Konfigurasi Dasar Cloud VPS

Oleh Mutiara Auliya

Konfigurasi Dasar Cloud VPS – Cloud VPS atau Cloud Server bisa jadi pilihan kamu ketika hosting sudah tidak sesuai lagi. Hosting dan Cloud VPS memang berbeda penggunaannya. Di Hosting, kamu memiliki keterbatasan untuk mendeploy suatu website yang memang membutuhkan resource tinggi. Seperti untuk membuat kelas online menggunakan Moodle. Akan tetapi kamu lebih leluasa jika menggunakan Cloud VPS. Namun sebagai pemula, untuk mengelola Cloud VPS mungkin agak sedikit merepotkan ya. Tenang, berikut ini ada beberapa konfigurasi dasar Cloud VPS DomaiNesia yang dapat kamu pelajari.

Konfigurasi Dasar Cloud VPS

Hi DomaiNesians! Panduan kali ini akan membahas lebih dalam tentang Cloud VPS atau Cloud Server. Pada panduan terdahulu sudah dijelaskan apa itu Cloud VPS, kegunaan Cloud VPS, perbedaannya dengan hosting, Cloud VPS terbaik dan sebagainya. Bagi anda yang belum tahu, silahkan baca Yuk Mengenal Virtual Server! DomaiNesia menggunakan Cloud VPS berjenis KVM. Tipe KVM ini merupakan bentuk virtualisasi paling efisien karena aktivitas dari satu Cloud VPS tidak akan berpengaruh terhadap Cloud VPS yang lain dalam satu Hypervisor. Kemudian, setiap user memiliki RAM dan CPU nya masing- masing. Sehingga kinerja masing masing Cloud VPS tidak akan mengganggu aktivitas Cloud VPS lain. Ingin tahu keunggulan lainnya? Silahkan cek Apa itu Virtualisasi KVM. Bagi para pemula, terkadang sering dilanda kebingungan bagaimana cara menggunakan Cloud VPS. Apakah sama dengan Hosting? Apakah ada panel dashboard seperti cPanel Hosting? Hmm… Yuk simak konfigurasi dasar Cloud VPS berikut ini.

Untuk mengakses Cloud VPS, silahkan kunjungi my.domainesia.com. Kemudian klik menu Services pada bagian sebelah kiri. Pada Menu Services, terdapat beberapa layanan yang telah anda order. Untuk layanan Cloud VPS, akan berada pada kolom VM. Sedangkan untuk mengakses panel Cloud VPS, silahkan klik hostname tersebut.


Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman panel Cloud VPS. Terdapat 4 tab yang bisa anda pilih. Tab Overview, Upgrade, Billing, dan Addons.

Tab Overview

Panel Cloud VPS ini berbeda dengan cPanel pada Hosting lho. Panel ini hanya digunakan untuk mempermudah anda dalam mengelola apa saja yang ingin diinstall di Cloud VPS, melakukan reinstall Cloud VPS, melihat traffic, melihat grafik CPU, mengubah hostname dan password, melihat bandwidth, status Cloud VPS, serta melihat history Cloud VPS.
Adapun keterangannya:

        • Nomor 1 : Status Cloud VPS
        • Nomor 2 : Tombol Mengakses Konsol
        • Nomor 3 : Tombol Start
        • Nomor 4 : Tombol Restart
        • Nomor 5 : Tombol Power Off
        • Nomor 6 : Informasi detail Cloud VPS yang digunakan untuk mengelola Cloud VPS, meliputi :
          Summary : Berisi informasi mengenai sistem operasi yang digunakan, kapasitas CPU, memori, dan SSD Disk
          IP Addresses : Berisi informasi alamat IP yang terdiri dari IPv4 dan IPv6
          Access: Berisi informasi yang digunakan untuk mengakses ssh dan Public DNS
          Plan : Informasi jenis Cloud VPS
          Region : Informasi lokasi datacenter
          Created : Informasi tanggal aktivasi produk Cloud VPS
            • Nomor 7 : Panel manajemen Cloud VPS yang bisa kamu kelola dengan mudah tanpa ribet.
              Tab Graph : Monitoring statistik grafik CPU, kapasitas SSD Disk, dan Bandwidth yang digunakan di Cloud VPS

          Tab Access : Terdapat tombol Launch Console yang digunakan untuk membuka koneksi VNC via konsol dan mengakses layar Virtual Machine. Anda dapat menggunakan Mouse dan Keyboard untuk mengontrol Virtual Machine Anda dari jarak jauh (remote)

      Tab Root Password : Jika anda lupa dengan password Cloud VPS, anda bisa mengubah password Cloud VPS dengan mudah. Hanya dengan tuliskan password baru pada kolomNew Root Password dan klik Reset.

Tab Reinstall : Berfungsi untuk melakukan install ulang sistem operasi. Kami menyediakan 5 sistem operasi yaitu Ubuntu, CentOS, Debian, Fedora, dan Opensuse.

Tab History : Melihat history yang anda lakukan di Cloud VPS. Misalnya mengaktifkan CLoud VPS, merestart Cloud VPS, mengganti password Cloud VPS, dan lainnya.

Tab Upgrade

Berfungsi apabila anda ingin melakukan upgrade Cloud VPS.

Tab Billing

Berfungsi untuk mengetahui tanggal kadaluarsa, masa aktif Cloud VPS berserta total yang dibayarkan pada saat order. Untuk melakukan upgrade Cloud VPS, bisa juga langsung klik tombol Upgrade berwarna hijau.

Tab Addons

Berfungsi apabila anda ingin menambahkan opsi upgrade konfigurasi di Cloud VPS.

Cara Menggunakan Cloud VPS

Nah setelah mengetahui menu- menu yang ada di panel Cloud VPS, sekarang saatnya menggunakan Cloud VPS anda. Untuk menggunakan Cloud VPS, silahkan ikuti Panduan Menggunakan Cloud VPS. Langkah pertama yaitu anda harus mengaktifkan Cloud VPS terlebih dahulu seperti pada panduan tersebut.

Kesimpulan

Bagi anda yang baru kenal dengan Cloud VPS, lebih baik kenalan dulu dengan beberapa menu yang ada di panel Cloud VPS. Menu pada Cloud VPS ini dapat anda akses melalui client area (my.domainesia.com). Beberapa menu pada panel dashboard dapat anda gunakan untuk melakukan konfigurasi dasar Cloud VPS. Anda jadi lebih mengerti menu mana yang dipakai jika ingin melakukan remote Cloud VPS, monitoring RAM, SSD Disk, dan Bandwidth, serta mengganti OS dan sebagainya. Tertarik ingin berpindah dari Hosting Murah ke Cloud VPS Indonesia Terbaik? Silahkan cek halaman Cloud VPS DomaiNesia atau langsung hubungi Kami melalui chat via website. Salam DomaiNesia! 🙂

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!