• Home
  • Berita
  • Kenapa Kamu Harus Rekrut Pegawai Lepas

Kenapa Kamu Harus Rekrut Pegawai Lepas

Oleh Argadahana
cara rekrut pegawai lepas

Kenapa Kamu Harus Rekrut Pegawai Lepas

DomaiNesians, saat kamu sedang membayangkan tentang merekrut seorang pegawai, kemungkinan besar yang terpikirkan adalah sebuah tatanan kantor. Lengkap dengan meja dan komputer diatasnya. Atau mungkin rak untuk berkas berkas disamping tempat pensil? Betul?

Padahal, sekarang adalah saat yang cukup tepat untuk memikirkan merekrut seorang pegawai lepas. Dengan koneksi (yang hampir) ada di seluruh dunia, memungkinkan seseorang untuk bekerja dimana saja dan tentunya kapan saja.

Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana merekrut seorang pegawai lepas. Dan apa saja yang harus dipikirkan ketika melakukannya.

Kenapa Merekrut Pegawai Lepas?

Pekerja lepas secara online atau orang yang bekerja lepas dengan media komunikasi secara online adalah sebuah gelombang baru dari angkatan kerja. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang melek internet dan menggunakannya sebagai media kerja sehari-hari membuat perekrutan pekerja lepas menjadi lebih umum terjadi. Pelaku usaha kecil dan pedagang online misalnya, adalah mereka yang tergolong awal dalam menikmati manfaat merekrut pegawai lepas. Para pegawai lepas ini terbukti lebih efisien dari segi pengeluaran, lebih produktif dan rata-rata bahagia dengan profesinya.

cara rekrut pegawai lepas

Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh FlexJobs, lingkungan kerja para pegawai lepas ini sangat menarik untuk para pegawai. Hal ini karena kehidupan pekerja lepas lebih minim gangguan dari rekan satu kantor, minim politik dalam kantor, dan lebih sedikit stress yang diakibatkan oleh keberadaan lingkungan atau komunitas.

Karakter Pegawai Lepas Apa yang Harus Dicari

DomaiNesians sebenarnya bisa mencari talent seperti apapun di internet. Misalnya seorang sekertaris, bagian pembukuan, blogger atau bidang staff apapun yang diperlukan. Namun yang perlu digaris bawahi adalah; tidak semua profesional mampu bekerja secara lepas atau remote. Dan daripada kamu memikirkan mengenai bagaimana aturan bekerja dari rumah untuk karyawan yang telah ada, atau merekrut seseorang untuk bekerja 100% dari rumah, berikut ini ada hal yang perlu untuk dipertimbangkan.

pegawai lepas bahagia

  1. Komunikasi yang baik. Kunci kesuksesan dari pekerja lepas agar bisa melakukan tugasnya dengan baik adalah komunikasi. Untuk hal ini sebenarnya kamu bisa melakukan banyak cara, bisa dengan menggunakan email, whatsapp, video call, telepon, bahkan bisa juga hanya dari sms.
  2. Berorientasi pada target dan motivasi yang jelas. Motivasi adalah sebuah hal yang perlu dimiliki oleh seorang pekerja lepas dengan jam kerja yang konsisten selama kondisi pikiran masih fokus. Perlu untuk kamu yang membawahi para pekerja remote ini untuk tetap membuat mereka menemukan ritme kerja yang baik.
  3. Nggak gaptek! Bagaimana bisa kamu memiliki seorang pekerja lepas yang gaptek. Apalagi jika semua hal sekarang dilakukan dengan media yang berada di internet. Tidak hanya penting untuk menjalin komunikasi, namun juga pengetahuan tentang teknologi ini digunakan untuk memanage proyek-proyek yang sedang berjalan.
  4. Proaktif. Dikarenakan seorang pekerja lepas atau remote lebih banyak bekerja secara sendiri tanpa didampingi oleh seorang manager. Mereka harus lebih proaktif ketika melakukan pekerjaan mereka. Inisiatif untuk bertanya dan kemauan untuk meminta pertolongan ketika diperlukan adalah dua hal yang harus dimiliki juga oleh para pekerja lepas.

Jangan Ragu, Rekrut Pegawai Lepas Sekarang

Setelah mengulas cara dan skil apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pekerja lepas. Kini pilihan ada di tangan kamu, DomaiNesians. Kamu bisa mulai memasang lowongan kerja lepas kamu di berbagai sumber di internet. Tidak hanya melalui portal-portal freelance namun juga bisa menggunakan media sosial. Selamat berburu pekerja lepas!

Argadahana

Here to share stories about marketing, communication, and business related to tech industries. Feel free to hit me up on my social accounts.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds