Mudahnya Hidup di Era Digital

Hi DomaiNesians! Bagaimana rasanya hidup di era digital? Semua serba cepat, mudah dan instan ya! Bagi anak-anak jaman now, internet seakan-akan jadi kebutuhan primer. Mereka banyak menghabiskan waktu di depan smartphone atau komputer daripada melakukan aktivitas diluar ruangan. Mereka dapat dengan mudah mencari informasi di search engine tanpa harus membaca buku. Agar dapat dikenal publik, mereka dapat secara instan menjadi youtubers atau vlogger kemudian disebarkan melalui social media. Hidup di era digital memang seru dan banyak tantangannya. Era digital adalah masa dimana manusia telah melek teknologi dan semuanya serba terkoneksi. Sebenarnya apa itu era digital? Bagaimana sih serunya hidup di era digital?

era digital adalah

Era Digital Adalah

Era digital adalah masa dimana semua manusia dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun salng berjauhan. Kita dapat dengan cepat mengetahui informasi tertentu bahkan real time. Menurut Wikipedia, era digital bisa juga disebut dengan globalisasi. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya yang banyak disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi dan internet.

Mudahnya Hidup di Era Digital

Berikut ini ada beberapa hal yang menunjukkan mudahnya hidup di era digital saat ini:

1. Mudahnya Berkomunikasi

Dikutip dari New York Times, Thomas L Friedman dalam The World is Flat membagi globalisasi kedalam 3 tahapan yaitu globalisasi 1.0, globalisasi 2.0 dan globalisasi 3.0. Nah, sekarang ini kita telah memasuki era globalisasi 3.0 dimana kehidupan manusia dikelilingi oleh teknologi digital. Semua manusia saling terhubung dengan adanya internet.

era digital adalah

Sumber: Pexels

Apalagi dengan munculnya email dan social media seperti sekarang ini.

Kita bisa kirim surat melalui email secara cepat,
Kita bisa menyebarkan informasi kepada khalayak ramai via twitter dan instagram,
Bisa saling bertegur sapa dengan teman lama melalui Facebook,
Kita bisa mengirimkan kabar dengan keluarga via video call di Line ataupun Whatsapp,
dan sebagainya.
Semua seakan terhubung tanpa ada batasan waktu dan wilayah.

2. Mobile dan Fleksibel

Era digital adalah masa di mana semua serba mudah dan tidak ada batasannya. Kamu bisa mengerjakan apapun secara mobile. Bahkan sekarang ini ada banyak sekali event yang tidak mengharuskan pesertanya datang. Hanya butuh media online, mereka bisa melakukan segala sesuatu dengan mudah.

era digital adalah

Sumber: Udemy

Ada banyak online course yang bisa kamu ikuti, bahkan ada beberapa universitas yang menyediakan fasilitas kuliah online. Mahasiswa tidak perlu berkumpul di suatu kelas mendengarkan penjelasan dosen. Mereka hanya perlu akses internet dan suatu sistem informasi agar mereka bisa bercengkrama layaknya suatu kelas perkuliahan. Jika ingin melakukan diskusi, kamu bisa manfaatkan Google Hangout.

Di bidang ekonomi dan perbankan, kamu bisa menggunakan Virtual Account untuk melakukan pembayaran. Begitu pula ketika melakukan order hosting murah dan domain di DomaiNesia. Kamu bisa gunakan fitur Virtual Account. Mudah, simpel dan tanpa harus melakukan konfirmasi pembayaran.

3. Internet Lebih Berkuasa daripada Pulsa

Bener nggak kalau kamu lebih mending kehabisan pulsa daripada kehabisan paket data? Di jaman sekarang ini, internet lebih berkuasa daripada pulsa. Era digital adalah salah satu tanda kemajuan internet. Anak jaman now bahkan lebih memilih tidak makan daripada tidak ada akses internet. Jika paket data habis, mereka akan cenderung mencari koneksi wifi untuk melakukan segala aktivitas. Social media dan game online sudah menjadi gaya hidup.

era digital adalah

Sumber: Pexels

4. Mudahnya Berbelanja

Bagi kamu yang suka berbelanja, sepertinya hidup di era digital adalah surga dunia. Kamu bisa memilih barang tanpa harus repot pergi ke toko atau ke mall. Cukup bermodalkan smartphone atau layar laptop serta internet, kamu bisa memilih barang sesuai kebutuhan. Dari mulai kebutuhan pokok, fashion, souvenir, bayar listrik, bayar pulsa, bayar tiket kereta, bayar paket data sampai dengan membeli game online. Kamu bisa pilih barang dan harga sesuai kondisi dompet. Untuk proses pembayarannya juga mudah. Kamu tidak harus memiliki uang dalam bentuk cash jika ingin berbelanja produk mahal. Cukup transfer saja sesuai nominal, dan barang akan langsung diantar ketempat.

5. Nggak Perlu Ribet

Hidup di era digital, takut tersesat? Hmmm…. mungkin kamu belum kenal yang namanya teknologi GPS. Sekarang ini, kamu bisa bepergian kemanapun tanpa harus takut tersesat dengan menggunakan aplikasi GPS seperti Google Maps. Kamu hanya perlu mengikuti rute yang ditunjukkan dalam aplikasi. Kamu juga bisa menentukan perkiraan waktu tempuh, rute terdekat, serta memilih jalan mana yang mengalami kemacetan. Kamu juga bisa mencari fasilitas publik terdekat seperti pom bensin, ATM, restaurant dan sebagainya.

era digital adalah

Sumber: Pexels

Untuk alat transportasi, sekarang hadir berbagai ojek online dan taksi online. Era digital adalah salah satu masa dimana orang berbekal smartphone bisa langsung memanggil ojek. Orang tua tidak perlu repot ketika harus meluangkan waku untuk menjemput anak sekolah. Anak kos tidak perlu jalan jauh menuju kampus jika tidak memiliki kendaraan.

6. Cashless

Pernah pergi ke mall tapi nggak bawa duit cash? Tenang saja! Di era digital ini, kamu bisa menggunakan debit, e-money dan kartu kredit. Hanya dengan “gesek” saja, kamu sudah bisa mendapatkan barang impian. Sedang liburan di luar kota? Ada tagihan listrik yang belum dibayar? Ingin telepon orang tetapi nggak ada pulsa? Tenang saja! Kamu bisa selesaikan pekerjaan kamu dengan bantuan mobile banking atau internet banking. Selama ada koneksi internet, pekerjaan kamu bakalan beres! Ingin berdonasi? Sekarang ini ada banyak aplikasi crowdfunding yang bisa digunakan.

era digital adalah

Sumber: Pexels

7. Ingin Jadi Artis? Gampang!

Kalau dulu, kamu harus melalui beberapa step untuk mendapatkan peran disuatu film ataupun sinetron. Kamu harus mengikuti beberapa audisi untuk menambah pengalaman seperti audisi gadis sampul, kompetisi model hingga casting mengalahkan ribuan orang. Sekarang, kamu bisa populer hanya dengan memiliki channel Youtube. Fenomena inilah yang mulai menjamur saat ini dikalangan pemula. Yes, vlog! Siapa yang tidak kenal dengan vlog! Hampir semua anak milenial sekarang mulai merambah dunia vlog. Dikutip dari Wikipedia, vlog atau video blogging adalah suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio dengan menggunakan berbagai piranti seperti kamera ponsel, kamera digital ataupun drone.

era digital adalah

Hidup di era digital memang seru dan serba mudah. Karena kemudahan inilah, kita harus bijak dalam menentukan setiap langkah ya DomaiNesians! Kalian punya cerita menarik tentang serunya hidup di era digital? Coba deh ceritakan pengalaman kamu dalam kompetisi blog yang diadakan oleh DomaiNesia. Menangkan total hadiah sebesar Rp20.000.000. Untuk info selengkapnya, bisa cek https://www.domainesia.com/lombadomainesia/.

Salam,

Tim DomaiNesia

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!