• Home
  • Berita
  • Pengaruh dan Kelebihan Domain ID Bagi Website Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui!

Pengaruh dan Kelebihan Domain ID Bagi Website Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Pemilihan dan penentuan ekstensi domain untuk suatu website, terkadang memang membuat pemilik website bingung dan dilema.

Dilema yang dirasakan seperti banyaknya ekstensi domain yang cocok dan banyaknya ekstensi domain yang keren jika digabungkan dengan nama website.

Pemilik website akan menjadi lebih bingung saat dikenalkan dengan ekstensi domain yang sesuai dengan kode negara, misalnya apabila website berasal dari Indonesia, akan lebih terpercaya dengan ekstensi domain ID.

Jadi seberapa pengaruhkah domain yang berupa kode negara terhadap suatu website? Bagaimana dengan domain ID sebagai ekstensi domain kode negara Indonesia? Apa kelebihan domain ID?

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara detail mulai dari apa itu domain ID, hingga kelebihdan domain ID.

Yuk, Mengenal Domain ID

Ekstensi domain yang satu ini memang sudah dikenal oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Domain ID adalah bagian dari tipe ekstensi domain ccTLD (Country Code Top Level Domain) khusus negara Indonesia.

Ekstensi domain dengan tipe ccTLD, didasarkan pada kode negara. Misalnya seperti kode negara berikut ini :

  • .id : digunakan untuk nama domain di Indonesia
  • .sg : digunakan untuk nama domain di Singapura
  • .us : digunakan untuk nama domain di Amerika Serikat
  • .my : digunakan untuk nama domain di Malaysia
  • .au : digunakan untuk nama domain di Australia
  • .de : digunakan untuk nama domain di Jerman

Ekstensi domain ID memiliki banyak jenisnya dan semua jenis ekstensi domain ID dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Selain itu, tidak semua perusahaan domain yang bisa menyediakan domain ID secara resmi atau official. Hanya perusahaan domain yang terakreditasi oleh PANDI lah yang bisa menyediakan official domain ID.

DomaiNesia salah satunya. DomaiNesia sudah menjadi registrar resmi yang telah diakreditasi oleh PANDI mulai tanggal 2 Juni 2021.

Baca Juga: DomaiNesia, Mitra Pandi dan Registrar Domain Indonesia

DomaiNesia akan mendukung setiap website yang menggunakan domain asli Indonesia, agar brand asli Indonesia ini dikenal baik oleh dunia Internasional.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan domain ID , kamu bisa memperlihatkan identitas negara Indonesia dengan bangga.

Karena domain ID termasuk jenis ekstensi domain ccTLD (Country Code Top Level Domain), maka pastinya ada beberapa persyaratan tertentu yang harus kamu lengkapi.

Masing- masing jenis ekstensi domain ID memiliki persyaratan sendiri.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek apa saja persyaratan masing- masing jenis ekstensi domain ID yang ada di DomaiNesia.

kelebihan domain id

Sebelum kamu mengetahui kelebihan domain ID, ketahui terlebih dahulu tipe apa saja yang termasuk ke dalam domain ID ya!

Macam- macam Tipe Domain ID Sesuai Dengan Website

Seperti yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, ekstensi domain banyak jenis nya.

Begitu pula dengan ekstensi domain ID juga memiliki beberapa jenis yang mana setiap jenisnya dapat disesuaikan dengan tujuan pembuatan website.

Adapun macam- macam tipe domain ID yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan pembuatan website, antara lain :

Domain .id

Domain .id adalah salah satu tipe domain ID yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Selain dapat digunakan dan cocok untuk jenis website apapun, untuk memilikinya tidak perlu melengkapi berbagai macam persyaratan seperti tipe domain ID yang lainnya.

Cukup membayar harga domain sesuai dengan siklus domain yang dipilih saja, maka domain .id dapat aktif.

Banyak website berasal dari Indonesia yang menggunakan domain .id ini, contohnya di bidang pariwisata terdapat website pariwisata indonesia yang menyajikan artikel blog dengan berbagai macam informasi mengenai pariwisata dan kebudayaan di Indonesia, serta informasi berita terkini.

Selain itu juga terdapat website Peduli Lindungi sebagai website tracking untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia yang dikelola oleh pemerintah.

Di bidang e-commerce aja JD ID. JD ID merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang banyak menjual berbagai jenis barang dengan orisinalitas sebagai fokus utama.

Untuk brand lokal, contohnya ada heylocal.id dan zmnow.id yang memanfaatkan kelebihan domain ID.

Heylocal.id dan ZMNow.id merupakan brand lokal asal Indonesia yang menggunakan domain .id untuk websitenya.

Keduanya sama- sama bisnis brand lokal Indonesia yang berfokus pada penjualan pakaian.

Dengan menggunakan domain .id, itu artinya dapat memberitahukan ke pengunjung website bahwa website benar- benar berasal dari Indonesia.

Domain .my.id

Tipe domain ID yang kedua adalah domain .my.id. Domain .my.id biasanya digunakan pada website blog atau personal blog. Banyak website blog yang menyajikan informasi personal, pengalaman pribadi, hingga artikel pengetahuan tutorial editing, blogging, dan perkembangan teknologi seperti zakiy.my.id dan payubaco.my.id.

Selain cocok untuk personal blog, domain .my.id juga terkenal dengan harga yang terjangkau. Di DomaiNesia sendiri, normalnya harga domain .my.id hanya 24 ribu per tahun. Namun terkadang terdapat penawaran promo diskon hingga 50% untuk domain .my.id. Selengkapnya kamu bisa cek domain id murah.

Seperti domain .id, untuk memiliki domain .my.id tidak perlu melengkapi persyaratan tertentu.

Domain .co.id

Tipe domain ID selanjutnya adalah domain co.id. Sesuai dengan namanya, domain .co.id ini cocok digunakan untuk kepentingan company profile. Banyak perusahaan yang menggunakan domain .co.id sebagai company profile seperti bankmandiri.co.id.

Tidak hanya sebagai company profile, domain .co.id juga banyak digunakan brand- brand ternama sebagai nama domain website, misalnya Adidas Indonesia, Ikea, dan The Body Shop.

Bagi brand lokal pun juga bisa memanfaatkan domain .co.id sebagai websitenya. Hal itu telah dilakukan oleh Dowa Bag, brand lokal Indonesia yang menjual tas yang dibuat dengan proses rajut.

Begitu juga dengan Cotton Ink, salah satu brand lokal Indonesia yang bergerak dibidang fashion wanita.

Untuk mendapatkan domain .co.id ini, kamu perlu melengkapi beberapa persyaratan sebagai legalitas website. Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi adalah :

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • NPWP Perusahaan/SIUP/TDP/Akta Pendirian Perusahaan/Surat izin yang setara. (Surat izin yang setara adalah surat izin dari kemenkumham)
  • Sertifikat Merek (bila ada)
  • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama instansi yang mendaftarkan.

Apabila kamu menginginkan domain .co.id, pastikan kamu telah menyiapkan beberapa persyaratan diatas ya DomaiNesians!

Domain .biz.id

Sama dengan domain .id dan .my.id, untuk mendapatkan domain biz.id tidak perlu memenuhi persyaratan tertentu. Cukup membeli dan menyelesaikan pembayaran, maka domain .biz.id bisa kamu gunakan.

Karena tidak membutuhkan beberapa dokumen untuk legalitas website, maka domain .biz.id ini cocok digunakan untuk UMKM -UMKM yang ingin mempromosikan karyanya melalui website.

Mengingat website memiliki peran yang besar dalam proses promosi produk atau karya UMKM. Selain itu, dengan website juga dapat membantu meningkatkan penjualan secara online.

Tidak hanya cocok untuk UMKM, domain .biz.id juga banyak digunakan sebagai website portofolio.

Domain .web.id

Selain tipe domain ID yang telah dijelaskan, domain .web.id juga cocok digunakan sebagai personal blog.

Apalagi didukung dengan adanya “web” dalam “.web.id” yang menunjukkan website atau blog.

Kamu dapat menemukan ganipramudyo.web.id yang menggunakan domain .web.id sebagai personal blog. Selain itu domain .web.id juga bisa digunakan sebagai media informasi dan sharing di bidang tertentu. Misalnya seperti pada telusuri.web.id.

Untuk mendapatkan domain .web.id ini, terdapat 1 persyaratan sebagai legalitas website. Kamu dapat menyerahkan kartu identitas baik KTP Republik Indonesia atau Paspor yang masih berlaku.

Domain .or.id

Domain .or.id ini banyak digunakan untuk website yang bertujuan untuk kepentingan organisasi.

Apabila kamu memiliki organisasi yang hendak menggunakan website sebagai media informasi dan identitas organisasi, kamu bisa gunakan domain .or.id ini.

Pastinya untuk mendapatkannya, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi yaitu :

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan
  • Surat permohonan pendaftaran nama domain. Lihat draf dokumen.
  • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama organisasi yang mendaftarkan.

Domain .or.id bisa kamu temukan pada Galeri Nasional Indonesia dan Bina Antarbudaya.

Selain itu domain .or.id juga bisa digunakan sebagai website rumah sakit, salah satunya dapat kamu temui pada RS Bethesda Yogyakarta.

Domain .ac.id

Untuk domain .ac.id ini banyak digunakan untuk lingkungan akademik atau perguruan tinggi. Kamu bisa menemukan banyak perguruan tinggi negeri atau swasta yang menggunakan domain .ac.id sebagai ekstensi domain website. Misalnya UI, UGM, Unair, UMS, dan masih banyak lagi.

Sebagai domain yang cocok digunakan untuk lingkungan akademik atau perguruan tinggi, domain .ac.id memiliki persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain :

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan perundang-undangan
  • Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga. Lihat draf dokumen
  • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama lembaga yang mendaftarkan.

Domain .sch.id

Website sekolah sepertinya diwajibkan untuk menggunakan tipe domain ID yang satu ini, yaitu domain .sch.id.

Dibandingkan dengan gTLD seperti .com, website sekolah akan lebih kredibel dan tervalidasi jika menggunakan domain .sch.id.

Domain ini memang dikhususkan untuk sekolah- sekolah baik negeri atau swasta yang ada di Indonesia.

Banyak sekolah negeri maupun swasta yang menggunakan domain .sch.id, salah satunya bisa kamu temukan pada website SMA Taruna Nusantara.

Apabila website sekolah ingin menggunakan domain .sch.id akan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk sekolah resmi, perlu mempersiapkan dokumen berikut ini :

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga. Lihat draf dokumen
  • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama sekolah yang mendaftarkan.

Sedangkan untuk pendidikan non-formal yang diakui oleh SKPD (tidak termasuk pondok pesantren), dokumen yang perlu disiapkan adalah :

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • SK Pendirian Lembaga dari Kementerian atau SKPD terkait
  • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama lembaga yang mendaftarkan.

Domain .ponpes.id

Sama seperti domain .sch.id yang digunakan untuk website sekolah.

Pondok pesantren juga bisa menggunakan domain .ponpes.id untuk website resmi ponpes tersebut.

Untuk persyaratannya hampir sama seperti domain .sch.id. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk domain .ponpes.id yaitu :

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga. Lihat draf dokumen
  • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama sekolah yang mendaftarkan.

Kelebihan Domain ID atau ccTLD (Country Code top-level domain) Dibandingkan gTLD (Generic top-level domain)

Apabila website berasal dari Indonesia, akan lebih disarankan jika menggunakan ekstensi domain ID.

Sebenarnya apa saja kelebihan domain ID, sampai- sampai harus digunakan khususnya untuk website yang berasal dari Indonesia?

Yuk, langsung saja berikut ini akan dijelaskan kelebihan- kelebihan domain ID jika dibandingkan dengan gTLD (Generic top-level domain)

Geografis Website Lebih Spesifik

Kelebihan domain ID yang pertama adalah geografis website lebih spesifik.

Karena website berasal dari Indonesa, dengan menggunakan ekstensi domain ID dapat berguna sebagai identitas negara.

Identitas negara yang dimaksud adalah pengunjung website dapat mengetahui bahwa website tersebut benar- benar berasal dari Indonesia dan memiliki legalitas website.

Sumber : Elements Envato

Selain itu, pastinya dengan menggunakan ekstensi domain ID akan menunjukkan sikap bangga terhadap negara Indonesia.

Apalagi jika website berupa website yang bergerak dibidang bisnis.

Akan menambah nilai plus, karena dapat memperkenalkan brand lokal Indonesia di mata internasional.

Menambah Kepercayaan Terhadap Pengunjung Website

Kelebihan domain ID yang kedua adalah menambah kepercayaan terhadap pengunjung website.

Terkadang saking banyaknya website yang menggunakan gTLD (Generic top-level domain) seperti .com, dapat memberikan dampak yang cukup besar dalam hal kepercayaan.

Banyak website- website yang aneh dan tidak jelas yang menggunakan gTLD.

Berbeda saat website menggunakan domain ID yang menggunakan kode negara Indonesia sebagai ekstensi domainnya.

Dampak yang didapatkan adalah pengunjung akan lebih menaruh kepercayaan terhadap website.

Namun bukan berarti gTLD tidak bagus untuk digunakan ya DomaiNesians.

Bersifat Lebih Eksklusif

Kelebihan domain ID selanjutnya adalah domain ID bersifat lebih eksklusif. Mengapa begitu?

Hal ini karena beberapa tipe domain ID membutuhkan dokumen yang digunakan sebagai legalitas hukum website.

Karena membutuhkan beberapa dokumen, maka proses aktivasinya pun akan berbeda dengan ekstensi domain yang lain.

Begitu pula dengan tingkat keamanannya.

Potensi Peringkat Pertama Pada Hasil Pencarian Search Engine

Karena domain ID bersifat spesifik dibandingkan dengan gTLD, maka search engine akan lebih mudah membaca website yang menggunakan domain ID dibandingkan gTLD.

Seperti yang kamu tahu bahwa gTLD merupakan domain yang bersifat generic atau general yang banyak digunakan sebagai ekstensi domain.

Sedangkan domain ID hanya digunakan pada website yang berlokasikan di Indonesia.

Itulah mengapa lokal SEO menjadi kelebihan domain ID.

Ketika kamu mencari sesuatu di search engine, pastinya search engine akan lebih mengutamakan website yang berlokasikan di negara tertentu.

Sumber : Elements Envato

Alasan Website Indonesia Wajib Menggunakan Domain ID

Empat hal yang dijelaskan sebelumnya merupakan kelebihan domain ID.

Sekarang apa alasan yang sebenarnya mengapa website Indonesia wajib menggunakan domain ID?

Meningkatkan Kredibilitas

Domain ID meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengunjung dari Indonesia.

Domain .ID sangat cocok untuk kamu yang memiliki usaha dan ingin membuat website dimana menjadikan Indonesia sebagai pasar utama.

SEO Friendly

Saat kamu menargetkan pengunjung Indonesia sebagai sasaran website, website dengan domain ID akan lebih mudah ditemukan konsumen Indonesia di mesin pencari.

Hal ini karena domain ID termasuk dalam ccTLD yang akan memberikan keuntungan pada SEO lokal.

Banyak Pilihan

Selain murah, domain ID memiliki banyak 3rd level domain yang bisa disesuaikan dengan keperluan website.

Itu juga yang membuatnya cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan untuk semua kalangan,dari kebutuhan personal hingga kebutuhan korporat.

Aktivasi Cepat

Khusus di DomaiNesia, aktivasi domain ID tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kami akan mengaktifkan domain ID selama kurang dari 5 menit.

Khusus untuk ekstensi domain .co.id; .or.id; .ac.id; .sch.id; .ponpes.id; dan .web.id akan memerlukan persyaratan yang harus dilampirkan dalam waktu 3 hari kerja dan diverifikasi 1×24 jam oleh Registrar.

Pastikan sebelumnya kamu sudah mempersiapkan dokumen dan persyaratan yang diperlukan.

Sumber : Elements Envato

Harga Terjangkau

Salah satu kepopuleran domain ID adalah harga yang terjangkau. Hanya dengan Rp12.000 untuk siklus per 1 tahun kamu bisa mendapatkan domain .my.id. Dengan domain .my.id, kamu bisa menggunakannya untuk keperluan bisnis dan personal blog.

Dengan harga yang terjangkau, pastinya cocok untuk merintis sebuah usaha atau baru membangun identitas secara online.

Tim Support 24/7

DomaiNesia akan membantu semua permasalahan dan kendala dalam website domain ID melalui Tim Support DomaiNesia.

Tim Support DomaiNesia selalu siap selama 24 jam untuk memberikan solusi terbaik disetiap kendala yang akan kamu temui.

Sumber : Elements Envato

Aman dan Mendukung Privasi

Domain ID tidak akan menampilkan data personal pemilik domain pada WHOIS.

Selain itu pada domain ID kamu akan mendapatkan fitur DNSSEC.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir data-data penting terkait kepemilikan nama domain tersebar atau diketahui oleh pihak yang tidak diinginkan.

Jika Websitemu Berasal Dari Indonesia, Segera Lakukan Registrasi Domain ID Sekarang Juga!

Kamu sudah mengenal domain ID, apa saja tipe- tipe pada domain ID, hingga pengaruh dan kelebihan domain ID.

Jadi, apabila websitemu berasal dari Indonesia, jangan ragu- ragu untuk registrasi domain ID di DomaiNesia.

“Saya sudah memiliki domain Indonesia, bagaimana cara transfer ke DomaiNesia?”

Tenang! Buat kamu yang sudah punya domain ID, dan ingin memindahkan layanan domain ID ke DomaiNesia, kamu bisa mengikuti Panduan Transfer Domain.

Apabila kamu merasa kesulitan dalam proses transfer domain, langsung saja hubungi Tim Support DomaiNesia akan senantiasa membantu 24/7 jika ada pertanyaan maupun kendala terkait layanan DomaiNesia.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


James Sandberg
June 1, 2022

Comprehensive, Really well written and Enjoyable reading

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!