• Home
  • Tips
  • Tips Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Bisnis Kamu

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Bisnis Kamu

Oleh Ratna Patria

Website sangat diperlukan oleh semua pelaku usaha, walaupun tidak setiap pemilik bisnis memiliki website sendiri. Dengan memiliki website sendiri, bisnis yang kamu miliki akan terlihat lebih profesional. Website juga dapat membuat bisnis kamu berkembang dengan cepat.

Para calon konsumen akan lebih memilih bisnis yang memiliki website sendiri. Dalam membuat website, hal paling penting yang harus kamu miliki adalah nama domain. Bisa dibilang nama domain erat hubunganya dengan nama brand. Biasanya orang menggunakan nama brand mereka sebagai nama domain.

Nama Domain yang Tepat Baik untuk SEO

Kamu tidak perlu bingung bagaimana memilih nama domain bagus untuk website kamu. Saat ini banyak sekali pilihan nama domain bagus yang bisa kamu pilih. Nama Domain dan URL memegang peran yang besar dalam mesin pencari. Tujuan memilih nama domain bagus yang tepat bukan hanya sebagai alamat website saja.

nama domain bagus
Sumber: Pixabay

Nama domain bagus yang tepat bisa membuat website kamu berada di tempat teratas pada search engine. Dalam memilih nama domain kamu juga harus menggunakan strategi agar kamu bisa mendapat nama yang tepat.

Tips Memilih Nama Domain

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih nama domain bagus yang tepat untuk bisnis kamu.

  • Tentukan Konsep Bisnis

Langkah pertama sebelum menentukan nama domain dan membuat website adalah, kamu harus memastikan konsep bisnis. Paling tidak sudah matang, atau jika sudah berjalan malah lebih baik. Kamu juga harus tahu siapa konsumen yang akan menjadi target kamu. Hal tersebut akan memudahkan kamu dalam memilih nama domain.

  • Mudah diketik dan diingat

Dalam memilih nama domain bagus, hal yang paling penting adalah memilih nama yang mudah diketik. Tidak hanya itu, buatlah nama yang unik dan simple sehingga mudah diingat oleh calon konsumen kamu. Pemasaran dari mulut ke mulut masih sangat efektif hingga saat ini. Jika kamu memiliki nama domain yang mudah diingat, brand kamu akan cepat tersebar.

nama domain bagus
Sumber: Pixabay
  • Melakukan Pengecekan

Sebelum membuat nama domain lebih baik kamu mengecek terlebih dahulu apakah nama yang kamu gunakan sudah ada yang menggunakan atau belum. Ada beberapa cara untuk memastikan apakah nama domain yang ingin kamu gunakan sudah terpakai atau belum.

Cara yang paling mudah adalah kamu bisa membuka mesin pencarian google dan ketikan nama domain kamu. Selain itu kamu bisa mengecek dengan menggunakan Namechk, KnowEm, NameCheckr, dan lainnya. Jika belum ada yang menggunakan nama tersebut, kamu sangat beruntung dan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

  • Gabungkan Nama Brand Dan Jenis Usaha

Dalam membuat nama domain, mungkin kamu bisa menggunakan formula lain. Misalnya dengan menggabungkan nama brand kamu dan jenis usaha yang kamu miliki. Sebagai contoh, sebuah brand fashion muslim “Vanilla Hijab”. Brand tersebut menggabungkan nama brand dan jenis usaha mereka. Hal tersebut bisa dimanfaatkan juga sebagai sarana branding kamu.

nama domain bagus
Sumber: Pixabay

Nama Domain adalah Identitas

Itulah beberapa strategi yang mungkin dapat membantu kamu menentukan nama domain yang tepat untuk bisnis kamu. Karena nama domain adalah representasi dari bisnis kamu. Nama domain yang jelas dapat memberitahu calon konsumen dan juga search engine, bisnis apa yang kamu geluti.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!