• Home
  • Berita
  • Mengganti Hostname Dengan Mudah di Cloud VPS

Mengganti Hostname Dengan Mudah di Cloud VPS

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Mengganti Hostname – Buat kamu pengguna Cloud VPS pasti kamu tidak asing lagi dengan istilah hostname. Mengapa begitu? Karena ketika mengakses Cloud VPS dengan SSH melalui Terminal atau PuTTy pastilah muncul hostname setiap akan memberikan perintah. Nah, namun untuk sebagian orang yang belum begitu mengenal Cloud VPS atau server mungkin akan bingung apa itu hostname. Mungkin orang jika melihat kata “hostname”, yang muncul di pikiran merupakan bagian dari nama. Walaupun tidak tahu nama apa yang dimaksud. Nah, yuk mengenal definisi dan fungsi hostname hingga cara mengganti hostname di Cloud VPS!

Apa itu Hostname?

Menurut Wikipedia, Hostname adalah nama yang ditetapkan ke perangkat komputer yang terhubung ke jaringan internet dan digunakan untuk mengidentifikasi terjadinya komunikasi, seperti mengakses www. Mudahnya hostname adalah nama yang diberikan untuk komputer yang terhubung dengan internet. Komputer yang dimaksud bukan hanya bentuk komputer seperti pada umumnya, namun bisa berbentuk server atau Cloud VPS.

Sumber: Freepik

Fungsi Hostname Pada Cloud VPS

Lalu, apa fungsi hostname pada Cloud VPS ? Hostname berfungsi untuk memudahkan kamu dalam mengenali perangkat yang ada di jaringan. Jika ada hostname maka kamu tidak perlu lagi mengingat IP Address suatu perangkat. Misalnya kamu memiliki Cloud VPS dengan IP Address 104.12.11.10. Kamu akan kesulitan bukan jika mengingat Ip Address itu? Nah maka dari itu kemudian IP Address tadi diberikan hostname misalnya rinary2. Di Cloud VPS DomaiNesia, hostname Cloud VPS akan ditampilkan pada dashboard di sebelah kiri atas.

hostname

Baca Juga : Cara Menggunakan Cloud VPS Untuk Pemula

Cara Melihat Hostname di Cloud VPS

Seperti yang dijelaskan tadi, apabila kamu menggunakan Cloud VPS DomaiNesia, hostname Cloud VPS akan ditampilkan secara langsung di dashboard. Selain itu kamu juga bisa melihatnya dengan cara yang lain yaitu masuk ke dalam Terminal atau PuTTy kemudian jalankan perintah di bawah ini. Maka kamu akan tahu hostname Cloud VPS kamu.

Cara Mengganti Hostname di Cloud VPS

Bisa tidak jika saya ingin mengganti hostname Cloud VPS? Tentu Bisa! Ada 3 cara mengganti hostname di Cloud VPS yaitu menggunakan perintah hostname, perintah hostnamectl, dan mengedit file /etc/hostname. Penjelesan dari ketiga cara tadi dijelaskan secara detail pada panduan Cara Mengganti Hostname di Cloud VPS.

Selain mengganti hostname, ada beberapa pengelolaan yang bisa kamu lakukan sebagai pemula. Silahkan baca artikel 3 Cara Menggunakan SSH Untuk Pemula.

Kesimpulan

Jadi sekarang kamu tidak perlu bingung kalo ditanya tentang hostname. Hostname merupakan nama suatu komputer dalam jaringan. Dengan adanya hostname, kamu bisa mengenal komputer lain yang ada di dalam satu jaringan seperti Cloud VPS. Buat kamu yang belum punya Cloud VPS dan tertarik untuk keperluan bisnis, pilihkan Cloud VPS terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan bisnismu. Sedangkan buat kamu yang menggunakan VPS dari provider lain dan tertarik dengan teknologi Cloud VPS DomaiNesia, kamu bisa lakukan migrasi. Silahkan baca panduan Cara Migrasi ke Cloud VPS DomaiNesia.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!