, namun jika trafik website kamu tinggi sebaiknya kamu menggunakan layanan berbayar yang disediakan jaringan ini.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu coba sendiri untuk meningkatkan loading speed website kamu. Jangan sampai masalah loading speed ini menghambat pekerjaan dan bisnis yang sedang kamu jalani.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


ichsan
June 7, 2020

nanti saya coba terapkan, thanks gan

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!