Cara Mengkonversi Traffic Menjadi Pelanggan Setia4 min read

No ratings yet.

cara mengkonversi traffic menjadi pelanggan setia

DomaiNesians telah memiliki sebuah website yang memiliki jutaan pengunjung setiap harinya? Atau sebuah website jualan yang telah memiliki organic traffic yang berkualitas?

Kemudian apa setelahnya?

Sebagai seorang pemilik bisnis online, tentunya tugas DomaiNesians adalah merubah organic traffic tersebut menjadi pembeli (yang setia). Tidak hanya itu, namun juga memberikan informasi terbaru tentang produk-produk terbaru dan tentunya menawarkannya. Mungkin terdengar sedikit sulit, namun mari kita coba bahas pada kesempatan kali ini.

Cara Mengkonversi Traffic dengan Menyederhanakan Jalan Mereka

Menyederhanakan jalan mereka pada judul di atas maksudnya adalah memangkas kemungkinan-kemungkinan traffic tersebut bocor ke website lain setelah mengunjungi website milik DomaiNesians. Atau malah langsung pergi begitu masuk ke salah satu halaman, sebelum sempat membaca apapun isinya.

Menyederhanakan jalan bisa dengan melakukan beberapa hal; misalnya memberikan informasi yang lengkap terkait produk pada satu halaman saja hingga mereka tidak perlu pindah halaman. Atau bisa juga dengan memberikan banyak opsi pembayaran agar calon pembeli dapat melakukan pembayaran dengan berbagai bentuk yang mereka miliki. Juga bisa dengan memperkecil ukuran file foto produk sehingga loading speed tidak lama yang membuat mereka malas menunggu.

Menuliskan Deskripsi Produk Dengan Kreatif

Ketika datang sebuah kasus: menjual produk secara online. Maka tugas kamu sebagai seller tidak hanya berjualan tapi juga sebagai seorang pencerita yang baik. Hal ini karena kamu hanya memiliki beberapa menit atau bahkan detik sebelum calon pembeli pergi dari halaman website mu. Sehingga kamu perlu untuk menjaga ketertarikan calon pembeli dan memperbesar peluang mereka membeli produk tambahan, dengan cara membuat deskripsi produk yang kreatif.

menulis deskripsi produk

Narasi deskriptif yang kamu buat adalah kesempatan untuk meng-highlight produk yang kamu jual dan menerangkan persona brand yang kamu bangun. Dan untuk mencapai hal ini, kamu perlu membuat customer berimajinasi sedang menggunakan produk yang kamu jual. Gunakan kalimat sehari-hari sehingga mudah dicerna oleh calon customer. Ketika menulis sebuah deskripsi produk, fokuslah pada satu hal yaitu: merubah fitur yang dimiliki menjadi keuntungan. Misalnya bagaimana produk yang kamu miliki dapat menyelesaikan masalah yang ditemui calon pembeli.

Membuat Calon Pembeli Merasa Penting Membeli Secepatnya

Mungkin dengan jadwal kerja yang padat, atau sedang sibuk mengurusi rumah, membuat sebagian orang menunda pembelian online mereka. Inilah yang membuat kamu perlu membuat mereka segera menyelesaikan pembelian dan pembayaran secepatnya. Membuat mereka segera membeli adalah salah satu cara mengkonversi traffic menjadi pelanggan.

beli sekarang

Beberapa contoh hal yang bisa dilakukan untuk memaksa mereka segera membeli adalah dengan menampilkan hitung mundur pada halaman keranjang belanja. Dan menambahkan, misalnya, gimmick diskon yang akan otomatis hilang bersamaan dengan waktu hitung mundur yang habis. Contoh lain yang bisa dilakukan adalah membuat seolah olah produk yang ingin dia beli akan segera habis. Atau bisa juga dengan menampilkan jumlah orang yang telah membeli produk yang kamu jual.

Tawarkan Layanan Customer Support yang Jempolan

Salah satu cara mengkonversi traffic website yang terbukti berjalan baik adalah menggunakan customer service. Tentunya customer service yang ingin pelanggan ajak berkomunikasi adalah para tim yang ramah dan informatif. Hal ini karena seorang customer service adalah satu-satunya representasi manusia asli yang tersedia pada sebuah website. Tak jarang, calon pembeli merasa spesial, ketika berkomunikasi dengan customer service.

customer service jempolan

Dengan customer service, DomaiNesians dapat langsung memberikan informasi dan penawaran yang dengan cepat menghasilkan konversi. Kamu dapat menawarkan layanan online chatting pada halaman website nya, atau menampilkan nomor WhatsApp. Dari channel-channel inilah kamu bisa secara lansung juga meyakinkan calon pembeli untuk melakukan pembelian.

Membangun Komunitas yang Eksklusif

Keinginan untuk menjadi bagian dari bisnis atau produk adalah salah satu ciri manusiawi dari para pembeli. Misalnya pembeli merasa diperhatikan ketika produk atau layanan yang mereka usulkan menjadi kenyataan. Tipikal pembeli seperti inilah yang nantinya akan menjadi pembeli setia, bahkan seorang advocate untuk brand online yang DomaiNesians kembangkan.

Komunitas eksklusif bisa menjadi beberapa bentuk dalam sebuah bisnis. Misalnya mereka yang tergabung sebagai member VIP dengan diskon yang lebih besar jika dibandingkan pembeli lainnya. Atau mereka yang gemar mengumpulkan point pembelian sehingga bisa ditukarkan dengan hadiah yang mereka inginkan.

Membangun komunitas memerlukan waktu dan kesabaran. Atau bisa disederhanakan menjadi harus siap makan hati. Namun, karena banyak sekali keuntungan yang bisa dikembangkan dari komunitas pembeli setia. Ada baiknya DomaiNesians mulai mengembangkan pada sektor ini.

Pop-Up dengan Tawaran yang Tidak Bisa Ditolak

Sebagai sebuah website bisnis online, tentunya kamu memerlukan sebuah cara kreatif untuk mencegah calon pembeli meninggalkan situs milikmu. Selain lima cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bisa juga dengan membuat fitur pop-up yang akan otomatis tampil ketika calon pembeli akan meninggalkan website milikmu.

contoh pop up

Ini adalah cara mengkonversi traffic yang efektif untuk memberikan calon pembeli sebuah perasaan berpikir ulang. Apalagi jika Pop-Up yang ditampilkan menawarkan sebuah diskon besar-besaran untuk mereka yang pertama kali datang ke website milikmu. Atau setidaknya kamu bisa memberikan diskon khusus yang mengharuskan calon pembeli memberikan alamat email. Alamat email ini nantinya bisa kamu gunakan sebagai database untuk remarketing.

Merubah Traffic Menjadi Percaya Pada Website Milikmu

Salah satu faktor traffic akhirnya melakukan pembelian adalah karena mereka percaya dengan website yang kamu miliki. Informasi yang jelas dan customer service yang baik dapat memberikan rasa aman ketika mereka melakukan transaksi. Raihlah kepercayaan mereka dan berikan rasa aman, dan secara otomatis mengkonversi traffic menjadi pelanggan setia. Selamat mencoba!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar