• Home
  • Berita
  • Mengenal Apa itu NVMe dan Mengapa Itu Penting Untuk Bisnis

Mengenal Apa itu NVMe dan Mengapa Itu Penting Untuk Bisnis

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

NVMe (Non-Volatile Memory Express) adalah protokol baru untuk mengakses media penyimpanan berkecepatan tinggi yang membawa banyak keuntungan dibandingkan dengan protokol lama.

Tapi apa itu NVMe dan mengapa itu penting untuk bisnis berbasis data?

Saat bisnis bersaing dengan pertumbuhan data yang terus meningkat, kita perlu memikirkan kembali bagaimana data diambil, disimpan, diakses, dan diubah.

nvme
Sumber: Freepik

Kinerja, ekonomi, dan ketahanan data dalam skala besar adalah yang penting.

NVMe memberikan pengaruh yang besar pada bisnis dan apa yang dapat mereka lakukan dengan data, terutama Fast Data untuk real time analytic dan teknologi yang sedang berkembang.

Perkembangan NVMe

SSD berbasis flash pertama memanfaatkan antarmuka fisik SATA/SAS lama, protokol, dan faktor bentuk untuk meminimalkan perubahan dalam sistem penyimpanan/server perusahaan berbasis Hard Drive (HDD) yang ada.

Namun, tidak satu pun dari antarmuka dan protokol ini dirancang untuk media penyimpanan berkecepatan tinggi (yaitu NAND dan/atau memori persisten).

Karena kecepatan antarmuka, kinerja media penyimpanan baru, dan kedekatan dengan CPU, PCI Express (PCIe) adalah antarmuka penyimpanan logis berikutnya.

Slot PCIe terhubung langsung ke CPU yang menyediakan akses seperti memori dan dapat menjalankan tumpukan perangkat lunak yang sangat efisien.

Namun, SSD antarmuka PCIe awal tidak memiliki standar industri atau fitur perusahaan.

SSD PCIe memanfaatkan firmware berpemilik, yang sangat menantang untuk penskalaan sistem karena berbagai alasan, termasuk:

a). Menjalankan dan memelihara firmware perangkat,

b). Firmware/perangkat yang tidak kompatibel dengan perangkat lunak sistem yang berbeda,

c). Tidak selalu memanfaatkan jalur dan CPU yang tersedia dengan sebaik-baiknya kedekatan, dan

d). Kurangnya fitur nilai tambah untuk beban kerja perusahaan. Spesifikasi NVMe muncul terutama karena tantangan ini.

Apa Itu NVMe?

NVMe adalah protokol penyimpanan berkinerja tinggi, NUMA (Non Uniform Memory Access) yang dioptimalkan, dan sangat scalable, yang menghubungkan host ke subsistem memori.

Protokolnya relatif baru, kaya fitur, dan dirancang dari bawah ke atas untuk media memori non-volatile (NAND dan Persistent Memory) yang terhubung langsung ke CPU melalui antarmuka PCIe). Protokol dibangun di atas jalur PCIe berkecepatan tinggi.

Tautan PCIe Gen 3.0 dapat menawarkan kecepatan transfer lebih dari 2x dibandingkan dengan antarmuka SATA.

Dikutip dari Intel Indonesia, NVMe merupakan teknologi yang paling baru dalam dunia storage yang menggunakan utilitas PCIe 3.0 layaknya sebuah kartu grafis.

Pengembangan NVMe ini diusung oleh lebih dari 80 perusahaan dari seluruh industri yang bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan proses pengolahan dan penyajian data yang lebih cepat.

NVMe dikembangkan untuk mengatasi limitasi dari teknologi yang sudah ada sebelumnya, atau menangani kecepatan yang sangat tinggi dari sebuah SSD.

nvme
Sumber: Freepik

NVMe: Value Proposition

Protokol NVMe memanfaatkan jalur data paralel berlatensi rendah ke media yang mendasarinya, mirip dengan arsitektur prosesor berkinerja tinggi.

Ini menawarkan kinerja yang jauh lebih tinggi dan latency yang lebih rendah dibandingkan dengan protokol SAS dan SATA lawas.

Ini tidak hanya mempercepat aplikasi yang ada yang membutuhkan kinerja tinggi, tetapi juga memungkinkan aplikasi dan kemampuan baru untuk pemrosesan beban kerja real time di pusat data dan di Edge.

Protokol konvensional menggunakan banyak siklus CPU untuk membuat data tersedia untuk aplikasi.

Siklus komputasi ini menghabiskan banyak uang bagi bisnis. Anggaran infrastruktur TI tidak tumbuh dengan kecepatan data dan berada di bawah tekanan luar biasa untuk memaksimalkan keuntungan di infrastruktur, baik dalam penyimpanan dan komputasi.

Karena NVMe dapat menangani beban kerja aplikasi yang ketat dengan tapak infrastruktur yang lebih kecil, organisasi dapat mengurangi total biaya dan mempercepat pertumbuhan bisnis lini teratas.

NVMe Architecture – Understanding I/O Queues

Mari selami lebih dalam arsitektur NVMe dan bagaimana NVMe mencapai kinerja tinggi dan latensi rendah. NVMe dapat mendukung beberapa antrian I/O, hingga 64K dengan setiap antrian memiliki 64K entri.

Legacy SAS dan SATA hanya dapat mendukung satu antrian dan masing-masing dapat memiliki 254 & 32 entri.

Perangkat lunak host NVMe dapat membuat antrian, hingga jumlah maksimum yang diizinkan oleh pengontrol NVMe, sesuai konfigurasi sistem dan beban kerja yang diharapkan.

NVMe mendukung penyebaran/pengumpulan IO, meminimalkan overhead CPU pada transfer data, dan bahkan menyediakan kemampuan untuk mengubah prioritas mereka berdasarkan persyaratan beban kerja.

Arsitektur ini memungkinkan aplikasi untuk memulai, mengeksekusi, dan menyelesaikan beberapa permintaan I/O secara bersamaan dan menggunakan media yang mendasarinya dengan cara yang paling efisien untuk memaksimalkan kecepatan dan meminimalkan latensi.

Mengapa NVMe Penting Untuk Bisnis?

Sistem perusahaan umumnya kekurangan data. Peningkatan eksponensial dalam data dan permintaan dari aplikasi baru dapat menghambat SSD.

Bahkan SSD berperforma tinggi yang terhubung ke protokol penyimpanan lama dapat mengalami kinerja yang lebih rendah, latensi yang lebih tinggi, dan kualitas layanan yang buruk ketika dihadapkan dengan beberapa tantangan baru dari Fast Data.

nvme
Sumber: Freepik

Fitur unik NVMe ini membantu menghindari kemacetan untuk semuanya, mulai dari aplikasi basis data skala tradisional hingga arsitektur komputasi Edge yang muncul dan skala untuk memenuhi permintaan data baru.

Dirancang untuk media penyimpanan berkinerja tinggi, NVMe adalah satu-satunya protokol yang menonjol dalam ekosistem data enterprise, cloud, dan edge.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!