• Home
  • Tips
  • 11 Strategi Promo Media Sosial yang Wajib Kamu Coba

11 Strategi Promo Media Sosial yang Wajib Kamu Coba

Oleh Ratna Patria
1/5 (1)

Lalu bagaimana kamu mempromosikan media sosial bisnismu agar dilihat orang banyak? Berikut ini adalah 11 strategi promo media sosial untuk meningkatkan awareness, mempromosikan dan mendorong penjualan bisnismu.

promo media sosial
Sumber: Freepik

Isi profile

Ini adalah cara paling dasar dalam strategi promo media sosialmu. Kamu harus mengisi info atau biodata websitemu secara lengkap. Pada bagian tentang (about), kamu wajib mengisinya dengan nomor telepon, email, link dan profil media sosial lain agar orang lain bisa menghubungimu. Ceritakan secara lengkap mengenai informasi bisnismu di bagian our story.

Hashtag Brand

Belum lama ini Instagram ada tambahan fitur baru, kamu bisa menuliskan akun lain dan hashtag di bio profile sebagai sarana untuk strategi promo di media sosial.

Lebih bagus kalau bisnismu memiliki hashtag khusus atau slogan yang digunakan disertakan hashtag, misalnya saja hashtag #LangsungBikinAja yang digunakan DomaiNesia di bio Instagramnya. Jangan lupa juga untuk memasukkan tag lokasi di bio agar followers bisa langsung klik untuk mengetahui lokasimu.

Promo di Media Sosial lain

Sekarang, banyak sekali platform media sosial di internet dan setiap orang atau bisnis pasti memiliki lebih dari satu media sosial. Biasanya saat mau memposting di media sosial akan ada pilihan untuk share pada media sosial lain sebelum kita klik post.

Ini bisa kamu manfaatkan dengan share postinganmu di media sosial yang lain. Kamu bisa share link atau postingan instagram di twitter dengan caption mengajak untuk follow media sosialmu sehingga bisa mendapatkan reach lebih banyak.

Icon Media Sosial di Website

Kalau pelanggan mencari nama bisnismu di mesin pencari seperti Google, maka websitemu yang akan pertama muncul di hasil pencarian. Agar media sosialmu mudah ditemukan oleh mereka, gunakan icon-icon media sosial yang jelas dan terbaca oleh mereka.

Banyak tema website yang bisa menyertakan icon media sosial yang bisa kamu pakai untuk strategi promo media sosialmu. Kalau bisa, gunakan warna brandmu pada icon media sosial di websitemu.

Promo di Newsletter dan Email Signature

Salah satu strategi promo media sosial yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakkan link atau icon media sosialmu di newsletter yang dikirimkan kepada subscriber.

Kalau bisnismu sering mengirimkan email penjualan ke klien, jangan lupa sertakan media sosialmu di bagian tanda tangan (signature) sebagai peluang branding dan promo.

Kamu juga bisa menyertakan icon media sosial dan hashtag campaignmu untuk mengajak para subscriber newsletter melakukan sharing foto, memakai hashtag dan follow media sosialmu.

promo media sosial
Sumber: Freepik

Targeting Ads

Untuk memulai targeting ads, kamu perlu menambahkan Facebook Pixel ke websitemu. Data audiens Facebook bisa dimanfaatkan untuk menargetkan audiens berdasarkan minat, demografi dan kebiasaan atau perilaku. Kalau kamu baru belanja sepat secara online, kamu pasti akan menerima lebih banyak iklan sepatu dari sebelumnya.

Itu karena Facebook mencatat kebiasaan belanjamu dan kamu masuk dalam kategori minat tersebut. Ketika konten iklanmu sudah disiapkan, jangan lupa gunakan hashtag khusus dan share sebagai strategi promo media sosial.

Tag Produk di Postingan Facebook dan Instagram

Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan di Facebook dan Instagram adalah tag link website pada postingan, ini bisa kamu setting pada saat melakukan setting iklan.

Dalam settingan iklan ada pilihan calon pelanggan akan diarahkan ke website, profile atau direct message untuk melakukan pembelian.

Silakan pilih platform yang sesuai dengan bisnismu dan jangan lupa memberikan deskripsi yang singkat dan jelas tentang produkmu agar calon pelanggan tergerak membeli.

Diskon di Media Sosial

Kamu pasti sering menerima diskon dari beberapa brand melalui email. Kamu juga bisa melakukan cara ini sebagai strategi promo media sosial. Berikan diskon untuk audiens dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya dengan menawarkan kode promo khusus untuk diskon pembelian dalam sebuah postingan dan tawarkan promo tersebut khusus media sosial.

Giveaway

Giveaway adalah cara umum yang biasa digunakan untuk strategi promo media sosial. Dalam hal ini, tujuannya untuk meningkatkan awareness audiens terhadap bisnis atau campaign.

Coba buat giveaway dengan melibatkan followers dengan menjawab pertanyaan atau sharing foto dan video. Buat ketentuan dengan mengajak atau tag teman lain atau share di media sosial lain agar kamu juga mendapatkan engagement lebih tinggi.

  • Melibatkan Tim atau Karyawan

Dengan bantuan tim atau karyawanmu untuk share postingan di akun media sosial mereka, bisnis atau campaign akan mendapat reach lebih banyak karena setiap orang memiliki followers yang berbeda.

  • Program Member dan Brand Ambassador

Ide brand ambassador pada dasarnya adalah untuk brand awareness. Kamu bekerja sama dengan public figure yang akan mempromosikan produk kepada teman dan followers mereka.

Lebih baik lagi jika public figure tersebut juga menggunakan produk dan merasakan hasilnya sehingga meningkatkan kredibilitas bisnismu.

Kamu bisa membuat campaign kode referral kepada calon pelanggan yang akan membeli produkmu. Setelah itu, share promo tersebut di semua media sosialmu.

Perhatikan Copywriting untuk Caption

Setelah kamu mengetahui 11 strategi promo media sosial, kamu perlu memperhatikan copywriting dalam caption. Setiap media sosial memiliki audiens yang berbeda.

Audiens di Facebook kemungkinan tidak sama dengan audiens di LinkedIn. Kalau kamu menggunakan konten foto atau video yang sama, usahakan copywritingnya berbeda.

promo media sosial
Sumber: Freepik

Lebih baik lagi kalau kamu mengetahui bagaimana audiens social media. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai kosakata dan nada.

Sebaiknya kamu juga perlu menggunakan aplikasi atau software untuk menjadwalkan dan melihat keberhasilan promo-promo tersebut agar lebih efektif dan bisa dievaluasi. Selamat mencoba!

Ratna Patria


Aswa Coffee
November 21, 2020

Panduannya bagus, saya juga lagi belajar buat blog tentang kopi. Terima kasih untuk tips-tipsnya

afri
November 11, 2020

setelah 100 abad lamanya ,baru paham saya bos.... waduch.... terima kasih,

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!