• Home
  • Berita
  • Job Desc IT Support, Skill Apa Saja yang Harus Dipelajari

Job Desc IT Support, Skill Apa Saja yang Harus Dipelajari

Oleh Ayoni Sulthon

Segala profesi yang berkaitan dengan IT memang menjadi semakin trend saat ini. Tidak heran saat melihat ada banyak sekali lowongan kerja yang dibuka sebagian besar berhubungan IT, terutama saat masa pandemi. Salah satu profesi yang banyak dicari adalah IT support. Kamu yang berminat mendaftar perlu untuk paham IT support job desc skill.

Dengan mengetahui job desk dan skill secara spesifik, kamu akan dapat menyelesaikan seluruh tugas yang menjadi tanggung jawab kamu. Posisi ini sangat penting bagi sebuah perusahaan. Beberapa kegiatan yang memerlukan bantuan IT support adalah perusahaan komputer, Wifi, LCD, dan lain sebagainya. Semua informasi terkait IT support bisa kamu dapatkan di sini.

Apa Itu IT Support Job Desk Skill?

IT support adalah teknisi yang bertugas untuk melakukan instalasi, update, dan evaluasi komputer, software, dan sistem jaringan pada sebuah perusahaan. Bisa dikatakan bahwa tugas seorang IT support itu sangat krusial pada perusahaan, terutama perusahaan software. Seorang IT support perlu memiliki wawasan yang luas di bidang Informasi dan Teknologi.

Mengapa IT Support Wajib Ada di Perusahaan?

Semua perusahaan yang berdiri saat ini tidak bisa lepas dari peranan komputer. Semakin besar perusahaan sudah pasti akan semakin banyak pegawai yang menggunakan komputer untuk menyelesaikan berbagai job desk-nya. Itulah mengapa pekerjaan sebagai IT support justru semakin ramai diminati.

IT support ini memiliki tugas dalam menangani masalah yang terjadi dan mempersiapkan segala sesuatu yang memerlukan IT. Beberapa tugas yang dimaksud yakni instalasi anti-malware pada komputer perusahaan maupun mengatasi masalah pada jaringan. Tugas dan tanggung jawab IT support sebenarnya masih banyak lagi dan akan dijelaskan setelah ini.

Tanggung Jawab Seorang IT Support

IT support skill

Kamu baru sedikit memahami tentang peranan dari profesi IT . Sekarang saatnya kamu mengetahui IT support job desk skill secara keseluruhan. Tugas-tugas dari IT support adalah:

  • Memperbaiki jaringan komputer yang bermasalah
  • Memperbaiki sistem yang bermasalah ketika user menggunakannya.
  • Melakukan update setiap kali versi terbaru hadir dari suatu sistem maupun aplikasi
  • Melakukan instalasi UPS di setiap komputer
  • Melakukan instalasi dan konfigurasi antivirus untuk mengamankan komputer perusahaan
  • Melakukan pembersihan komputer saat ada komputer yang terinfeksi virus
  • Merangkai kabel data bersama dengan jaringan
  • Mampu membedakan kualitas kabel yang akan dipasang pada jaringan komputer
  • Melaksanakan back up semua data perusahaan
  • Mampu mengenali dan mengatasi masalah yang terjadi pada printer,scanner, dan lain sebagainya

Kisaran Gaji IT Support

Setiap kota memiliki UMR yang berbeda-beda. Namun gaji dari profesi IT support biasanya jauh diatas dari gaji UMR. Profesi ini memiliki kisaran gaji mulai dari Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000. Bergantung pada di perusahaan mana juga ia bekerja. Semakin berat jobdesk yang dibebankan kepadanya, semakin tinggi gaji yang ditawarkan.

Kamu bisa mencoba bekerja di luar negeri jika ingin mendapatkan kisaran gaji yang lebih tinggi. Setidaknya kamu harus bisa berbahasa Inggris lancar dan memiliki nilai TOEFL sekitar 550. Beberapa perusahaan asing justru biasanya mencari pegawai yang memiliki nilai skor lebih dari itu, supaya dapat berkomunikasi dengan baik.

Hanya saja kamu harus mengingat bahwa sebagian besar dari pekerja IT di luar negeri sangat giat belajar dan update pengetahuan. Kamu dituntut untuk selalu belajar mengenai hal baru agar bisa terus bersaing dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di luar negeri.

Latar Belakang Pendidikan yang Diperlukan untuk Menjadi IT Support

Sebagian besar perusahaan asing sekarang justru sudah tidak lagi peduli mengenai kamu seorang sarjana atau bukan. Mereka lebih melihat pada portofolio kamu. Bagi mereka sebuah ijazah maupun transkrip nilai hanya formalitas yang paling penting adalah kemampuan kamu.

