3 Cara Menggunakan SSH Untuk Pemula

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Menggunakan SSH – Buat kamu pengguna hosting dan Cloud VPS, pasti tidak asing dengan istilah SSH. Baik hosting maupun Cloud VPS, SSH biasa digunakan ketika kamu ingin mengakses server tanpa harus berinteraksi secara fisik. Bayangkan saja, jika server hosting atau Cloud VPS yang kamu punya ada di Singapura ataupun Amerika. Apakah kamu harus kesana untuk melakukan restart server? Hmm tentu tidak! Nah, begitulah tugas SSH. Yuk, ketahui lebih dalam apa itu SSH dan cara menggunakan SSH untuk pemula!

Tentang SSH (Secure Shell)

Menurut Wikipedia, Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. SSH berfungsi untuk mengakses server secara remote melalui koneksi yang terenkripsi. Oleh karena itu, dengan SSH kamu bisa melihat aktivitas server, memonitor server, melihat direktori server, merestart server, melihat job server, serta melakukan instalasi software pada server. Jadi intinya dengan melalui SSH ini, kamu dapat melakukan segala aktivitas di server. Tidak peduli server tersebut berada di belahan dunia manapun. Sepanjang server terhubung dengan internet, kamu dapat mengaksesnya dengan mudah melalui SSH.

Sumber: freepik

Perlukah Menggunakan SSH?

Jadi, perlukah kamu menggunakan SSH? Tentu saja! Dengan SSH kamu bisa mengakses server hosting dan Cloud VPS tanpa harus berinteraksi secara fisik dengan server. Coba bayangkan, jika server yang kamu punya ada di Singapura ataupun Amerika. Apakah kamu harus pergi ke sana hanya untuk melakukan instalasi aplikasi tertentu? Nah, dengan hadirnya teknologi SSH ini, kamu tidak perlu mengelola server secara langsung. Namun kamu bisa meremote server layaknya berada di depan monitor server sungguhan. Remote server via SSH biasanya berbasis konsol dan tanpa GUI. Jadi, pengetahuan tentang perintah Linux sangat diperlukan agar bisa melakukan aktivitas apapun terhadap server.

cara menggunakan ssh
Sumber: freepik

Mengakses SSH Untuk Remote Cloud VPS

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu cara menggunakan SSH yaitu untuk melakukan remote server via jarak jauh. Lalu, bagaimana cara mengakses SSH untuk remote Cloud VPS? Untuk mengakses SSH tergantung dengan jenis sistem operasi yang kamu digunakan. Misalnya jika kamu menggunakan Linux, kamu bisa mengakses SSH melalui Terminal. Namun, apabila kamu menggunakan Windows, kamu bisa menginstall PuTTy terlebih dahulu. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Panduan Akses SSH Melalui Terminal Linux dan PuTTy. Jika akses SSH sudah berhasil, maka selanjutnya ikuti setiap langkah pada panduan Cara Remote di Cloud VPS untuk melakukan remote Cloud VPS.

Baca Juga : Cara Install Ubuntu di Cloud VPS

3 Cara Menggunakan SSH Untuk Pemula

Selain remote Cloud VPS jika kamu seorang pemula pengguna Cloud VPS, ada beberapa cara menggunakan SSH yang perlu kamu ketahui. Sebelum kamu mengetahui cara menggunakan SSH untuk pemula, pastikan kamu telah memilih server VPS terbaik ya DomaiNesians.

Cara Install SSH Keys di Cloud VPS

Cara menggunakan SSH untuk pemula yang pertama adalah install SSH Keys. Apa tujuannya? Instalasi SSH Keys bertujuan agar saat kamu ingin melakukan akses SSH ke Cloud VPS tidak perlu memasukkan password dan sebagainya. Jadi, kamu tidak perlu ribet untuk memasukkan username dan password saat ingin mengakses SSH. Yang harus kamu lakukan hanya membuat public key dan private key terlebih dahulu. Kemudian public key dan private key dibuat di komputer kamu. Nantinya, public key akan disalin ke server. Sehingga, kamu tidak perlu repot dalam melakukan remote Cloud VPS. Secara teknisnya, silahkan ikuti panduan Cara Membuat SSH Keys di Cloud VPS step by step ya DomaiNesians.

Baca Juga : Cara Menggunakan SSH Keys di Hosting

Cara Mengganti Port SSH di Cloud VPS

Selanjutnya, cara menggunakan SSH untuk pemula yang kedua adalah mengganti port SSH. Apakah kamu tahu mengapa sebagai pemula pengguna Cloud VPS kamu harus mengganti port SSH di CLoud VPS? Nah, penggantian port SSH ini dilakukan bertujuan agar Cloud VPS lebih aman atau tidak mudah dihack oleh hacker. Port SSH bisa diibaratkan seperti gembok pagar pada sebuah rumah. Secara default, port SSH dari server adalah port 22. Jadi untuk meningkatkan keamanan lebih, kamu perlu mengganti port SSH di Cloud VPS. Kamu bisa menggunakan nilai port yang kategori dynamic/private dengan rentang nilai 49152-65535. Penentuan nilai port dilakukan secara random ya DomaiNesians! Untuk lebih lengkapnya silahkan baca panduan Cara Mengganti Port SSH di Cloud VPS.

Cara Mengatasi Remote Host Identification Has Changed Pada SSH

Cara menggunakan SSH untuk pemula yang terakhir adalah mengatasi permasalahan saat kamu ingin mengakses SSH. Apakah permalasahan itu? Permasalahan yang dimaksud adalah kondisi dimana kamu tidak bisa masuk ke Cloud VPS melalui SSH dengan error “WARNING : REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED”. Penyebab munculnya error itu karena kamu pernah melakukan remote ke Cloud VPS atau server melalui SSH sebelumnya. Sehingga IP server sebelumnya sudah tersimpan di dalam file known_hosts. Ditambah lagi jika kamu melakukan install ulang sistem operasi pada Cloud VPS atau server. Misalnya kamu reinstall Cloud VPS Ubuntu ke CentOS. Karena melakukan install ulang maka terdapat perubahan key dari SSH Server. Nah bagaimana cara mengatasi error diatas? Tenang DomaiNesians! Jangan panik, gampang kok caranya, ikuti saja step by step panduan Cara Mengatasi Remote Host Identification Has Changed Pada SSH ya.

Kesimpulan

Buat kamu pengguna pemula Cloud VPS jangan bingung ya! Ada beberapa cara menggunakan SSH yang bisa kamu lakukan di Cloud VPS. Pastinya kamu harus sudah familiar dengan syntax perintah Linux terlebih dahulu. Tenang! Kamu bisa belajar 10 Perintah Linux yang harus kamu ketahui. Jangan menyerah buat terus belajar tentang Cloud VPS ya DomaiNesians!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!