• Home
  • Berita
  • Search Engine Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Macam, Dll

Search Engine Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Macam, Dll

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Search engine adalah tools yang berjasa membuat informasi-informasi itu bisa lebih mudah untuk kamu dan pengguna internet lainnya temukan.

Hampir tidak ada topik yang tidak bisa kamu temukan melalui search engine apapun.

Saking powerfulnya, dalam sehari kamu pasti akan menggunakan apa yang dimaksud dengan search engine setidaknya satu kali. Benar atau salah?

Search engine adalah
Sumber: Envato

Jika sedang membicarakan tentang search engine, maka akan tak jauh-jauh dari Google.

Relasi antara keduanya memang tidak 100% salah, tapi juga tidak 100% benar.

Sebab terdapat pengertian teknis tentang apa yang dimaksud dengan search engine dan Google itu sendiri.

Oleh karena itu, melalui artikel ini, DomaiNesia akan membahas bahwa search engine adalah salah satu penemuan terbesar dalam sejarah manusia.

Apa Itu Search Engine?

Oke, kita masuk ke pertanyaan basic, “Apa yang dimaksud dengan search engine?”.

Jadi, search engine adalah sebuah layanan yang memungkinkan pengguna internet untuk bisa mencari segala jenis konten melalui World Wide Web (WWW).

Pengguna internet memasukkan kata kunci informasi yang ingin dicari ke dalam perangkat search engine lalu perangkat tersebut akan mencari dan mengidentifikasi kata kunci tersebut ke dalam database informasi di internet.

Setelah itu, pengguna akan menerima hasil pencarian konten dalam bentuk website, gambar, video, atau data online lainnya yang secara spesifik merupakan jawaban dari permintaan pengguna.

Bila dilihat dari sisi mesin, Apa yang dimaksud dengan search engine akan mencari lalu menemukan konten sesuai kata kunci yang pengguna masukan melalui proses yang dikenal sebagai “crawling dan indexing”.

Lalu ia akan mengurutkannya berdasarkan kecocokan konten internet dengan query kata kunci yang disebut sebagai “ranking”.

Hasil pencarian konten yang ditampilkan oleh search engine adalah sebagai search engine result page (SERP).

Mengapa Menggunakan Search Engine?

Menurut data tren internet tahun 2021, internet sudah menampung sekitar 1,83 miliar website aktif yang diakses oleh 4,8 miliar pengguna internet.

Jumlah data tersebut akan bertambah setiap harinya, pastinya berkat fungsi search engine.

Semua data tersebut bisa didapatkan karena setiap hari semakin banyak orang menyadari betapa pentingnya apa yang dimaksud dengan search engine.

Adapun manfaat menggunakan search engine adalah sebagai berikut.

  1. Menghemat Waktu

Apa yang dimaksud dengan search engine bisa menghemat waktu kamu dalam dua cara.

Pertama, menghilangkan kebutuhan dalam mencari lalu menemukan informasi secara manual.

Kedua, membantu pencarian informasi dalam kecepatan tinggi.

Tanpa search engine, kamu harus tahu nama-nama website satu persatu dan mencari informasi darinya secara manual.

Search engine adalah tools yang sangat powerful dalam “menjawab” pencarian informasi dengan membandingkan kata kunci yang kamu masukkan dengan miliaran halaman web dalam sepersekian detik.

Kamu juga jadi bisa melakukan beberapa kali pencarian dalam beberapa menit saja.

  1. Relevansi

Mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan search engine terhadap sifat relevansi?

Jadi relevansi search engine berkaitan dengan kesesuaian scanning dan hubungan konten website berdasarkan kata kunci pencarian tertentu.

Misalnya website DomaiNesia mendapatkan skor tinggi dalam kata kunci pencarian “Cloud Web Hosting Indonesia Terbaik” daripada website serupa lainnya.

Search engine akan mengurutkan result page berdasarkan kesesuaian hubungan kategori website dengan kata kunci pencarian.

Biasanya hasil pertama halaman pencarian adalah halaman web yang paling mirip dengan kata kunci pencarian yang kamu masukkan pada bar search engine.

  1. Akses Gratis

Pada dasarnya, di dunia ini tidak ada yang 100% gratis.

Tapi kalau soal mencari informasi, search engine adalah software yang bisa kamu gunakan tanpa perlu bayar biaya sepeserpun alias gratis.

Apa yang dimaksud dengan search engine unggul karena bisa kamu akses tanpa batasan jenis dan jumlah informasi yang dicari serta berapa lama waktu yang kamu butuhkan selama menggunakan search engine.

Lain halnya jika kamu menggunakan search engine untuk keperluan bisnis dan marketing karena kamu perlu membayar tarif iklan tertentu.

Cara Kerja Search Engine

Definisi apa yang dimaksud dengan search engine erat kaitannya dengan cara kerjanya yang melalui tiga fungsi utama, yaitu crawling, indexing, dan ranking.

Adapun penjelasan lengkap tentang tiga tahapan kerja search engine adalah sebagai berikut.

  1. Crawling

Crawling adalah proses kerja search engine dalam menjelajahi internet untuk mencari konten dan melihat kode/konten untuk setiap URL.

Proses crawling akan mengirimkan tim robot yang dikenal sebagai crawlers atau spiders untuk menjelajahi semua konten sesuai kata kunci pencarian.

Apa yang dimaksud dengan search engine robot?

Robot atau bot ini yang bertugas menjelajahi konten dengan mengambil atau mengumpulkan beberapa halaman web lalu mengikuti semua link yang ada di halaman web tersebut untuk menemukan URL konten versi terbaru.

Selama proses tersebut, crawler akan menemukan daftar konten baru yang nantinya akan ditambahkan ke index atau database search engine.

URL-URL tersebut nantinya akan diambil ketika pengguna internet mencari informasi bahwa konten pada URL itu adalah sesuai dengan apa yang mereka cari.

Konten-konten yang dimaksud memiliki variasi bentuk, bisa berupa halaman web, gambar, video, dokumen PDF, dan lain sebagainya.

  1. Indexing

Setelah proses crawling, urutan cara kerja search engine selanjutnya adalah memastikannya bisa diindeks.

Singkatnya, indexing pada search engine adalah proses menyimpan dan mengatur konten yang engine temukan selama proses crawling ke dalam index (database).

Tahapan indexing yang dimiliki search engine adalah yang paling dibutuhkan untuk Website bisa tampil di SERP.

Setelah halaman web sudah berada di dalam index, halaman tersebut akan dirender untuk selanjutnya dapat ditampilkan sebagai hasil dari query atau kata kunci yang relevan.

Dalam proses tersebut, semua informasi analisis hingga penyimpanan konten akan tetap tersimpan di dalam index.

Jenis informasi tersebut bisa berupa bahasa, lokasi pencarian, dan lain-lain.

Search engine adalah
Sumber: Envato
  1. Ranking

Tahap terakhir dari cara kerja search engine yang tak kalah penting adalah ranking. Lalu, apa yang dimaksud dengan search engine ranking?

Secara definisi, ranking adalah proses menjawab pertanyaan pengguna internet dengan memberikan konten yang paling berkualitas.

Dari urutan web pada halaman SERP tertinggi ke terendah berdasarkan isi konten yang paling relevan hingga yang paling tidak relevan.

Untuk menentukan kategori seberapa relevan konten tersebut, search engine menggunakan algoritma, proses atau formula dimana informasi yang tersimpan akan diambil setiap kali permintaan pengguna internet.

Tahap inilah yang akan membuat seberapa mudah kamu bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

Macam-Macam Search Engine Terpopuler

Seperti yang sudah sempat kita singgung di awal artikel, apa yang dimaksud dengan search engine erat kaitannya dengan Google.

Tapi selain Google, ada macam search engine lain yang mungkin tidak terlalu terkenal tapi mampu melayani jutaan permintaan pencarian data dan informasi per hari.

Beberapa alternatif brand search engine adalah:

  1. Google

Google menjadi salah satu macam search engine yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Berdasarkan data NetMarket Share, selama tahun 2021, sekitar 87,17% pemilik gadget dan 73,78% pemilik desktop/laptop menggunakan layanan search engine Google pada perangkatnya.

Salah satu faktor yang menjadikan Google search engine adalah mesin pencari yang paling populer dan terpercaya dikarenakan kualitas hasil pencariannya.

Hampir setiap hasil pencarian yang pengguna dapatkan bersifat akurat berkat algoritma Google yang canggih dibandingkan search engine lainnya.

  1. Microsoft Bing

Macam search engine terpopuler selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Microsoft Bing.

Walaupun peringkatnya per kuartal empat 2021 tepat di bawah Google, Microsoft Bing bahkan tidak pernah berhasil mengalahkan popularitas Google.

Pangsa pasar Microsoft Bing sebagai search engine adalah selalu rendah meskipun ia adalah mesin pencari default di desktop/laptop Windows.

Terlepas dari itu, search engine ini punya keunggulan pada bagian GUI pencarian gambar yang lebih bagus dan jauh lebih intuitif.

  1. Baidu

Pada dasarnya, setiap negara bisa memiliki atau mengandalkan apa yang dimaksud dengan search engine buatan dalam negeri.

Salah satunya adalah China yang memiliki search engine lokal bernama Baidu.

Search engine Baidu didirikan pada tahun 2000 dan menjadi search engine paling populer di China bahkan mengalahkan Google.

Hingga saat ini pangsa pasarnya cukup stabil dan mampu melayani miliaran permintaan query pencarian setiap bulannya.

Walaupun Baidu bisa diakses oleh siapapun dari seluruh negara, ia hanya tersedia dalam bahasa Mandarin.

  1. Yandex

Di bawah Baidu China, ada search engine asal Rusia yang bernama Yandex.

Meskipun search engine ini masih asing di telinga beberapa orang, Yandex berhasil masuk ke dalam jajaran 30 search engine terpopuler di internet.

Yandex unggul sebagai search engine yang didukung oleh machine learning cerdas dan canggih.

Selain populer di negaranya sendiri, Yandex juga banyak digunakan oleh masyarakat Ukraina, Turki, Kazakhstan, dan Belarus.

Tak heran jika mesin pencari ini mampu memproses lebih dari 4,5 miliar permintaan query pencarian setiap bulan.

  1. Yahoo!

Tak akan lengkap rasanya jika sedang membahas apa yang dimaksud dengan search engine tapi tidak membahas search engine Yahoo!.

Pada tahun 2000-an awal, Yahoo! menjadi search engine terpopuler yang bahkan pernah hampir menyaingi Google.

Walaupun perusahaan Yahoo! terkenal sebagai salah satu provider email paling populer di dunia, mereka tetap berusaha memperkenalkan diri sebagai search engine alternatif Google yang tak kalah powerful.

Bahkan Yahoo! search engine adalah mesin pencari default untuk browser Mozilla Firefox di Amerika Serikat sejak 2014 lalu.

Teknik Dasar Penggunaan Search Engine

Jika ingin mencari informasi dalam internet melalui search engine adalah sebuah keharusan untuk memiliki browser pada device (ponsel atau desktop/laptop) yang terintegrasi dengan salah satu macam search engine.

Kami misalkan disini kamu menggunakan Google.

Proses pencarian informasi dimulai dengan mengakses apa yang dimaksud dengan search engine di web browser.

Lalu ketikkan keyword atau search terms yang merupakan kata atau kalimat yang merujuk pada informasi yang ingin dicari.

Kami gunakan contoh kata “resep”. Setelah menekan tombol search, kamu akan melihat berbagai hasil pencarian berupa urutan website yang cocok dengan kata kunci kamu tadi.

  1. Saran Pencarian

Kamu tidak menemukan referensi informasi yang dicari? Tak perlu bingung karena search engine adalah tools pencari informasi yang cerdas apapun permasalahannya.

Cara yang paling sederhana adalah dengan mencoba menggunakan keyword atau search terms lain yang masih merepresentasikan informasi yang kamu cari.

Cara lainnya juga ada kok. Kamu bisa menggunakan search suggestions atau saran pencarian yang muncul saat kamu mengetikkan keyword utama pada search bar.

Search suggestions ini akan muncul otomatis mirip menu dropdown di bawah search bar utama.

Cara penggunaan apa yang dimaksud dengan search engine ini cukup bagus dalam upaya menemukan keyword baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

  1. Pencarian Spesifik

Apabila kamu masih belum menemukan referensi informasi yang relevan, kamu bisa menggunakan beberapa karakter khusus yang dapat membantu mempersempit hasil pencarian informasi.

Hal inilah yang membuktikan bahwa algoritma Google sebagai search engine adalah canggih dan berorientasi pengguna.

Jika kamu ingin mengecualikan suatu kata dari hasil pencarian, gunakan simbol tanda hubung/hyphen (-) di awal kata yang ingin dikecualikan.

Contohnya keyword “resep nasi goreng -Jawa”. Hasil pencarian halaman Google nantinya akan menampilkan daftar halaman web yang tidak mengandung resep untuk nasi goreng Jawa.

Apa yang dimaksud dengan search engine untuk pencarian spesifik hanya itu saja? Tentu saja tidak! Ada beberapa algoritma lain yang bisa kamu coba yaitu:

  • Tanda kutip/Quotation (“…”) : berguna untuk pencarian keyword atau search terms yang lebih spesifik.
  • Frasa situs (site:) : berguna untuk pencarian informasi hanya dari website tertentu. Setelah frasa site:, ketikan alamat website yang dituju. Misalnya “domain site: www.domainesia.com”.
Search engine adalah
Sumber: Envato

Search Engine Adalah Tools Pencari Sekaligus Penyebar Informasi

Sadar atau tidak, kini kamu sudah tidak bisa hidup tanpa tools search engine (kecuali ketika tidak ada sinyal internet, ya!).

Sebab, search engine adalah bagian dari upaya manusia modern untuk mendapatkan segala jenis informasi setiap hari dengan mudah.

Selain itu, apa yang dimaksud dengan search engine juga sangat penting dalam keberlangsungan proses bisnis modern saat ini.

Apalagi melalui jenis-jenis strategi marketing yang berhubungan dengan search engine seperti SEO dan SEM, dunia search engine menjadi peluang tersendiri dalam meningkatkan branding bisnis dan pemasaran produk/layanan.

Hal ini membuat adanya kemungkinan dalam fungsi search engine yang bisa menjadi solusi terdepan dalam isu-isu bidang teknologi informasi sekaligus bisnis.

Dari sekian penjelasan di atas, apakah kamu sekarang jadi lebih paham apa yang dimaksud dengan search engine?

Semoga artikel ini bisa menjadi sumber terdepan dalam upaya memperoleh pengetahuan baru dengan penjelasan yang jelas serta menyeluruh.

Teruslah menggunakan search engine untuk kegiatan dan tujuan positif, ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Warna Dunia
April 20, 2022

Tips yg sangat menarik,, patut di praktekin nih

Warna Dunia
April 20, 2022

Tips yg sangat menarik utk di coba... trims bos qu....

Warna Dunia
April 20, 2022

Tips yg sangat menarik utk di coba... trims bos qu

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!