Hanya saja bila kamu ingin melamar pekerjaan sebagai IT support di Indonesia perlu untuk memiliki persyaratan minimal lulus D3 atau S1 di bidang IT. Walaupun juga ada perusahaan di Indonesia yang mau menerima lulusan SMK atau SMA. Namun perusahaan seperti itu sangat sedikit jumlahnya dibandingkan dengan yang mementingkan tingkatan pendidikan.

Skill dan Kemampuan yang Harus Dimiliki IT Support

Seorang IT support perlu berwawasan luas dan memiliki banyak kemampuan dalam bidang informasi dan teknologi. Semakin banyak kemampuan kamu dalam dua bidang tadi, semakin mudah kamu dalam menangani berbagai masalah yang ada dalam pekerjaan. Beberapa skill dan kemampuan ini harus kamu kuasai:

  • Paham dan bisa menguasai sistem operasi Microsoft
  • Mampu bekerja dengan analisis cepat dan tepat saat ada keluhan dari user mengenai komputer
  • Paham mengenai komponen hardware komputer dan dapat merakitnya
  • Mengerti tentang jaringan kabel maupun nirkabel
  • Bisa melakukan programming dengan lebih dari satu jenis software
  • Mampu memperbaiki jaringan dengan segera
  • Paham tentang malware dan cara menanganinya
  • Paham cara mengatasi perangkat-perangkat yang berkaitan dengan komputer, seperti printer dan scanner.

Apabila kamu sudah memiliki seluruh skill dan kemampuan yang disebutkan, maka kamu harus percaya diri untuk melamar kerja sebagai IT support. Saat ini ada banyak sekali perusahaan startup saat ini yang perlu profesi tersebut. Kamu harus jeli melihat informasi lowongan kerja, karena siapa tahu ada juga yang tersedia di kota kamu.

 

Dengarkan Nasihat dari Para Pakar IT Support

“Kamu juga perlu mendengarkan para user dengan baik agar dapat membantu sesuai keinginan mereka. Saat para user mengharapkan jawaban dari permasalahan mereka, kamu perlu memberikan solusi,“ kata David Cox dari Liquid VPN.

Kamu tidak perlu menjelaskan secara detail mengenai masalah yang ada, tetapi langsung bertindak menyelesaikan masalah. Adakalanya user tidak memiliki tingkat pemahaman yang sama, karena itu bukan bidang mereka. Jika mereka bertanya, mungkin kamu bisa memberikan jawaban yang mudah dimengerti.

Memberikan solusi tersebut juga perlu dilakukan dengan segera. Kamu harus mengingat bahwa semua bisnis memiliki klien yang juga berpacu dengan waktu. Begitu juga dengan user yang perlu menyelesaikan keperluan secepat mungkin. Prinsip Time is Money di setiap perusahaan sangat dipegang.

Miliki Ketrampilan Penunjang Ini Untuk Menyelesaikan Job Desk

Menghadapi sebuah mesin memang terkadang lebih mudah daripada menghadapi manusia yang  penuh drama. Tenang, bukan cuma kamu yang beranggapan demikian. Namun hidup tidak bisa seperti itu. Tidak selamanya kamu bisa menghindar dari manusia yang hidupnya banyak drama.

Perlu untuk belajar bersabar dan toleransi untuk bisa menyelesaikan tugas sebagai IT support. Adakalanya kamu baru pertama bertemu dengan seorang klien dan mereka tidak bisa mengendalikan emosi. Kemungkinan besar mereka marah-marah akibat stress terhadap pekerjaan dan justru malah harus mengalami jaringan bermasalah atau komputer kena virus.

Intinya pekerjaan sebagai IT support ini mirip dengan customer service. Mendengarkan keluhan banyak orang mengenai IT dan sebagian besar dari mereka kurang sabar. Saat kamu tetap mampu bersabar menghadapi banyak konsumen yang bermasalah, kamu justru akan semakin dihargai. Tidak banyak orang yang bisa bersabar ketika terus-terusan dimarahi orang.

 

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Saefu Kawzuki
July 13, 2022

Mungkin bagi pengguna wordpress hall ini bisa di atasi dengan plugin atau script apa gitu, lalu untuk blogspot yang numpang hanya bisa pasrah atau ada cara anti jingling?

Kaca Film gedung
December 20, 2020

saya suka bingung posting di page dan di post... apabedanya ? Terima kasih, sukses selalu

isztako
November 30, 2020

bagus sekali artikelnya

isztako
November 30, 2020

artikelnya sangat mudah dipahami, semoga bermanfaat

Akhmad
November 18, 2020

Sangat membantu, terima kasih

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds