• Home
  • Tips
  • Hindari Hal Ini Saat Membuat Nama Domain

Hindari Hal Ini Saat Membuat Nama Domain

Oleh Ratna Patria

Membuat website yang bagus adalah bukan hal yang sederhana. Salah satu hal yang penting dalam membuat website adalah memilih nama domain. Nama domain adalah hal paling penting dalam pembuatan website karena nama domain ibarat nama brand kamu.

Itu sebabnya memilih nama domain harus penuh dengan perhitungan dan sesuai dengan konsep bisnis kamu. Salah satu kesulitan memilih nama domain yang bagus adalah kamu harus siap jika nama domain yang menjadi pilihan kamu sudah sudah tidak tersedia.

Hal-hal yang Perlu Dihindari

Dalam memilih nama domain kamu harus berpikir kreatif. Buatlah nama domain yang unik dan mudah diingat. Jika kamu ingin yang lebih baik buatlah nama domain yang brandable. Dengan menggunakan nama yang brandable, kamu bisa membuat website kamu lebih menonjol dibanding kompetitor.

memilih nama domain
Sumber: Pixabay

Kamu bisa sekaligus membangun brand awareness produk kamu. Dibalik banyaknya hal yang harus kamu pertimbangkan dalam membuat nama domain ada beberapa hal yang harus kamu hindari dalam membuat nama domain, yaitu:

  1. Angka

Menggunakan angka untuk nama domain sangat tidak disarankan. Salah satu hal penting yang harus dipetimbangkan dalam membuat nama domain adalah buatlah nama yang mudah diingat. Sehingga ketika seseorang mengetikkan nama URL website kamu, tidak akan ada kesalahan. Bisa jadi yang terbuka malah website orang lain. Selain itu penggunaan angka juga kurang efisien.

  1. Hyphens

Salah satu yang harus kamu hindari dalam pembuatan nama domain adalah penggunaan hyphens atau tanda hubung di tengah kata. Mengapa sebaiknya kamu menghindari hyphens? Hal ini karena tanda penghubung menyebabkan beberapa masalah.

Salah satunya orang sering lupa untuk memasukan tanda hubung saat mengetikan nama domain. Sehingga kemungkinan salah situs akan lebih besar. Tentunya kamu tidak ingin kehilangan calon pengunjung website bukan?

memilih nama domain
Sumber: Pixabay
  1. Kata Yang Sulit

Mungkin kamu ingin jika nama domain kamu terlihat keren atau terdengar keren. Jangan salah, memilih nama domain dengan kata yang sulit diingat apalagi sulit dieja akan beresiko besar.

Di era yang serba cepat ini, orang cenderung ingin yang serba cepat. Jika kamu memiliki nama domain yang sulit diingat, maka kemungkinan besar orang yang awalnya ingin mengunjungi website kamu tidak jadi karena lupa. Salah satunya jangan menggunakan singkatan kata pada nama domain kamu. Karena biasanya singkatan adalah hal yang sulit untuk diingat.

  1. Merek Dagang

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum memilih nama domain adalah kamu harus memastikan jika nama domain yang akan kamu pilih tidak melanggar larangan merek dagang.

Pemegang sebuah merek dagang akan melindungi merek yang memang menjadi milik mereka. Jika kamu sampai melakukan pelanggaran merek dagang maka bisa dipastikan bisnis kamu dalam bahaya.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengecek nama domain yang memiliki merek dagang di beberapa situs salah satunya Trademark247.com. Disana kamu akan menemukan merek-merek dagang yang telah terdaftar.

memilih nama domain
Sumber: Pixabay

Daftarkan Nama Domain Kamu Sekarang!

Faktanya memang ada ratusan juta nama domain yang telah terdaftar. Hal tersebut berarti peluang kamu untuk memiliki nama domain sesuai keinginan kamu sangat kecil. Namun, bukan berarti tidak bisa.

Penjelasan diatas adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih nama domain. Memilih nama domain tidak bisa sembarangan karena hal ini berhubungan dengan bisnis kamu kedepannya. Nah, sebelum nama kamu diambil oleh kompetitor, yuk, registrasi sekarang. Nama domain bisa untuk investasi juga, lho!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!