• Home
  • Berita
  • Apa Itu Website? Fungsi, Manfaat, Unsur dan Jenisnya!

Apa Itu Website? Fungsi, Manfaat, Unsur dan Jenisnya!

Oleh Ratna Patria

Website adalah salah satu “kebutuhan primer” yang ada dalam internet. Bisa dibilang website adalah platform utama untuk menemukan informasi. Hal ini karena saat ini search engine atau mesin pencari bekerja diatas platform ini. Website  adalah pusat informasi dan interaksi, menghubungkan individu dari seluruh penjuru dunia. Bahkan website adalah platform yang memungkinkan orang untuk berbagi pemikiran, pengalaman, dan ide sekaligus menyediakan akses ke beragam sumber daya dan layanan. 

Misalkan mencari pengetahuan tentang subjek tertentu atau hanya ingin terhubung dengan individu lain. Perannya dalam masyarakat modern semakin penting karena semakin banyak orang beralih ke internet sebagai sumber informasi dan interaksi sosial utama. Lalu apa itu website? Mungkin kamu pernah membaca artikel cara membuat website dari nol, tapi belum memahami secara menyeluruh mengenai apa itu website. Penjelasan lengkapnya akan kamu dapatkan di tulisan ini mulai dari pengertian website, manfaat website, dan jenis website.

website adalah
Sumber: Freepik

Apa itu Website

Pengertian website atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai situs atau situs web adalah kumpulan halaman yang saling berhubungan yang dapat diakses melalui internet menggunakan web browser. Setiap halaman website adalah terdiri dari kombinasi teks, gambar, video, dan elemen multimedia lainnya yang dirancang untuk memberikan informasi atau berinteraksi dengan pengunjung. 

Website biasanya di hosting (atau server) dan dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet. Website adalah memiliki tujuan untuk berbagai, seperti memberikan informasi, mempromosikan produk atau layanan, memfasilitasi komunikasi, atau menghibur pengguna. 

Website adalah alat penting baik bagi individu ataupun bisnis. Ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan eksistensi online dan membangun kredibilitas di dunia digital. Website dapat digunakan untuk berbagi informasi tentang produk, layanan, atau ide, dan dapat menjangkau khalayak luas dengan lebih “sedikit usaha”. Selain itu, situs web dapat digunakan untuk memberikan dukungan pelanggan, menawarkan belanja online, atau memfasilitasi komunikasi antar pengguna. 

Situs web dapat dirancang dalam berbagai cara, dari situs satu halaman sederhana hingga situs multi halaman yang kompleks dengan fungsionalitas yang luas. Ini bisa dikembangkan secara statis, artinya konten tetap dan tidak sering berubah, atau dinamis, artinya konten dihasilkan secara dinamis dan dapat sering berubah. Situs web juga bisa responsive, artinya menyesuaikan dengan ukuran dan resolusi perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya, seperti smartphone atau komputer desktop.

Singkatnya, website adalah platform digital yang memungkinkan individu dan organisasi berbagi informasi dan terhubung dengan orang lain dalam skala global.

Sejarah Website adalah

Setiap hal yang lahir akan berkembang semakin besar dan canggih jika terus dilakukan improvement. Seperti halnya website ini, website adalah teknologi yang diprediksi memiliki prospect dan impact yang luar biasa sehingga hingga saat ini perkembangan website sangat signifikan. 

Contohnya hingga saat ini website adalah platform yang banyak digunakan orang untuk berbelanja online. Jika ditarik kebelakang, bisa dilihat perkembangan website juga diiringi dengan perkembangan e-commerce juga. Nah, setelah mengetahui apa itu website, kamu perlu tahu juga sejarah perkembangannya.

