• Home
  • Berita
  • Mengenal Ruby, Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek Untuk Membangun Website

Mengenal Ruby, Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek Untuk Membangun Website

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Ruby adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) yang sangat populer dalam dunia pengembangan web. Contoh-contoh situs web terkenal yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman ini adalah Goodreads, Fiverr, Dribbble, Shopify, Slideshare, dan Cookpad. Kecepatan dan efisiensi yang ditawarkan oleh Ruby membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak developer dalam menciptakan aplikasi web yang handal dan fungsional. Fleksibilitas bahasa pemrograman ini dalam mendukung pengembangan aplikasi desktop menjadikannya pilihan yang sangat berguna bagi developer yang ingin menciptakan software dengan berbagai fungsi dan tampilan menarik.

Apa itu Ruby

Ruby adalah sebuah bahasa pemrograman dinamis yang dirancang untuk menekankan kesederhanaan, fleksibilitas, dan produktivitas para pengembang.

Yukihiro “Matz” Matsumoto, sang pencipta, merancang bahasa pemrograman ini dengan tujuan agar para developer dapat memahaminya dan menggunakannya dengan mudah berkat sintaksis yang efisien dan mudah dibaca.

Sebagai bahasa pemrograman open-source, bahasa pemrograman ini merupakan hasil dari penggabungan berbagai elemen dari bahasa pemrograman lain seperti Perl, Eiffel, Smalltalk, Ada, dan Lisp.

ruby

Matsumoto memilih fitur-fitur terbaik dari bahasa-bahasa favoritnya tersebut untuk menciptakan Ruby, sehingga menghasilkan bahasa pemrograman yang seimbang dan ideal untuk pengembangan aplikasi berbasis web.

Dengan kombinasi ini, bahasa pemrograman ini menawarkan lingkungan pemrograman yang memungkinkan para pengembang untuk menulis kode dengan cepat dan efisien, serta mudah dalam pemeliharaan dan pengembangannya.

Kelebihan Ruby

Ruby menawarkan berbagai keunggulan yang membuatnya lebih mudah digunakan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan bahasa pemrograman ini yang perlu kamu ketahui:

Sintaks yang Sederhana

Bahasa pemrograman ini memiliki sintaks yang sangat sederhana, menjadikannya cocok untuk dipelajari oleh developer pemula maupun profesional. Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yang mungkin memerlukan 10 baris kode, bahasa pemrograman ini seringkali hanya membutuhkan 1 hingga 2 baris untuk mencapai hasil yang sama.

Selain itu, bahasa pemrograman ini tidak mengharuskan penggunaan titik koma di akhir setiap baris kode, yang lebih mempermudah proses penulisan dan pembacaan kode.

Kemudahan ini meningkatkan produktivitas developer secara signifikan, karena mereka dapat menulis kode lebih cepat dan mengurangi waktu pengembangan secara keseluruhan.

Open Source

Ruby adalah bahasa pemrograman open source, yang berarti dapat digunakan tanpa biaya. Para developer bebas mengembangkan atau memodifikasi kode sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ketersediaan yang gratis dan fleksibilitas ini menjadikan bahasa pemrograman ini sangat populer di kalangan pengembang perangkat lunak open source dan proyek-proyek website komersial.

Kebebasan ini memungkinkan komunitas pengguna untuk terus berkontribusi dan memperbaiki bahasa pemrograman ini, sehingga selalu up-to-date dan relevan.

Kemampuan Garbage Collector

Salah satu fitur unggulan Ruby adalah garbage collector. Fitur ini berfungsi untuk menghapus objek atau informasi yang tidak lagi digunakan dalam program secara otomatis.

Dengan adanya garbage collector, developer tidak perlu khawatir tentang manajemen memori secara manual, karena fitur ini akan membersihkan memori yang tidak terpakai dan menyediakan ruang tambahan untuk data yang lebih relevan.

Hal ini sangat membantu dalam mengoptimalkan penggunaan memori dan memastikan performa aplikasi tetap maksimal.

Konsep Single Inheritance

Ruby menggunakan konsep single inheritance yang mempermudah developer saat ingin menambahkan kelas baru. Dengan inheritance, developer tidak perlu membuat kelas dari awal, mereka hanya perlu mengadopsi sifat-sifat dari kelas yang sudah ada.

Konsep ini mempercepat proses pengembangan aplikasi web karena memungkinkan penggunaan fitur dan konvensi yang sudah ada, sehingga developer dapat fokus pada aspek lain dari pengembangan tanpa harus memulai dari nol.

Kegunaan Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman yang sangat serbaguna dan berfungsi dengan baik dalam berbagai konteks pengembangan aplikasi berbasis web. Berikut ini adalah beberapa kegunaan umum dari Ruby:

Pengembangan Web

Ruby adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) yang sangat populer dalam dunia pengembangan web. Bahasa ini memungkinkan developer untuk membangun aplikasi web dengan cepat dan efisien, berkat sintaksisnya yang sederhana dan mudah dipahami.

