• Home
  • Berita
  • 20+ Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-jenis Topologi Jaringan [Lengkap]

20+ Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-jenis Topologi Jaringan [Lengkap]

Oleh Ratna Patria
3.33/5 (3)
Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-jenis Topologi

Pengertian Jaringan komputer

Jaringan komputer merupakan jaringan yang menghubungkan lebih dari satu komputer ke komputer lain supaya bisa mengambil dan bertukar informasi.Komunikasi berupa data ini akan di kirim lewat Server dan Client, Server berfungsi untuk memberikan data, sedangkan Client adalah bagian untuk penerima data.

Jaringan komputer bisa dikategorikan dalam beberapa cara yang berbeda. Salah satunya mendefinisikan jenis jaringan sesuai dengan wilayah geografisnya. Misalnya local area networks (LAN), biasanya menjangkau satu rumah, sekolah atau gedung kantor berukuran kecil. Sementara wide area network (WAN) bisa menjangkau lintas kota, negara bagian, atau bahkan seluruh dunia. Dan internet adalah WAN publik terbesar di dunia.

Jaringan komputer juga berbeda dalam pendekatan desainnya. Dua bentuk dasar desain jaringan disebut client-server dan peer-to-peer. Jaringan klien-server menampilkan komputer server terpusat yang menyimpan email, halaman web, file dan aplikasi yang diakses oleh komputer klien dan perangkat lainnya. Sedangkan pada jaringan peer-to-peer terjadi hal yang sebaliknya. Jaringan client-server biasa digunakan untuk bisnis dan jaringan peer-to-peer biasa digunakan untuk di rumah.

Baca juga : Komputer generasi kedua terjadi pada tahun?

Jenis–jenis jaringan komputer

Berdasarkan jangkauan dan tipe fungsinya, jaringan komputer dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut merupakan penjelasan terkait jenis-jenis jaringan komputer yang perlu kamu ketahui.

1.LAN (Local Area Network)

Local Area Network merupakan salah satu jenis jaringan komputer populer karena banyak digunakan untuk kebutuhan sekolah, perkantoran, ataupun perumahan. Seperti namanya, karakteristik utama dari LAN adalah jaringannya yang bersifat lokal atau di area dengan jangkauan relatif sempit.

2.MAN (Metropolitan Area Network)

Berbeda dari LAN yang jangkauannya relatif kecil, MAN atau Metropolitan Area Network merupakan jaringan komputer yang bisa menjangkau hingga lingkup antar kota dalam jaringan yang sama. Biasanya MAN digunakan ketika dua buah LAN sudah tidak mungkin untuk dipakai membangun sebuah jaringan.

3.WAN (Wide Area Network)

WAN atau Wide Area Network bisa dibilang sebagai kumpulan dari LAN yang posisinya tersebar secara geografis. Jangkauan WAN lebih jauh dari LAN karena memanfaatkan berbagai teknologi seperti Frame Relay dan ATM guna mendukung interkonektivitas yang lebih jauh lagi.

4.PAN (Personal Area Network)

PAN adalah jenis jaringan komputer yang tidak memerlukan resource terlalu besar. Penggunaan PAN biasanya untuk menunjang kebutuhan internet rumah, kantor, atau cakupan lain yang lebih sempit dan bersifat personal.

5.CAN (Campus Area Network)

Karakteristik jaringan komputer yang satu ini hampir sama seperti MAN, namun lingkup jaringannya bukan sebuah kota melainkan dalam batasan kampus atau lingkungan akademisi. Jaringan CAN biasanya dimanfaatkan untuk kepentingan praktek di laboratorium, kebutuhan email internal, pembaruan kelas, distribusi materi kuliah, dan lain sebagainya.

6.Internet

Seperti kita ketahui, internet adalah sebuah jaringan komputer terbesar yang sampai saat ini bisa diciptakan oleh umat manusia. Jaringan ini mampu menghubungkan berbagai perangkat dari seluruh dunia sehingga siapa saja bisa terhubung dan masuk didalamnya.

7.VPN (Virtual Private Network)

VPN atau Virtual Private Network adalah salah satu jenis jaringan komputer paling aman yang bisa kamu gunakan. Jaringan ini biasa digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang untuk bertukar data secara internal. VPN dalam hal ini akan bertugas membuat jalur aman yang aksesnya hanya bisa digunakan oleh pihak yang memang memiliki wewenang.

Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis Transmisi

Selain dibedakan berdasarkan jangkauannya, jaringan komputer juga bisa dibedakan berdasarkan jenis transmisi data yang digunakan.

1.Jaringan Komputer dengan Kabel (Wired Network)

Jaringan berkabel atau wired network merupakan jenis jaringan yang memanfaatkan kabel sebagai media transmisi data. Seperti kita ketahui, dalam hal ini kabel memiliki peran penting dalam proses pertukaran data antar jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Jadi, jika terdapat kerusakan pada kabel yang digunakan maka jaringan bisa lumpuh total.

2.Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Wireless network atau jaringan komputer tanpa kabel merupakan buah dari inovasi baru teknologi. Perangkat komputer atau gadget yang terhubung oleh jaringan ini tidak lagi memerlukan kabel untuk mengakomodir proses transfer data, karena fungsinya sudah diambil alih oleh gelombang elektromagnetik yang berjalan melalui udara.

Sejarah jaringan komputer

Jaringan komputer memiliki sejarah panjang yang dimulai pada era tahun 1950-an. Ketika itu, tujuan awal dari proyek ini adalah untuk mengakomodir agar perangkat komputer bisa dipakai oleh banyak orang secara bersamaan. Pasalnya, saat itu harga komputer desktop masih sangat mahal dan langka, sehingga tidak banyak orang yang bisa mengaksesnya.

Seiring waktu berjalan, di sekitar tahun 1982 berhasil ditemukan teknologi TCP atau yang sering kita kenal sebagai Transmission Control Protocol. Setelah itu, jaringan komputer menjadi semakin berkembang dengan adanya fitur Domain Name System (DNS), dan konsep World Wide Web yang diprakarsai oleh Tim Berners Lee pada era tahun 1990-an.

Hingga saat ini jaringan komputer mengalami kemajuan yang sangat pesat berkat dukungan teknologi serta infrastruktur yang semakin bisa diandalkan.

Manfaat jaringan komputer

Jaringan komputer dibangun tidak serta merta tanpa manfaat dan kegunaan, oleh sebab itu DomaiNesia akan menjelaskan dengan detail manfaat dari jaringan komputer dan topologi jaringan.

1. Berbagi / Sharing Dokumen

Manfaat jaringan komputer dan topologi jaringan yang pertama adalah kemudahan berbagi dan sharing file. Jika komputer dalam satu jaringan sudah terhubung dengan baik, maka hal yang paling bermanfaat adalah mudahnya berbagi file dan dokumen.

Setiap komputer bisa menaruh file di folder sharing dan membagikan kepada semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Hal ini sangat memudahkan pengguna tanpa perlu bolak balik mencabut flashdisk untuk saling berbagi file.

2. Manajemen Keamanan data

Penyimpanan data secara terpusat oleh admin akan sangat memudahkan pekerjaan, contohnya ketika dalam satu devisi perusahaan ingin menyimpan data secara bersamaan dalam satu file, maka setiap pemilik komputer yang terhubung dalam satu jaringan bisa mengubah isi file dan menambahkan sesuai kebutuhan tanpa perlu berdiri dan mengirimkan file melalui flashdisk ataupun penyimpanan cloud. Dan semua file tersebut bisa disimpan dalam satu server yang aman.

Baca juga : DomaiNesia memiliki cloud VPS server termurah di Indonesia

3. Memudahkan Komunikasi

Jaringan komputer dan topologi jaringan dapat memudahkan berkomunikasi dalam satu tim maupun antar tim, dan yang paling keren adalah bisa berkomunikasi meskipun berbeda lokasi ataupun beda negara. Dengan jaringan komputer dan topologi yang di desain sedemikian rupa dapat membuat komunikasi antar tim berjalan dengan baik.

Contoh extreem nya adalah Tunel, yaitu kamu bisa mengakses jaringan komputer tertentu meskipun tanpa berada di lokasi jaringan tersebut. Jadi untuk berkomunikasi dengan team dalam satu jaringan kamu tidak perlu datang ke kantor, kami bisa mengaksesnya dimana saja dengan tunel ini.

5. Efektif dan Efisien

Manfaat terakhir dari jaringan komputer dan topologi jaringan adalah lebih efektif dan efisien dalam hal apapun, karena dengan jaringan komputer dengan berbagai macam jenis topologi jaringan akan memudahkan manusia untuk bekerja dalam satu jaringan. Karena sharing dokumen menjadi lebih cepat, akses komputer bisa dilakukan di manapun dan masih banyak lagi manfaatnya yang semuanya membantu pekerjaan manusia.

jaringan komputer

Sumber: Pixabay

Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis Transmisi

Setiap Jaringan Komputer memiliki proses transfer data atau biasa disebut dengan transmisi. Dalam sebuah jaringan komputer memiliki dua jenis yaitu jarak dan transmisi. Dalam sebuah transmisi terdapat dua jenis lagi diantaranya adalah :

  1. Broadcast
    Apakah kamu mengetahui broadcast massage ? mengirimkan pesan kesemua alamat oleh seorang admin. Nah sistem tersebut hampir sama dengan yang dipakai pada jaringan komputer, namun broadcast disini hanya bisa dilakukan kepada client dalam satu jaringan komputer. Jadi paket yang dikirimkan oleh satu perangkat kepada semua perangkat yang aktif , dalam setiap paket terdapat alamat (field). jika alamat yang di tuju sesuai dengan field, jika alamat yang dikirim sesuai dengan alamatnya, maka paket tersebut akan diterima, namun jika tidak sesuai alamat maka paket akan dikembalikan kepada si pengirim.
  2. Point to Point

Jenis ini terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu yang berbeda koneksi, dari satu device ke device yang lain. Untuk bisa berkirim paket ke alamat tujuan, maka perlu untuk melewati gerbang (Gate). Gate ini adalah router yang berbeda jaringan, untuk bisa mengirimkan sebuah paket ke berbeda jaringan maka user harus mengetahui berapa alamat IP address dan jenis-jenis tipe router.

Jenis Topologi Jaringan dan Jenis jaringan komputer 

Topologi jaringan komputer adalah konsep yang dipakai untuk menghubungkan komponen komputer satu dengan yang lain, Berdasarkan metode topologi jaringan dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu topologi bus, topologi cincin, topologi bintang, topologi pohon, topologi mesh. Semua jenis topologi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  1. Topologi bus: topologi ini biasanya memakai kabel coaxial pada sepanjang konektor dan node client.
  2. Topologi ring: topologi ini dipakai untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam sebuah rangkaian yang sama dan kenapa disebut ring karena berbentuk seperti cincin.
  3. Topologi tree: topologi pohon ini adalah hasil penggabungan antara topologi bintang / star dengan topologi bus.
  4. Topologi peer to peer: topologi yang satu ini sangatlah sederhana karena hanya bisa menghubungkan dua komputer saja.
  5. Topologi mesh: topologi ini sering digunakan dengan desain banyak rute dan memiliki kelebihan data transfer yang sangat cepat.
  6. Topologi star: topologi ini memakai hub dan switch untuk berkomunikasi antar setiap client.
  7. Topologi linier: topologi ini cuma menggunakan satu kabel utama yang dipakai untuk penghubung setiap komputer dalam satu jaringan.
  8. Topologi hybrid: adalah topologi yang menggabungan beberapa topologi yang berbeda dalam beberapa jaringan untuk di hubungkan dalam satu koneksi . manfaat jaringan komputer

Jika ingin penjelasanya lebih detail kamu bisa baca dibawah ini

Topologi Bus

Topologi bus menggunakan tulang punggung umum untuk menghubungkan semua perangkat. Tulang punggung adalah kabel tunggal yang berfungsi sebagai media komunikasi bersama yang digunakan perangkat atau dihubungkan dengan konektor antarmuka. Perangkat yang ingin berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan, mengirimkan pesan siaran ke kawat yang dilihat oleh perangkat lain, namun hanya penerima yang dituju, yang dapat menerima dan memproses pesan tersebut. topologi jaringan bus

Baca juga : cara buat blog mudah 

Topologi bus Ethernet relatif mudah dipasang dan tidak memerlukan banyak kabel dibandingkan dengan alternatifnya. 10Base-2 (ThinNet) dan 10Base-5 (ThickNet) adalah opsi pemasangan kabel Ethernet yang populer untuk topologi jenis bus. Namun, jaringan bus berfungsi paling baik dengan jumlah perangkat yang terbatas. Jika beberapa komputer ditambahkan ke jaringan bus, maka masalah kinerja bisa saja muncul. Selain itu, jika kabel backbone mengalami kegagalan, jaringan tidak dapat digunakan.

Topologi Cincin (Ring)

Dalam jaringan cincin, setiap perangkat memiliki tepat dua perangkat untuk keperluan komunikasi. Semua pesan bergerak melalui cincin ke arah yang sama (searah jarum jam atau berlawanan arah). Kegagalan pada kabel, perangkat yang memutus loop bisa membuat jaringan tersebut down. Jaringan cincin diimplementasikan menggunakan teknologi FDDI, SONET, atau Token Ring. topologi cincin biasa digunakan di gedung, kantor, atau sekolah-sekolah. jaringan komputer

Baca juga : hosting adalah

Topologi Bintang

Banyak jaringan rumah menggunakan topologi bintang. Jaringan bintang menampilkan titik koneksi pusat yang disebut simpul hub yang bisa berupa hub jaringan, sakelar, atau router. Perangkat komputer biasanya terhubung ke hub dengan Ethernet Unshielded Twisted Pair (UTP). Jika dibandingkan dengan topologi bus, jaringan bintang pada umumnya memerlukan lebih banyak data kabel. Kegagalan pada kabel jaringan bintang mana saja hanya akan membuat satu komputer down, bukan seluruh LAN. Namun jika hub gagal, seluruh jaringan juga akan gagal. jaringan komputer adalah

Baca juga : Jual Hosting untuk Jaringan Server

Topologi Pohon

Topologi pohon adalah gabungan antara beberapa topologi bintang dan topologi bus. Bentuk yang paling sederhana meliputi perangkat hub yang terhubung ke topologi bus yang ada di topologi pohon. Masing-masing hub berfungsi sebagai root dari pohon perangkat. Jenis topologi ini mendukung ekspansi jaringan masa mendatang yang lebih baik daripada topologi jenis bus, yang terbatas dalam jumlah perangkat) atau bintang (dibatasi oleh jumlah titik koneksi hub). pengertian jaringan komputer

Baca juga : cara membuat website paling gampang

Topologi Mesh

Topologi mesh memperkenalkan konsep rute. Berbeda dengan topologi lainnya, pesan yang dikirim pada jaringan mesh dapat mengambil salah satu dari beberapa jalur yang mungkin dari sumber ke tujuan. Seperti topologi cincin, meskipun ada dua jalur kabel, pesan hanya bergerak dalam satu arah. Beberapa WAN, terutama internet, menggunakan routing mesh. Setiap perangkat yang terhubung satu sama lain pada jaringan mesh disebut sebagai jaring penuh. Jaringan mesh parsial juga ada dimana beberapa perangkat hanya terhubung secara tidak langsung ke perangkat lain. topologi jaringan komputer

Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah

Baca orang yang bertanya sama Mindom, pertanyaan nya begini, Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah? maka jawabanya adalah Topologi

jaringan komputer
Sumber: Pixabay

 

Kamu harus baca ini : DNS Tercepat untuk membuka situs

Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah ?

Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah Peer to Peer dan Clinet to Server.

Jenis–jenis jaringan komputer

  1. PAN (Personal Area Network)
    PAN adalah personal area network dimana wilayah cakupanya sangatlah kecil, contohnya pada rumah yang hanya terdiri beberapa komputer saja, atau kantor yang sedikit lebih banyak jumlah clientnya. Jaringan PAN sering digunakan untuk mengakses printer tanpa perlu mencolok kabel printer ke setiap komputer dan tanpa perlu mendekat ke printer saat hendak melakukan print.
  2. LAN (Local Area Network)
    Jaringan LAN dari segi jangkauan masih memiliki jangkauan yang kecil, dan sering difungsikan untuk menghubungkan perangkat komputer dalam ruang lingkup yang tidak besar. Contoh jaringan LAN adalah jaringan sekolah, jaringan kantor.
  3. CAN (Campus Area Network)
    Jaringan CAN hampir mirip dengan jaringan MAN (metropolitan Area Network) tapi lebih kecil dalam koneksinya, karena hanya di dalam area kampus atau akademisi. Contoh jaringan CAN adalah koneksi ruang praktek atau koneksi laboratorium, email kampus, sistem informasi kampus dalam mengakses server. Apa itu server ? bisa baca disini Penjelasan lengkap server
  4. MAN (Metropolitan Area Network)
    MAN merupakan banyak jaringan komputer yang saling terhubung dalam satu jaringan yang sama, dan masih dalam satu lingkup kota. Contoh jaringa MAN adalah beberapa kantor yang lokasinya masih satu kota yang terhubung ke sebuah server. Jadi satu server pemerintahan di sebuah kota bisa diakses oleh beberapa kantor yang memiliki lokasi berbeda.
  5. WAN (Wide Area Network)
    WAN adalah kumpulan dari banyak LAN yang tersebar secara luas dalam area geografis. Contoh dari jaringan WAN adalah seperti ATM yang berada hampir disemua kota di Indonesia dan masih terhubung dalam satu jaringan.
  6. Internet
    Internet merupakan sebuah jaringan komputer terbesar yang pernah ada dan merupakan ciptaan manusia. Ruang lingkup dari internet  kini lebih luas lagi, tidak hanya berada dalam satu negara, melainkan bauran informasinya bisa mencakup seluruh dunia. Dengan internet siapapun dan dimanapun selama memiliki internet bisa mendapatkan informasi dari perangkat mereka seperti : perangkat komputer, Hp, laptop, tablet, TV.
  7. VPN (Virtual Private Network)
    VPN adalah salah satu bentuk tunnel jaringan, dengan VPN kamu bisa mengakses jaringan komputer khusus disebuah kota atau negara tanpa perlu datang kesana. Dengan VPN kamu bisa masuk ke sebuah situs khusus atau masuk ke jaringan tertentu yang lokasinya sampai berbeda negara tanpa perlu kamu datang kesana.

Jenis-jenis perangkat jaringan komputer

Ada 9 perangkat komputer saat ini diantaranya adalah

  1. Server
    Server adalah perangkat yang hampir mirip dengan hardisk, namun berbeda dengan hardisk, kapasitas server tentu lebih besar, dan server bisa diakses oleh beberapa jaringan komputer, saat ini server menjadi lebih canggih dengan adanya koneksi internet yang biasa disebut Cloud Server atau VPS Berikut ini adalah tipe cloud VPS DomaiNesia Jenis-jenis perangkat jaringan komputer
  2. NIC (Network Interface Card)
    NIC merupakan LAN Card Expansion Board yang dipakai pada komputer agar bisa terhubung dengan jaringan yang lain. NIC atau Ethernet  memiliki berbagai tipe sesuai dengan kecepatan transfernya diantaranya adalah (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).
  3. Kabel jaringan
    Pernahkanh kamu melihat kabel jaringan dari router ? atau kabel RJ45 ? Kabel jaringan adalah media penghubung satu perangkat dengan perangkat yang lain biasanya memakai shocket RJ45 yang bisa plug and play di laptop dan router. Sampai saat ini terdapat beberapa jenis kabel jaringan, antara lain : kabel coaxial, kabel fiber optic, dan kabel twisted pair.
  4. Hub dan Switch
    Switch dan hub adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang dipakai untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi sebuah jaringan, atau menghubungkan beberapa komputer menjadi sebuah jaringan tertentu. dari segi bentuk, switch dan hub bentuknya tidak jauh berbeda, namun jika dilihat segi fungsi switch berfungsi sebagai jembatan, dan hub sebagai penghubung dari jaringan lain.
  5. Router
    Router adalah perangkat jaringan yang sangat penting untuk menghubungkan jaringan satu ke jaringan lain, atau jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar. Router juga berfungsi sebagai firewall yang mampu mengelola lalu lintas di dalam jaringan. Dengan router transfer data akan lebih cepat, karena mampu menentukan jalur terbaik pengiriman paket, karena menyimpan semua alamat dalam suatu jaringan.
  6. Bridge
    Bridge merupakan alat untuk meneruskan lalu lintas data dari jaringan yang lebih besar ke jaringan yang lebih kecil. Bridge juga berfungsi sebagai pembagi jaringan besar menjadi beberapa jaringan kecil.
  7. Modem
    Modem adalah alat untuk menghubungkan komputer, handphone, laptop ke penyedia jasa internet. Biasanya modem memilki IP khusus untuk mengakses internet dari provider.
  8. Repeater
    Repeater adalah alat untuk memperkuat sinyal wify menjadi lebih luas tanpa mengurangi kecepatan dari sebuah jaringan. Karena kita tahu wify memiliki keterbatasan jarak, oleh sebab itu jika ingin memiliki jaringan wify atau jaringan internet yang lebih luas kamu bisa menggunakan repeater.
  9. Wireless Card
    Wireless card adalah alat yang dipakai di komputer / laptop untuk bisa terhubung dalam jaringan wify / nirkabel. Biasanya laptop sudah memiliki wireless card, namun pada komputer PC belum ada. Untuk itu kamu bisa membeli wireless card untuk PC sendiri jika menginginkan jaringan internet dengan wify.

Dampak Negatif dari Jaringan komputer dan Topologi jaringan

1. Biaya jaringan yang tidak murah untuk mendapatkan keamanan jaringan,  seperti contohnya harga router terbaik saat ini, bisa di dapatkan dengan harga lebih dari 30 juta per router. Maka dari itu, untuk membangun jaringan komputer yang aman dan ideal maka kamu juga perlu mempertimbangkan berapa biaya yang akan dikeluarkan.

2. Banyak orang tidak tahu bahwa data adalah hal yang mahal, kebanyakan orang tidak tahu lalu lintas jaringan yang di pakai ternyata ada penyusup disana, atau biasa disebut sniffing, atau mencuri data dari jaringan yang tersedia. Contohnya adalah ketika kamu membuka aplikasi mobile banking atau internet banking dan mengirimkan data melalui sebuah jaringan internet publik, atau wify di suatu kafe, ternyata ada orang yang bisa mengambil data username dan pasword kamu melalui jaringan tersebut.

Belum lagi jika dalam satu jaringan komputer dalam satu ruangan ada yang terkena virus atau spam, bisa jadi satu jaringan tersebut yang melakukan sharing file atau dokumen juga mendapatkan virus.

3. Biaya maintenance yang tidak murah, Saat kamu membangun sebuah jaringan komputer dengan berbagai maca topologi jaringan, hal yan perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah berapa anggaran biaya maintanance. Sebab, setiap perangkat keras maupun lunak bisa kapan saja mengalami kerusakan, untuk itu dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan khusus mengelola jaringan komputer untuk meminimalisir kerusakan.

Memahami Dasar Topologi Adalah Hal yang Bermanfaat

Topologi tetap menjadi bagian penting dari teori desain jaringan. Kamu bisa membangun jaringan untuk rumah atau bisnis kecil, tanpa harus memahami perbedaan antara desain bus dan desain bintang. Namun paling tidak, jika kamu familiar dengan standar topologi, akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konsep jaringan seperti hub, siaran, dan rute.

Baca juga : cara dapat uang dari internet

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Hakim Nurubay
March 15, 2021

Domainesia memang terbaik 🥰

Akoenk '97
February 14, 2021

Mantap... Ijin share ya...

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!