Home  »  Permulaan   »   Panduan Custom Error Page di cPanel

Panduan Custom Error Page di cPanel

Last Update:

Introduction

Pernahkah anda menemukan tulisan 404 Page Not Found ketika mengakses suatu website? Nomor 404 tersebut merupakan suatu kode halaman error yang ada di website. Halaman error (error page) merupakan salah satu media yang dapat anda gunakan untuk memberitahu pengunjung apabila terjadi kesalahan saat mengakses website. Setiap kode memiliki artinya masing- masing. Seperti halnya 404 Page Not Found yang berarti Halaman Tidak Ditemukan atau sebagainya.

Apa Saja Kode Error Page yang Dapat Saya Gunakan?

Anda dapat menggunakan beberapa kode error page seperti,
-Dari sisi Client

-Dari sisi Server

 

Bisakah Saya Melakukan Custom Error Page?

Tentu saja bisa. Anda dapat melakukan kustomisasi halaman error pada website dengan mudah apabila mengikuti panduan berikut ini.

1. Buka Menu Error Page di cPanel

Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel, lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting.
Setelah itu, pada form pencarian silahkan ketik “Error Pages” maka muncul seperti gambar. Setelah itu klik pada menu Error Pages.
custom error page

2. Memilih Domain

Maka anda akan diarahkan ke halaman Error Pages. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memilih domain. Pilih domain mana yang ingin anda lakukan kustomisasi pada Error Page nya.
custom error page

Step 3 – Memilih Kode Error Page yang Akan di Kustom

Sebelum dilakukan kustomisasi, anda harus memilih kode Error Page terlebih dahulu. Terdapat 2 bagian yang dapat anda pilih. Edit Common Error Codes merupakan kode- kode yang sering digunakan seseorang untuk memberitahu pengunjung apabila terjadi kesalahan dengan website. Misalnya, 400 Bad request, 404 Not Found dan sebagainya. Namun, apabila kode error page tersebut tidak ada pada bagian Common Error Codes maka silahkan klik Show All HTTP Error Status Codes.
enter image description here
Ketika tab Show All HTTP Error Status Codes anda pilih, maka akan ditemukan beberapa kode Error Page lengkap.
custom error page

Step 4 – Custom Error Page

Setelah itu, anda dapat langsung melakukan kustomisasi Error Page seperti mengubah kode HTML, menyisipkan gambar, melakukan editing CSS, mengubah warna website, menambahkan kata- kata dan sebagainya. Anda juga dapat menambahkan Tags Referring URL, Visitor’s IP Address, Visitor’s Bowser, Requested URL, Redirect Status Code atau Server Name. Setelah itu jangan lupa klik Save!
custom error page

Conclusion

Terdapat kode- kode yang berguna untuk memberitahu pengunjung apabila terjadi kesalahan website. Misalnya 404 Not Found dan sebagainya. Agar lebih menarik dan terkesan tidak monoton, maka halaman error ini dapat anda kustom sesuai keinginan. Melalui cPanel, anda dapat melakukan kustomisasi Error Page dengan mudah. Ingin mencoba Hosting Terbaik DomaiNesia? Kami memiliki PAKET HEMAT Domain dan Hosting lho. Pengen tahu caranya? Coba cek di Cara Order Paket Hemat Domain dan Hosting. 😀


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!