Home  »  Permulaan   »   Cara Mengatasi 404 Not Found di WordPress

Cara Mengatasi 404 Not Found di WordPress

Last Update:

mengatasi 404 Not Found di WordPress
Hi DomaiNesians! Apakah website WordPress kamu sering mengalami 404 Not Found ? Hal tersebut dimungkinkan karena kesalahan pada isi file .htaccess. Yuk ikuti panduan cara mengatasi 404 Not Found di WordPress berikut ini!

Catatan : Pastikan pada folder website kamu sudah memiliki file .htaccess, jika belum maka kamu perlu membuatnya terlebih dahulu.

Sekilas Tentang Htaccess

File .htaccess merupakan suatu file “hidden” atau tersembunyi yang digunakan untuk pengaturan konfigurasi dan keamanan server. Jadi di dalam file .htaccess ini, terdapat bermacam- macam kode yang digunakan untuk pengaturan hak akses, mengarahkan alamat URL non WWW ke WWW, proteksi folder/ file, melakukan pemblokiran terhadap IP address tertentu, proteksi terhadap script website dan sebagainya.

htaccess di WordPress

WordPress menggunakan file .htaccess untuk memanipulasi permalink. Yuk, ikuti panduan mengatasi 404 Not Found di WordPress berikut ini :

Berikut ini adalah script default pada file .htaccess untuk WordPress.

Jika kamu menggunakan WordPress Multisite maka script defaultnya seperti ini :
Untuk WordPress versi 3.5 keatas

Contoh Sub Folder

Contoh Sub Domain

Jika kamu install WordPress versi 3.4 atau lebih lama dan mengaktifkan Multisite maka kamu perlu untuk menggunakan script berikut ini :

Untuk WordPress versi 3.0 hingga 3.4.2

Contoh Sub Folder

Contoh Sub Domain

Cara mengatasi 404 Not Found di WordPress

Adapun cara mengatasi 404 sebagai berikut:

1. Login ke cPanel

Silakan login cPanel melalui https://namadomain/cpanel, bagi kamu yang bingung cara login ke cPanel silakan ikuti panduan cara login cPanel.

mengatasi 404 Not Found di WordPress

2. Memilih Aplikasi File Manager

Kamu dapat memilih menu File Manager. Silakan klik menu tersebut.

3. Memilih Folder Utama Website

Silakan pilih public_html untuk mendapatkan informasi mail client manual settings.

mengatasi 404 Not Found di WordPress

4. Memilih File .htaccess

Pada folder public_html maka kamu akan menemukan file .htaccess, klik file .htaccess kemudian klik kanan lalu klik Edit.

mengatasi 404 Not Found di WordPress

5. Edit File .htaccess

Silakan kamu copy dan paste script default untuk wordpress di file .htaccess ini kemudian klik Save Changes.

Setelah mengikuti langkah mengatasi 404 Not Found di WordPress dengan mengubah file .htacces, silakan akses kembali website kamu, jika masih terdapat error maka kamu bisa melakukan sedikit pengaturan pada Permalinks.

Dikutip dari Wikipedia, sebuah permalink atau permanent link, adalah URL (Uniform Resource Locator) yang mengarah pada suatu catatan blog atau forum tertentu setelah melewati halaman depan ke arsip. Adapun cara mengatasi 404 dengan pengaturan permalink sebagai berikut:

1. Login Dashboard WordPress

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke halaman dashboard website wordpress kamu. Bagi kamu yang belum tahu cara login ke halaman dashboard WordPress, silakan ikuti panduannya di Cara Login ke Dashboard WordPress.

Pada halaman dashboard silakan pilih Settings, dan klik Permalinks.

mengatasi 404 Not Found di WordPress

Kemudian klik Save Changes

mengatasi 404 Not Found di WordPress

Hal ini akan meng-update pengaturan permalink postingan kamu, sehingga postingan kamu dapat dibuka kembali secara normal. Setelah melakukan langkah mengatasi 404 Not Found di WordPress melalui permalinks, silakan akses website kemudian coba akses salah satu postingan kamu. Jika belum berhasil, segera hubungi Support DomaiNesia.

Kesimpulan

Dengan melakukan perubahan script pada file .htaccess menjadi default atau melakukan sedikit pengaturan ulang pada Permalinks dapat mengatasi 404 Not Found di WordPress. Mudah bukan? DomaiNesia memiliki berbagai panduan yang dapat anda baca di Dokumentasi DomaiNesia

Mau Tahu Video Terbaru? Cek Tutorial Cara Membuat Website


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!