• Home
  • Berita
  • Kenalan Dulu Sama Bing AI, Teknologi Terbaru Microsoft

Kenalan Dulu Sama Bing AI, Teknologi Terbaru Microsoft

Oleh Ratna Patria

Bing AI adalah platform kecerdasan buatan yang menjanjikan, menggabungkan keahlian Microsoft dalam AI dengan fungsionalitas mesin pencarian Bing. Kamu mungkin sudah akrab dengan istilah Chat GPT4. Seiring dengan perkembangan teknologi, Bing AI telah menjadi salah satu inovasi terdepan yang menarik perhatian banyak kalangan.

Artikel ini akan membahas fitur bing AI yang canggih, kelebihan dan kekurangan bing AI, serta cara cara menggunakan bing AI. Mari kita mulai dengan memahami apa sebenarnya BingAI dan apa yang membuatnya begitu menarik dalam dunia kecerdasan buatan.

bing ai
Sumber: Envato

Pengertian dan Fitur Bing AI

Bing AI Adalah

Bing AI adalah sebuah platform kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh Microsoft. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, adalah teknologi yang dirancang untuk memberikan komputer kemampuan untuk berpikir dan bertindak mirip dengan manusia. Dalam hal ini, BingAI digunakan dalam berbagai konteks, terutama dalam pengembangan sistem pencarian dan interaksi manusia-mesin yang lebih pintar dan lebih intuitif.

Bing AI chat bot menggabungkan kemampuan mesin pencarian Bing dengan teknologi kecerdasan buatan, yang menciptakan sistem yang mampu “memahami” pertanyaan dan permintaan dari pengguna serta memberikan respons yang semakin canggih. Berikut adalah beberapa konsep utama yang menjadi dasar BingAI:

  1. Pemahaman Bahasa Alami: BingAI dilengkapi dengan pemahaman bahasa alami yang kuat. Ini berarti bahwa sistem dapat memahami pertanyaan yang diajukan dalam bahasa manusia sehari-hari, termasuk variasi dan nuansa bahasa.
  2. Konteks dan Penyaringan Informasi: BingAI dapat memahami konteks dari sebuah pertanyaan, yang memungkinkannya untuk memberikan jawaban yang lebih relevan. Ini juga memungkinkan BingAI untuk menyaring informasi sehingga hasil pencarian lebih akurat.
  3. Pengenalan Suara: BingAI juga mendukung pengenalan suara, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teknologi ini melalui perintah suara.
  4. Penggunaan di Berbagai Konteks: BingAI dapat digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari mesin pencari hingga asisten virtual, chatbots, dan banyak lagi. Ini membuatnya sangat serbaguna dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna.

Baca juga: Apa itu Copy AI: Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya

Fitur Bing AI

Bing AI chat bot telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang menjadikannya salah satu platform kecerdasan buatan yang menonjol. Berikut ini adalah beberapa fitur Bing Ai:

  1. Pemahaman Bahasa Alami yang Kuat: Salah satu fitur paling menonjol dari BingAI adalah kemampuannya untuk memahami bahasa alami. Ini berarti bahwa BingAI dapat menganalisis dan memproses pertanyaan dalam bahasa manusia sehari-hari, termasuk variasi bahasa dan nuansa. Ini membuat interaksi dengan Bing AI terasa lebih alami dan mudah dipahami.
  2. BingAI mendukung pengenalan suara, yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem melalui perintah suara. Fitur ini memungkinkan interaksi yang lebih praktis, terutama dalam situasi di mana pengguna tidak dapat mengetik, seperti saat mengemudi.
  3. BingAI mampu memahami konteks dari pertanyaan yang diajukan. Ini berarti bahwa jika pengguna memberikan informasi tambahan atau mengubah konteks dalam pertanyaan, BingAI akan mampu mengikuti dan memberikan respons yang sesuai. Misalnya, jika seseorang mencari “restoran Italia,” BingAI dapat bertanya, “Di mana Anda berada?” untuk memberikan rekomendasi yang relevan.
  4. BingAI juga mendukung pencarian multimodal, yang berarti pengguna dapat mencari dengan berbagai jenis input, seperti teks, gambar, atau bahkan gambar suara. Ini memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan pertanyaan mereka dengan cara yang paling nyaman bagi mereka.
  5. BingAI memiliki kemampuan untuk menganalisis sentimen dalam teks. Ini berguna dalam pemantauan media sosial, analisis ulasan produk, dan banyak konteks lainnya. Pengguna dapat mengetahui bagaimana orang merasakan suatu topik atau produk.
  6. BingAI dapat memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan sejarah pencarian dan preferensi pengguna. Hal ini meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan hasil yang lebih relevan dan sesuai dengan minat mereka.

    bing ai
    Sumber: Envato

Kelebihan dan Kelemahan Bing AI

Bing AI adalah teknologi yang menarik, namun seperti semua inovasi, ia memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Bing AI yang perlu kamu ketahui:

Kelebihan Bing AI

  1. Pemahaman Bahasa yang Kuat: Salah satu keunggulan utama Bing AI adalah pemahaman bahasa alaminya yang kuat. Hal ini membuatnya mampu merespons dengan tepat terhadap beragam pertanyaan dan permintaan pengguna.
  2. Pencarian Multimodal: BingAI mendukung pencarian multimodal, yang memungkinkan pengguna untuk mencari dengan teks, gambar, dan bahkan suara. Ini meningkatkan fleksibilitas dalam berinteraksi dengan teknologi.
  3. Rekomendasi yang Dipersonalisasi: BingAI dapat memberikan rekomendasi yang disesuaikan dengan sejarah pencarian dan preferensi pengguna. Ini meningkatkan relevansi hasil pencarian.
  4. Analisis Sentimen: Kemampuan BingAI untuk menganalisis sentimen dalam teks sangat bermanfaat dalam memahami bagaimana orang merasakan suatu topik atau produk. Ini dapat membantu perusahaan memahami umpan balik pelanggan.

Kelemahan Bing AI

  1. Keterbatasan Pemahaman Bahasa: Meskipun BingAI memiliki pemahaman bahasa yang kuat, ia tidak selalu dapat memahami nuansa bahasa atau pertanyaan yang sangat kompleks.
  2. Masalah Privasi: Penggunaan teknologi kecerdasan buatan, termasuk BingAI, dapat memunculkan masalah privasi. Penanganan data pengguna dan keamanan informasi adalah aspek yang perlu mendapat perhatian serius.
  3. Kecenderungan Bias: Seperti halnya dengan sebagian besar teknologi AI, BingAI juga dapat memiliki kecenderungan bias berdasarkan data pelatihan yang digunakan. Ini dapat menghasilkan hasil yang tidak adil atau diskriminatif.
  4. Perlu Pengembangan Berkelanjutan: Bing AI chat bot adalah bidang yang terus berkembang, dan perlu perhatian yang terus-menerus dan pengembangan lebih lanjut untuk menjaga daya saingnya.
  5. Masalah Kesalahan: Seperti teknologi lainnya, BingAI juga bisa menghasilkan kesalahan. Pengguna harus menyadari bahwa teknologi ini bukanlah teknologi yang nir cacat.

Cara Menggunakan Bing AI

Nah, saatnya kamu mengetahui bagaimana cara menggunakan Bing AI. Berikut ini adalah cara menggunakan Bing AI:

1. Buka (atau unduh) Microsoft Edge dan kunjungi Bing

bing ai

Buka browser web Microsoft Edge untuk mengakses Chat Bing. Kamu bisa mengunduhnya untuk Windows, Mac, dan Linux jika Kamu belum memiliki Edge. Ini juga tersedia di perangkat seluler Android dan iOS. 

Setelah Kamu membuka Microsoft Edge, buka Bing.com, dan Kamu akan memiliki beberapa pilihan untuk mengakses Chat Bing. Kamu bisa mengklik Chat di bagian atas layar, mengklik logo Bing di sisi kanan, atau, jika tersedia, klik Coba atau Pelajari Lebih Lanjut tepat di bawah bilah pencarian.

2. Masuk ke akun Microsoft-mu (opsional) 

Meskipun Kamu bisa mengakses obrolan BingAI jika Kamu tidak masuk ke akun Microsoft, Kamu akan dibatasi hanya lima respon per percakapan. Jika Kamu ingin percakapan yang lebih panjang dengan hingga 30 jawaban dari Bing, Kamu perlu masuk ke akun Microsoft-mu.

3. Mulai menulis 

Sekarang Kamu bisa menggunakan Chat Bing dan mulai menulis pertanyaan dan permintaanmu di area teks pada jendela obrolan.

4. Perhatikan Apa Saja Yang Bisa Kamu Perbuat

Bing Chat yang ditenagai oleh kecerdasan buatan Microsoft sedikit berbeda dari ChatGPT, chatbot AI paling populer. Meskipun Kamu memasukkan permintaan dalam percakapan dengan cara yang mirip, format jawaban, gaya percakapannya, dan antarmuka BingAI semuanya sangat berbeda.

Berikut adalah pemecahan rinciannya untuk membantu Kamu mengenal jendela Bing Chat:

  • Area teks: Di bagian bawah layar terdapat area teks di mana Kamu dapat memasukkan permintaan dan pertanyaanmu untuk Bing Chat.
  • Tambahkan gambar: Microsoft baru-baru ini menambahkan kemampuan bagi pengguna untuk mengunggah foto agar Bing dapat memprosesnya menggunakan kecerdasan buatan, seperti yang dilakukan Google Lens. Dengan mengklik tombol ini, Kamu bisa menambahkan gambar.
  • Ajak Bing berbicara: Jika Kamu lebih suka menggunakan mikrofon perangkatmu daripada keyboard untuk memberikan permintaan kepada Bing, Kamu bisa memilih mikrofon dalam area teks untuk berbicara dengan chatbot AI.
  • Topik baru: Saat Kamu mengklik “Topik baru,” Bing akan menghapus percakapan sebelumnya dan meminta Kamu untuk beralih ke yang baru.
  • Sumber: Bing berfungsi sebagai mesin pencari berbasis kecerdasan buatan yang bersifat konversasional, dan meskipun tidak memberikan jawaban dalam format daftar seperti yang dilakukan mesin pencari, sebagian besar jawabannya didapatkan dari web. Ketika Kamu mendapatkan balasan untuk permintaan, Bing juga akan mencantumkan sumber-sumber dan tautan di bawah gelembung pesan.
  • Gaya percakapan: Bing Chat diprogram untuk memberikan jawaban yang lebih mirip manusia daripada mesin pencari, jadi ia menawarkan tiga format respons, yaitu lebih kreatif, lebih seimbang, dan lebih tepat. Setiap format ini dapat dijelaskan sendiri: Memilih “lebih kreatif” akan memberikan jawaban yang asli dan imajinatif, dan juga bisa menghasilkan gambar; “lebih seimbang” mirip dalam nada dengan ChatGPT, chat informatif dan ramah dengan jawaban mirip manusia; dan “lebih tepat” akan memberikan jawaban yang ringkas dan langsung.

    bing ai
    Sumber: Envato

Bing AI, Teknologi Terbaru Microsoft

Bing AI, inovasi terbaru dari Microsoft, menggabungkan kecerdasan buatan dengan kemampuan mesin pencarian Bing. Dengan pemahaman bahasa alami yang kuat, pencarian multimodal, analisis sentimen, dan rekomendasi yang dipersonalisasi, BingAI menawarkan solusi serbaguna dalam berbagai sektor. Namun, pengguna juga perlu berhati-hati dengan privasi dan bias serta memanfaatkan BingAI sebagai alat bantu yang memungkinkan interaksi yang lebih manusiawi dalam berbagai konteks.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds