Prestashop, Platform Jual Beli Online Gratis!4 min read

No ratings yet.

Kamu millennial? Mau nggak buka online shop sendiri? Mengatur barang apa yang akan kamu jual, berhubungan dengan supplier dan pelanggan sampai mikirin gimana nanti profit yang dihasilkan dari aktifitas jualan yang kamu lakukan. Tapi kamu pasti bingung berpikir apa saja yang harus disiapkan biar bisa jualan seperti online shop ijo atau oranye? Kamu tidak perlu pusing! Karena ada Prestashop. Mau tahu apa itu?

No Ribet Bikin Website Jaman Now

Jaman dulu, ketika kamu akan membuat toko online berbentuk website kamu harus tahu terkait pengembangan website, atau bahkan kuliah di jurusan informatika untuk bisa membuat web sendiri. Sekarang, itu tidak perlu dilakukan, selain karena banyaknya jasa penyedia web yang bisa kamu akses, kini telah tersedia juga banyak platform untuk kamu bisa mempunyai toko online sendiri.

Kamu hanya perlu duduk, memegang gawai dan memilih platform mana yang akan kamu pakai untuk membuat situs e-commerce. Salah satu yang platform yang bisa kamu pilih untuk memiliki situs e-commerce adalah Prestashop. Kenapa ? karena ini 100% gratis!

Kenalan Dulu Sama Prestashop, Yuk!

Prestashop adalah platform jual-beli online yang bisa kamu download dan 100 persen gratis. Bahkan platform ini tanpa biaya bulanan atau bahkan membayar ongkos komisi dari penjualan yang kamu lakukan. Berbentuk open source yang sudah bekerja sama dengan beberapa portal online seperti Google, Paypal dan eBay sehingga kamu bisa memperluas jangkauan bisnis yang kamu miliki.

Prestashop bukan satu-satunya platform jual-beli online, karena ada Shopify yang mungkin kamu lebih mengenal, tapi hanya Prestashop adalah platform yang benar-benar gratis dengan banyak layanan fitur yang mumpuni.

prestashop adalah

Sumber: Pixabay

Bentuknya berupa perangkat lunak dan layanan dengan basis program PHP dengan database menggunakan MySQL, tak heran kalo Prestashop adalah salah satu platform CMS e-commerce terpopuler di dunia. Supaya kamu lebih yakin lagi, ini beberapa kelebihan Prestashop yang bisa kamu kulik.

Kelebihan Prestashop

  1. Mudah digunakan (User-friendly)

Kamu tidak perlu menjadi programer handal untuk bisa menggunakan atau mengaplikasikan Prestashop. Karena software ini sudah dirancang untuk mudah digunakan oleh siapa pun. Kamu bisa dengan mudah melakukan instalasi dan mengelola toko online dengan beragam fitur yang ada.

  1. Ekstensif

PrestaShop adalah platform memiliki lebih dari 300 fitur, mulai dari pembayaran (One-Page Checkout) hingga manajemen stok barang (Stock Management). Kamu diberikan tambahan fitur dengan kemampuan untuk belanja lebih dari 3000 modul berupa add-ons dari modul keamanan hingga modul produk sehingga memperkaya fitur e-commerce kamu.

  • Sudah support bahasa Indonesia
  • Fitur yang lengkap seperti keranjang belanja (cart), featured products, tag produk, dan masih banyak lagi.
  • Kamu bisa membedakan antara pemasok dan nama merek
  • Memiliki tag produk
  • Kamu bisa menggunakan penjualan dan pembelian dengan berbagai jenis
  • Sistem pembayaran seperti Paypall, kartu kredit ataupun menggunakan bank-bank lokal.
  • Terdapat fitur bingkisan hadiah
  • Kamu bisa melakukan retur orderan dengan fitur yang disediakan.
  1. Desain Responsif

Prestashop adalah platform cukup responsif sebagai sebuah website karena memang dikondisikan untuk hal itu. Baik itu kamu buka di tampilan smartphone maupun desktop. Mengusung website mobile friendly maka, segala hal disesuaikan untuk bisa dipakai secara optimal, menyesuaikan bentuk layar gawai yang digunakan.

  1. Mudah Dikelola

Kamu bisa dengan mudah menambah atau mengelola produk yang kamu miliki karena sistem manajemen toko yang ditawarkan cukup mudah dipahami. Kamu juga bisa dengan mudah mengatur tema gratis yang sudah disediakan sehingga tidak kehabisan pilihan tampilan.

  1. Manajemen Stok

Prestashop membantu kamu untuk mempermudah dalam upaya inventarisasi produk. Kamu bisa mengatur pesanan atas permintaan pelanggan dan mendapatkan notifikasi akan hal itu. Prestashop menunjukkan ke profesionalitas nya dengan fitur cetak slip pengiriman dalam format PDF.

prestashop adalah

Sumber: Pixabay

  1. Multi-bahasa.

Prestashop lahir dan berkembang di Perancis dan Spanyol namun hal ini tidak menjadi alasan untuk kesusahan memahami karena sudah ada penyesuaian bahasa pada interface yang digunakan karena PrestaShop tersedia dalam 65 bahasa.

  1. Kebijakan transaksi online

Karena bentuknya CMS e-commerce, Prestashop adalah platform melakukan gebrakan di tahun 2009 dengan inovasi pada legal compliance. Jadi, ketika kamu menggunakan Prestashop kamu sudah aman melakukan transaksi online sesuai kebijakan hukum tempat kamu berada.

  1. Optimasi layanan pelanggan

Kamu pasti mau pelanggan mu loyal karena kamu memberikan pelayanan yang baik pada mereka. Prestashop mendukung kamu dengan fitur yang mendukung optimasi layanan untuk pelanggan mu.

Konsumen toko mu bisa memonitor kondisi pesanan mereka, kamu bisa mengelola alamat pelanggan, mengatur daftar pelanggan, dan menganalisa demografi pelanggan yang bisa kamu gunakan untuk bahan strategi digital marketing yang akan kamu lakukan.

  1. Kemajuan Bisnis

Tak hanya fokus pada pelanggan mu saja, Prestashop juga membantu kamu berkembang dengan memberikan tinjauan data pada sales, trafik pengunjung, jenis produk, dan lainnya agar kamu bisa atur strategi penjualan untuk produk kamu selanjutnya. Bagaimana? Keren kan?

prestashop adalah

Sumber: Pixabay

Kalau kamu sudah mantap untuk menggunakan Prestashop, coba untuk perhatikan lagi beberapa hal di bawah ini yang mungkin nantinya kamu butuhkan:

Info Prestashop

Sedikit tambahan informasi untuk kamu dapatkan dengan menginstal Prestashop adalah:

  • Prestashop adalah software Solusi Open Source Terbaik E-Commerce dan mendapatkan penghargaan pada tahun 2010 dan 2011 lalu.
  • Open source e-commerce yang tercepat, paling ringan, dan paling progresif.

Bagaimana? Minat untuk menginstal Prestashop untuk mulai jualan online? Semua tergantung pilihanmu. Akhir kata, semoga artikel bermanfaat buat kamu dalam membuat keputusan terbaik untuk bisnis online.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar