• Home
  • Berita
  • Bing Adalah Alternatif Google, Inilah Kelebihan dan Fitur Pada Bing!

Bing Adalah Alternatif Google, Inilah Kelebihan dan Fitur Pada Bing!

Oleh Mila Rosyida

Apakah kamu mengetahui bahwa ada mesin pencari selain Google? Mungkin untuk sebagian kalangan belum mengetahui.

Hal ini karena Google memang memiliki pengguna yang cukup banyak. Namun sebenarnya ada juga mesin pencari sebagai alternatif yang tidak kalah canggihnya dibandingkan Google.

Ada banyak mesin pencari selain Google yang harus kamu ketahui. Namun pada artikel ini akan khusus membahas search engine milih Microsoft, yaitu Bing.

Apa itu Bing? bing adalah mesin pencari pesaing Google yang mulai terkenal buatan microsoft, lalu apa saja fitur andalannya?

Apa itu Bing

Bing adalah mesin pencari selain Google yang dikembangkan oleh Microsoft dan secara resmi diluncurkan pada tanggal 1 Juni 2009 dengan tagline berbunyi “decision engine”.

Layanan ini muncul sebagai pengganti dari Live Search dan telah menjadi salah satu mesin pencari yang populer di dunia. Sebelum diluncurkan secara resmi, Bing terlebih dahulu telah dikenalkan oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi bertajuk “All Things Digital” yang diselenggarakan di San Diego, Amerika Serikat.

Bing bekerja melalui query yang dibuat oleh pengguna, yang ditanggapi dengan iklan, hasil organik, gambar, video, dan berita. Dilansir dari Statista, per bulan Januari 2022,

Bing adalah menempati peringkat kedua setelah Google sebagai mesin pencarian yang paling banyak digunakan di dunia.

Bing bukan merupakan produk yang sepenuhnya baru buatan Microsoft. Kelahiran Bing adalah bermula dari penciptaan MSN Search oleh Microsoft pada tahun 1998 yang bertujuan untuk mendedikasikan dirinya sebagai mesin pencari yang berkualitas dan efisien.

bing adalah

MSN Search selama bertahun-tahun mengerjakan hasil pencarian dari platform lain seperti AltaVista atau Inktomi, hingga pada tahun 2004 Microsoft menyempurnakan peluncuran hasil pencariannya sendiri dan merilis versi definitif yang setahun kemudian menjadi mesin pencari baru yaitu Windows Live Search.

Kemudian pada tahun 2008 Microsoft berupaya membuat mesin pencarinya lebih menonjol dengan mengumumkan bahwa mereka akan beroperasi secara independen dari rangkaian layanan Windows live yang dikenal sebagai Live search.

Walaupun perubahan dan pengembangan sistem terus dilakukan, mesin pencarian besutan Microsoft masih belum dapat menggeser posisi Google sebagai search engine adalah nyatanya yang paling banyak digunakan di dunia.

Hal tersebut membuat Microsoft menyadari betapa penting peran nama brand atau merk untuk suatu persaingan pasar. Akhirnya, untuk menciptakan identitas baru yang unik dan berbeda dari yang sebelumnya, diluncurkannya mesin pencarian Bing pada 1 Juni 2009.

Kelebihan dan Kekurangan Bing

Bing adalah salah satu mesin pencari yang juga populer selain Google. Bing dapat dijadikan sebagai alternatif pencarian terkait sesuatu. Sama dengan lainnya, setiap mesin pencari pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Bing adalah sebagai berikut :

Kelebihan Bing

Terdapat 7 kelebihan Bing yang bisa kamu rasakan apabila menggunakannya, antara lain :

Background Variatif

Bing sering menampilkan gambar background yang menarik dan berkualitas tinggi pada halaman beranda. Hal ini memberikan pengalaman visual yang menyenangkan bagi pengguna yang menyukai estetika dan fotografi.

Berbeda jika saat kamu mengakses Google, setiap harinya kamu akan mendapati background dengan warna yang sama. Namun, ketika menggunakan Bing, gambar background akan berganti secara otomatis setiap kali kamu membukanya pada hari yang berbeda.

Hal ini dapat mengurangi sedikit kejenuhan pengguna internet.

Interface Lebih Minimalis

Interface laman hasil pencarian Bing menampilkan berbagai elemen yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian dan navigasi hasilnya.

Interface Bing dapat berubah dari waktu ke waktu karena pembaruan dan peningkatan yang dilakukan oleh Microsoft. Namun, umumnya Bing berusaha menyajikan tampilan yang bersih, mudah digunakan, dan fokus pada kemudahan navigasi serta relevansi hasil pencarian.

Interface Maps Lebih Interaktif

Bing Maps dikatakan memiliki waktu muat yang lebih cepat. Selain itu, Bing Maps menyediakan alat interaktif yang memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi peta, mencari lokasi, dan mendapatkan petunjuk arah.

Hasil Pencarian Lebih Spesifik

Kecerdasan sistem pencarian Bing adalah tidak hanya sekedar dari penampilan daftar situs, halaman web dan juga link yang berkaitan dengan kata kunci yang diketik.

Pengguna juga bisa menemukan banyak pilihan untuk alternatif yang bisa dipilih lewat sidebar Related Searches. Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk memperbanyak pencarian yang sedang dilakukan.

Hasil Pencarian Video dan Image Ditampilkan dan Disaring Dengan Detail

Jika pengguna melakukan pencarian halaman web atau situs berisi konten image, maka Bing Search Engine bisa memberikan daftar hasil pencarian dengan detail dan spesifik.

Hasil pencarian nantinya akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail dan bisa diperbesar atau diperkecil. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas Zoom yang dibagi menjadi Zoom Small, Zoom Medium dan Zoom Large yang juga disertai dengan Show Image detail.

Show Image detail ini digunakan ketika menyajikan image thumbnail serta informasi mengenai gambar tersebut.

Smart Video Preview

Microsoft menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu kurang dari tiga puluh detik untuk mendapatkan video preview melalui fitur Bing Videos.

Tak hanya itu, kecepatan pada sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam waktu yang sebentar, pengguna hanya perlu mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.

Bing Versi Baru Dilengkapi Chatbot

Bing versi barunya sudah menggunakan teknologi seperti ChatGPT. Ada dua konfigurasi yang disediakan dalam chatbot untuk Bing. Konfigurasi yang pertama adalah tampilan chatbotnya ada di kanan dari hasil pencarian.

Adanya konfigurasi tersebut, chatbot Bing digunakan sebagai asisten agar mencari informasi yang lebih lengkap dari apa yang mereka inginkan. Selanjutnya, tersedia konfigurasi Bing AI kedua yaitu tampilan chatbot yang sama seperti ChatGPT.

Jadi, konfigurasi yang kedua ini seperti “polosan” dan tidak tersedia laman hasil pencarian. Lewat konfigurasi ini membuat pengguna bisa memasukkan semua pertanyaan yang diinginkan guna mendapatkan informasi dan jawaban yang diperlukan. Jadi ini sama dengan ChatGPT pada umumnya.

Kekurangan Bing

Meskipun Bing adalah mesin pencari yang populer dan memiliki beberapa kelebihan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan :

Cakupan Geografis Terbatas

Bing mungkin tidak memiliki cakupan geografis yang sama luasnya dengan Google, terutama dalam hal peta dan informasi lokal. Beberapa area atau tempat mungkin tidak memiliki data atau pemetaan yang komprehensif seperti yang tersedia di Google Maps.

Fokus yang Lebih Terbatas

Bing mungkin memiliki fokus yang lebih terbatas pada beberapa jenis pencarian atau kategori, dibandingkan dengan Google yang menawarkan berbagai layanan dan fitur, seperti Gmail, Google Drive, dan Google Photos.

Integrasi dengan Layanan Pihak Ketiga

Bing mungkin memiliki keterbatasan dalam hal integrasi dengan layanan pihak ketiga. Beberapa aplikasi, platform, atau layanan mungkin lebih terhubung dengan Google daripada Bing.

Bing vs google

Bing dan Google merupakan mesin pencari yang melakukan salah satu tugas paling dasar dari penjelajahan web sehari-hari. Namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok, diantaranya :

Tampilan dan Desain Antarmuka

Bing dan Google memiliki tampilan dan desain antarmuka yang berbeda. Bing sering menampilkan gambar latar belakang yang menarik dan menekankan tampilan visual yang sering diisi dengan fotografi cantik dan tautan ke berita terbaru.

Google memiliki tampilan yang lebih minimalis dan sederhana, dengan fokus pada kotak pencarian yang mencolok. Beranda pencarian Bing juga dapat disesuaikan dengan keinginan kamu.

Jika kamu ingin menggunakannya tetapi lebih memilih ruang putih atau latar belakang yang tidak terlalu ramai, kamu dapat memilih untuk menyembunyikan bilah menu halaman, tautan berita, dan bahkan gambar beranda hariannya yang ikonik.

Kualitas Hasil Penelusuran

Sebagian besar hasil pencarian Bing dan Google tidak banyak menunjukkan perbedaan kualitas. Namun, ketika mencari informasi yang sensitif waktu, ada beberapa perbedaan yang perlu diingat.

Pertama-tama, jika kamu sedang mencari artikel berita atau meneliti sesuatu yang memerlukan informasi terbaru, Bing sedikit kurang maksimal dalam menunjukkan hasilnya dibandingkan dengan Google.

Bing tidak selalu memberikan tanggal publikasi di samping hasil pencariannya, yang dapat membuat lebih sulit untuk melihat dengan cepat artikel atau sumber mana yang memiliki informasi terbaru.

Selain itu, Bing adalah tidak selalu menampilkan artikel terbaru di bagian atas hasil pencariannya, dan cenderung menampilkan artikel lama daripada artikel atau video yang lebih sesuai dan terbaru. Disisi lain, Google memberikan tanggal publikasi pada hasil pencariannya dan cenderung lebih konsisten dalam memastikan berita utama terbaru muncul di bagian atas hasil pencariannya.

Opsi Pencarian Lanjutan

Bing dan Google menyediakan opsi dan filter pencarian lanjutan untuk mempersempit hasil pencarian, tetapi opsi dan filter lanjutan Google lebih mudah ditemukan daripada milik Bing.

Pada halaman hasil pencarian tertentu yang dibuat oleh Bing, sepertinya tidak ada opsi untuk pengaturan atau filter pencarian lanjutan hingga kamu memilih tab hasil yang berbeda seperti Gambar atau Video. Baru setelah itu opsi pencarian lainnya muncul.

Sedangkan, pada laman hasil penelusuran Google penelusuran lanjutan serta alat dan filter penelusuran lainnya biasanya sudah tersedia dan terlihat di sebagian besar tab hasil yang kamu pilih.

Insentif Penggunaan dan Program Hadiah

Walaupun Google menyediakan program hadiah yang dapat kamu jumpai sehari-hari, namun Bing memiliki program berhadiah yang lebih handal bagi mereka yang ingin menguangkan pencarian web mereka.

Sebab program pada Bing tersebut berkaitan langsung dengan Microsoft yaitu Microsoft Rewards. Program berhadiah milik Bing sangat mudah untuk didaftarkan sebab yang kamu butuhkan hanyalah akun Microsoft. Selama kamu login pada akun Microsoft kamu, maka kamu akan mendapatkan poin dengan mengikuti kuis hingga berbelanja melalui Microsoft Store.

Jika kamu sudah memiliki banyak poin, kamu dapat menukarkannya dengan film, aplikasi, kartu hadiah, amal, dan masih banyak lagi.

Pada google, program berhadiah yang mereka miliki biasa disebut dengan “Screenwise”. Namun sayangnya program tersebut sudah tidak aktif, sebab saat web program tersebut diakses menunjukkan kesalahan 404 atau dialihkan ke program hadiah milik Google lainnya seperti “Google Opinion Rewards” atau “Qmee”.

Fitur dan Produk Bing

Bing berupaya untuk meraih pasar dengan membedakan dirinya dengan berbagai cara, serta menyertakan fitur yang bermanfaat. Beberapa fitur yang paling menonjol pada Bing diantaranya:

Best Match

Best Match adalah fitur dari Bing yang digunakan untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan atau sesuai dengan kata kunci yang telah dimasukkan. Link yang paling relevan nantinya akan ditampilkan pada bagian atas daftar atau pada hasil list pencarian. Fitur Best Match ini membuat para pengguna bisa mendapatkan hasil pencarian yang sesuai dan disertai juga dengan link situs yang serupa.

Interface Features

Interface Features merupakan fitur dari Bing yang dapat menampilkan gambar pada background yang akan terus mengalami perubahan setiap harinya. Gambar background yang ditampilkan adalah hasil gambar-gambar unik serta dengan hasil yang bagus dari seluruh dunia.

Selain itu, gambar background yang ditampilkan juga dilengkapi dengan informasi yang berhubungan dengan gambar tersebut. Gambar background di mesin pencarian tersebut bersifat fleksibel yang artinya dapat diaktifkan dan dapat dinonaktifkan.

Di interface hasil pencarian akan menampilkan bagian hasil panel navigasi di sidebar kiri serta preview di bagian kanan hasil pencarian yang berkaitan atau Related Searches.

Media Features

Media Features adalah fitur Bing yang membuat pengguna bisa mencari gambar serta video yang diinginkan. Hasil dari pencarian tersebut akan menampilkan seluruh hasil pencarian dalam bentuk thumbnail dalam satu halaman.

Hal ini memudahkan pengguna agar tidak usah beralih ke halaman-halam berikutnya yang pastinya membutuhkan waktu cukup lama. Sedangkan untuk memutar video pada Bing, pengguna tidak perlu klik thumbnail video namun hanya cukup dengan mengarahkan kursor mouse ke thumbnail video saja.

Instant Answer

Instant Answer merupakan fitur yang membuat pengguna bisa mendapatkan informasi yang akurat sekaligus tepat. Bing juga bisa digunakan sebagai kalkulator untuk mesin penghitung.

Fitur Instant Answer ini juga bisa dipakai untuk melihat harga saham, jadwal penerbangan, harga tiket pesawat, informasi lalu lintas, pengiriman barang lewat kapal oleh sebuah perusahaan, kamus, review restoran dan masih banyak lagi.

Bing Maps adalah

Bing Maps merupakan fitur dari Bing yang dapat digunakan sebagai virtual earth. Bing Maps dapat memungkinkan pengguna untuk mengetahui lokasi dari berbagai daerah bahkan berbagai negara di dunia. Fitur Bing Maps ini juga bisa digunakan untuk penunjuk jalan pada saat sedang melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri.

Bing Travel

Fitur lain dari Bing adalah Bing Travel. Bing Travel merupakan fitur khusus dari Bing yang menampilkan beberapa rencana anggaran yang kamu butuhkan dalam melakukan sekali perjalanan. Anggaran yang dibuat diantaranya anggaran untuk hotel, transportasi, sewa mobil dan masih banyak lagi.

Bing Rewards

Bing Rewards (sekarang dikenal sebagai Microsoft Rewards) adalah program loyalitas yang disediakan oleh Microsoft melalui mesin pencari Bing. Bing Rewards ini membuat pengguna bisa mendapatkan imbalan atas penggunaan Bing dan melakukan aktivitas tertentu di platform Microsoft.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk insentif supaya pengguna bisa terus memakai Bing Search Engine. Strategi tersebut sudah terbukti bisa meningkatkan pangsa pasar Bing khususnya di Amerika Serikat.

Pengguna hanya perlu masuk menggunakan akun Microsoft di Tablet atau PC. Kemudian nantinya pengguna bisa memperoleh akses ke jumlah poin yang kemudian bisa ditukarkan. Selain itu, aplikasi Bing Search Engine juga sudah tersedia di Google Play dan Apple Store.

Pencarian Visual Bing adalah

Pencarian Visual Bing adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian menggunakan gambar sebagai kueri. Pengguna bisa mengambil gambar seperti suku cadang kendaraan tertentu, masalah matematika dan sebagainya agar bisa memperoleh hasil yang pasti serta otentik.

Intinya adalah pengguna bisa hanya memakai gambar untuk mencari apa pun pada Bing Search Engine. Kamu juga dapat mengaktifkan mode pribadi pada pencarian visual ini supaya bisa menyembunyikan seluruh pencarian pribadi dari riwayat browser.

Bing Timeline

Bing Timeline merupakan fitur yang berguna untuk filter hasil sehingga bisa menampilkan informasi penting lewat garis waktu yang sudah terperinci secara baik.

Fitur bernama “Timeline” ini memungkinkan kamu mengetahui peristiwa-peristiwa penting dalam timeline kehidupan orang-orang berpengaruh atau terkenal. Contohnya ketika pengguna mencari nama ikonis individu seperti dari latar belakang atletik, maka Bing Search Engine akan menjabarkan daftar yang lengkap dari semua pencapaian di sepanjang perjalanan karir atlet tersebut.

Video Pop Out Hover

Fitur selanjutnya dari Bing adalah Video Pop Out Hover. Biasanya, Bing menampilkan video resolusi tinggi dari platform populer seperti YouTube, MTV, Hulu, CBS, dan MSN dan lain sebagainya.

Sistem navigasi Bing Search Engine juga fleksibel serta mudah dipakai ketika sedang memeriksa pratinjau. Bing mempunyai filter pencarian canggih sehingga pengguna bisa mengklasifikasikan video atas dasar sumber, resolusi, tanggal atau panjang.

Bing Ads (Iklan)

Microsoft selalu waspada serta mengetahui seluruh tren terbaru. Dengan prevalensi iklan Google, maka membuat Microsoft terus ikut mengalami perkembangan. Bing Ads adalah platform periklanan yang disediakan oleh Bing.

Melalui Bing Ads, pengiklan dapat membuat kampanye iklan online dan menampilkan iklan mereka di halaman hasil pencarian Bing serta jaringan mitra afiliasi Bing.

Integrasi Bing Search Engine

Bing adalah melakukan pembagian hasil pencarian untuk memiliki bagian yang mencantumkan sejumlah teman Facebook yang dapat mencerahkan pengguna lebih banyak tentang kueri. Selain itu, Windows 10 menggunakan “Smart Search” Bing untuk menampilkan hasil untuk semua permintaan yang dikirimkan melalui Internet pada Windows Start Screen.

Baca Juga : Yandex Adalah Pesaing Google, Kenali Bagaimana Cara Optimasi SEO nya!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds