• Home
  • Berita
  • Intip 10 Rekomendasi Password Manager Pilihan Gratis dan Berbayar

Intip 10 Rekomendasi Password Manager Pilihan Gratis dan Berbayar

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Di era serba digital saat ini, penggunaan sosial media dan juga beberapa aplikasi sudah menjamur dimana-mana. Memiliki password yang unik menjadi hal wajib untuk mengakses akun-akun yang kamu miliki agar tidak bisa diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Dengan banyaknya akun mulai dari sosial media, email pribadi, email kantor, dan bahkan mobile banking akan membuat seseorang bingung untuk mengingat password setiap akun tersebut. 

Nah untuk itu DomaiNesia menyarankan kamu untuk menggunakan aplikasi password manager. Apa itu aplikasi password manager? Simak penjelasan berikut ini untuk lebih mengenal aplikasi password manager!

password manager
Sumber: Envato

Password Manager Adalah…

Password manager adalah sebutan dari sistem yang berfungsi untuk menyimpan informasi akun berupa nama pengguna dan juga kata sandi dari berbagai website atau aplikasi. Yang pasti aplikasi ini akan memudahkan kamu daripada harus melakukan forgot password setiap kali login karena lupa kata sandi yang digunakan. 

Password manager dapat berupa aplikasi yang bisa diinstall atau extension browser. Nah keberadaan password manager, kamu tidak perlu takut lagi untuk membuat password yang unik dan berbeda pada setiap akun. 

Dengan teknologi enkripsi Advanced Encryption Standard (AES) 256 bit yang membuat password manager memiliki keamanan tinggi. Layaknya sebuah brankas, kamu harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu sebelum mengaksesnya. 

Selain sebagai tempat penyimpanan informasi login, password manager memiliki kelebihan lain yaitu mempermudah pengguna tanpa harus memasukkan username dan password satu persatu dengan kemampuan pengisian otomatis atau auto fill. Disini DomaiNesia akan merekomendasikan beberapa password manager yang bisa kamu pilih. Kita bahas satu-satu yuk!

Baca juga: Cyber Security adalah Cara Mengamankan Data, Ayo Pahami Lebih Dalam

Rekomendasi Password Manager Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi password manager yang bisa kamu gunakan lengkap dengan berbagai fitur keunggulan yang dimiliki pada setiap aplikasinya.

1. Bitwarden

Bitwarden adalah salah satu aplikasi password manager terbaik yang bisa menjadi pilihan pertamamu. Dapat digunakan secara gratis atau bahkan berbayar. Namun, aplikasi gratisnya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dinilai cukup mumpuni jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang bahkan berbayar. 

Memiliki keamanan tingkat tinggi dengan enkripsi end-to-end AES-256 bit, salted hashing, dan PBKDF2 SHA-256. Bahkan mereka mengklaim bahwa mereka juga tidak dapat mengetahui password yang disimpan oleh pengguna.

Fitur unggulan yang dimiliki Bitwarden yaitu:

  • Tidak ada batasan jumlah password disimpan dan perangkat tersambung.
  • Fitur unlimited password sharing dengan satu pengguna lain.
  • Login menggunakan MFA seperti sidik jari dan juga Face ID.
  • Mendukung penyimpanan password secara offline.

Dengan keunggulan tersebut, Bitwarden juga memiliki kekurangan seperti tidak memiliki penjelasan pada fitur aplikasi sehingga kamu harus mengunjungi website resminya dan juga memiliki fitur auto fill namun masih belum maksimal.

2. Dashlane

Dashlane menjadi aplikasi password manager dengan peminat yang cukup tinggi pada tahun 2021 dengan sekitar 150 ribu ulasan pada Google Play Store. Seperti Bitwarden yang dapat kamu gunakan secara gratis dan berbayar. 

Meskipun kamu menggunakan secara gratis, kamu akan tetap mendapatkan keamanan yang cukup mumpuni jika digunakan sehari-hari dengan enkripsi 256-bit AES untuk mengacak data password pengguna. 

Metode enkripsi tersebut diklaim memiliki proteksi tinggi dan belum pernah diretas. Menggunakan protokol zero-knowledge yang berarti password tersimpan tidak bisa dibaca oleh siapapun, bahkan dari pihak Dashlane sendiri.  

Fitur unggulan yang dimiliki Dashlane yaitu:

  • Menggunakan 2FA (two-factor authentication) atau otentikasi ganda.
  • Audit tingkat keamanan dan kerumitan password.
  • Password generator untuk membuat kata sandi yang kuat.

Dengan keunggulan tersebut, paket termurah pada Dashlane ternyata lebih mahal dibandingkan dengan kompetitor yang lain yaitu sekitar $3.33/bulan.

3. 1Password

1Password menjadi aplikasi password manager yang cukup cocok digunakan untuk pengguna iOS dan juga Mac OS. Namun jangan khawatir jika kalian pengguna sistem operasi lain karena aplikasi ini juga tersedia lintas sistem operasi seperti Android, Chrome OS, dan Windows.

Fitur unggulan yang dimiliki seperti:

  • Dapat digunakan pada beberapa sistem operasi.
  • Ruang penyimpanan 1GB setiap pengguna.
  • Layanan yang terbuka 24/7 melalui email.
  • Memiliki tempat penyimpanan untuk pengelompokkan data.

Dengan fokus tertinggi pada aspek keamanan data dengan fitur Travel Mode yang dapat digunakan untuk menyembunyikan informasi pribadi saat berpergian dan juga bisa melindungi data milikmu agar tidak bocor saat menggunakan jaringan terbuka seperti Wifi umum. 

Sayangnya, 1Password ini tidak memiliki fitur gratis dan hanya tersedia dalam fitur yang berbayar. Jika kamu ingin mencoba, kamu bisa mencobanya dengan free trial yang diberikan selama 14 hari.

password manager
Sumber: Envato

4. LastPass

Seperti password manager terpercaya lainnya, LastPass juga menawarkan keamanan berlapis seperti penggunaan metode enkripsi 256-bit AES yang belum pernah diretas. Jika kamu ingin menambahkan keamanan lagi, kamu bisa mengaktifkan sidik jari atau face id. 

Memiliki daya tarik utama pada aplikasi gratisnya seperti fitur MFA (Multi-Factor Authentication), penyimpanan password yang tidak terbatas, dan sinkronisasi dari berbagai perangkat. Dengan daya tarik tersebut, LastPass memiliki lebih dari 25 juta pengguna di seluruh dunia.  

Fitur unggulan yang dimiliki:

  • Enkripsi yang kuat.
  • Berbagai jenis aplikasi meliputi ekstensi Chrome, aplikasi Windows dan Mac, aplikasi Android dan iOS.
  • Berbagai opsi untuk mengembalikan akun yang hilang.
  • Memiliki aplikasi dan juga extension browser yang memiliki tampilan ciamik.

Seperti yang sudah dijelaskan, ternyata LastPass memiliki UI/UX yang sangat baik pada extension browser, namun pada aplikasinya memiliki tampilan yang kurang ramah pengguna atau kurang user friendly.

5. RoboForm

RoboForm menjadi aplikasi password manager dengan fitur autofill yang sangat mumpuni. Tidak hanya pada form simpel saja, namun RoboForm juga dapat melakukan autofill pada form yang kompleks. 

Bagi kebanyakan orang yang sering mengisikan identitas diri dan harus mengulanginya lagi jika ingin menggunakannya, hal tersebut cukup menyebalkan bukan? Nah RoboForm menghadirkan solusi untuk masalah tersebut dengan fitur autofill yang akan langsung terisi otomatis.

Fitur unggulan lain yang dimiliki oleh RoboForm yaitu:

  • Sinkronisasi dengan otentikasi ganda lain seperti Google Authenticator.
  • Password generator untuk membuat kata sandi yang kuat.
  • Fitur premium dengan harga yang relatif terjangkau.
  • Fitur auto fill  yang mumpuni.

Dengan keunggulan yang ditawarkan, ternyata RoboForm masih belum mendukung 2FA atau keamanan ganda.

6. Blur

Blur adalah layanan perlindungan privasi dengan penambahan beberapa fitur untuk pengelolaan password. Salah satu keunggulannya yaitu mampu menjaga privasi data pribadi yang kamu miliki seperti:

  • Menutupi nomor telepon pengguna dengan nomor lain untuk layanan online.
  • Menggunakan alamat email berbeda untuk setiap layanan online yang digunakan.

Namun dengan harga yang relatif tinggi, Blur memiliki peminat yang cukup sedikit. Selain itu pada aplikasinya memiliki tampilan yang kurang intuitif dan kurang ramah sehingga perlu adanya penyesuaian lagi. Jika kamu mencari password manager yang mengutamakan privasi data pribadi, Blur sangat cocok untuk kamu.

7. KeePass

KeePass menjadi aplikasi password manager yang memiliki segudang fitur yang bisa di kustomisasi sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu mencari aplikasi yang dapat digunakan 100% gratis, maka KeePass menjadi jawabannya. 

Memiliki sifat open source, KeePass memiliki tampilan yang cukup sederhana jika dibandingkan dengan LastPass atau Bitwarden. Namun jangan meremehkan KeePass karena memiliki beberapa fitur keamanan yang ditawarkan seperti:

  • Dukungan untuk enkripsi AES dan Twofish untuk memberikan lapisan perlindungan ganda.
  • Enkripsi dengan SHA-256 dengan tingkat keamanan tinggi.
  • Enkripsi menyeluruh terhadap database, termasuk password, username, catatan, dan detail lainnya.8. Enpass

Enpass adalah aplikasi yang bisa digunakan pada berbagai sistem operasi ternama secara gratis dan berbayar. Jika kamu menggunakan Android dan iOS maka kamu dapat mengisi dengan 25 password saja. 

Namun Enpass tidak memberikan batasan jumlah password yang tersimpan pada Mac OS, Linux,  dan juga Windows. Jadi artinya, Enpass lebih kurang cocok digunakan pada aplikasi mobile. Meskipun demikian, Enpass memiliki keunggulan seperti:

  • Dapat berjalan pada beberapa sistem operasi seperti Windows, Mac, iOS, Android, Linux, dan Chrome OS.
  • Memiliki sistem keamanan yang kuat.

8. NordPass

NordPass adalah aplikasi password manager yang tergolong masih baru. Namun, NordPass memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan menggunakan metode enkripsi XChaCha20 yang bahkan digunakan oleh Google.

Fitur unggulan:

  • Keamanan tinggi dengan menggunakan XChaCha20 dan Zero-Knowledge Protocols.
  • Mendukung MFA lengkap seperti  sidik jari, Face ID, dan juga TouchID.

Dengan berbagai kelebihan itu, jika kamu ingin mengakses NordPass dengan versi gratis maka kamu hanya bisa menggunakannya hanya pada satu perangkat yang aktif saja.

password manager
Sumber: Envato

9. Sticky Password

Sticky password adalah salah satu aplikasi password manager terbaik yang menawarkan beberapa fitur unik. Sticky Password memiliki tampilan yang sederhana sehingga mempermudah siapa saja yang baru pertama kali menggunakannya. Selain itu, fitur-fitur yang disediakan oleh Sticky Password juga cukup lengkap seperti:

  • Support versi portable sehingga bisa diakses menggunakan flashdisk untuk akses lebih praktis.
  • Memiliki fitur auto fill atau form yang otomatis terisi.
  • Penyimpanan secara offline. 
  • Menyediakan fitur sticky pointer untuk menentukan mana website maupun aplikasi yang ingin kamu tuju untuk login.

Perlu kamu perhatikan lagi bahawa pada versi portablenya tidak dilengkapi dengan metode enkripsi AES 256 bit sehingga kamu harus berhati-hati jika menggunakannya.

Setelah kamu mengetahui berbagai rekomendasi dari DomaiNesia. Apakah kamu sudah tahu manfaat dari password manager ini? Yuk simak penjelasannya setelah ini!

Baca juga: Apa itu Firewall? Tingkatkan Keamanan Perangkat dengan Firewall

Kenapa Harus Menggunakan Password Manager?

1. Mencegah serangan phishing

Menjadi salah satu cyber crime yang cukup banyak dilakukan, phising menjadi salah satu hal yang bisa kamu hindari jika menggunakan password manager. Kok bisa? 

Karena phishing akan membuat kamu tertipu dengan tampilan website yang dibuat sangat mirip dan meminta kamu untuk memasukkan informasi login milikmu. Jika kamu menggunakan password manager, dia tidak akan melakukan autofill apabila website tersebut tidak dikenali, jadi kamu akan tahu jika website tersebut hanya tipuan belaka. 

2. Tidak perlu mengingat banyak password secara manual

Seperti yang sudah kita bahas bahwa password manager akan memudahkan kamu untuk menyimpan password dan kamu tidak perlu mengingatnya satu persatu. Tidak hanya menyimpan password saja, namun bisa untuk menyimpan berbagai informasi login dan berbagai data penting lainnya. Hanya dengan satu password utama untuk membuka aplikasinya, sangat membantu untuk kamu yang pelupa.

3. Membuat password yang kuat

Memiliki fitur auto generated password yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat password unik dan sulit untuk ditebak orang lain. Dengan berbagai kombinasi huruf, angka, dan juga berbagai karakter yang akan membuat password milikmu lebih aman.

4. Memiliki akses password pada beberapa perangkat

Seperti layaknya aplikasi penyimpanan lainnya yaitu kamu bisa mengakses password yang tersimpan di berbagai perangkat karena akan terhubung otomatis jika kamu memiliki aplikasi atau ekstensi pada browser. Dengan ini, kamu bisa menggunakan dari berbagai perangkat aktif sekaligus.

password manager
Sumber: Envato

Jadi Mana Aplikasi Password Manager Terbaik Menurutmu?

Jika kamu membutuhkan aplikasi yang dapat menampung beberapa informasi login maka aplikasi password manager menjadi salah satu solusi yang bisa kamu gunakan. Dengan beberapa rekomendasi aplikasi dari DomaiNesia yang bisa kamu pelajari dan pertimbangkan lebih lanjut karena mengingat informasi login merupakan hal sensitif dan sangat vital. 

Namun perlu diingat bahwa password manager tidak menjamin data mu akan aman 100%. Oleh karena itu, kamu harus tetap meningkatkan cyber security untuk menjaga keamanan data milikmu.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!