• Home
  • Berita
  • Kamu Bergelut di Dunia IT, Software adalah Hal Wajib Diketahui!

Kamu Bergelut di Dunia IT, Software adalah Hal Wajib Diketahui!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Apakah kalian sering mendengar software? Kamu yang berprofesi sebagai software engineer yang setiap hari berkutat dengan software pasti sudah sangat paham apa itu software. Nah jika bukan, pasti kamu sering menggunakan komputer atau bahkan smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Software. 

Pasti dong! Alasannya karena jika kamu pengguna komputer, laptop, dan smartphone pasti berkaitan erat dengan software di berbagai aktivitas. Pada umumnya software adalah sebuah kebutuhan yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti untuk mengedit video, mengedit foto, bahkan saling bertukar pesan pun kamu membutuhkan software. 

Apakah kamu tertarik untuk membahas software lebih lanjut? Tenang, kamu sudah memilih artikel yang tepat karena DomaiNesia akan membahas tuntas mengenai software mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga contoh software yang menjadi kebutuhan. Simak hingga akhir ya untuk tau lebih jauh!

software adalah
Sumber: Envato

Apa itu Software?

Software atau perangkat lunak adalah program aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas. Lebih detailnya software adalah kumpulan dari berbagai perintah yang selanjutnya dijalankan pada sistem komputer. Dalam pembuatannya, software ini dikembangkan oleh seorang developer menggunakan bahasa pemrograman tertentu atau bahkan gabungan dari beberapa kode yang kemudian dikompilasi oleh aplikasi kompilasi agar menghasilkan kode yang bisa dibaca oleh sistem komputer. 

Dinamakan perangkat lunak karena tidak berwujud secara fisik namun bisa dioperasikan. Ternyata peran software itu sangat besar loh DomaiNesian! Jika kamu tidak memiliki software pada komputer mu maka kamu tidak akan bisa menjalankan perintah dan berkomunikasi dengan komputer milikmu. Bisa dikatakan bahwa software adalah nyawa dari komputer atau laptop. Lalu apa fungsi lain dari software? Ingin tahu lebih dalam? Yuk lanjut kita bahas pada poin selanjutnya.

Fungsi Software Adalah…

Setelah mengetahui apa itu software dari segi pengertian dan bahkan kita sudah sedikit membahas fungsi software. Namun masih banyak fungsi lain dari software yang harus kamu ketahui juga. Jangan cuma pakai software aja ya namun kamu harus memahami fungsi software itu.

  1. Fungsi software adalah sebagai kebutuhan utama agar kamu dapat menjalankan komputer atau laptop. Seperti menyediakan sistem operasi dan berbagai sistem pendukung lainnya.
  2. Selanjutnya, fungsi software adalah bisa menjadi penghubung antara software dengan hardware di komputer. 
  3.  Tidak hanya itu,fungsi software ini juga dapat kamu gunakan dalam mengidentifikasi sebuah program di dalam komputer.
  4. Software juga dapat berfungsi sebagai penerjemah perintah pada software lain yang ada dalam bahasa mesin. Dengan begitu, hardware pada komputer pun bisa mengerti dan menjalankannya dengan baik.
  5. Terakhir, fungsi software adalah mengatur kinerja hardware yang terdapat di dalam komputer agar bisa berjalan secara maksimal sesuai dengan kebutuhan.

Lalu Apa Ciri-Ciri Software?

Software sendiri memiliki ciri-ciri khusus seperti:

1. Sebagai Perangkat “Pembantu “Perangkat keras.

Software adalah perangkat yang membantu untuk mengolah dan memastikan hardware bekerja sesuai dengan tugas dan tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pengguna. 

2. Terdapat File Installer Untuk menginstall software tersebut

Sebelum menggunakannya, kamu membutuhkan installer untuk memasang software tersebut pada komputer milikmu. Nah kamu bisa mengunduhnya dari berbagai website resmi aplikasi tersebut atau melalui App Store atau Play Store.

3. Mudah terjangkit Virus komputer

Ciri-ciri software yang paling utama yaitu mudah terjangkit virus dari berbagai sumber baik saat kamu mengunduh atau saat kamu berinternet. Untuk mencegah itu kamu harus memasang anti virus terbaik agar komputer dan data yang ada di dalamnya dapat terlindungi. 

4. Bersifat Open Source, Freeware, Shareware atau Commercial

Software memiliki berbagai sifat. Nah ini menjadi ciri-ciri software. Untuk penjelasannya lebih lanjut, DomaiNesia akan menjelaskan pada poin berikutnya.

software adalah
Sumber: Envato

Berbagai Macam Jenis Software

Jenis software ternyata masih terbagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu jenis software berdasarkan fungsinya dan juga jenis software berdasarkan distribusinya. 

Jenis Software Berdasarkan Fungsinya

Semakin berkembangnya zaman membuat software semakin beragam dan memiliki berbagai jenis dengan tujuan tertentu. Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi 3 yaitu sistem operasi, bahasa pemrograman, dan program aplikasi. Apakah ketiganya berbeda? Simak penjelasannya.

1. Sistem Operasi

Pertama, jenis software adalah sistem operasi yang berupa sistem yang mampu menghubungkan berbagai perangkat lunak dengan kebutuhan perangkat keras untuk memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan hardware atau komputer. Kehadirannya sangat berpengaruh terhadap komputer kamu loh! Jika dianalogikan seperti ini, motor tidak akan berjalan jika tidak ada bensin pun begitu sebaliknya. 

Nah itu lah pentingnya sistem operasi bagi komputer kamu. Fungsi dari sistem operasi ternyata juga beragam seperti memory management, device management, file management, dan juga processor management. Contoh software sistem operasi yang ada saat ini seperti Mac OS, Microsoft Windows, UNIX, dan Linux.

2. Bahasa Pemrograman

Berikutnya, jenis software adalah bahasa pemrograman atau programming language. Mungkin bagi kamu yang bekerja pada perusahaan IT sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. 

Yups, bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh pengembang aplikasi untuk menyusun sebuah kode yang nantinya akan dikompilasi oleh compiler yang kemudian kode tersebut dapat dibaca oleh sistem komputer sehingga susunan kode tersebut bisa dieksekusi. 

Contoh software bahasa pemrograman yang tersebar saat ini seperti HTML, Java, Javascript, PHP, C#, C++, Css, dan masih banyak lagi. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya?

3. Program Aplikasi

Program aplikasi dikenal dengan sebutan software aplikasi, software, atau aplikasi. Nah untuk jenis software yang satu ini pasti kamu jumpai bahkan kamu gunakan sehari-hari. Program aplikasi adalah jenis software yang ditujukan untuk melayani kebutuhan pengguna secara langsung berdasarkan tujuannya masing-masing. Ada berbagai jenis program aplikasi seperti.

  • Contoh software untuk menjelajahi internet kamu bisa menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, dan Microsoft Edge.
  • Contoh software untuk melakukan komunikasi kamu bisa menggunakan Telegram, Discord, dan juga Whatsapp.
  • Contoh software untuk menyusun dokumen kamu bisa menggunakan LibreOffice, Microsoft Office, Apache OpenOffice, dan WPS Office.
  • Contoh software untuk mengedit foto kamu bisa mencoba Adobe Photoshop, Photo Pos Pro, dan Adobe Lightroom.

    software adalah
    Sumber: Envato

Jenis Software Berdasarkan Distribusinya

Jika berdasarkan distribusinya, software juga masih terbagi menjadi beberapa bagian yang harus kamu tau. Apa saja? Ini dia jenis software berdasarkan distribusinya.

1. Freeware

Pertama, jenis software adalah Freeware  yang bisa diperoleh secara gratis yang dapat diunduh dan digunakan tetapi mempunyai batasan hak pencipta. Batasan tersebut biasanya berupa larangan untuk memodifikasi atau bahkan tidak boleh digunakan untuk komersial. 