Sejarah website adalah dimulai pada tahun 1989 ketika Tim Berners-Lee mengembangkan konsep World Wide Web dan menciptakan web browser dan web server pertama. Sejak saat itu, situs web telah mengalami perubahan signifikan dalam hal desain, fungsionalitas, dan penggunaan. Pada awalnya, situs web dikembangkan secara sederhana dan hanya berbasis teks, dengan fungsi terbatas. Namun, dengan munculnya e-commerce pada 1990-an, situs web mulai memainkan peran yang lebih menonjol dalam perdagangan.

website adalah
Sumber: Freepik

Selanjutnya, sejarah website adalah terjadi pada tahun 1994, transaksi e-commerce pertama terjadi ketika seorang pria membeli CD secara online. Ini menandai awal dari belanja online, yang telah tumbuh secara eksponensial hingga saat ini. Perkembangan metode pembayaran yang aman dan platform e-commerce yang lebih ramah pengguna telah membuat belanja online menjadi lebih nyaman dan mudah diakses daripada sebelumnya. 

Seiring berkembangnya internet dan situs web, belanja online juga berkembang. Saat ini, orang dapat berbelanja online untuk hampir semua hal, mulai dari bahan makanan hingga pakaian hingga elektronik. Belanja online menjadi sangat populer bahkan memunculkan model bisnis baru seperti dropshipping, di mana pengecer menjual produk tanpa benar-benar menimbunnya. 

Secara keseluruhan, sejarah situs web dan belanja online adalah salah satu inovasi dan adaptasi yang konstan terhadap perubahan teknologi dan kebutuhan konsumen. Semakin banyak orang di seluruh dunia mendapatkan akses ke internet, kemungkinan besar belanja online akan terus berkembang dan menjadi bagian yang semakin tak terpisahkan dari kehidupan kita.

Jika mengacu pada poin penting perkembangan website, terdapat beberapa waktu penting yang mempengaruhi secara website hingga saat ini. Berikut ini adalah beberapa sejarah website adalah:

  • 1989: Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer di CERN di Swiss, mengembangkan konsep World Wide Web (WWW) dan menciptakan web browser dan web server pertama. 
  • 1991: Situs web pertama dibuat, menampilkan informasi tentang proyek World Wide Web. 
  • 1993: Mesin pencari atau search engine pertama, yang disebut Archie, diluncurkan. 
  • 1994: Transaksi e-commerce pertama terjadi ketika seorang pria membeli CD secara online. 
  • 1995: Blog pertama, Links.net, dibuat oleh Justin Hall. 
  • 1996: Situs web ramah seluler pertama dibuat oleh Nokia. 
  • 1998: Google didirikan dan dengan cepat menjadi mesin pencari paling populer. 
  • 2001: Wikipedia diluncurkan, memungkinkan pengguna berkontribusi dan menyunting artikel atau informasi. 
  • 2004: Facebook diluncurkan dan dengan cepat menjadi salah satu situs jejaring sosial terpopuler. 
  • 2005: YouTube diluncurkan, memungkinkan pengguna mengunggah, menonton dan berbagi video. 
  • 2007: iPhone dirilis, merevolusi cara orang mengakses internet di perangkat seluler. 
  • 2010: Instagram diluncurkan, memungkinkan pengguna berbagi foto dan video. 
  • 2015: Penggunaan internet seluler melampaui penggunaan internet desktop untuk pertama kalinya. 
  • 2020: Pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan aktivitas online saat orang beralih ke internet untuk bekerja, pendidikan, dan hiburan.

Baca Juga : WWW Adalah: Menurut Ahli, Fungsi, hingga Contohnya!

Unsur Website adalah

Dari berbagai penggunaan website yang sempat disinggung diatas, ternyata website dibangun atas beberapa unsur dasar yang harus ada agar website dapat dinikmati oleh semua orang yang terkoneksi dengan internet. Unsur website adalah sebagai berikut: 

Hosting

Hosting website adalah layanan online yang memungkinkan kamu untuk mempublikasikan situs web atau aplikasi di internet. Saat kamu mendaftar untuk layanan hosting, pada dasarnya kamu menyewa beberapa ruang di server fisik untuk menyimpan semua file dan data yang diperlukan agar situs web berfungsi dengan baik.

website adalah
Sumber: Freepik

Tanpa meletakan file website yang telah kamu buat di hosting, maka website kamu tidak dapat diakses oleh orang lain secara online. Hosting ini ibarat rumah yang menyimpan “barang-barang” alias file website kamu. Kamu bisa memilih berbagai paket hosting murah dari DomaiNesia mulai dari harga Rp 12.250 saja per bulan. 

Saat pengguna mengunjungi situs web, browser mereka mengirimkan permintaan ke server tempat situs web di hosting, dan server merespons dengan mengirimkan kembali konten situs web ke browser pengguna. 

Ada banyak jenis layanan hosting yang tersedia, termasuk shared hosting, dedicated hosting, cloud hosting, dan virtual private server (VPS) hosting. Masing-masing jenis hosting ini menawarkan tingkat sumber daya, kinerja, dan kontrol yang berbeda, dan biasanya diberi harga yang sesuai dengan kapasitasnya. 

Memilih jenis layanan hosting yang tepat untuk website adalah tergantung pada kebutuhan, seperti jumlah lalu lintas yang diterima situs web, tingkat kontrol yang diperlukan atas environment server, dan yang pasti anggaran.

Beli Hosting Murah

Domain

Domain adalah bagian tak terpisah dari website dan hosting. Domain dan hosting website adalah syarat wajib sebuah website “masuk” ke internet. Website yang hanya bertuliskan “Hello World” saja bahkan bisa diakses semua orang yang terhubung internet jika telah memiliki hosting dan domain. Lalu, apa itu domain? 

Untuk memudahkan kamu membayangkan, domain adalah alamat dari websitemu. Ibarat rumah, orang lain tak akan bisa sampai ke rumahmu tanpa kamu beri alamat. Begitu juga website. 

Secara teknis, Domain adalah alamat unik yang mengidentifikasi situs web di internet. Ini digunakan untuk menemukan dan mengakses konten situs web, seperti halaman web, gambar, video, dan file lainnya. Nama domain biasanya terdiri dari dua bagian yaitu Top Level Domain (TLD) dan Second-level domain

Misalnya, dalam nama domain “example.com”, “com” adalah TLD dan “example” adalah domain tingkat kedua. Ada banyak TLD berbeda yang tersedia, seperti .com, .org, .net, .edu, dan .gov, masing-masing dengan arti dan tujuan spesifiknya sendiri. Jika kamu belum memiliki domain, kamu bisa mulai berlangganan domain murah di DomaiNesia tentunya dengan harga yang murah dan dapatkan kemudahan konfigurasi!

Beli Domain Murah

Platform Website

Penjelasan ini mengacu pada platform pembuatan website. Secara general, platform website adalah terbagi menjadi tiga yaitu Content Management System (CMS), Web Builder, dan Native Programming. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Content Management System (CMS)

Content Management System (CMS) adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan menerbitkan konten digital di web. Perangkat lunak CMS biasanya menyediakan antarmuka yang ramah pengguna yang memungkinkan pengguna untuk menambah, mengedit, dan menghapus konten tanpa memerlukan keterampilan atau pengetahuan teknis (membuat code) lanjutan. 

CMS banyak digunakan untuk website, blog, situs e-commerce, dan platform digital lainnya. Sistem ini menawarkan berbagai fitur dan fungsionalitas, seperti template tema yang dapat disesuaikan, pembuatan konten dengan cara drag and drop, manajemen gambar dan media, serta berbagai integrasi dengan aplikasi pihak ketiga. Beberapa platform CMS paling populer termasuk WordPress, Joomla, dan Drupal.

website adalah
Sumber: Freepik

Setiap sistem CMS memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan memilih yang tepat bergantung pada kebutuhan dan persyaratan spesifik pengguna. Salah satu manfaat utama menggunakan CMS adalah memungkinkan banyak pengguna untuk berkolaborasi dalam pembuatan dan pengelolaan konten. Selain itu, sistem CMS sering menyediakan alat SEO bawaan, analitik, dan fitur lain yang dapat membantu mengoptimalkan konten untuk optimasi SEO dan meningkatkan kinerja situs web secara keseluruhan

Web Builder 

Pengertian website builder adalah alat perangkat lunak yang memungkinkan pengguna membuat dan merancang situs web tanpa memerlukan keahlian teknis tingkat lanjut atau pengetahuan tentang bahasa pengembangan web seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Pembuat web biasanya akan menggunakan pengembang website dengan cara drag and drop yang intuitif yang memungkinkan pengguna memilih dari berbagai template, menyesuaikan elemen desain seperti font, warna, dan gambar, serta menambahkan konten seperti teks, gambar, dan video. 

Web builder dapat bermanfaat bagi individu dan usaha kecil yang ingin membuat situs web yang terlihat profesional dengan cepat dan mudah. Ini lebih terjangkau dan dapat digunakan tanpa perlu menyewa pengembang atau desainer web. Namun, web builder mungkin memiliki keterbatasan dalam hal penyesuaian dan fungsionalitas dibandingkan dengan pendekatan pengembangan web yang lebih canggih. Beberapa pembuat web populer termasuk Wix, Squarespace, Weebly, dan Shopify.

Meskipun Content Management System (CMS) dan Web Builder memiliki beberapa kesamaan, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya. CMS adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna membuat, mengelola, dan menerbitkan konten digital di web. Ini menyediakan platform lengkap bagi pengguna untuk membuat dan mengatur konten, termasuk teks, gambar, video, dan media lainnya, dan untuk mempublikasikan konten tersebut ke situs web atau platform digital lainnya. 

Platform CMS biasanya lebih fleksibel dan dapat disesuaikan daripada web builder dan menawarkan kontrol yang lebih besar atas fungsionalitas dan desain situs web. Platform CMS sering digunakan untuk situs web yang lebih besar dan kompleks yang memerlukan fitur dan penyesuaian yang lebih canggih. 

Sedangkan web builder adalah alat perangkat lunak yang memungkinkan pengguna membuat dan merancang situs web tanpa memerlukan keterampilan teknis lanjutan atau pengetahuan tentang bahasa pengembangan web. Web builder biasanya menyediakan antarmuka drag and drop yang intuitif. Web builder lebih mudah dan lebih cepat digunakan daripada platform CMS dan biasanya digunakan untuk situs web yang lebih kecil dan sederhana yang tidak memerlukan fungsionalitas atau penyesuaian tingkat lanjut.

Native Programming

Native programming mengacu pada proses penulisan kode perangkat lunak dalam bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk platform atau sistem operasi tertentu. Ini juga dapat mengacu pada framework yang digunakan saat mengembangkan website seperti misalnya laravel, codeIgniter, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, website berjalan pada code Hypertext Markup Language (HTML)

Konten 

Walaupun ini bukanlah urgensi utama agar website bisa diakses orang alias online, namun konten website sangatlah penting untuk menarik minat pengunjung. Secara umum, konten website adalah hal yang penting untuk menciptakan pengalaman pengguna yang positif, meningkatkan peringkat mesin pencari (SEO), membangun kredibilitas dan otoritas, serta mendorong konversi.

Tampilan Website

Sama halnya dengan konten, tampilan website nantinya akan berpengaruh terhadap penilaian pengunjung. Namun akhir-akhir ini banyak yang menyebutkan bahwa tampilan website ini juga berpengaruh terhadap SEO. Tentunya tampilan yang baik semampu mungkin untuk mengadopsi pedoman User Interface (UI) dan User Experience (UX) serta mempertimbangkan website yang responsive.

Jenis Website

Website Pribadi

Jenis website yang pertama adalah website pribadi. Apa itu website pribadi? Pengertian website pribadi adalah situs web yang mewakili individu, biasanya menampilkan personal branding, keterampilan, pengalaman, dan pencapaian. Ini dapat berfungsi sebagai resume digital, portofolio, atau platform untuk mengekspresikan ide, pemikiran, dan pendapat seseorang. Manfaat website pribadi adalah dapat digunakan untuk membangun eksistensi online, jaringan dengan individu yang berpikiran sama, menarik klien atau pemberi kerja potensial, atau sekadar berbagi informasi tentang diri sendiri dengan audience yang lebih luas. 

Situs web pribadi dapat berkisar dari situs satu halaman sederhana hingga situs web multi-halaman yang lebih kompleks, dan dapat dibuat menggunakan berbagai platform dan alat, seperti WordPress, Squarespace, atau Wix.

Toko Online atau E-Commerce

E-commerce, adalah perdagangan elektronik atau toko online, mengacu pada kegiatan jual-beli barang dan jasa secara online, contohnya jasa pembuatan website. Ini melibatkan penggunaan internet, perangkat seluler, dan teknologi digital lainnya untuk memfasilitasi transaksi antara pembeli dan penjual. Jadi, manfaat website ini jelas yaitu untuk memudahkan jual-beli baik bagi penjual maupun pembeli.

website adalah
Sumber: Freepik

E-commerce dapat berupa banyak bentuk, seperti toko online, pasar, situs lelang, dan etalase digital. Ini dapat melibatkan produk fisik, seperti pakaian atau elektronik, serta produk digital, seperti e-book atau perangkat lunak. E-commerce telah merevolusi cara bisnis beroperasi dan memungkinkan bisnis kecil dan besar untuk menjangkau khalayak global dan menjual produk dan layanan mereka 24/7, tanpa kendala lokasi fisik atau jam kerja.

Website Company Profile

Jenis website selanjutnya adalah company profile. Pengertian website company profile adalah website yang memberikan informasi terperinci tentang sebuah perusahaan mengenai sejarah perusahaan, misi, nilai, produk atau layanan, anggota tim, dan informasi relevan lainnya. Manfaat website ini biasanya dirancang untuk memberi pengunjung gambaran umum tentang perusahaan dan apa artinya, serta untuk memberikan gambaran tentang budaya dan nilai-nilainya. 

Ini juga dapat mencakup informasi tentang pencapaian perusahaan, penghargaan, dan klien atau proyek terkenal. Website company profile adalah alat pemasaran penting yang dapat membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan calon pelanggan, mitra, dan investor. Ini sering digunakan sebagai referensi oleh pemangku kepentingan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan sebelum terlibat dengannya. Konten dan desain profil perusahaan dapat bervariasi tergantung pada ukuran perusahaan, industri, dan audiens target, namun harus selalu menarik, informatif, dan menarik secara visual.

Website Komunitas

Apa itu website komunitas? Website komunitas adalah platform online yang memungkinkan orang-orang dengan minat, tujuan, atau lokasi geografis yang sama untuk terhubung, berkolaborasi, dan terlibat satu sama lain. Manfaat website komunitas adalah untuk menciptakan ruang virtual tempat orang dapat berbagi pengetahuan, ide, dan sumber daya, membangun hubungan, dan berpartisipasi dalam aktivitas yang selaras dengan minat atau kebutuhan mereka. 

Website komunitas dapat berupa jejaring sosial, forum, blog, atau pasar online. Itu semua mungkin berfokus pada topik atau tema tertentu, seperti kesehatan, pendidikan, teknologi, atau pada wilayah geografis atau kelompok budaya tertentu. Situs web komunitas dapat dimiliki dan dioperasikan oleh individu, organisasi, atau bisnis, dan mereka dapat menghasilkan pendapatan melalui iklan, sponsor, atau biaya keanggotaan. Keberhasilan situs web komunitas bergantung pada kemampuannya untuk menarik dan melibatkan pengguna, memfasilitasi interaksi yang bermakna, dan menumbuhkan rasa memiliki dan komunitas di antara para anggotanya.

Website Berita

Jenis website selanjutnya adalah website berita. Apa itu website berita? Website berita adalah platform online yang menyediakan informasi terkini kepada pengguna tentang peristiwa terkini, politik, hiburan, olahraga, dan topik menarik lainnya. Manfaat website berita biasanya menerbitkan artikel, video, dan konten multimedia lainnya yang bersumber dari reporter, jurnalis, dan pembuat konten lainnya. Website ini dapat dimiliki dan dioperasikan oleh media tradisional seperti surat kabar atau jaringan televisi, atau oleh perusahaan media digital yang berspesialisasi dalam konten berita. 

Situs web berita juga dapat menampilkan komentar yang memungkinkan pengguna terlibat dengan berita dan satu sama lain. Situs web berita memainkan peran penting dalam memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada publik, dan mereka telah menjadi sumber berita dan informasi yang semakin populer bagi orang-orang di seluruh dunia.

Blog

Blog adalah platform online tempat individu atau organisasi dapat berbagi pemikiran, pendapat, pengalaman, atau keahlian mereka tentang topik atau tema tertentu. Posting blog biasanya ditulis dalam gaya informal atau percakapan dan dapat mencakup berbagai topik, termasuk kisah pribadi, perjalanan, makanan, mode, politik, bisnis, atau teknologi. Blogger dapat menggunakan berbagai media, seperti teks, gambar, video, atau audio, untuk membuat konten yang menarik dan informatif bagi pembacanya.

Manfaat Website

Ada banyak manfaat website yang bisa kamu dapatkan, beberapa manfaat website adalah sebagai berikut:

Eksistensi online 

Pertama, manfaat website menyediakan platform bagi bisnis atau individu untuk membangun eksistensi online yang dapat membantu menjangkau audience yang lebih luas dan menarik pelanggan baru. Situs web dapat diakses dari mana saja, kapan saja, yang berarti calon pelanggan dapat menemukan informasi tentang produk atau layanan bahkan di luar jam kerja tradisional. 

Kredibilitas 

Kedua, manfaat website halaman dirancang dengan baik dapat membantu membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan pelanggan atau pemangku kepentingan. Situs web yang tampak profesional dengan konten berkualitas tinggi, kesaksian pelanggan, dan bukti sosial dapat membantu membangun kepercayaan pada brand kamu dan meningkatkan kemungkinan konversi. 

Hemat biaya pemasaran 

Ketiga, manfaat website adalah sebagai alat pemasaran hemat biaya yang dapat menjangkau banyak orang tanpa mengeluarkan biaya yang sama dengan metode periklanan tradisional. Dengan situs web, bisnis dapat menggunakan pengoptimalan mesin pencari (SEO), media sosial, pemasaran email, dan taktik pemasaran digital lainnya untuk mempromosikan produk atau layanan mereka ke audience yang ditargetkan dengan biaya lebih rendah.

website adalah
Sumber: Freepik

Sudah Memahami Pengertian Website? Saatnya Buat Website dengan Hosting Murah Kualitas Terbaik?

Nah, gimana? Kamu sudah paham kan dengan apa itu website? Pengertian website adalah kumpulan halaman yang saling berhubungan yang dapat diakses melalui internet menggunakan web browser. Setiap halaman website adalah terdiri dari kombinasi teks, gambar, video, dan elemen multimedia lainnya yang dirancang untuk memberikan informasi atau berinteraksi dengan pengunjung. Manfaat website sebagai eksistensi online sebuah entitas, meningkatkan kredibilitas, dan mempermudah serta menghemat biaya marketing. Yuk, buat website dengan hosting murah DomaiNesia! Kamu bisa dengan dapetin kemudahan membuat website dengan fitur instant deploy untuk mengembangkan website WordPress atau kamu juga bisa gunakan WordPress hosting! Tunggu apa lagi!

Beli WordPress Hosting

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Abu Haqqi
March 17, 2022

Saya sudah 4 tahun-an kalau tidak salah beli domain .id di Domainesia, lebih mahal memang dibandingkan .com. Tapi karena visitor sudah ribuan per-hari, dan nama domainnya pendek, maka saya perpanjang terus.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds