• Home
  • Berita
  • Apa itu Hardware ?Fungsi, contoh, penjelasan detailnya

Apa itu Hardware ?Fungsi, contoh, penjelasan detailnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Di era yang modern ini, tentu kamu tak asing lagi dengan istilah software. Namun kamu tahu tidak selain software, dalam dunia teknologi juga ada istilah hardware. Dalam arti terminologi, software artinya perangkat lunak sedangkan hardware adalah perangkat keras. Kedua perangkat ini saling melengkapi untuk bisa menghasilkan kinerja komputer yang optimal.

Apa Itu Hardware

Apa itu hardware? Hardware adalah Perangkat keras atau elemen yang mewakili semua komponen fisik mesin. Sederhananya, jika kamu dapat melihat dan menyentuhnya, itu adalah perangkat keras. Jika tidak, maka itu adalah perangkat lunak. Tapi itu baru permulaan cerita tentang pengertian hardware. Ada beberapa jenis komponen perangkat keras. Mengetahui komponen mana yang termasuk dalam kategori apa terbukti cukup berguna saat kamu memeriksa komputermu. 

Setiap perangkat keras komputer atau hardware adalah objek fisik. Itu dapat dibuat dari bahan yang berbeda, memiliki dimensi atau bentuk tertentu, dan melayani berbagai tujuan. Namun, selama itu nyata dan merupakan bagian dari sistem komputer, itu dianggap sebagai perangkat keras. Perangkat keras juga dapat dipandang sebagai lawan langsung dari segala sesuatu yang dianggap sebagai perangkat lunak. 

Perangkat lunak, menurut definisi, tidak berwujud dan tidak memiliki komponen fisik dan hanya ada sebagai data digital. Istilah ini mengacu pada sistem operasi komputer kamu misalnya, browser internet, dan bahkan popup “Perangkat keras baru ditemukan” yang didapatkan pengguna saat perangkat baru dicolokkan ke komputer. 

Secara alami, perangkat keras dan perangkat lunak komputer berjalan seiring. Tidak ada yang bisa menjalankan fungsinya tanpa yang lain. Jelas bahwa tidak semua komponen perangkat keras sama. Tidak ada yang akan mengatakan bahwa mouse komputer dan kartu grafis atau GPU sama. Ini karena perangkat keras hadir dalam beberapa jenis berdasarkan letak dan tujuannya.

Fungsi Hardware

Setiap bagian yang menyusun komputer memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi hardware terbagi menjadi empat yaitu sebagai input, output, tempat penyimpanan, dan tempat memproses. Fungsi tersebut akan dijelaskan pada penjelasan dibawah ini

Memberi Input

Sebagai komponen fisik, hardware memiliki fungsi sebagai pemberi input. Artinya memasukkan input berupa action, perintah, dan data yang akan diproses pada tahap selanjutnya. Contohnya adalah keyboard, mouse, scanner, dan lainnya.

Mengeluarkan Output 

Fungsi lainnya adalah sebagai output yang menjadi feedback untuk pengguna. Output ini dapat berupa keluaran suara dan display atau yang lainnya. Contoh adalah monitor, speaker, printer, dan yang lainnya.

Menyimpan Data

Selain fungsi input dan output, hardware adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai alat menyimpan data. Penyimpanan data dapat bersifat sementara maupun permanen. Contohnya adalah hardisk, SSD, dan RAM.  Di dalam penyimpanan online seperti penyimpanan hosting juga menggunakan hardware penyimpanan data seperti SSD dan HDD 

Memproses Data

Fungsi yang terakhir adalah sebagai media pemrosesan. Setelah terdapat input yang masuk, maka data tersebut akan diproses. Contohnya adalah Central Processing Unit (CPU) dan Graphics Card (GPU).

hardware adalah
Sumber: Freepik

Contoh Hardware Adalah

Pada bagian ini kamu akan mengetahui beberapa contoh hardware yang sering atau umum digunakan pada komputer atau laptop. Contoh ini akan dibedakan menjadi dua bagian, yaitu berdasarkan letak dan kegunaannya. 

Berdasarkan Letak

Internal Hardware

Bagian perangkat keras internal adalah apapun komponen fisik yang berada di dalam komputer. Beberapa yang termasuk adalah:

  • Motherboard 
  • Central processing unit (CPU) 
  • RAM (computer memory) 
  • Internal hard drives like HDDs and SSDs 
  • Disk drives – CD, DVD, Blu-ray, and the long-extinct floppy drive 
  • Graphics card (GPU) 
  • Sound processing card 
  • Power supply unit 
  • Network and modem units
  •  Cooling fans and heat sinks

External Hardware

Komponen eksternal terdapat di luar casing komputer, misalnya:

  • Monitor 
  • Keyboard 
  • Mouse 
  • Speakers 
  • Printer 
  • Scanner 
  • Joysticks, gamepads, and other gaming controllers 
  • Microphone 
  • Headset 
  • USB flash drive
  •  External variants of internal components like storage devices or disk drives

Berdasarkan Kegunaan

Selanjutnya adalah contoh hardware jika dikategorikan berdasarkan kegunaannya. Beberapa hardware penting dan kegunaannya adalah sebagai berikut ini:

Motherboard

Motherboard mewakili koneksi utama antara semua komponen perangkat keras lainnya. Ini adalah papan sirkuit tercetak yang memungkinkan informasi untuk diteruskan ke dan dari unit penting lainnya sehingga mereka dapat menjalankan fungsinya dengan benar.

hardware adalah
Sumber: Freepik

Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah otak komputer. CPU adalah chip kecil dengan kekuatan besar yang memproses perintah masuk dan keluar. Contoh kecilnya adalah misal seorang pengguna memutuskan untuk membuka dokumen di pengolah kata mereka. Mereka menemukan folder dan mengklik ikon dokumen, dan tak lama kemudian, halaman tersebut muncul di layar. Meskipun ini adalah tindakan sederhana, ini hanya dimungkinkan oleh CPU yang terus bekerja di latar belakang.

Graphic Card (GPU)

Tujuan dari GPU agak mirip dengan CPU. Namun, saat CPU memproses setiap tugas, GPU dikhususkan untuk grafis. Di sini, penting untuk membuat satu perbedaan penting. Pada awalnya  GPU hanya untuk rendering 3D namun belakangan, unit-unit ini menjadi lebih berkembang dan serbaguna.

Penyimpanan Utama (Primary Storage)

Penyimpanan utama biasanya disebut “memori”, sedangkan jenis lainnya hanya disebut “penyimpanan”. Saat berbicara tentang memori, dapat mengacu pada komponen yang menyimpan data yang diperlukan agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Secara khusus, ini adalah cache CPU dan RAM. 

Memori cache adalah penyimpanan data sementara yang didedikasikan untuk CPU. Ini menyimpan informasi yang diperlukan untuk unit pemrosesan untuk melakukan tugas antriannya. Untuk itu, unit cache seringkali diintegrasikan ke dalam prosesor atau ditempatkan sangat dekat dengan motherboard.

RAM (Random Access Memory) jauh lebih luas daripada cache. Itu menyimpan semua data yang diperlukan untuk menjalankan program, itulah sebabnya aplikasi tertentu membutuhkan RAM dalam jumlah besar. Begitu juga di server membutuhkan hardware RAM ini, bedanya untuk penyimpanan online 

Secondary Storage

Secondary storage  tidak menyediakan akses CPU langsung. Sebagai gantinya, ketika file data dari penyimpanan ini perlu digunakan, ini ditarik ke dalam memori, yaitu penyimpanan utama. Kategori ini mencakup perangkat penyimpanan yang lebih banyak dikenal seperti hard disk drive dan solid state drive.

Seperti halnya penyimpanan online seperti cloud server, secondary storage sangat dibutuhkan untuk melakukan backup dari data utama, oleh sebab menjadikan penyimpanan cloud tidak pernah terjadi downtime. sama halnya dengan cloud hosting domaiNesia yang memiliki secondary backup hingga 3x replikasi

hardware adalah
Sumber: Freepik

Hard disk drive (HDD) terdiri dari piringan dan lengan logam yang dilapisi secara magnetis yang dirancang untuk membaca dan menulis data. Semua ini ditempatkan di dalam casing kedap udara. 

Solid state drive (SSD), di sisi lain, tidak menampilkan bagian yang bergerak. Sebaliknya, SSD menggunakan sistem yang berbeda – penyimpanannya dirancang serupa dengan memori RAM atau stik USB.

Hardware Adalah Komponen Komputer Yang Penting

Itulah penjelasan mengenai hardware komputer. Hardware adalah komponen penting dalam sebuah komputer. Apa itu hardware? Perangkat keras atau hardware adalah elemen yang mewakili semua komponen fisik mesin. Sederhananya, jika kamu dapat melihat dan menyentuhnya, itu adalah perangkat keras. Secara alami, perangkat keras dan perangkat lunak komputer berjalan seiring. Tidak ada yang bisa menjalankan fungsinya tanpa yang lain. Semoga penjelasan mengenai hardware ini dapat bermanfaat ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds