• Home
  • Tips
  • Persiapan Bikin Toko Online, Ini yang Harus Kamu Tahu

Persiapan Bikin Toko Online, Ini yang Harus Kamu Tahu

Oleh Ratna Patria

Pemanfaatan peluang dari internet untuk melakukan banyak hal ternyata memang benar-benar terjadi. Kamu bisa melakukan apapun dengan internet, mencari informasi, bermain game, menonton film, melakukan pembelian, membangun toko virtual dan lain sebagainya. Modal laptop atau smartphone yang kamu miliki, semua bisa diakses dengan mudah dan instan.

Keinstanan inilah yang akhirnya banyak orang berlomba-lomba menciptakan peluang untuk meraup pundi-pundi uang. Salah satu hal yang menjadi tren adalah maraknya toko online dengan segala macam produk yang ditawarkan. Kamu pun pasti pernah terbesit untuk “bikin toko online” kan?

Cara Bikin Toko Online

Menjadi kewajaran ketika semua hal dijual secara online, toko yang dulu hanya memiliki bangunan fisik pun akhirnya membuka akun secara online. Mengapa? Banyak orang tidak memiliki cukup waktu untuk mengunjungi toko offline, sehingga toko online menjadi solusi atas masalah itu.

Pemilik toko tak ingin kehilangan konsumen hanya karena tidak beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Dan konsumen tidak mau repot untuk mendapatkan barang yang ia cari. Win-win solution! Pertanyaannya sekarang, apakah kamu ingin ikutan “bikin toko online” juga? Jika iya, maka kamu harus simak pembahasan kita kali ini!

bikin toko online
Sumber: Pixabay

Semua yang akan kamu buat tentu perlu persiapan, begitu juga ketika kamu akan bikin toko online. Tak apa ketika kamu bingung apa saja yang harus dipersiapkan, tak perlu khawatir karena bikin toko online tidaklah serumit yang kamu bayangkan. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, apa saja? Ikuti tahapan-tahapan dalam bahasan kali ini:

  1. Riset Peluang

Persiapan pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset. Riset semua hal yang kamu butuhkan untuk membangun toko online. Mulai dari memilih supplier barang yang kamu pakai, kualitas produk yang akan kamu jual, model bisnis yang akan kamu pakai hingga strategi promosi untuk bertahan. Oke, mari breakdown satu-satu.

Memilih supplier dari barang yang kamu jual penting dilakukan karena memastikan bahwa supplier yang kamu pilih bisa bekerja sama dengan baik. Komunikasi dengan supplier menjadi penting karena supplier memiliki tanggung jawab atas produk. Supplier yang kamu pilih harus paham bahwa pekerjaannya adalah menyediakan kebutuhan.

Dia harus tanggung jawab, bekerja sama dan saling support agar arus penjualan barang berjalan dengan lancar. Pastikan bahwa kamu memiliki supplier yang komunikatif memberi info stok barang. Supplier mu harusnya menjadi pihak yang bisa berkomunikasi efektif dan responsif, karena segala hal terkait penjualan mu akan selalu berkomunikasi dengannya.

Setelah urusan supplier aman, kamu harus fokus untuk memahami produk yang akan kamu jual. Banyak orang gagal sukses jualan karena sekedar berjualan tanpa memikirkan produk yang mereka jual berkualitas atau tidak. Penjualan produk jaman sekarang menuntut strategi sehingga kamu harus paham pada produk mu, sehingga jadi tahu strategi apa yang paling pas untuk memasarkan produk mu.

  1. Basis Toko Online

Kamu harus memiliki basis toko online untuk display barang yang kamu jual. Kamu harus mempersiapkan platform yang akan kamu pakai. Ada banyak platform yang bisa kamu pilih dari website hingga media sosial. Jadi ini yang bisa kamu persiapkan:

  • Pilih Domain dan Hosting

Toko online yang kamu buat jika memutuskan menggunakan website, maka kamu harus memilih perusahaan layanan domain dan hosting yang bisa kamu andalkan. Pilih perusahaan yang dinamis untuk mengiringi pertumbuhan toko online mu.

  • Pilih Platform

Ada banyak platform yang bisa kamu pilih untuk start membangun toko online. Bisa menggunakan website dengan langkah pertama seperti penjelasan diatas, atau juga menggunakan media sosial seperti Facebook atau Instagram.

bikin toko online
Sumber: Pixabay
  • Kustomisasi Toko

Susun desain yang ingin kamu tampilkan, jika menggunakan website dengan basis wordpress maka kamu bisa kustomisasi dengan memilih tema yang ada pada plugin. Kamu bisa atur sesuai kebutuhanmu bagaimana setting visual dari websitemu.

Jika kamu menggunakan media sosial seperti Instagram, maka kamu perlu menyusun layout dari feed mu, memilih tema pada setiap postingan yang akan kamu pasang. Pasang foto dengan kualitas yang menarik dan deskripsi produk yang jelas.

  • Pasang Produk di Halaman

Display barang yang kamu jual pada halaman sesuai dengan ketentuan yang bisa diakses. Atur penampakan produkmu, tata sedemikian rupa agar konsumen yang berkunjung ke website atau media sosial nyaman untuk melihat postingan yang kamu buat.

  1. Kenalkan dan Jualan

Kamu perlu mengenalkan dan menarik perhatian khalayak ketika pertama kali launching toko online mu.

  • Coming Soon Konten

Buat orang memiliki impresi terhadap toko online mu meskipun kamu belum launching secara resmi. Kamu bisa membuat konten yang berisikan “coming soon” untuk membuat orang lain penasaran apa yang akan kamu lakukan.

Beri mereka spoiler terkait hal yang akan kamu lakukan dan buat mereka penasaran. Intensi awal ini penting, karena akan membantu kamu melihat siapa saja yang cukup tertarik pada produk mu.

  • Pancing dari Media Sosial

Beri pengumuman itu juga ke media sosial mu terkait produk yang akan kamu keluarkan. Buat interaksi dengan orang-orang yang berpotensi untuk suka dengan produk yang kamu tawarkan.

Pasang link pada bio media sosialmu, kolaborasi dengan influencer untuk membuat gimmick di awal, bangun ketertarikan dengan membuat penasaran.

bikin toko online
Sumber: Pixabay
  • Tawarkan Diskon atau Promo

Hal yang disukai oleh orang adalah potongan harga atau promo yang menarik. Beri mereka diskon untuk jadi orang pertama yang bisa mendapatkan produk yang kamu tawarkan. Sebarkan promo ini di media sosial mu agar orang aware terhadap toko online dan produk mu.

Promo menjadi sarana membangun hubungan lebih dekat dengan konsumen mu. Ingin lebih banyak mendapat impresi? Kamu bisa bekerja dengan influencer atau jasa iklan yang memiliki banyak massa. Bisa juga menggunakan platform seperti Facebook Ads atau

#MulaiAjaDulu Bikin Toko Online

Apakah kamu masih ragu untuk bikin toko online sekarang juga? Ayo bergerak! Tidak ada salah untuk mencoba bikin toko online impianmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!