Perhatikan Hal Ini Supaya Website Bisnis Makin Kece!4 min read

4/5 (1)

Perhatikan Hal Ini Supaya Website Bisnis Makin Kece

Ada banyak faktor mengapa pelanggan betah berlama-lama di dalam sebuah toko. Bisa karena pelayanan yang ramah, harga yang murah, tata letak yang menarik, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan toko online? Tidak ada toko, yang secara fisik, bisa dilihat atau dirasakan. Satu-satunya yang bisa dioptimalkan adalah situs web toko online itu sendiri. Website bisnis adalah tempat yang harus kamu atur supaya pelanggan betah berlama-lama, meluangkan waktu untuk memilih apa yang akan mereka beli.

Tampilan dan Nuansa Website Mencerminkan Brand

Tampilan dan nuansa website bisnis akan mencerminkan kepribadian brand industri, dan target audiens. Namun ada beberapa hal yang secara umum bisa diaplikasikan ke website toko online manapun, yaitu:

  • Fokus pada desain. Perhatikan detail seperti warna, font, gambar, dan kalimat, untuk memastikan website bisnis kamu terlihat profesional.
  • Pilih nama domain yang bagus. Nama domain sebaiknya cari yang unik, mudah diingat dan dikenali.
  • Jangan lupakan SEO. website yang SEO-friendly akan lebih mudah ditemukan. Website kamu harus kaya akan konten yang berkualitas, serta nama domain dengan keyword yang sesuai.
  • Tambahkan Social Sharing Button. Tombol ini akan memudahkan pelanggan yang ingin membagikan konten di toko online kamu.

Penjelasan diatas adalah apa yang harus kamu lakukan supaya toko online terlihat bagus. Namun ada beberapa hal yang harus kamu hindari, seperti:

  • Terlalu banyak elemen. Jaga tata letak toko online kamu tetap rapi dan menarik secara estetika untuk mendorong pelanggan menjelajahi lebih jauh.
  • Menggunakan animasi yang berlebihan. Meminta pelanggan mengunduh plugin atau tiba-tiba terdengar musik akan membuat pelanggan tidak nyaman. Selain itu, animasi yang berlebihan akan menambah waktu pemuatan (loading) website bisnis kamu.
  • Mengabaikan ALT Text. Jangan mengabaikan ALT Text. Kamu bisa memanfaatkan gambar untuk meningkatkan SEO di hasil mesin pencari.
  • Memiliki backlink yang mati. Periksa tautan secara berkala untuk memastikan tautan tersebut tidak rusak atau mengarah ke halaman yang sudah tidak ada.

    website bisnis

    Sumber: Pixabay

Keuntungan Memiliki Nama Domain yang Tepat

Website bisnis yang dirancang dengan baik, menarik, dan mudah diakses akan mendorong pelanggan untuk melihat lebih jauh, lalu pada akhirnya membeli barang yang dijual. Namun website yang sudah dirancang dengan baik tidak ada artinya jika tidak muncul di halaman hasil pencarian. Oleh karena itu, kamu perlu mengoptimalkan website dengan keyword, backlink berkualitas, hingga ALT Text.

Tantangan berikutnya adalah membuat orang mengunjungi website kamu. Hal pertama yang akan “menyapa” pelanggan adalah nama domain. Nama domain akan menjadi brand yang melekat di ingatan semua pelanggan. Oleh karena itu, jangan asal memilih nama domain, mengapa? Berikut alasannya:

  1. Nama yang Tepat Membuat Brand Stand Out

Dunia online sudah dipenuhi dengan banyaknya bisnis dari segala bentuk dan ukuran untuk menawarkan hal yang kurang lebih sama. Bagi pelanggan, tentu akan semakin banyak pilihan, namun bagi penjual hal tersebut menjadi masalah baru. Menawarkan produk hebat, harga yang pas, dan layanan yang di atas rata-rata tidak akan cukup.

Nama domain akan memainkan peran penting, yang akan membuat pengunjung memilih website kamu ketimbang website lainnya. Jadi memang benar ketika banyak orang menyarankan untuk memilih nama yang benar-benar sesuai, misalnya www.yourpetsguide.online. Orang akan mudah mengenali toko online yang dijalankan.

  1. Mudah Masuk ke Niche Market

Bisnis yang sangat spesifik (niche business) bisa sangat diuntungkan dari nama domain yang juga khusus dalam industri tersebut. Untungnya, beberapa ekstensi domain baru mulai bermunculan. Domain-domain baru tersebut bisa membantu bisnis membuat website bisnis yang efektif menargetkan jenis audiens yang dicari. Kamu yang ingin memiliki toko online, bisa menggunakan TLD .STORE. Ekstensi domain tersebut dengan jelas mengatakan bahwa website yang mereka tuju adalah toko online.

website bisnis

Sumber: Pixabay

  1. Membuat Identitas Bisnis Semakin Kuat

Website bisnis bukan hanya ruang yang bisa dijadikan tempat untuk menampilkan penawaran atau memposting konten. Lebih dari itu, website juga bisa dijadikan identitas brand secara online. Hal ini sama pentingnya dengan nama perusahaan.

Memilih ekstensi domain yang relevan, kemudian memasangkannya dengan nama brand, akan membuat nama domain mudah dikenali. Contohnya, www.artificialflower.site jelas menyatakan bahwa bisnis tersebut berhubungan dengan bunga artificial atau bunga tiruan.

  1. Memberikan Kesan Tersendiri Secara Online

Setiap bisnis online harus memastikan alamat web mereka mudah dibaca dan diingat. Idealnya, seseorang harus bisa mengingat dan mengucapkan nama domain tanpa harus membacanya. Hindari juga salah ucap atau salah tulis. Hal tersebut bisa kamu hindari dengan menuliskan nama domain sebagaimana mestinya, tanpa menambahkan atau bahkan mengganti hurufnya, ditambah dengan ekstensi domain yang relevan dengan industri. Misalnya www.pecintakopi.online, lebih mudah diucapkan daripada www.coffee4lyfe.online, yang mencurigakan dan terlihat seperti spam.

  1. Mempermudah Marketing Campaign

Dengan marketing campaign yang terintegrasi, memiliki nama domain yang tepat menjadi hal yang penting. Akan lebih penting lagi, ketika tujuan utama marketing campaign adalah mendorong lebih banyak pengguna mengunjungi website, kemudian mengkonversi pengguna tersebut menjadi pembeli.

Alamat website yang mudah diingat bisa dengan mudah dipromosikan melalui berbagai channel, bahkan dengan cara offline seperti iklan televisi atau radio. Kamu bisa membuat nama domain yang khusus untuk acara tertentu, seperti seperti kontes atau giveaway yang diadakan di sebuah acara. Kamu bisa menggunakan ekstensi .FUN untuk mengadakan kontes di acara-acara tertentu.

website bisnis

Sumber: Pixabay

Website yang Baik Mampu Mendatangkan Traffic

Pada akhirnya, tujuan akhir dari website bisnis adalah untuk meningkatkan keuntungan. Dengan memperhatikan hal-hal kecil seperti, nama domain dan tag, dan aspek-aspek penting seperti desain dan konten, bisa dipastikan website bisnis kamu akan menarik banyak pengunjung. Tidak hanya banyak traffic, namun bisa mengkonversi mereka menjadi pelanggan yang setia.

Author: Alisha Shibli

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

1 komentar

  1. Avatar Akhmad berkata:

    Terima kasih sangat membantu dan mudah dipraktekkan

Komentar