Sebagian jenis software satu ini tidak cukup sempurna bila digunakan. Contoh software ini seperti GOM Player, Opera, Foxit Reader, Dev C++, Free PDF Compressor, dan masih banyak lagi. 

2. Malware

Malware adalah jenis perangkat lunak yang berbahaya jika disalahgunakan pasalnya  tujuan diciptakannya yaitu untuk memasuki dan terkadang merusak sistem komputer, jaringan, atau server secara diam-diam. Malware terdiri dari berbagai jenis seperti virus, Worm, Ransomware, dan yang lainnya.

3. Firmware

Firmware adalah jenis software yang menyediakan kontrol dari yang paling bawah hingga ke hardware. Singkatnya firmware berfungsi untuk mengontrol perangkat keras. Contoh software ini ada 2 yaitu BIOS dan juga EFI.

4. Opensource

Dari namanya saja kita sudah terbayang bahwa software jenis ini memiliki kode yang bisa diakses oleh siapa saja. Bahkan kode tersebut bisa kamu kembangkan, modifikasi, dan mendistribusikannya kembali baik untuk hobi atau keperluan komersial tanpa harus membayar sepeserpun. 

Aplikasi atau software open source dibuat oleh seorang atau kumpulan programer di seluruh dunia dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus, dan diunggah pada repository tertentu yang bertujuan untuk menghubungkan dan menyebarluaskan aplikasi atau kode pemrograman yang sudah dikembangkan. Contoh software open source ini banyak sekali loh DomaiNesian, berikut contoh software tersebut.

  • Sistem operasi yang berlisensi open source seperti UNIX, Linux, dan berbagai produk turunannya.
  • Software grafis yang berlisensi open source, contoh software ini yaitu Digikam, GIMP, InkScape, dan Abhishek’s GLIMPSE.
  • Software pengolah kata berlisensi open source, contoh software tersebut seperti LibreOffice dan OpenOffice.

5. Shareware

Shareware adalah jenis aplikasi yang bisa dibagikan. Lengkapnya shareware adalah software yang dibagikan, di download, dan digunakan oleh pengguna secara gratis, namun hanya berlaku dalam periode tertentu atau ada batas waktunya. 

Jika penggunanya merasa cocok dan membutuhkan software tersebut berarti pengguna harus membayar jika ingin menggunakannya lagi. Contoh shareware seperti Winrar, Microsoft Windows, Internet Download Manager, dan juga Norton Antivirus.

6. Spyware

Spyware adalah software yang diinstal secara diam-diam oleh hacker dan digunakan untuk memantau perilaku online korban. Software ini dapat memonitor segala aktivitas internet korban mulai dari kebiasaan berinternet, melacak login, merekam tombol yang ditekan user, sampai memata-matai informasi sensitif. Jenis spyware seperti Keyloggers, Password Stealers, Infostealers, dan Banking Trojans.

7. Adware

Terakhir, Berdasarkan distribusinya contoh software adalah Adware. Adware adalah singkatan dari advertising-supported software. Tujuan software ini dirancang yaitu untuk mendistribusikan iklan online secara otomatis ke dalam user interface sebuah software atau screen milik user. Saat ini adware kerap dijadikan sebagai lahan untuk mencari penghasilan melalui metode Pay Per Click.

software adalah
Sumber: Envato

Jadi Sudah Paham Apa itu Software?

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa software adalah program yang bisa memudahkan kebutuhan penggunanya untuk mengoperasikan komputer. Software adalah hal vital yang harus dimiliki oleh komputer, laptop, bahkan smartphone milikmu. 

Jika tidak ada software maka kamu tidak bisa menggunakan berbagai perangkat tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu harus menginstall berbagai jenis software sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan juga untuk menambahkan anti virus agar sistem di komputer dan juga data di dalamnya tetap aman.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Je
September 15, 2022

Wah artikel ini sangat membantu untuk mencari situs belajar javascrip online, dan juga dilengkapi dengan daftar untuk pemula, tingkat menengah, tingkat lanjut. Selain itu juga setiap daftar juga ada penjelasannya. Terima kasih kak atas rekomendasinya.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!