Contoh-contoh situs web terkenal yang dikembangkan menggunakan Ruby adalah Goodreads, Fiverr, Dribbble, Shopify, Slideshare, dan Cookpad.

Kecepatan dan efisiensi yang ditawarkan oleh bahasa pemrograman ini membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak developer dalam menciptakan aplikasi web yang handal dan fungsional.

Pengembangan Aplikasi Desktop

Selain pengembangan web, bahasa pemrograman ini juga digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop. Bahasa ini didukung oleh berbagai kerangka kerja dan pustaka yang memudahkan developer dalam menciptakan aplikasi dengan antarmuka grafis.

Salah satu kerangka kerja GUI yang paling populer adalah Shoes, yang memungkinkan pembuatan aplikasi desktop dengan tampilan grafis yang menarik dan user-friendly.

Beberapa aplikasi desktop terkenal yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman ini antara lain SketchUp dan LibreOffice. Fleksibilitas Ruby dalam mendukung pengembangan aplikasi desktop menjadikannya pilihan yang sangat berguna bagi developer yang ingin menciptakan software dengan berbagai fungsi dan tampilan menarik.

Perusahaan Yang Menggunakan Ruby

Bahasa pemrograman Ruby dikenal dengan kesederhanaannya dan fleksibilitasnya, sehingga banyak perusahaan besar dan startup yang menggunakannya dalam pengembangan aplikasi mereka.

Berikut adalah beberapa perusahaan terkenal yang menggunakan Ruby:

Airbnb

Airbnb adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk menyewa tempat tinggal jangka pendek serta menemukan dan memesan pengalaman wisata unik di berbagai lokasi di seluruh dunia.

Penggunaan Ruby oleh Airbnb sangat krusial, terutama untuk menangani transaksi antara tamu dan tuan rumah, memproses pembayaran, serta mengelola interaksi dan ulasan pengguna.

Bahasa pemrograman ini memberikan fleksibilitas dan kecepatan dalam pengembangan fitur baru dan peningkatan sistem, mendukung pertumbuhan pesat perusahaan di pasar global.

GitHub

GitHub adalah layanan hosting yang populer untuk pengembangan perangkat lunak yang menggunakan sistem kontrol versi Git. Platform ini memungkinkan para pengembang untuk menyimpan kode mereka, berkolaborasi dengan tim, dan melacak perubahan dalam proyek perangkat lunak mereka.

GitHub dibangun menggunakan Ruby, yang memudahkan dalam pengelolaan repositori, pelacakan isu, dan berbagai fitur kolaborasi seperti pull requests dan code reviews, yang semuanya penting untuk ekosistem pengembangan perangkat lunak modern.

Shopify  

Shopify adalah platform e-commerce yang memungkinkan individu dan bisnis dari berbagai ukuran untuk membuat dan mengelola toko online mereka sendiri.

Shopify menggunakan Ruby sebagai bahasa pemrograman utama untuk pengembangan backend mereka, yang menangani segala sesuatu mulai dari pengelolaan inventaris hingga pemrosesan pembayaran.

Kemampuan Ruby untuk cepat diadaptasi dan diskalakan sesuai kebutuhan telah membantu Shopify menjadi salah satu pemain terkemuka di industri e-commerce, mendukung jutaan toko online di seluruh dunia.

Basecamp

Basecamp adalah aplikasi manajemen proyek dan kolaborasi tim yang membantu perusahaan mengorganisir tugas, proyek, dan komunikasi internal mereka.

Dikembangkan oleh 37signals, perusahaan yang juga menciptakan Ruby, Basecamp sangat bergantung pada penggunaan bahasa pemrograman ini untuk memberikan pengalaman pengguna yang intuitif dan responsif.

Ruby memungkinkan Basecamp untuk dengan mudah menambahkan fitur baru dan memperbaiki bug, menjaga agar aplikasi tetap relevan dan efektif untuk manajemen proyek modern.

Twitch

Twitch adalah platform live streaming yang terutama digunakan untuk gaming, tetapi juga mencakup konten lain seperti musik, seni, dan talk shows.

Beberapa bagian dari infrastruktur Twitch menggunakan Ruby, terutama untuk mengelola konten pengguna dan interaksi komunitas.

Ruby memungkinkan Twitch untuk mengembangkan dan mengintegrasikan fitur baru dengan cepat, seperti chat dan donasi real-time, yang merupakan elemen penting dalam pengalaman live streaming interaktif yang ditawarkan oleh platform ini.

SoundCloud

SoundCloud adalah platform distribusi musik yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, mempromosikan, dan membagikan audio mereka.

SoundCloud menggunakan Ruby untuk beberapa layanan backend mereka, termasuk pengelolaan data pengguna dan konten audio.

Fleksibilitas Ruby memudahkan SoundCloud dalam mengembangkan fitur baru seperti rekomendasi musik dan analisis pendengar, serta memastikan bahwa platform tetap responsif dan dapat diskalakan untuk melayani jutaan pengguna di seluruh dunia.

Selain Redis, pengelolaan cache juga dapat menggunakan Fitur Memcached di DomaiNesia. Ketahui Apa itu Memcached lebih lanjut.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds