• Home
  • Berita
  • 8+ Jenis Website Terpopuler Berdasarkan Fungsi, Apa Saja Ya?

8+ Jenis Website Terpopuler Berdasarkan Fungsi, Apa Saja Ya?

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Tidak banyak yang menyadari bahwa dalam membuat website, kamu harus tahu berbagai jenis website yang berbeda dengan kebutuhan yang berbeda pula. 

Perbedaan jenis-jenis website ini biasanya diikuti bentuk desain yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya dalam internet. 

Mulai dari bentuk layout, ketersediaan fitur pendukung, hingga unsur multimedia yang bisa dan cocok untuk disematkan pada website. 

Hal ini secara tak langsung mempengaruhi efektivitas web dalam membangun bisnis secara online yang terbaik.

Jenis website
Sumber: Envato

 

Maka dari itu, kamu sebagai calon pemilik website harus familiar dengan masing-masing perbedaan diantara jenis website yang tersebar di internet. 

Motivasi itulah yang membuat DomaiNesia kali ini akan merangkum beberapa jenis-jenis website terpopuler atau website yang paling banyak tersedia di internet. 

Meskipun ada beberapa jenis situs yang tumpang tindih, tapi secara umum setiap website memiliki tujuan yang perlu dicapai dan serangkaian praktik terbaiknya sendiri. Silakan scroll artikel ini sampai habis, ya!

Baca juga: 9 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik yang Tepat

Jenis-Jenis Website Beserta Contoh Terbaiknya

Berikut ini adalah kedelapan jenis website yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya dalam internet.

 

  • Bisnis atau Website Perusahaan

 

Sudah jadi kebiasaan baru, sekarang setiap pelaku bisnis, baik bisnis besar maupun kecil, harus memiliki website. 

Website bisnis adalah salah satu dari jenis-jenis website apapun yang ditujukan untuk mewakili keberadaan bisnis tertentu. 

Website bisnis milik suatu perusahaan dapat menjadi media komunikasi pengenalan jenis produk dan/atau layanan yang bisnis miliki kepada khalayak luas. 

Website bisnis dibuat sebagai bentuk keprofesionalan dan transparansi bisnis secara online karena dengan begitu pelanggan bisa mencari segala informasi tentang perusahaan di internet.

Website DomaiNesia bisa masuk ke dalam jenis website ini. Sebab, website utamanya tidak hanya berfokus pada informasi serta penjualan produk/layanan, melainkan terdapat beberapa informasi lain tentang DomaiNesia itu sendiri. 

Misalnya halaman blog, DomaiNesia karir, tentang dan kontak perusahaan, kebijakan privasi, hingga informasi media sosial ada dalam satu domain website perusahaan. 

Dengan begitu pelanggan bisa memperoleh informasi tambahan yang mendukung kredibilitas perusahaan sebagai penyedia atau penjual produk/layanan.

 

  • E-Commerce

 

Mungkin secara tak sadar kamu pernah menggunakan beberapa macam website e-commerce ketika berbelanja online. 

Yap website e-commerce adalah satu dari sekian jenis-jenis website terpopuler dimana kamu dan pengguna internet lain bisa membeli produk suatu brand tanpa perlu mengunjungi toko fisik. 

Biasanya website yang masuk ke dalam kategori ini menyertakan fitur keranjang belanja, katalog produk, serta memberikan informasi dan tata cara pembayaran menggunakan metode pembayaran tertentu. 

Dengan kata lain website ecommerce pasti berupa situs transaksional yang melibatkan sistem (pemilik toko online) dengan pembeli.

Lihat saja seperti website toko online milik salah satu brand lokal bernama Oclo ini. Seperti yang bisa kamu lihat, brand Oclo menjual berbagai macam produk fashion dan aksesoris wanita. 

Melalui halaman berandanya saja kamu sudah bisa melihat fitur-fitur khas e-commerce yang tampil sederhana dan ringkas. 

Untuk meningkatkan kepercayaan brand kepada pelanggan, Oclo menambahkan fitur “Lacak Pesanan” sebagai bentuk pelayanan maksimal toko terhadap segala produk yang pelanggan beli. 

Selain itu, brand lokal ini menyediakan menu panduan yang bisa pelanggan baca terkait sistem berbelanja online di Oclo. 

Sangat terlihat bahwa transparansi berbisnis dengan pelanggan adalah kunci kesuksesan Oclo.

 

  • Personal atau Pribadi

 

Tidak semua jenis-jenis website dibuat untuk menghasilkan uang atau profit dengan cara-cara tertentu. 

Kamu bisa membuat website pribadi atau personal yang bertujuan sebagai media bantu mengungkapkan opini atau pemikiran sendiri ke dunia luar secara online. 

Bila diibaratkan, jenis website ini seperti buku diary yang menceritakan berbagai hal dalam hidup seorang pembuat website pribadi. 

Seperti halnya website milik wanita asal New York bernama Laura Baross ini. Laura mengonlinekan “buku diarynya” dengan tampilan yang simple namun terlihat seelegan dirinya. 

Di sisi lain sebagai seorang desainer interior, Laura mengembangkan website personalnya menjadi lebih berprofit dengan terlibat beberapa portal informasi besar seperti Forbes, Medium, Domino, dan MindBodyGreen. 

Ia juga tak lupa melakukan personal branding dengan mencantumkan image link ke akun Instagramnya.

Kadangkala website personal bisa berkembang menjadi jenis-jenis website yang berprofit atau menghasilkan uang apabila nama website sudah terkenal. 

Kepopuleran nama website biasanya juga dipengaruhi oleh penggunaan nama domain yang baik dan mencerminkan profesionalitas. 

Maka dari itu, kamu perlu beli domain murah Indonesia agar visibilitas website personal lebih optimal di internet.

Baca juga: Cara Optimasi Website WordPress

 

  • Portofolio

 

Website portofolio adalah bentuk yang lebih dinamis dari dokumen portofolio pada umumnya yang ditujukan sebagai resume riwayat pekerjaan sebelumnya. 

Siapapun bisa membuat website portofolio, bisa karena ingin menunjukkan kualitas diri dan pekerjaan kepada calon klien atau hanya sekedar membuat dokumentasi pengalaman bekerja. 

Jenis website ini paling banyak dibuat oleh seorang creative professional dan freelancer yang dipekerjakan berdasarkan hard skill. 

Misalnya seniman, penulis, desainer, pembuat film, pembuat furniture, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh dari sekian jenis-jenis website portofolio terbaik yang mungkin bisa jadi inspirasi datang dari portofolio desainer bernama Gautier Maillard. 

Website portofolionya memadukan unsur kreativitas dan highlight project terbaik dengan sempurna. 

Desainnya yang begitu modern dengan sentuhan animasi scrolling menarik membuat siapapun calon klien akan merasa terkesan dengan karya-karya Gautier sejak pandangan pertama. 

Komposisi antara deskripsi dengan gambar karya tergolong baik dan disajikan secara menyeluruh.

Sumber: Envato

 

 

  • Edukasi

 

Seperti namanya, website edukasi merujuk pada jenis-jenis website lembaga pendidikan atau situs kursus online. 

Tujuannya pun spesifik ke satu arah yaitu untuk menyediakan berbagai jenis dan bentuk materi pendidikan kepada pengunjung. 

Di sisi lain, jenis website ini juga berguna dalam pemberian informasi lengkap tentang lembaga pendidikan atau situs kursus kepada pengunjung.

Coursera adalah contoh website edukasi yang hebat sebagai platform pendidikan dan pembelajaran online yang sudah ada sejak 2012. 

Label website kursus online yang telah bekerja sama dengan universitas dan perusahaan terbaik dunia membuat Coursera menjadi pilihan terbaik bagi pelajar yang ingin mempelajari materi spesialisasi sekaligus perencanaan karir dari para ahlinya. 

Melalui desain halaman utama yang sederhana kamu sudah bisa mendapatkan berbagai informasi penting tentang Coursera.

 

  • Blog

 

Secara garis besar, jenis website blog digunakan hanya sebatas untuk menampilkan artikel, foto, dan video yang diperbarui secara rutin. 

Website blog juga tidak dipungkiri bisa membuat konten pribadi yang casual seperti website personal. Walau begitu ada beberapa brand dan bisnis besar membuat blognya sendiri. 

Baik kamu pemilik perusahaan besar atau kecil yang ingin mengonlinekan menggunakan salah satu dari jenis-jenis website ini, pastikan memiliki anggota tim sekaligus strategi terbaik untuk menjaga kualitas konten blog tetap terdepan.

Contoh website blog terbaik mungkin bisa kamu lihat dari website bernama Nourish Eats ini. 

Sang pengembang website membuat semua bagian dari website itu terlihat sederhana dengan fokus pada tiap konten-konten yang ada. 

Tidak seperti kebanyakan website, Nourish Eats tampil menarik dengan mengintegrasikan fungsi scrolling yang bergerak secara horizontal atau ke samping. 

Tak hanya itu isi konten dan penggunaan gambarnya pun juga tampil segar dan eye catching.

Baca juga: Buat Toko Online Pakai Website Builder Dari Instant Deploy

 

  • Entertainment atau Hiburan

 

Internet dan website bisa sangat berguna dalam perannya sebagai platform berbagi sekaligus mencari konten hiburan. 

Dan kamu bisa mendapatkannya dengan mengakses jenis website humor atau entertainment seperti The Onion, xkcd untuk website komik, dan Buzzfeed untuk konten yang menarik lainnya.

Sebagian besar jenis-jenis website ini memang ditujukan untuk bisa menghasilkan keuntungan seperti website bisnis dan e-commerce. 

Tapi bukan melalui penjualan produk atau layanan, melainkan melalui pemasangan iklan yang muncul di beberapa websitenya. 

Jika kamu berencana membuat website hiburan ini, kamu bisa membuat video informatif yang dikemas secara lucu, menulis postingan blog yang menghibur, atau bisa juga membuat komik dan kuis interaktif yang menyenangkan. 

Dengan begitu kamu nantinya punya traffic situs yang stabil bahkan bisa meningkat setiap harinya.

 

  • Media Sosial

 

Sebelum menjadi sebuah aplikasi, platform media sosial berawal dari sebuah website yang menjadi awal konektivitas antar manusia yang saling berjauhan. 

Fungsionalitas jenis website media sosial terbukti dengan adanya sekitar 3 miliar orang menggunakan media sosial dengan puluhan platform yang berbeda. 

Setiap orang bisa memiliki satu atau beberapa akun di platform media sosial yang berbeda, seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga LinkedIn. 

Website media sosial membuat kamu memiliki kendali pengaturan atas tampilan halaman media sosial serta membuat konten yang mendorong social media shares.

Dari sekian jenis-jenis website media sosial yang ada hingga saat ini, halaman Facebook brand makanan Nutella bisa jadi inspirasi terbaik. 

Kamu akan melihat tampilan halaman dasbor Facebook memadupadankan konten menarik dengan kombinasi warna dan tampilan brand yang ceria. 

Mereka melengkapi fungsionalitas website media sosialnya dengan pembuatan konten video dan gagasan ide dalam menggunakan produk mereka. 

 

  • Majalah atau Berita

 

Hampir mirip dengan blog, jenis website majalah juga menampilkan kumpulan artikel foto dan video yang lebih informatif dan mendidik. 

Yap, tercermin dalam namanya, website ini memang menjadi platform yang menyerupai majalah untuk menampilkan berbagai informasi yang spesifik ke satu instansi, misalnya universitas atau organisasi. 

Meskipun tidak banyak orang tahu, di luaran sana ada banyak jenis-jenis website majalah yang bisa kamu akses, salah satunya Urban Omnibus.

Berfokus pada tema arsitektur dan pembangunan lingkungan perkotaan, Urban Omnibus menyajikan beragam konten artikel untuk sekelompok organisasi tanpa berpihak pada perspektif pribadi. 

Tak hanya berpaku untuk menjadi website nonprofit, Urban Omnibus menyediakan fitur subscription bagi pembacanya yang ingin mendapatkan informasi terupdate tentang lingkungan. 

Jenis website ini menjadi cara hebat untuk sekelompok orang menyediakan platform opini tentang suatu bidang yang menarik untuk diikuti perkembangannya.

Baca juga: Buat Toko Online Pakai Website Builder Dari Instant Deploy

Jadi, Sudah Tahu Akan Membuat Jenis Website yang Mana?

Itulah beberapa penjelasan kami tentang jenis-jenis website yang bisa menjadi dasar pertimbangan mana praktik website terbaik untuk calon website kamu. 

Apapun jenis website yang akan kamu buat, penting untuk mempertimbangkan tujuan yang ingin kamu capai dari website tersebut. 

Jenis website
Sumber: Envato

 

Tentu saja salah satu hal yang tak boleh terlupakan, baik sebelum atau selama membuat website adalah penggunaan web hosting. 

Gunakan layanan web hosting Indonesia terbaik, contohnya DomaiNesia yang memiliki beragam paket hosting murah untuk tiap jenis website. 

Dengan Instant Deploy DomaiNesia, kamu bisa membuat website secara otomatis dan anti ribet yang langsung dilengkapi dengan web hosting powerful untuk tiap jenis-jenis website. Dapatkan milik kamu segera!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!