• Home
  • Berita
  • Apa itu Perulangan? Definisi, dan Contoh Lengkap!

Apa itu Perulangan? Definisi, dan Contoh Lengkap!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Saat mempelajari programming menggunakan sebuah bahasa pemrograman, pasti cukup banyak metode, fungsi, serta komponen-komponen baru yang harus dipelajari dengan seksama, karena setiap bahasa pemrograman memerlukan logika yang harus dipahami agar dapat diterapkan dengan optimal pada sebuah project atau produk yang akan dihasilkan. 

Setiap bahasa pemrograman memiliki gaya mereka masing-masing untuk merepresentasikan sebuah algoritma pemrograman untuk memudahkan kamu dalam coding.

Namun, terdapat salah satu fungsi yang dimiliki hampir setiap bahasa pemrograman yaitu Looping atau perulangan, apa itu looping? Yuk kita bahas secara detail terkait apa itu perulangan dan contoh looping di bawah ini.

Apa itu Perulangan?

Apa itu perulangan atau Looping? Dari segi bahasa, Loop adalah sebuah lingkaran, dalam konteks pemrograman, perulangan atau loop adalah sebuah logika pemrograman berupa fungsi yang dapat memerintah program mengerjakan pekerjaan yang sama berulang-ulang kali sesuai dengan batas yang telah ditentukan. 

Loop adalah fungsi yang ada pada setiap bahasa pemrograman, pasti memiliki fungsi ini karena fungsi  looping dapat diterapkan di berbagai program dalam mencapai sebuah hasil akhir yang ditentukan.

Looping dapat diterapkan mulai dari program berskala kecil hingga program yang berskala besar, karena dapat mengulang sebuah logika pemrograman dengan otomatis tanpa harus diketik secara manual. 

Logika pemrograman yang dapat dieksekusi oleh fungsi looping juga bermacam-macam, mulai dari one line code atau logika pemrograman dengan baris sangat banyak.

Contoh bahasa pemrograman yang menerapkan fungsi looping adalah C++, Python, PHP, Java, dan sebagainya. Setiap bahasa pemrograman memiliki gaya tersendiri dalam mendeklarasikannya, sebagian besar menggunakan keywords looping for dan while, agar kamu lebih paham, simak contoh looping di bawah ini!

Contoh Perulangan For

Jika kamu ingin lebih memahami terkait looping, kamu harus banyak melakukan latihan dan menerapkan sebuah logika pemrograman yang mengandung sebuah looping.

Looping for dan while banyak diterapkan di berbagai bahasa pemrograman, berikut merupakan contoh looping for dan while pada Java, C++. Python dan PHP.

Perulangan Java

Berikut merupakan rincian penjelasan dari contoh looping Java:

  1. Inisialisasi (int i = 1): Loop dimulai dengan menginisialisasi variabel i menjadi 1.
  2. Kondisi (i <= 5): Loop akan terus berjalan selama kondisi i <= 5 benar.
  3. Iterasi (i++): Setelah setiap iterasi, variabel i akan ditambah 1.
  4. Badan Loop (jumlah += i): Pernyataan-pernyataan di dalam kurung kurawal {} merupakan badan loop. Di sini, kita menambahkan nilai saat ini dari i ke variabel jumlah pada setiap iterasi.
  5. Output (System.out.println): program menampilkan hasilnya, yaitu jumlah bilangan dari 1 hingga 5

perulangan

Perulangan C++

Pada contoh looping C++ di dibawh, terlihat bahwa ada bagian for (int i = 0; i < 5; ++i) yang mendeklarasikan bahwa looping akan diatur mulai dari 0 dan akan berhenti di angka 4, kemudian selanjutnya akan ditampilkan hasil looping yang berupa urutan angka dari 0 hingga 4.

Perulangan Python

Pada contoh looping python berikut, menggunakan looping for yang akan menampilkan angka dari 0 hingga 4, penggunaan keywords “range” atau rentang membuat program akan menampilkan angka sebelum angka yang telah ditentukan di dalam kurung. Pada fungsi looping python. 

Perulangan PHP

Selanjutnya, contoh looping PHP berikut ini menggunakan looping for akan menghasilkan angka 0 sampai dengan 4. Untuk format syntax masih memiliki kemiripan dengan bahasa pemrograman sebelumnya, namun pembedanya adalah penggunaan tanda $ dan ; yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lainnya.

Contoh Perulangan While

Selain menggunakan looping for, beberapa bahasa pemrograman memiliki opsi lain dalam looping yaitu dengan menggunakan keywords “while”. Perbedaan yang paling terlihat dari looping for dan while adalah kode yang ada di dalamnya. 

Perulangan for cenderung memiliki kode yang singkat dan tidak memerlukan logika yang rumit, sedangkan untuk looping while, cenderung digunakan untuk looping sebuah logika yang lebih rumit dan memiliki baris kode yang lebih banyak pula.

Mengapa? Karena while disini hanya disematkan pada awal logika dan akan mengulang setiap baris kode yang ada di bawahnya. Agar lebih paham terkait looping while, yuk kita simak beberapa contoh looping while di beberapa bahasa pemrograman

Perulangan Java

Contoh looping java menggunakan while berikut ini diawali dengan deklarasi variabel harus berada di sebelum keywords while yang akan menjalankan logika pemrograman di bawahnya.  Untuk program di atas outputnya akan menampilkan angka dari 1 hingga 5.

Perulangan Python

Masih tidak jauh berbeda dengan java, python pun memiliki urutan syntax yang sama dengan java, walaupun terdapat gaya penulisan yang berbeda yaitu tidak ada ; tapi program di atas juga akan menampilkan angka dari 1 hingga 5.

Perulangan C++

Selanjutnya terdapat contoh looping C++ yang menggunakan while yang akan menampilkan output angka 1 hingga 5.

Perulangan PHP

Terakhir, contoh looping PHP yang menggunakan while yang akan menampilkan output angka 1 hingga 5. 

Kesimpulan

Sampai sini sudah paham apa itu perulangan? Perulangan atau loop adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengulang sebuah pekerjaan yang sama berulang kali.

Hampir pada semua bahasa pemrograman memiliki looping. Terdapat beberapa keywords yang dapat merepresentasikan looping yaitu looping for dan while. Perbedaan dari Looping for dan while adalah logika pemrograman yang ada di dalamnya. 

Looping for cenderung mengulang logika pemrograman yang singkat dan tidak memerlukan logika yang rumit, serta variabel yang dibutuhkan di dalamnya dapat dideklarasikan setelah for atau sebelum keywords for tersebut. 

Kemudian untuk looping while, cenderung digunakan untuk logika pemrograman yang lebih panjang dan rumit karena deklarasi while berada di awal logika pemrograman kemudian deklarasi variabel berada di sebelum syntax while digunakan.

Nah, jadi sudah tau bagaimana penerapan looping for untuk program kamu? Jangan lupa terus berlatih agar kamu lebih paham konsep dan penerapan dari looping atau looping ini ya!

Baca Juga : Mempelajari Cara Membuat Website Dengan PHP Untuk Pemula

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds