Cara Menggunakan VPS Untuk Pemula

Hi DomaiNesians! Salah satu hal paling mendasar sebelum berkutat dengan konfigurasi VPS yaitu cara menggunakan VPS itu sendiri. Bagaimana mau konfigurasi kalau belum bisa mengaktifkan VPS? Oke, untuk itu pada panduan ini akan dijelaskan mengenai cara menggunakan VPS untuk pemula. Yuk marii…

Sekilas Tentang VPS

VPS sering juga disebut Virtual Server atau VM. Pada dasarnya VPS ini merupakan komputer server yang cara kerjanya sama seperti komputer biasa. Perbedaannya, VPS memiliki spesifikasi hardware yang tinggi dan memiliki performa yang mumpuni. Apa perbedaannya dengan Hosting biasa? Silahkan cek di Perbedaan VPS dan Hosting. Pada VPS, anda dapat memilih sistem operasi yang anda inginkan. Tentunya sistem operasi berbasis Linux ya. Mengapa? Hal ini dikarenakan Linux sudah terbukti handal untuk menjadi sistem operasi dalam server baik dari segi performa maupun security. Oiya, ketika pertama kali order maka anda akan mendapatkan server kosongan. Artinya, virtual server belum terinstall apapun. Anda dapat melakukan instalasi sistem operasi, cPanel, Webuzo, Webmin dan sebagainya sesuai keinginan. Untuk mengakses VPS, dapat melalui akses SSH atau melalui VNC.

Cara Menggunakan VPS Untuk Pemula

Ketika telah selesai melakukan order dan melunasi tagihan VPS di DomaiNesia, maka anda akan menemukan nama VM (hostname) dalam dashboard client area (my.domainesia.com). Nama VM atau Hostname ini didapatkan ketika melakukan order Virtual Server. Adapun cara ordernya silahkan baca Cara Order Virtual Server.

Step 1 – Memilih Virtual Server

Langkah pertama, silahkan masuk ke browser dan tuliskan http://my.domainesia.com. Anda akan dibawa ke halaman client area. Silahkan klik menu Services pada bagian sebelah kiri. Pada Menu Services, terdapat beberapa layanan yang telah anda order. Untuk layanan VPS, akan berada pada kolom VM. Pada kolom VM terdapat hostname beserta ukuran VPS.

cara menggunakan vps untuk pemula

Step 2 – Start Virtual Server

Inilah salah satu perbedaan VPS dengan Hosting. VPS dapat anda aktifkan dan nonaktifkan sesuka hati. Selain itu, sistem operasi pada VPS juga dapat anda ubah sesuai keinginan. Pada tab Overview, untuk memilih sistem operasi terlihat pada nomor 1. Nah untuk menghidupkan VPS, terdapat pada bagian nomor 2.

cara menggunakan vps untuk pemula

Pada bagian nomor 2, terdapat beberapa tombol yang bisa anda pilih. Ketika VPS dalam keadaan mati, maka akan berstatus Offline seperti terlihat pada bagian nomor 3. Agar Virtual Server (VPS) anda siap untuk digunakan, silahkan klik tombol start/stop.

cara menggunakan vps untuk pemula

Setelah anda klik tombol start/ stop, silahkan tunggu sebentar hingga muncul tulisan “The VPS was start successfully”. Apabila muncul tulisan tersebut silahkan klik OK. Dan VPS anda telah berstatus Online.

cara menggunakan vps untuk pemula

Untuk mengeceknya, silahkan ping IP Address VPS menggunakan command prompt/ terminal. Apabila muncul seperti gambar berikut, maka VPS anda berhasil dihidupkan. Anda dapat meremote VPS via SSH menggunakan PuTTy atau terminal linux. Adapun panduan SSH, silahkan baca Cara Akses SSH Menggunakan PuTTy/ Terminal Linux.

cara menggunakan vps untuk pemula

Step 3 – Stop VPS

Cara kerja stop VPS ini seperti ketika anda melakukan shutdown. Jadi, server memiliki waktu/ proses untuk menyelesaikan task. Anda dapat menghidupkan dan mematikan layanan VPS sesuka hati tanpa harus membuat server mati total. Untuk melakukan stop VPS, silahkan klik tombol stop.

Cara Restart VPS

Anda juga dapat melakukan restart VPS lho. Caranya yaitu silahkan klik Tombol Restart. Tunggu sebentar hingga VPS selesai melakukan restart.

cara menggunakan vps untuk pemula

Cara Mematikan VPS

Untuk mematikan total VPS, silahkan klik Tombol Power Off. Ketika VPS dalam keadaan mati total maka anda tidak dapat melakukan apapun terhadap server seperti layaknya mati listrik. Untuk menghidupkannya kembali silahkan klik Tombol Power Off kembali. Apabila tombol power off pada VPS di klik, ada kemungkinan ada data loss(hilang) karena data yang ada di ram belum di flush ke hdd/ssd.

Closing

Cara menggunakan VPS untuk pemula sebenarnya hampir sama ketika menggunakan komputer biasa. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan VPS, silahkan klik tombol start/ stop. Untuk melakukan restart, silahkan klik tombol restart. Dan ketika ingin mematikan VPS, silahkan klik tombol power off. Pengen tahu apa saja yang ada di panel VPS? Yuk cek Panduan Konfigurasi Dasar VPS. Salam DomaiNesia!

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles