• Home
  • Tips
  • 11 Tips Mempromosikan Podcast Melalui Media Sosial Biar Makin Dikenal

11 Tips Mempromosikan Podcast Melalui Media Sosial Biar Makin Dikenal

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Mengembangkan podcast tidaklah mudah. Ada ratusan ribu podcast di iTunes dan Spotify, tetapi jangan mengubur impianmu untuk membuat podcast karena banyaknya saingan.

Kamu masih bisa membuat podcast dengan konten berkualitas dan mempromosikannya di media sosial. Berikut ini 11 tips mempromosikan podcast di media sosial.

tips mempromosikan podcast
Sumber: Pexels

Manfaatkan Nama Bintang Tamu dan Audiens Mereka

Tips mempromosikan podcast yang pertama adalah dengan mengundang bintang tamu yang memiliki wawasan yang luas dan paham mengenai topik yang akan kamu siarkan.

Selain itu, kamu juga perlu mencari bintang tamu yang memiliki followers banyak di media sosial. Cara ini mirip seperti marketing influencer.

Bintang tamu yang mempromosikan podcastmu di media sosialnya kemungkinan juga akan didengar oleh followersnya karena melihat nama idolanya.

Share Podcast di Media Sosial

Setelah kamu selesai membuat konten podcast dan siap untuk mempromosikannya, pastikan kamu share episode podcast terbarumu ke media sosial yang tepat.

Kalau podcastmu berbicara tentang bisnis, kamu bisa share di LinkedIn, Facebook atau Twitter. Kalau podcastmu berbicara tentang komedi, tidak perlu share di LinkedIn, kamu bisa share di Instagram, Twitter atau Facebook.

Share Podcast di Media Sosial Pribadi

Hampir mirip seperti tips mempromosikan podcast di poin sebelumnya, tips kali ini kamu juga perlu mempromosikannya di media sosialmu sendiri atau media sosial partner host kamu. Kalau followersmu menyukai wawasan yang kamu punya, mereka juga ingin mendengar podcastmu.

Tulis juga akun media sosialmu di deskripsi podcast, kalau ada pendengar yang menyukai suara dan ceritamu kemungkinan besar mereka juga akan memfollow media sosialmu.

Rekam Podcast di Facebook Live

Tidak hanya di iTunes dan Spotify saja, kamu juga perlu mengupload konten podcastmu di berbagai channel seperti SoundCloud, Instagram TV dan Youtube. Dengan tips ini, podcastmu akan memiliki jangkauan yang lebih luas dan mudah diakses siapapun.

Bahkan ketika kamu merekam di Facebook Live, podcastmu bisa didengarkan langsung dari link yang ada di postinganmu sehingga followersmu lebih mudah untuk membuka podcastmu.

tips mempromosikan podcast
Sumber: Pexels

Giveaway

Tips mempromosikan podcast yang juga bisa meningkatkan engagement media sosialmu adalah dengan cara mengadakan giveaway. Kamu bisa memberikan hadiah berupa voucher diskon, langganan produkmu atau produk yang paling populer di tokomu.

Memberikan pertanyaan dari yang jawabannya ada di isi podcast juga bisa kamu coba, karena mereka akan mendengar podcastmu terlebih dahulu untuk mendapatkan jawaban. Setelah itu jangan lupa sertakan syarat untuk like atau share postingan podcast di media sosialmu.

Posting Blog

Kamu punya blog? Ini bisa jadi cara untuk mempromosikan podcast. Buat postingan blog untuk setiap preview episode podcastmu. Ini juga membantu SEO dan membuat konten lebih mudah dibagikan di media sosial.

Ingat, Google menyukai konten teks dan pembaca blogmu cenderung lebih suka berbagi sesuatu yang dapat mereka baca dengan cepat.

Share Quotes dan Video Pendek

Kamu bisa membagikan preview episode podcastmu ke followers dengan share quotes dan klip dari quotes tersebut. Jangan lupa sertakan link juga, agar mereka mudah membuka podcastmu. Ambil quotes yang paling menarik dan bisa membuat followersmu penasaran.

Hashtag

Tips mempromosikan podcast agar bisa ditemui banyak orang adalah dengan menyertakan hashtag di setiap postinganmu di media sosial.

Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan hashtag yang relevan. Kalau hashtag yang kamu gunakan tepat, podcastmu akan muncul di pencarian hashtag dan bisa mendapatkan pendengar baru.

Terkoneksi dengan Orang yang Tepat

Tips mempromosikan podcast satu ini memang sedikit effort, tetapi kamu bisa mencoba dengan menghubungi orang-orang yang kamu rasa menyukai podcastmu.

Kamu bisa melakukannya dengan memfollow akun media sosial mereka menggunakan akun media sosial podcastmu atau kamu mengirim pesan ke influencer di LinkedIn. Pastikan mereka memiliki bidang industri yang sesuai dengan topik podcastmu.

Berkomentar di Podcast Lain

Agar podcastmu banyak didengar orang, kamu bisa merekomendasikan podcastmu sendiri di podcast lain atau forum tanya jawab.

Kamu bisa cek media sosial atau forum tanya jawab yang sedang membicarakan topik bahasan episode podcastmu dan rekomendasikan mereka dengan podcastmu dengan cara yang mulus dan kreatif.

Jangan terlihat seperti promosi. Mungkin saja podcastmu menjadi referensi jawaban dari pertanyaan mereka.

A/B Testing

Tips mempromosikan podcast di media sosial yang terakhir adalah dengan melakukan A/B testing. Kalau di satu media sosial, caramu tidak berjalan baik, jangan digunakan lagi. Kamu bisa mencari platform media sosial lain yang sekiranya bisa mendapatkan pendengar lebih banyak.

tips mempromosikan podcast
Sumber: Pexels

Pastikan Konten Berkualitas

Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai tips mempromosikan podcast di media sosial. Sebelum mempromosikan podcast, pastikan konten yang kamu buat berkualitas dan menarik untuk audiens.

Setelah itu jangan biarkan podcastmmu hanya terpampang di platform Spotify atau iTunes saja, tetapi podcastmu juga layak mendapatkan banyak pendengar. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. Reading is something I really liked since elementary school. The book genres I love the most are fantasy fiction, fairy tales, and memoirs. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!