• Home
  • Berita
  • WWW Adalah: Menurut Ahli, Fungsi, hingga Contohnya!

WWW Adalah: Menurut Ahli, Fungsi, hingga Contohnya!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Dalam berinternet ada dua satu hal yang tidak bisa lepas dan saling berkaitan yaitu WWW (World Wide Web) dan internet, misalnya saja dalam menuliskan alamat suatu website.

Bagi kebanyakan orang awam menganggap WWW dan internet adalah hal yang sama. Namun pada kenyataannya keduanya ini memiliki arti dan juga fungsi yang berbeda loh DomaiNesian!

Jadi seperti ini, WWW adalah kumpulan dari berbagai situs, nah untuk mengakses situs tersebut diperlukan adanya jaringan internet.

Internet adalah koneksi yang memungkinkan kamu untuk mengakses WWW. Tanpa adanya akses internet maka kamu tidak bisa mengakses WWW.

Apakah kamu ingin mengenal WWW lebih jauh lagi, seperti apa itu www dan fungsi www itu sendiri? Simak penjelasan yang sudah DomaiNesia rangkum di bawah ini hanya untuk kamu. Jadi ikuti sampai akhir ya!

Apa itu WWW?

World Wide Web adalah kumpulan dari berbagai halaman website, video, gambar, juga konten online, dan beragam sumber daya internet (FTP, telnet, Usenet) yang disajikan melalui browser.

WWW disebut juga dengan website yang dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989 yang lalu, dan sampai saat ini pun WWW semakin berkembang.

www adalah
Sumber : envato

Berikut ada beberapa definisi mengenai apa itu www dari para ahli.

  • Menurut McLeod, WWW adalah informasi yang berisi dokumen hypermedia atau file yang disimpan yang kemudian dapat diambil dan diakses kembali dengan menggunakan alamat unik yang telah ditentukan.
  • Menurut F. Budi Hardiman, World Wide Web adalah fasilitas yang diberikan oleh internet untuk menghubungkan banyak dokumen baik dari lingkup lokal dan bahkan jarak jauh sekalipun. 
  • Menurut Akbar Kaelola, WWW adalah media yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk saling berbagi dan bertukar informasi seperti musik, gambar, film, video, dan dokumen. Bahkan juga dapat digunakan dalam kegiatan jual beli jasa dan barang.
  • Menurut V. Djong, World Wide Web adalah fasilitas yang dimiliki oleh internet untuk layanan website yang memanfaatkan protokol HTTP, misalnya saat kamu mencari dan membuka informasi mengenai cara membuat website mudah.  

Dari beberapa penjelasan dari para ahli mengenai apa itu WWW, dapat disimpulkan bahwa WWW adalah kumpulan dari berbagai website yang berisi beragam informasi mulai dari gambar, video, film, musik, dan beberapa konten lain yang bisa diakses melalui browser menggunakan standar HTTP dan TCP/IP.

Pastinya kamu bisa mengakses WWW ini dari berbagai perangkat digital misalnya smartphone, komputer, tablet, dan laptop. 

Sejarah Singkat Perkembangan WWW

Berikut adalah sejarah singkat perkembangan WWW yang sudah berpuluh-puluh tahun menghiasi dunia digital.

Tahun 1989

Pada tahun ini, Tim Berners Lee pertama kali mengutarakan ide untuk membuat sebuah protokol yang nantinya akan berjalan pada internet sebagai sistem pendistribusian informasi.

Tahun 1990

Tim Berners Lee berhasil menemukan tiga teknologi yang  mendasari adanya website. Ketiga teknologi tersebut yaitu HTML (Hypertext Markup Language), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dan URL (Uniform Resource Identifier).

Tahun 1991

Tim Berners Lee memiliki kebutuhan untuk menyusun arsip riset miliknya agar rapih dan mudah untuk dicari. Dari situ munculah ide untuk membuat World Wide Web (WWW) yang kita kenal hingga sekarang.

Tahun 1995

Pada tahun ini sudah ada sekitar 300.000 website di internet yang pada mulanya hanya berjumlah 50 website.

Tahun 2009

Pada tahun ini, Tim Berners-Lee berhasil mendirikan World Wide Web Foundation. Tujuan dibangunnya WWW Foundation yaitu agar masyarakat dunia bisa menggunakan open web.

Apa Fungsi WWW?

Dari pembahasan mengenai apa itu www, mungkin sudah sedikit ada bayangan yang tersirat mengenai fungsi www ini. Berikut ada beberapa fungsi www yang wajib kamu tahu.

Search Engine

Fungsi WWW adalah memudahkan search engine atau mesin pencarian. Seperti yang kita tahu bahwa di dalam WWW terdapat ribuan bahkan hingga jutaan situs website.

Maka dari itu, muncul sebuah solusi yaitu search engine untuk memudahkan pengguna internet dalam menelusuri informasi. Beberapa search engine yang populer seperti Google, Yahoo!, dan Bing.

Sumber : envato

Untuk menggunakan search engine, maka kamu tinggal memasukkan saja keyword yang akan kamu cari, maka otomatis pada web browser kamu akan ditampilkan beberapa situs rekomendasi terbaik yang bisa kamu buka sesuai dengan apa yang kamu cari tadi.  

Web Hosting

Fungsi www yang selanjutnya yaitu sebagai web hosting. Apa itu web hosting? Web hosting adalah sebuah layanan yang memungkinkan sekelompok orang atau individu untuk menerbitkan laman website ke internet dengan tujuan agar bisa diakses banyak orang.

Laman website tersebut nantinya akan disimpan pada komputer khusus yang sering disebut sebagai server.

Ketika pengguna internet ingin membuka sebuah situs website maka dia harus mengetikkan nama domain dari situs tersebut kemudian akan terhubung ke server dan website yang diminta berhasil ditampilkan melalui web browser.

Tahukah kamu apa itu domain? Domain adalah alamat unik yang dimiliki oleh setiap website. Setiap ingin membuat situs website, maka kamu harus memiliki layanan web hosting terpercaya dan juga nama domain yang unik agar website kamu memiliki performa yang maksimal dan mampu menempati peringkat teratas dari mesin pencarian.

Sumber : envato

Kamu masih bingung membeli domain dan web hosting terbaik dimana? Kamu bisa percayakan websitemu dengan beli domain DomaiNesia dan juga layanan web hosting Indonesia terbaik ya DomaiNesian!

Web Mail Service

Layaknya beberapa perangkat lunak untuk mengelola email seperti Microsoft Outlook dan juga Mozilla Thunderbird, web mail service juga memungkinkan penggunanya untuk menerima, mengirim, dan membaca email melalui web browser.

Web mail service menjadi salah satu fungsi www yang sering digunakan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa layanan web mail service yang banyak digunakan seperti Gmail, Yahoo! Mail, AOL Mail, dan Hotmail.

Tidak kalah seperti aplikasi email, web mail service juga memiliki fitur yang lengkap dan mumpuni sehingga hal tersebut menjadi keunggulan yang ditawarkan sebab kemudahannya untuk menerima, mengirimkan pesan, dan menyimpan pesan apabila pengguna tidak terhubung ke jaringan internet.

Sumber : envato

Bagaimana cara mengakses webmail? Jelas sangat mudah, kamu tinggal membuka browser dan mengetikkan alamat web mail yang kamu gunakan pada kolom pencarian, setelah itu masukkan nama pengguna dan password yang sudah diatur sebelumnya.

Kamu sudah berhasil mengakses web mail sekarang! 

Portal

Fungsi WWW yang terakhir yaitu sebagai portal. Portal adalah lokasi pribadi dari internet yang berperan sebagai titik akses ke berbagai situs dan informasi yang sudah tersedia di dalam WWW.

Sumber : envato

Misalnya saja seperti Facebook.com, Twitter.com, Gmail.com, dan masih banyak yang lain.

Contoh dari World Wide Web

Tentunya pengguna internet saat ini sudah tidak asing lagi dengan WWW.

Bahkan semua situs yang ada di internet kebanyakan menggunakan World Wide Web. Berikut ada beberapa contoh situs populer yang memanfaatkan World Wide Web.

  • www.google.com
  • www.facebook.com
  • www.youtube.com
  • www.yahoo.com
  • www.instagram.com
  • dan masih banyak lagi situs yang lain.

Sudah Tahukan Apa itu WWW?

World Wide Web atau WWW adalah kumpulan dari banyak website yang memiliki bermacam-macam informasi yang bisa digunakan oleh pengguna internet untuk berbagi dan bertukar informasi.

World Wide Web adalah ruang informasi yang digunakan sebagai identifikasi atau tanda pengenal dari sumber daya internet. WWW sering disamakan oleh orang awam dengan internet, padahal keduanya merupakan dua hal yang berbeda.

Internet adalah koneksi yang menghubungkan seluruh penjuru dunia, sedangkan WWW adalah kumpulan dari situs yang tidak bisa diakses tanpa adanya internet.

Seiring dengan perkembangan waktu, fungsi WWW semakin berkembang seperti sebagai portal, web mail service, web hosting, dan juga search engine. Gimana? Sudah pahamkan? 

Bagi kamu yang memiliki bisnis online, maka website bisa kamu jadikan sebagai senjata utama. Nah, untuk membangun sebuah website profesional maka harus didukung dengan domain dan juga hosting terbaik. Untuk itu, DomaiNesia siap membantu kamu!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds