• Home
  • Berita
  • 20+ Situs Freelance Indonesia Terbaik

20+ Situs Freelance Indonesia Terbaik

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
Situs Freelance

20+ Situs Freelance Indonesia Terbaik – Freelance atau pekerjaan remote kini tengah diminati oleh warga Indonesia, terlebih oleh mahasiswa. Salah satu wadah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer adalah melalui situs freelance Indonesia terbaik. Di sana terdapat ribuan pekerjaan yang bisa Anda dapatkan, seperti sebagai content writer, translater, web developer, design grafis dan lain sebagainya.

Situs tersebut akan berperan sebagai pihak ketiga atau selayaknya matketplace. Di mana para pencari job bisa mendapatkan orderan dari klien. Nantinya, klien harus membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu, dan baru akan diberikan pada freelancer setelah project selesai.

Harga atau besaran upah yang akan diterima sesuai dengan kualitas yang Anda berikan. Semakin bagus kualitas yang dijual maka akan semakin banyak juga upah yang akan Anda terima.freelancer

Daftar Situs Freelance Indonesia Terbaik

Dalam hal ini, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas situs seperti reputasi, jaminan pembayaran, potensi klien serta kategori yang tersedia apakah sesuai dengan jasa yang akan Anda tawarkan.

Nah, di bawah ini terdapat lebih dari 20 rekomendasi situs freelance Indonesia terbaik yaitu:

1.     Projects.co.id

Projects adalah salah satu website freelance yang terpercaya Indonesia. Melalui website ini Anda dapat memperoleh pekerjaan tambahan di bidang teknologi dan informasi, SEO atau Search Engine Optimization, media sosial serta cabang pemasaran digital lainnya.Situs Freelance

Tidak hanya digunakan untuk mencari pekerjaan saja, namun pengguna juga bisa melakukan jual beli produk digital seperti e-book, lisensi software, desain website, desain kaos dan lain sebagainya.

Selain kelengkapan bidang pekerjaan yang tersedia, Projects juga memiliki kelebihan yakni tersedia program afiliasi. Di mana Anda berkemungkinan memperoleh reward sebesar 10 hingga 20 persen dari harga proyek jika Anda berhasil mengajak klien mendaftar kemudian bertransaksi dengan URL referral Anda.

2.     Freelancer Indonesia

Selain Projects, Freelancer Indonesia juga termasuk salah satu website freelance yang terbesar. Website ini merupakan website versi Indonesia dari sebuah startup milik Australia. Menawarkan kelengkapan bidang pekerjaan atau proyek yang tersedia seperti desain, IT atau teknologi, jasa penerjemahan, hingga jurnalistik pun ada di sini. Situs Freelance indonesia

Setiap detail pekerjaan akan dijelaskan dengan lengkap dan jelas di setiap entri proyek yang Anda pilih. Freelancer Indonesia telah mengklaim bahwa mereka telah terhubung dengan lebih dari 29 juta freelancer serta pencari jasa pada lebih dari 247 negara di dunia.

Anda bisa melihat nama, keahlian yang dicari, deskripsi proyek, berapa orang yang menginginkan proyek tersebut, dan kapan deadline-nya.  Kemudian terdapat juga fitur yang tidak kalah menarik, yakni Anda bisa melelang atau menawar besarnya upah untuk menggarap proyek tersebut.

Sebelum bergabung dengan para freelancer Indonesia melalui situs ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda mempunyai akun PayPal atau kartu kredit. Pasalnya, Freelancer Indonesia hanya melakukan pembayaran dan menerima melalui kedua platform tersebut.

3.     99Design

Anda seorang seniman atau desainer grafis? 99Design merupakan salah satu situs freelance yang dirancang khusus untuk Anda para seniman maupun desainer grafis di Indonesia. Website freelance yang satu ini menggunakan sistem kontes, yang mana pengguna diharuskan memberikan contoh hasil karya ke proyek tertentu, kemudian klien akan memilih hasil karya freelancer mana yang paling disukai. Situs Freelance

Menariknya, setiap 2 detik desain-desain baru akan lahir di situs 99Design ini, yang mana desain tersebut sengaja diciptakan oleh para freelancer untuk ditawarkan kepada kliennya. Project desainer mulai dari mendesain website, merancang sebuah logo hingga mendesain cover buku dapat Anda temukan disini.

4.     Toptal

Toptal masuk ke dalam list situs freelancer Indonesia terbaik karena reputasi yang dimilikinya. Setiap orang yang mendaftar ke situs tersebut selanjutnya akan diseleksi terlebih dahulu dengan beberapa syarat ketat, hingga akhirnya diberi akses untuk mencari pekerjaan lepas di Toptal.

Toptal memberikan solusi untuk bisnis dan perusahaan yang mencari freelancer guna membantu pekerjaan mereka. Karena reputasi yang dimiliki, Topta l berhasil menggandeng berbagai perusahaan ternama seperti Spotify, AirBnb, Bridgestone dan juga Duolingo.

5.     Upwork

Upwork merupakan situs frelance dengan basis cloud dan memiliki jumlah user yang sangat besar. Situs ini telah digunakan oleh freelancer dengan tingkat keterampilan yang kompleks serta bisnis dengan berbagai skala berbeda.

Anda dapat menyaring jenis pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki serta memilih klien dari fitur penilaian yang telah tersedia. Selain itu, terdapat juga fitur komunikasi yang cukup lengkap yakni chat hingga voice call yang akan memudahkan Anda dalam melakukan komunikasi dengan klien.

Untuk memfasilitasi proyek besar, Upwork juga menyediakan fitur group chat yang akan semakin memudahkan proses komunikasi lebih dari 2 freelancer.

Banyak perusahaan besar yang mempercayai Upwork untuk mencari freelancer seperti, General Electric, Airbnb bahkan Microsoft.

Untuk sistem pembayarannya, Upwork menerapkan dua sistem yang dapat Anda pilih, yakni kontrak per proyek dan kontrak per jam.

6.     Aquent

Aquent adalah situs freelance yang lebih menekankan pada kecocokan antara freelancer dan klien menggunakan teknologi Aquent’s Book. Teknologi tersebut digunakan untuk menandai sekaligus mengatur portofolio Anda secara efektif. Sehingga Anda dapat ditemukan oleh calon klien dengan tingkat kecocokan yang sangat tinggi.

7.     Crowdsource

Salah satu situs website terbesar dan terpercaya saat ini adalah Crowdsource. Situs ini cocok untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan tambahan di bidang editing, penerbit, perusahaan media dan juga pembuatan konten.

Crowdsource juga menyuguhkan solusi untuk projek besar, yang mana klien bisa membaginya menjadi proyek-proyek kecil guna memudahkan pemantauan proses pengerjaan. Fitur ini juga bermanfaat untuk influencer yang bisa menunjukkan proses pengerjaan kepada klien.

8.     PeoplePerHour

Situs freelancer Indonesia selanjutnya adalah PeoplePerHour yang siap menampung semua keahlian Anda untuk memperoleh pekerjaan yang cocok dengan skill yang dimiliki. Berbagai bidang pekerjaan seperti desain 3D bahkan konsultasi media sosial tersedia di sini.

Yang lebih menariknya lagi, situs ini memanfaatkan intelejensi buatan yakni Artificial Intelligence yang akan memudahkan perusahaan dan bisnis menemukan profil yang tepat. Sehingga Anda perlu menyunting profil sedemikian rupa supaya dapat dengan mudah ditemukan oleh calon klien.

9.     SociaBuzz

Jika Anda mempunyai keahlian di bidang pemodelan dan fotografi, SociaBuzz adalah sebuah situs yang memang peruntukkan untuk Anda. Situs ini merupakan salah satu marketplace jasa yang berkaitan dengan media sosial dan publikasi.

Tidak hanya untuk photographer dan model, bagi Anda yang mempunyai skill sebagai MUA (makeup artist), pembicara atau MC, juga bisa menawarkannya melalui SociaBuzz Marketplace.

Selanjutnya untuk targer pasar dari situs ini sangatlah spesifik. Dengan begitu akan semakin membuka kemungkinan pertemuan jasa tenaga freelance dan klien yang cocok dan sesuai dengan skill yang dibutuhkan.

10.  Guru

Guru merupakan salah satu situs pekerja lepas yang sangat terkenal dengan jumlah pengguna sudah mencapai lebih dari 3 juta. Diklaim sebagai situs pekerja lepas terpercaya di Indonesia, Guru akan memverifikasi calon freelancer terlebih dahulu, guna memastikan bahwa klien menemukan freelancer yang memiliki tanggung jawab serta skill yang bisa diandalkan.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah melengkapi profil dengan data terbaru dan pastinya akurat.

Sementara untuk segi pembayaran, situs ini mempunyai empat metode kalkulasi upah. Yang terdiri atas upah reguler atau gaji, upah per gaji, upah per proyek dan juga upah per jam.

Awalnya, situs Guru ini bernama eMoonlighter.com dan dibentuk pada tahun 1998 yang berpusat di Amerika.  Guru menerapkan teknik khusus Industrial and organizational psyhcology guna lebih memahai sifat, karakter sehingga dapat memberikan freelancer suatu pekerjaan yang tepat.

Baca juga : cara membuat website gratis

11.  Fastwork

Fastwork merupakan website pekerja lepas Indonesia yang cukup terkenal dan digunakan oleh berbagai perusahaan serta bisnis dalam mencari tenaga pekerja lepas yang sesuai. Anda bisa coba mendaftar sebagai freelancer dalam berbagai bidang, misalnya penulisan, programming, desain grafis, penerjemah dan lain sebagainya.

Untuk mengawali karir freelance Anda, puhak Fastwork akan terlebih dahulu memverifikasi serta menilai etalase digital Anda. Proses verifikasi akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 hari, dan apabila ditolak, Anda harus segera melakukan revisi pendaftaran dan menyunting kembali pengaturan etalase jasa Anda.

12.  Sribulancer

Sribulancer memang salah satu situs freelance di Indonesia, namun bagi Anda yang ingin bekerja di ranah Internasional, situs ini siap menjadi wadahnya. Sribulancer menyediakan pilihan upah dengan mata uang berbeda, mulai dari Rupiah hingga US Dollar.

Sribulancer diperuntukkan bagi Anda yang mengantongi keahlian di bidang copywriting, desain grafis, marketing, back-end dan front-end developer, translator dan lain sebagainya.

13.  Gobann

Situs freelance lainnya yang tak kalah populer di Indonesia adalah Gobann. Situs ini digunakan olek klien serta freelancer yang mempunyai kemampuan atau jasa yang ingin ditawarkan.

Dalam situs ini, terdapat dua istilah yang cukup unik yakni Kangtao untuk freelancer dan juga Demand untuk klien atau pencari jasa. Melalui Gobann, Anda dapat memperoleh berbagai pekerjaan remote.

Yang membedakan situs ini dengan situs lain adalah, besarnya upah yang diperoleh telah ditetapkan oleh pihak Gobann, yakni sebesar Rp. 50.000.000,-.mungkin ini akan menjadi kelebihan atau kekurangan bagi segelintir freelancer tertentu.

Baca ini penting : cara mendapatkan uang dari internet

14.  Fiverr

Fiverr sebenarnya adalah situs freelance yang berbasis di Israil, namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan melalui situs ini. Fiverr memberikan kebebasan pada para pekerja lepas untuk menawarkan keahilan yang dimiliki dengan upah minimal mulai 5 USD.

Situs ini juga menyediakan berbagai bidang yang bisa disesuaikan dengan skill yang Anda miliki, seperti musik, desain grafis, development dan juga writing. Meskipun berbasis di Israil dan memiliki umur yang bisa dibilang baru, namun Fiverr sudah mampu merekrut begitu banyak pengguna dari berbagai negara di dunia.

Pertumbuhan Fiverr ini dapat dibilang sangat cepat. Tercacat di tahun 20212, Fiverr sudah menyediakan project sebanyak 1,3 juta. Sementara itu, sejak tahun 2011 jumlah transaksi terus mingkat hingga 600%.

15.  Sribu

Situs ini adalah anak perusahaan dar Sribulancer yang telah dibahas pada poin sebelumnya. Perbedaan dari kedua situs tersebut terletak pada bidang pekerjaan yang ditawarkan, yang mana Sribu lebih menekankan pada bidang desain grafis serta menerapkan sistem kontes. Sistem ini mengharuskan setiap freelancer memberikan hasil karyanya untuk mengalahkan freelancer lain dan mendapatkan proyek dari klien.

Sistem kontes dari Sribu juga cukup unik, yakni pemilik project (klien) akan melakukan pembayaran serta menjelaskan detail keinginan serta kebutuhannya melalui situs Sribu. Kemudian para tenaga kerja lepas akan membuat desain dan mengajukkan hasil karyanya untuk mengikuti kontes. Hingga pada kahirnya klien akan memilih karya yang dinilai paling sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

16.  Simply Hired

Situs freelance Indonesia terbaik selanjutnya adalah Simply Hired. Salah satu kelebihan yang disuguhkan oleh situs ini yaitu adanya suatu fitur yang dapat mencari pekerjaan freelance di lokasi yang.

Selain itu, juga terdapat fitur tool dan top salaries guna memperkirakan upah atas jasa yang Anda tawarkan. Kedua kelebihan tersebut tentu saja dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan dapat membantu Anda untuk lebih mudah mencari pekerjaan yang ingin dilakukan.

Baca juga : hosting terbaik di Indonesia

17.  Skyword

Terdapat begitu banyak lowongan freelance dalam bidang content marketing yang dapat Anda temukan pada situs ini. Anda bisa mendaftar sebagai tenaga kerja lepas manajer editorial, content strategist dan lain sebagainya.

Bukan hanya cocok untuk Anda yang tinggal di Indonesia, Skyword juga menjangkau pasar AS atau perusahaan di negara-negara besar lainnya. Pasalnya, Skyword merupakan situs freelance terbaik dan telah dipercaya oleh banyak perusahaan dari 27 negara serta diukung dengan 13 bahasa yang berbeda.

18.  TaskRabbit

Berbeda dengan kebanyakan situs freelance yang menawarkan tenaga jasa atau produk digital, TaskRabbit justru menawarkan berbagai job yang berkaitan pada pekerjaan rumah. Misalnya mengemasi barang, menyusun furnitur, perbaikan pipa, jasa membersihkan rumah dan lain sebagainya.

Jadi, untuk Anda yang tidak memiliki keahlian khusus di bidang digital tidak perlu khawatir. Anda dapat memanfaatan tenaga serta waktu untuk menjadi freelancer melalui TaskRabbit.

19.  PubLoft

Untuk Anda para content marketer, PubLoft merupakan salah satu situs freelance yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. PubLoft ini memang dirancang khusus bagi jasa penulis lepas yang berfokus membuat para tenaga pekerja lepas menyelesaikan tugas daripada hanya sekedar menawarkan kebolehannya.

Kelebihan lain dari situs ini yang menarik minat banyak pengguna adalah, semakin lama Anda bekerja di PubLoft, maka akan semakin timggi juga upah yang akan Anda peroleh. Pembayaran upah biasanya dilakukan dalam perioder dua minggu.

20.  Writteraccess.com

Punya keahlian dalam menulis atau skill content writer? Nah, Writterraccess.com adalah situs yang harus Anda kunjungi untuk mencari pekerjaan lepas yang sesuai dengan keahlian Anda. Pada situs ini, terdapat banyak bidang atau tema menulis yang bisa Anda coba, seperti membuat laporan ilmiah, menulis artikel blog, hingga membuat studi kasus.

Disediakan juga berbagai fitur menarik untuk menunjang para freelancer penulis, salah satunya adalah fitur content analytics dan juga pencaarian kw (keyword) guna memudahkan pekerjaan para content creator.

21.  Seaent

Seaent merupakan salah satu situs wirausaha yang memperhatikan keakuratan serta kualitas dan kualitas freelancer yang sesuai dengan pelanggan potensial. Seaent adalah situs freelance yang berjalan sebagai agen kreatif yang menyediakan jasa tenaga kerja lepas.

Situs ini menggunakan korespondensi berteknologi canggih yang disebut Book Seaent, yang mana fitur tersebut bisa Anda gunaan untuk menandai dan mengkonfigurasi profil Anda dengan lebih efektif dan efisien. sehingga Anda bisa ditemukan dengan mudah oleh pelanggan berpotensi.

Situs-situs di atas merupakan situs freelance Indonesia terbaik dan terpercaya. Anda bisa memilih situs manakah yang paling sesuai dengan skill yang dimiliki. Kesuksesan akan terwujud dengan menemukan kecocokan antar proyek, klien serta kemampuan yang Anda miliki.

Jadi, untuk Anda yang mempunyai skill, ingin mencari uang tambahan atau bahkan ingin bekerja yang fleksibel, kini saatnya  untuk manfaatkan situs-situs freelance terbaik Indonesia di atas.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!