Cara Mengganti Hostname di Cloud VPS Ubuntu

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Mengganti Hostname – Hostname pada jaringan komputer digunakan agar mudah dalam mengenali perangkat- perangkat apa saja yang terhubung dalam satu jaringan. Sehingga untuk mengetahui perangkat komputer lainnya tidak perlu menghafalkan alamat IP. Misalnya kamu memiliki Cloud VPS. Saat Cloud VPS yang kamu punya terhubungan dengan perangkat lain dalam satu jaringan maka dengan adanya hostname Cloud VPS kamu mudah dikenali. Kemudian, apakah saya bisa mengganti hostname? Bagaimana cara mengganti hostname di Cloud VPS?

Apa itu Hostname?

Menurut Wikipedia, Hostname adalah nama yang ditetapkan ke perangkat komputer yang terhubung ke jaringan internet dan digunakan untuk mengidentifikasi terjadinya komunikasi, seperti mengakses www. Mudahnya hostname adalah nama yang diberikan untuk komputer yang terhubung dengan internet. Untuk mengetahui fungsi dari hostname sendiri, silahkan baca Fungsi Hostname Pada Cloud VPS.

Tahap Persiapan

Sebelum mengetahui cara mengganti hostname di Cloud VPS, pastikan kamu sudah mempersiapkan hal- hal di bawah ini ya DomaiNesians.

  1. Memiliki Cloud VPS. Buat kamu yang sudah memiliki Cloud VPS, bisa langsung mengikuti langkah- langkah cara mengganti hostname di bawah ini. Sedangkan apabila kamu belum memiliki Cloud VPS, silahkan pilih Cloud VPS terbaik untuk memenuhi kebutuhan websitemu.
  2. Melakukan Instalasi OS di Cloud VPS. Di Cloud VPS DomaiNesia, kamu bisa memilih 5 OS yang bisa kamu install di Cloud VPS yaitu Ubuntu, CentOS, Debian, Fedora, dan Opensuse. Pada panduan kali ini akan menggunakan OS Ubuntu untuk mengganti hostname Cloud VPS. Silahkan ikuti panduan Cara Install Ubuntu di Cloud VPS DomaiNesia.
  3. Familiar Dengan Perintah Linux. Hampir semua pengoperasian dan konfigurasi yang dilakukan pada Cloud VPS menggunakan perintah Linux. Jadi, buat kamu yang belum familiar, silahkan baca 10 Perintah Linux yang Harus Anda Tahu.

Cara Mengganti Hostname di Cloud VPS Ubuntu

Adapun terdapat 3 cara mengganti hostname yang bisa kamu lakukan, antara lain :

Cara Mengganti Hostname Dengan hostname

Cara mengganti hostname yang pertama yaitu dengan perintah hostname. Perintah hostname ini biasanya digunakan untuk mengganti hostname yang bersifat sementara. Ketika kamu melakukan restart Cloud VPS atau reinstall OS, nama host akan dikembalikan ke nama yang semula. Pertama- tama silahkan melihat hostname saat ini dengan perintah :

Lalu, jalankan perintah berikut untuk mengganti hostname Cloud VPS. Kata rinary2merupakan hostname yang baru.

Untuk mengecek apakah penggantian hostname di Cloud VPS berhasil, silahkan jalankan perintah seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengganti Hostname Dengan hostnamectl

Selanjutnya, cara mengganti hostname yang kedua yaitu dengan perintah hostnamectl. Perintah hostnamectl sama seperti perintah hostname yang bersifat sementara. Jadi, saat kamu melakukan restart Cloud VPS atau reinstall OS, nama host akan dikembalikan ke nama yang semula. Pertama- tama silahkan melihat hostname saat ini dengan perintah :

Lalu, jalankan perintah berikut untuk mengganti hostname Cloud VPS. Kata rinary2 merupakan hostname yang baru.

Untuk mengecek apakah penggantian hostname di Cloud VPS berhasil, silahkan jalankan perintah seperti gambar di bawah ini.
cara mengganti hostname

Cara Mengganti Hostname Melalui File /etc/hostname

Terakhir yaitu cara mengganti hostname melalui file /etc/hostname. Silahkan jalankan perintah di bawah ini untuk mengganti hostname.

Catatan : Kamu bisa menggunakan editor selain nano, misalnya editor vim

Kemudian kamu bisa mengganti hostname yang kamu inginkan. Misalnya pada panduan cara mengganti hostname ini yaitu menjadi rinary2.

Setelah itu, klik CTRL+X dilanjutnya klik y  lalu klik ENTER untuk menyimpan hostname baru.

Kesimpulan

Cara mengganti hostname di Cloud VPS Ubuntu mudah untuk dilakukan bukan? Pertama-tama kamu harus masuk ke Cloud VPS melalui SSH, kemudian menjalankan salah satu perintah yang sudah dijelaskan diatas. Masih bingung memilih Cloud VPS terbaik untuk websitemu? Serahkan kepada DomaiNesia saja. DomaiNesia memiliki Cloud VPS dengan teknologi cloud modern yang bisa membuat website lebih stabil dan optimal. Silahkan baca Mengenal Cloud VPS DomaiNesia untuk mengetahui teknologi- teknologi apa saja yang digunakan dalam Cloud VPS di DomaiNesia.

Baca Juga : Konfigurasi Dasar Cloud VPS

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!