3 Platform E-Commerce Terbaik untuk Toko Online3 min read

No ratings yet.

Memasuki era digital saat ini perkembangan teknologi terjadi sangat cepat. Hal ini tidak hanya terjadi di dunia bisnis, namun di semua industri. Para pelaku usaha dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan-perkembangan yang terjadi di dunia digital. Salah satu hal yang menjadi sorotan di dunia bisnis adalah menjamurnya toko online. Seiring berjalannya waktu sistem pemasaran dalam bisnis pun berubah saat ini hampir setiap pemilik usaha beralih ke platform online.

WordPress vs BigCommerce vs Shopify

Bagi para pelaku bisnis online, terutama para pebisnis pemula, ada platform digital yang kamu harus miliki yaitu e-commerce. E-commerce memiliki banyak manfaat bagi pelaku bisnis online.

Selain memudahkan kamu menjalankan bisnis, platform ini juga dapat membantu mengembangkan bisnis kamu dengan cepat. Dalam memilih platform e-commerce kamu harus benar-benar memperhatikan kekurangan dan kelebihan yang ditawarkan platform tersebut karena dewasa ini banyak sekali perusahaan-perusahan penyedia platform e-commerce.

BigCommerce

Sumber: Pixabay

Berikut beberapa platform e-commerce yang paling populer dan banyak digunakan oleh para pebisnis online. Mungkin artikel ini dapat membantu kamu menentukan platform mana yang ingin kamu gunakan.

  1. WordPress E-commerce

WordPress adalah platform e-commerce yang paling banyak digunakan. Berbagai perusahaan telah memilih platform ini sebagai solusi pembuatan website. Platform ini menawarkan segudang keuntungan untuk bisnis kamu.

Salah satu keunggulan yang paling menonjol pada sistem ini adalah dapat dengan mudah dipasang pada server hosting sehingga webmaster dapat langsung bekerja. Selain itu platform ini sangat mudah digunakan bahkan dapat dioperasikan oleh pemula sekalipun.

Akan tetapi sistem ini memiliki beberapa kelemahan. Hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah platform ini cenderung monoton bahkan setelah kamu melakukan penyesuaian tema dan sebagainya, hasilnya akan terlihat mirip satu sama lain. Sehingga jika kamu menggunakan platform ini kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional untuk membangun brand awareness produk kamu.

  1. BigCommerce

Platform ini menawarkan berbagai hal menarik yang mungkin dapat kamu pertimbangkan. Keuntungan yang ditawarkan BigCommerce adalah, platform ini menyediakan semua fitur yang kamu butuhkan dengan keamanan kelas perusahaan, kinerja tinggi, dan skalabilitas yang mudah.

BigCommerce

Sumber: Pixabay

Dengan menggunakan platform ini kamu tidak hanya dapat berjualan di website kamu tetapi juga di media sosial seperti Facebook, Instagram bahkan di e-commerce sekelas Amazon.

Kekurangan dari Bigcommerce adalah platform ini terintegrasi dengan semua aplikasi dan alat dari pihak ketiga yang populer. Namun, app store-nya masih dalam tahap pengembangan dan kamu mungkin tidak menemukan integrasi untuk beberapa aplikasi yang kurang populer.

  1. Shopify

Shopify adalah platform paling populer untuk membuat situs website atau online shop. Platform sudah digunakan lebih dari 1,2 juta pemilik online shop dan platform ini bekerja sama dengan beberapa online shop ternama. Platform ini menyediakan fitur yang menarik yaitu menyediakan berbagai fitur pengiriman dan lokasi penjualan terbaik.

Shopify adalah jalan keluar bagi siapapun yang ingin berjualan online seberapapun level bisnisnya. Shopify juga menawarkan lebih dari 100 template yang dapat kamu gunakan. Platform ini memiliki pilihan template berkualitas tinggi yang bisa kamu dapatkan secara gratis jika kamu ingin template yang lebih bagus lagi kamu harus mengambil premium.

BigCommerce

Sumber: Pixabay

Kekurangan dari shopify adalah platform ini akan membebankan biaya bulanan kepada kamu yang biayanya hampir setara dengan membeli hosting dan tambahan individual menggunakan plugin lain dalam daftar ini. Selain itu kamu diharuskan menggunakan sistem pembayaran yang hanya mereka sediakan.

Demikian beberapa pilihan platform ecommerce yang paling banyak digunakan. Mungkin kamu bisa memilih salah satunya yang pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. Selamat mencoba!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar