• Home
  • Berita
  • Pentingnya Mengecek Whois Domain Sebelum Menentukan Nama

Pentingnya Mengecek Whois Domain Sebelum Menentukan Nama

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Satu hal yang menjadi elemen penting dalam pembuatan website ialah memilih nama domain. Setiap orang ingin nama domain yang sesuai dengan konsep website mereka.

Biasanya orang menentukan nama domain yang sama dengan nama online shop atau nama brand. Hampir setiap orang yang ingin membuat website pasti berpikir sangat keras untuk menentukan nama domainnya.

Namun tidak sedikit orang yang mencoba mendaftarkan nama domain yang dia inginkan dan ternyata domain tersebut telah digunakan oleh orang lain. Itu sebabnya kamu perlu mengecek terlebih dahulu nama domain yang ingin kamu gunakan.

cara cek Whois domain
Sumber: Pixabay

Mengecek Nama Domain Tidak Sulit

Mungkin sebagian orang masih bingung bagaimana cara cek Whois domain. Tapi tidak perlu khawatir untuk mengecek nama domain bukan perkara yang sulit untuk dilakukan.

Semua orang bisa mencari informasi tentang kepemilikan sebuah website dengan cara cek Whois domain yang sederhana. Kamu bisa menggunakan tools yang tersedia pada platform-platform digital.

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kepemilikan nama domain. Platform ini banyak direkomendasikan untuk mengecek informasi kepemilikan sebuah domain yaitu Whois.

Apa Sih Whois itu?

Whois berasal dari kata “who is” adalah istilah yang digunakan untuk platform dimana kamu bisa mengecek nama domain yang ingin daftarkan apakah nama tersebut telah digunakan atau belum.

Melalui Whois kamu mendapatkan informasi secara detail mengenai kepemilikan sebuah domain website. Informasi tersebut meliputi nama lengkap, nama organisasi, alamat, email, no telpon bahkan sampai tempat domain tersebut didaftarkan.

Fungsi dari data-data tersebut sangat penting itu sebabnya kamu akan diminta untuk mengisi data untuk Whois pada saat kamu membeli sebuah domain.

Cara Cek Whois Domain

Ada banyak sekali layanan situs Whois yang tersedia dan bisa kamu gunakan untuk cek whois domain secara gratis. Beberapa website penyedia layanan Whois Lookup diantaranya: who.is, whois.com, GoDaddy Whois, whois.net, whois-search.com dan masih banyak lagi Whois Lookup yang kamu gunakan.

cara cek Whois domain
Sumber: Pixabay

Cara cek Whois domain yang ingin kamu cari pada situs-situs tersebut juga sangat mudah.

  1. Kamu cukup membuka salah satu layanan Whois pada web browser.
  2. Masukan nama domain atau alamat web yang ingin kamu cari, lalu klik Submit
  3. Jika nama domain atau website yang kamu cari telah digunakan maka akan muncul data dari pemilik domain tersebut. Itu berarti kamu tidak bisa menggunakan nama tersebut.

Nah, mudah bukan cara cek Whois domain. Pasti kamu bertanya-tanya apakah semua nama domain dan website bisa di cek informasinya melalui platform whois ini? Sebuah website biasanya dimiliki oleh perusahaan, lembaga, institusi atau perorangan.

Namun, ternyata tidak sedikit dari pemilik website atau dan penyedia domain yang memilih untuk tidak mempublikasikan data informasi pemilik domain karena alasan privasi.

Sehingga ketika kamu mencari informasi mengenai website atau nama domain tersebut data pemilik domain tidak terbaca oleh website penyedia layanan Whois. Walaupun pengguna menyembunyikan datanya sebagai privasi untuk pendaftaran domain pengguna harus tetap memasukan data diri untuk registrasi.

Kegunaan dan Manfaat Whois

Sebagai fasilitas yang bisa diakses oleh semua pengguna internet tentu saja Whois memiliki banyak manfaat. Salah satu fungsi dari Whois adalah menjaga keamanan dan kestabilan internet.

Misalnya dalam menyediakan informasi pemilik domain yang berhubungan dengan ISP, jaringan dan tentunya pemilik domain itu sendiri.

Selain sebagai layanan yang bisa digunakan untuk mengecek ketersediaan domain, platform ini dapat berfungsi sebagai sumber pencari data untuk merek dagang dan hak cipta tertentu.

Hal ini tentu saja sangat penting terlebih jika website kamu berhubungan dengan dua hal tersebut karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

cara cek Whois domain
Sumber: Pixabay

Ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu website atau nama domain sebelum kamu mendaftarkannya karena kamu tidak akan bisa mendaftarkan nama domain yang telah dimiliki oleh orang lain. Selain itu kamu dapat terhindar dari kasus hukum yang berhubungan dengan pelanggaran merek dagang dan hak cipta.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Aiya galeri
September 13, 2020

Sangat bermanfaat 👍👍

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!