Mengenal Cloud VPS DomaiNesia

Oleh Mutiara Auliya
4.6/5 (10)

Mengenal Cloud VPS DomaiNesia – DomaiNesians pernah mendengar kata Cloud VPS? Hmm kalau VPS pasti sudah sering ya, tapi kalau Cloud VPS mungkin masih jarang mendengar istilah ini. Salah satu Cloud VPS Indonesia yang memiliki keunggulan dengan teknologi modern yaitu Cloud VPS DomaiNesia. Namun, tahukah anda apa itu Cloud VPS? Apa bedanya Cloud VPS dengan VPS dan Hosting? Bagaimana cara order Cloud VPS Indonesia dengan teknologi modern? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Cloud VPS DomaiNesia.

Apa itu Cloud VPS?

Sekilas dari namanya Cloud VPS merupakan pengembangan tingkat lanjut dari server yang tidak nyata atau secara virtual (VPS). Sebelum mengenal lebih dalam, ketahui terlebih dahulu definisi dari VPS. Menurut Wikipedia, Virtual Private Server (VPS) merupakan sebuah server virtual yang dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak akan mempengaruhi hardware server secara langsung. Jadi, VPS sendiri merupakan suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual. Hampir sama ketika anda melakukan instalasi VirtualBox dalam komputer. Bedanya yaitu, sebuah VPS berjalan pada suatu server yang biasa disebut Node/ Hypervisor pada data center. Jadi anda dapat melakukan aktivitas pada VPS full 24 jam dengan akses root (utama). Lantas, sebenarnya Cloud VPS DomaiNesia itu sendiri apa sih? Nah, Cloud VPS DomaiNesia merupakan pengembangan tingkat lanjut dari VPS biasa dengan menerapkan berbagai teknologi Cloud modern. Dengan memanfaatkan tenkologi cloud modern, website yang ada pada Cloud VPS akan memiliki performa yang lebih optimal, cepat, aman, dan stabil.

Baca Juga : Cara Menggunakan Cloud VPS Untuk Pemula

Apa Beda Cloud VPS dengan VPS dan Hosting?

Untuk perbedaan antara Cloud VPS dengan VPS biasa terletak pada teknologi modern yang digunakan di Cloud VPS. Pada VPS biasa belum ada teknologi Cloud modern meliputi High Avaibility, Distributed Storage, dan Scalable. Sedangkan pada Cloud VPS sudah menerapkan ketiga teknologi cloud tersebut. Selain itu, dari sisi letak jalannya server. Cloud VPS akan berjalan di Cluster Server, sedangkan VPS biasa hanya berjalan di Single Server. Hal itu akan akan memberikan performa, skalabilitas, dan ketersediaan/uptime yang lebih optimal diandingkan VPS biasa.
Nah, kalau perbedaan antara Cloud VPS dengan Hosting yaitu pada akses kontrol dan kebutuhan resource dan sistem operasi yang dijalankan. Pada Hosting, anda tidak akan mendapatkan akses root dari server. Apa guna akses root? Akses root merupakan akses utama dari server. Anda dapat melakukan aktivitas apapun tanpa batas ketika anda login dengan username password root. Nah, pada Cloud VPS anda bisa mendapatkan akses kontrol tanpa batas dengan login root ini. Selanjutnya, di Hosting anda tidak dapat memilih ukuran RAM, jumlah core pada CPU, kapasitas penyimpanan SSD maupun bandwidth pada jaringan. Sedangkan pada Cloud VPS dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pada Cloud VPS anda bebas menggunakan sistem operasi (OS) yang digunakan. DomaiNesia menyediakan berbagai OS yang dapat digunakan seperti Ubuntu, CentOS, Debian, Fedora, dan Opensuse.

Apa Kegunaan Cloud VPS?

Cloud VPS tepat saat digunakan pada implementasi seperti Aplikasi Sistem Informasi, Database server, VPN server, Proxy server, Aplikasi E-learning, DNS Server, Email server, Aplikasi Custom (Java, Nodejs, Go, etc), Dedicated cPanel Hosting, Situs dengan trafik tinggi, dan lainnya. Namun, Cloud VPS kurang cocok buat anda yang kurang mengerti mengenai kinerja komputer server dan tidak memiliki keahlian mengoperasikan server. Hal ini dikarenakan, Cloud VPS secara total hanya dapat dikelola oleh user.

Catatan : DomaiNesia tidak menyediakan layanan Managed Cloud VPS, namun anda akan mendapatkan basic support untuk membantu mengelola Cloud VPS anda

Selain diatas, adapun kegunaan Cloud VPS lainnya yaitu,

  1. Sebagai web server yang membutuhkan alokasi sumber daya tinggi (CPU, RAM, Storage) menggantikan fungsi hosting
  2. Sebagai server remote desktop
  3. Sebagai storage server
  4. Bagi developer/perusahaan yang ingin mengkustomisasi server sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang dikembangkan
  5. User yang ingin mendapatkan performa server yang lebih cepat dan stabil
  6. User yang membutuhkan server dengan dedicated IP.

Mengapa Harus Memilih Cloud VPS DomaiNesia?

Sebenarnya ada berbagai macam Cloud VPS yang ditawarkan dikalangan masyarakat. Yaitu Cloud VPS dengan provider luar negeri dan Cloud VPS Indonesia. Nah, Cloud VPS DomaiNesia ini merupakan salah satu Cloud VPS Indonesia yang harus anda pilih. Inilah alasan mengapa anda harus memilih menggunakan Cloud VPS DomaiNesia.

1. Mudah dan Sederhana

Dalam melakukan deploy Cloud VPS dapat anda lakukan dengan mudah dan sederhana. Hanya dengan memilih ukuran dan spesifikasi Cloud VPS sesuai kebutuhan anda, kemudian memilih sistem operasi anda langsung bisa menikmati Cloud VPS. Untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti Panduan Order Cloud VPS DomaiNesia. Kemudahan tidak hanya terjadi saat anda ingin men-deploy Cloud VPS, namun juga dari sisi manajemen. DomaiNesia menyediakan dashboard intuitif untuk Cloud VPS, agar anda mudah untuk mengakses dan mengelola Cloud VPS.

2. High Availability & Distributed Storage

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Cloud VPS DomaiNesia berjalan pada sebuah Cluster yang terdiri dari banyak server fisik. Itu artinya Cloud VPS tidak berjalan hanya pada satu server fisik (single server). Jika anda menyimpan data di satu server fisik, ketika terdapat masalah maka kemungkinan data hilang secara permanen besar. Mengapa? karena saat satu server fisik bermasalah itu artinya VPS akan mati dan tidak ada replika data yang dilakukan. Berbeda dengan Cloud VPS yang menggunakan cluster server. Dengan demikian, apabila terjadi masalah pada salah satu server fisik, data yang ada pada Cloud VPS masih aman dan dapat berjalan seperti biasa. Hal ini dikarenakan pada Cloud VPS DomaiNesia terdapat 3 kali proses replika data secara real-time dan akan didistribusikan ke 3 drive secara synchronous. Jadi dengan diterapkannya sistem distribusi dan cluster server pada Cloud VPS DomaiNesia, website dapat berjalan lebih cepat, stabil, aman, dan optimal.

3. Scalable

DomaiNesia menyediakan Cloud VPS dengan berbagai jenis ukuran memori, CPU, SSD agar anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Kami juga memberikan fitur Upgrade Cloud VPS yang bisa dilakukan sewaktu-waktu. Anda dapat mengakses domainesia.com/vm/ untuk mengetahui jenis Cloud VPS apa saja yang ada di DomaiNesia.

4. Menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai Media Penyimpanan

Tidak tanggung- tanggung, Kami menggunakan SSD sebagai media penyimpanan dalam Cloud VPS. Hal tersebut Kami lakukan untuk menunjang kebutuhan anda. Ingin lebih tahu mengenai SSD? Silahkan baca artikel Keunggulan SSD dibanding dengan Hardisk.

5. Spesifikasi Node/ Hypervisor yang Cukup Mumpuni

Kami tahu betul bahwa Node/ Hypervisor merupakan pondasi utama dalam terbentuknya Cloud VPS dengan performa tinggi. Untuk itu, Kami menggunakan kombinasi dari Dual Intel Xeon E5, DDR4 ECC Registered Memory, dan NVMe SSD sebagai Node/ Hypervisor Cloud VPS.

6. Menggunakan Bentuk Virtualisasi KVM

Kami menggunakan bentuk virtualisasi penuh dengan KVM untuk efisiensi dan performa tinggi. Tipe KVM ini merupakan bentuk virtualisasi paling bagus karena aktivitas dari satu Cloud VPS tidak akan berpengaruh terhadap Cloud VPS yang lain dalam satu Hypervisor. Ingin lebih tahu keuntungan lain menggunakan Virtualisasi KVM pada Cloud VPS? Silahkan cek artikel Apa sih Virtualisasi KVM.

7. Memiliki OS yang Beragam

DomaiNesia menyediakan berbagai OS (sistem operasi) yang dapat digunakan seperti Ubuntu, CentOS, Debian, Fedora, dan Opensuse.

Bagaimana Cara Order Cloud VPS Indonesia di DomaiNesia?

Nah, bagi DomaiNesians yang tertarik dengan keunggulan Cloud VPS DomaiNesia, silahkan kunjungi halaman Cloud VPS DomaiNesia. Kami memiliki berbagai ukuran Cloud VPS dengan harga yang beragam dan dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan. Paket- paket yang kami tawarkan didasarkan pada ukuran RAM, core CPU, kapasitas penyimpanan SSD. Semakin tinggi ukuran RAM dan core CPU maka performa Cloud VPS menjadi lebih tinggi. Semakin besar SSD, maka semakin besar pula kapasitas penyimpanan file (storage) yang anda miliki. Jadi, semua pilihan ada di tangan anda 😀 Adapun langkah- langkah order, silahkan baca Panduan Order Cloud VPS DomaiNesia.

Kesimpulan

Cloud VPS merupakan pengembangan tingkat lanjut dari VPS pada umumnya. Cloud VPS berjalan pada cluster server. Perbedaan yang mendasar antara Hosting dengan Cloud VPS yaitu terletak pada akses kontrol, kebutuhan resource dan sistem operasi yang dijalankan. Pada Hosting sangatlah terbatas. Anda hanya mendapatkan suatu kapling untuk diisi dengan website. Anda tidak dapat mendapatkan akses root, tidak dapat memilih resource dan tidak dapat memilih sistem operasi yang digunakan. Namun, tidak begitu dengan Cloud VPS. Anda dapat memanfaatkan Cloud VPS sesuai dengan keinginan layaknya server biasa. Cloud VPS DomaiNesia merupakan salah satu Cloud VPS Indonesia dengan berbagai fitur dan keunggulan. Tertarik dengan Cloud VPS DomaiNesia? Silahkan order Cloud VPS DomaiNesia. Bagi anda yang memiliki pertanyaan atau kesulitan, jangan ragu – ragu untuk menghubungi Tim Support Kami. Salam DomaiNesia! 😀

Baca Juga : Apa Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Beli Cloud VPS?

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!