• Home
  • Berita
  • WooCommerce Biteship: Integrasikan Toko Onlinemu Dengan Beragam Jasa Kurir

WooCommerce Biteship: Integrasikan Toko Onlinemu Dengan Beragam Jasa Kurir

Oleh Adisty C. Putri
No ratings yet.

Pembahsan kali ini cukup menarik. Pernah mendengar istilah WooCommerce Biteship? Jika belum pernah, wajar sih. Memang istilah biteship ini baru-baru ini muncul. Biteship merupakan sebuah startup yang bergerak dibidang logistik. Nah, tentunya istilah logistik tidak bisa di jauhkan dengan aktivitas toko online.

WooCommerce sebagai platform toko online yang populer ternyata “diam-diam” telah memiliki hubungan khusus dengan biteship ini. Hm, penasaran kan dengan hubungan khusus antara Biteship dengan WooCommerce ini? Untuk mengetahuinya lebih dalam, kamu bisa membaca penjelasan dibawah ini. woocommerce biteship

Apa Itu Biteship

Biteship Adalah

Biteship adalah sebuah layanan yang menyediakan integrasi langsung dengan layanan jasa kurir atau ekspedisi untuk platform toko online. Dengan menggunakan Biteship, pengguna dapat menampilkan perhitungan ongkos kirim secara real-time di toko online mereka. 

Layanan ini terhubung dengan berbagai penyedia jasa kurir sehingga pengguna dapat menawarkan pilihan pengiriman yang beragam kepada pelanggan mereka. Selain itu, Biteship juga menyediakan kemudahan dalam proses pengiriman dengan memberikan opsi untuk meminta kurir menjemput pesanan langsung dari alamat toko dan mengantarkannya ke tujuan pengiriman. 

Dengan memiliki integrasi langsung dengan penyedia jasa kurir, Biteship dapat membantu para penjual mempermudah proses pengiriman barang melalui toko online mereka. Dengan menambahkan perhitungan ongkos kirim secara otomatis, pengguna dapat memberikan estimasi biaya pengiriman yang akurat kepada pelanggan mereka.

Selain itu, Biteship juga membuka peluang untuk penyedia jasa kurir atau ekspedisi yang jumlahnya ratusan di Indonesia untuk survice dan tidak terjadi monopoli. Ini tentu sangat menguntungkan bagi para “pemain” bisnis jasa ekspedisi.

Biteship mempunyai keuntungan karena menggabungkan banyak penyedia layanan jasa kurir dalam satu platform. Dengan begitu, para penjual dapat bekerja sama dengan berbagai toko online yang ada, tanpa harus terbatas pada satu penyedia layanan pengiriman. Ini memberikan fleksibilitas dan pilihan yang lebih besar dalam memenuhi kebutuhan pengiriman pelanggan.woocommerce biteship

Baca juga: Rekomendasi Plugin dan Cara Membuat Form Konfirmasi Pembayaran WooCommerce

WooCommerce Biteship

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Biteship ini dapat bekerja sama dengan berbagai toko online yang telah eksis di Indonesia. Menariknya, ternyata WooCommerce telah didukung oleh layanan yang disediakan oleh Biteship ini. 

Tentunya dengan begitu, pengguna WooCommerce dapat menggunakan kemudahan fitur yang ditawarkan Biteship agar pelanggan dapat memilih secara leluasa jasa kurir yang diinginkan dengan menampilkan estimasi biaya pengiriman sesuai dengan lokasi yang diinginkan pelanggan.

Selain itu, tentunya ini juga menguntungkan bagi pemiliki toko online karena website mereka tentu akan lebih kaya akan fitur yang memudahkan pelanggan sehingga tingkat kepuasan pelanggan juga akan meningkat dan berdampak positif terhadap bisnis. 

Integrasi Biteship dengan Woocommerce juga memudahkan para penjual dalam mengatur dan mengelola proses pengiriman. Dengan mengintegrasikan Biteship ke dalam toko online Woocommerce, perhitungan ongkos kirim dapat dilakukan secara otomatis saat pelanggan memasukkan detail pengiriman mereka. Hal ini menghilangkan kerumitan manual dalam menghitung biaya pengiriman dan memastikan bahwa pelanggan mendapatkan estimasi yang akurat. 

Selain itu, Biteship juga menyediakan pembaruan secara real-time terkait biaya layanan pengiriman. Dengan terhubung langsung ke penyedia jasa kurir, Biteship dapat memberikan informasi terbaru tentang tarif pengiriman, termasuk diskon atau promosi khusus yang mungkin tersedia. Dengan demikian, penjual dapat menawarkan opsi pengiriman terkini kepada pelanggan mereka, meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun kepercayaan.

Cek Domain Murah

Beli nama domain yang diinginkan sebelum dimiliki orang lain

Integrasi WooCommerce dengan Biteship

Nah, bagi kamu pengguna WooCommerce, mungkin ini saatnya kamu untuk mencoba fitur menarik ini. Beruntunglah kamu karena sekarang kamu bisa mendapatkan tutorial bagaimana WooCommerce Biteship ini dapat di integrasikan dan bekerja di toko online-mu. 

Setting Biteship

Untuk melakukan setting WooCommerce Biteship, pertama kamu harus melakukan setting terlebih dahulu pada akun Biteship kamu. 

Buat Akun Biteship

Langkah pertama adalah buat akun Biteship. Seperti layanan lainnya, biasa, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan pendataran Biteship disini. woocommerce biteship

Isi seluruh data diri yang diperlukan, kemudian centang syarat dan ketentuan dan klik buat akun baru. Setelah itu, kamu bisa mengikuti proses pendaftaran yang berlangsung. Ikuti saja perintah yang diberikan.woocommerce biteship

Aktifkan Mode Testing

Langkah ini penting untuk melakukan integrasi dan testing. Jika mode ini aktif, proses pemesanan tidak akan di proses oleh kurir sehingga ini akan memudahkanmu untuk melakukan testing atau pengujian saat melakukan integrasi ke WooCommerce Biteship.

Isi Data Diri

Langkah selanjutnya untuk melakukan setting WooCommerce Biteship adalah dengan melengkapi data dirimu di menu pengaturan pada dashboard akun Biteship-mu ini. Pergi ke menu pengaturan, maka kamu akan menemui tampilan seperti dibawah iniwoocommerce biteship

Isikan data-data seperti nama lengkap, email, nomor telepon, dan data lain yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyimpan perubahanmu!

Tambah Alamat Tokomu

Langkah selanjutnya dalam mengintegrasikan WooCommerce Biteship adalah menambahkan alamat tokomu. Ini tentunya akan berguna untuk melakukan penjemputan barang oleh kurir ke tokomu. 

Kamu bisa memilih menu Alamat pada sidebar dashboard akun Biteship kemudian klik Buat Alamat. Kamu harus mengisi nama, nomor telepon, dan alamat tertulis maupun maps. woocommerce biteship

Dapatkan API Key WooCommerce

Kemudian, setelah melakukan pembuatan akun dan pengisian data secara lengkap, kamu bisa mendapatkan API Key untuk WooCommerce Biteship. Ini adalah kunci yang akan mengintegrasikan sistem Biteship dengan WooCommerce. 

Untuk mendapatkan API key pada Biteship, ikuti langkah berikut: 

1. Pada dashboard Biteship, pilih menu Intergrasi. woocommerce biteship

2. Cari pilihan WooCommerce, kemudian klik aktifkan. woocommerce biteship

3. Pilih paket yang ingin kamu gunakan, kemudian klik Aktifkan.

4. API key berhasil dibuat.woocommerce biteship

Setting WordPress/WooCommerce

Setelah kamu berhasil melakukan pengaturan dan mendapatkan API key pada dashboard Biteship, saatnya kamu melakukan setting pada plugin WooCommerce yang ada pada CMS WordPress kamu. 

Beli WordPress Hosting

Install Plugin Biteship

Langkah pertama untuk melakukan pengaturan WooCommerce Biteship pada WordPress-mu adalah dengan menemukan plugin Biteship dan menginstalnya. Masuk pada menu plugin pada sidebar sebelah kiri WordPress, kemudian pilih Add New. Ketik dan cari “Biteship”woocommerce biteship

Jika sudah menemukannya, langsung saja install dan aktifkan plugin tersebut. 

Baca juga: Pakai WooCommerce Shortcode: Cara Mudah Membuat Toko Online

Pengaturan Plugin

Setelah berhasil melakukan instalasi, lanjut lakukan pengaturan. Masuk pada plugin Biteship kemudian pilih pengaturan biteship dengan memilih “Biteship”. 

Centang Enable untuk mengaktifkan ongkos kirim di halaman checkout. Kemudian isi beberapa data yang perlu kamu lengkapi dan alamat seperti pada gambar dibawah ini kemudian jangan lupa untuk menyimpannya. 

Setelah itu kamu harus memasukan API key yang telah kamu buat pada dashboard Biteship pada langkah sebelumnya.

Atur juga ekspedisi atau jasa kurir mana saja yang akan kamu gunakan untuk toko online kamu. Sesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Lakukan Uji Coba

Jika seluruh proses integrasi Biteship WooCommerce telah selesai kamu lakukan, saatnya untuk melakukan uji coba pada toko onlinemu. Tentunya proses uji coba ini tidak akan benar-benar di proses oleh pihak kurir karena pada awal langkah tadi kamu telah mengaktifkan fitur Mode Testing. 

Pastikan fungsionalitasnya telah berjalan dengan baik dan jasa kurir yang kamu kehendaki telah sesuai. Jika kamu memiliki masalah saat melakukan setting WooCommerce Biteship ini, kamu bisa meminta bantuan tim support dari Bitesehip. 

woocommerce biteship

Mudahkan Pelangganmu dalam Memilih Jasa Kurir 

Dapat dikatakan bahwa Biteship WooCommerce merupakan solusi yang sangat berguna bagi para penjual yang menggunakan platform toko online. Dengan mengintegrasika WooCommerce Biteship, penjual dapat dengan mudah menampilkan perhitungan ongkos kirim secara real-time, bekerja sama dengan berbagai penyedia jasa kurir, dan memberikan estimasi biaya pengiriman yang akurat kepada pelanggan. 

Dengan Biteship WooCommerce, penjual dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mengembangkan bisnis mereka melalui pilihan pengiriman yang lebih luas dan terintegrasi. Jangan lupa untuk beli WordPress Hosting di DomaiNesia!

Adisty C. Putri


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds