Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

Bagi Anda yang kesulitan membuat aplikasi android, dalam artikel ini akan DomaiNesia jelaskan cara membuat aplikasi Android dengan mudah dan tanpa perlu coding.

Rahasia untuk bisa menguasai kemampuan apapun dan khususnya kemampuan programmer adalah dengan latihan terus menerus. Sebab, jika Anda sering latihan membuat aplikasi android maka Anda akan semakin mudah untuk mengembangkan aplikasi android.

Pernahkah Anda bertanya bagaimana cara membuat aplikasi Android yang rumit seperti OLX, Tokopedia maupun Sophee ? aplikasi yang kami sebutkan tadi adalah aplikasi yang dibuat oleh team yang tidak sedikit jumlahnya.

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

Gambar : unsplash

Namun untuk Anda yang masih mau belajar, Anda bisa membuat aplikasi yang mudah dibuat, seperti aplikasi terompet ulang tahun, aplikasi tutorial masakan dan masih banyak lagi.

Baca Juga : cara mendapatkan uang dari Internet

Aplikasi Untuk Membuat Aplikasi Android

Sebelum memulai membuat aplikasi Android, pertama-tama Anda harus menyiapkan alat tempurnya, berikut adalah alat yang wajib Anda gunakan untuk membuat aplikasi Android.

Install Aplikasi JDK

Anda harus terlebih dahulu mengInstall dan mensetting JDK (Java development kit)
JDK adalah Software yang dipakai untuk kompilasi dari bahasa pemrograman Java ke bahasa pemrograman bytecode.

Install Aplikasi Android studio

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

Android Studio merupakan aplikasi Integrated Development Environment (IDE) untuk pembuatan aplikasi Android, menurut IntelliJ IDEA . Aplikasi Android Studio selain editor kode IntelliJ dan developer tools, Android Studio juga memberikan fitur lebih banyak dalam membuat aplikasi Android

Buat Interface dan Struktur Project

Jika Anda baru pertama kali membuka IDE Android Studio maka yang pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat aplikasi pertama, yaitu dengan cara klik Start a new Android Studio project.

Membuat Linear layout

Linear Layout merupakan kelompok tampilan yang membuat tampilan sejajar dalam satu arah, dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Dengan linear layout ini Anda dapat menetapkan arah layout mau ke arah horizontal maupun vertikal sesuai keinginan Anda.

Membuat Relative layout

Relative layout adalah salah satu tampilan group struktur code yang bisa mengatur komponen-komponen didalamnya atau yang dibungkus secara relative.

Contohnya adalah

<RelativeLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”
android:id=”@+id/activity_main”
android:layout_width=”match_parent”
android:layout_height=”match_parent”
android:background=”#dce0e8″>

Contoh-contoh aplikasi Android yang sudah jadi dan contoh penjelasan dasar cara membuatnya

Mengenal Splash Screen

Splash screen adalah tampilan awal ketika Anda mencoba membuka sebuah aplikasi android. Splash screen ini akan muncul sebelum menu utama muncul.

Beberapa contoh aplikasi yang memakai splash screen diantaranya adalah facebook, twitter, youtube, skype dan masih banyak yang lain.

Dasar-dasar yang harus dipelajari saat membuat splash screen adalah membuat layout splash screen dengan memakai code xml

Baca Juga : Promo Domain Murah

Mengenal User Interface Dashboard Menu

Tampilan User Interface Dasboard atau biasa disebut dengan menu utama yang bagus dan menarik akan membuat user tertarik untuk berlama-lama saat menggunakan aplikasi Android Anda.

Mengenal Web View dengan Progress Bar

Android Web view merupakan sistem dari google Chrome yang bisa membuat aplikasi Android kamu bisa menampilkan konten web yang sudah ada.

Contohnya adalah ketika Anda ingin aplikasi android yang Anda buat bisa mengakses sebuah halaman web tanpa harus Anda membuka aplikasi browser terlebih dahulu.

Atau bisa juga ketika Anda sudah memiliki web , Anda bisa membuat aplikasi Android untuk webmu sehingga bisa web Anda bisa diakses menggunakan aplikasi Android.

Mengenal Custom Font

Pada dasarnya sistem Android sudah menyediakan font bawaan yang sudah bisa dipelajari. Namun tentu saja Anda ingin memberikan font-font yang terbaik untuk aplikasi yang akan Anda buat. Untuk membuat font custom ternyata tidaklah sulit yang seperti dibayangkan oleh bayak orang.

Namun bagi Anda yang kesulitan dalam mempelajari coding, khususnya coding bahasa pemrograman java. Anda bisa menggunakan aplikasi di bawah ini sehingga Anda tidak perlu kesusahan dalam membuat aplikasi Android.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding Dengan Mudah

1. Appery.io

Appery.io merupakan salah satu situs website yang pertama kali memberikan fitur pengembangan aplikasi mobile enterprise dengan backend service yang terintegrasi dengan baik dan kaya akan plugin API untuk menyederhanakan integrasi dengan cloud service dan sistem enterprise.

Web apps Appery.io ini bisa menggabungkan pengembangan visual dengan kekuatan dari JavaScript untuk membuat aplikasi Android di berbagai perangkat dengan cepat.

Appery.io saat ini sudah dikenal di seluruh pengembang aplikasi mobile di dunia. Sebab saat ini sudah 30 situs besar pernah membahas Appery.io.

Beberapa situs besar yang membahas appery.io adalah InfoWorld, SDTimes, TechTarget, CloudTimes, ChinaTimes, infoTech, ComputerWorld, dll.

Jika Anda membuka website Appery.io disana ada 5 pilihan paket yang bisa Anda ambil, yaitu Starter, Standard, Pro, Premium, dan Enterprise.

Bagi Anda pengguna awam, Anda bisa memilih paket Starter yang tersedia gratis untuk 1 aplikasi dengan maksimal 3 halaman Android saja.

Meskipun Appery.io gratis, namun tetap membatasi fitur, yaitu Anda hanya bisa mengakses samapai 1.000.000 API call saja, serta memiliki penyimpanan 1GB.

Karena Appery.io berbentuk web base, maka Anda tidak perlu menunduh aplikasi di komputer maupun di handphone Anda, yang Anda butuhkan cuma web browser saja.

Dalam Aplikasi web base ini tersedia editor visual untuk melakukan drag and drop plugin untuk membangun aplikasi Android Anda. Ketika Anda sudah selesai membuat aplikasi, selanjutnya Anda bisa meng-expor file menjadi aplikasi Android dan juga aplikasi iOS. Menarik sekali bukan aplikasi ini? silahkan mencobanya.

2. AppMachine

Aplikasi yang akan kita bahas selanjutnya adalah AppMachine, Situs webase ini bisa Anda pakai untuk mendevelope aplikasi Android maupun aplikasi iOS dengan User Interface professional.

AppMachine sangat mudah dipakai oleh siapapun, sebab menyediakan fitur drag and drop dan dikombinasikan bersama berbagai macam building block yang memiliki banyak sekali fitur seperti informasi, foto, video.

Sayangnya untuk bisa memakai aplikasi web base AppMachine ini cukup menguras dompet Anda. Agar bisa menggunakan aplikasi AppMachine untuk membuat aplikasi Android Anda harus mendaftar di paket Plus seharga $49, namun jika Anda membeli paket yang paling murah yaitu Basic seharga $19 Anda nantinya hanya bisa membuat aplikasi HTML5 saja.

3. AppMakr

AppMakr adalah sebuat platform yang memungkinkan Anda membuat aplikasi iPhone dengan kreasi dan kreatifitas Anda sendiri, tak hanya aplikasi IOS saja, Anda juga bisa mendevelope  aplikasi Android dan aplikasi seluler HTML5 —tanpa perlu memiliki kemampuan coding bahasa pemrograman tertentu.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Aplikasi ini bisa dipakai untuk semua orang. Tak terkecuali bagi Anda yang awam tentang bahasa pemrograman. Bagi Anda yang sudah memiliki konten, nantinya akan sangat mudah dan gampang untuk membuat aplikasi Android.

4. Appy Pie

Appy Pie adalah situs yang bisa membuat aplikasi Android tanpa perlu memiliki skill koding. Dengan appy pie Anda tidak perlu lagi diunduh ataupun menginstall aplikasi, cukup dengan drag and drop di halaman website appy pie Anda sudah bisa membuat aplikasi yang Anda inginkan.

Setelah Anda selesai membuat aplikasi yang Anda inginkan, selanjutnya Anda bisa dipublish ke Play Store maupun Apple App Store.

Selain bentuk aplikasi Android dan iOS, aplikasi yang bisa dibuat oleh appy pie juga bisa Anda pakai di platform Blackberry, Windows dan Kindle. Menarik sekali bukan?

Platform Appy Pie saat ini juga sudah menyediakan fitur pembuatan game. Dengan fitur ini nantinya Anda bisa dengan mudah membuat mobile game.

Appy Pie tersedia 4 paket yang bisa Anda pilih diantaranya Free, Basic, Gold, dan Platinum.

Paket Free tersedia secara bebas namun terbatas, Anda hanya bisa membuat aplikasi untuk HTML5 dan Android dengan fitur yang sangat terbatas.

Untuk bisa memperoleh fitur yang lengkap, Anda bisa memilih paket Basic yang di bandrol dengan harga $7 /bulan, peket Gold $19 /bulan, dan paket Platinum seharga $33 /bulan.

5. Good Barber

GoodBarber adalah platform Android builder yang memiliki banyak pilihan tema yang sangat cantik. Ingin memakai tema bunga atau teknology? Semua yang Anda inginkan sudah tersedia.

Lebih dari 350 tema dengan desain yang sangat menarik tersedia untuk Anda gunakan secara bebas, selain itu Anda akan ditawarkan fitur 600 Font Google yang bisa Anda pakai untuk mempercantik tampilan aplikasi. Melalui situs ini Anda bisa membuat aplikasi Android, iPhone, serta aplikasi web untuk mobile dengan sangat mudah dan menarik.

Semua yang ditawarkan oleh GoodBarber tidak diberikan secara gratis, Anda harus merogoh kantong yang cukup dalam untuk menggunakan situs ini. Harga yang paling murah adalah $32 /bulan dan yang paling mahal adalah $200/bulan. Waaw mahal sekali ya.

Kesimpulan :

Untuk membuat aplikasi Android dengan mudah, Anda bisa menggunakan 2 metode, Metode pertama Anda bisa menggunaka native coding, atau mengkode bahasa pemrograman java secara manual dengan aplikasi Android Studio. Dan yang cara kudua adalah Anda membuat aplikasi Android dengan plathform pihak ke 3 seperti Appery.io dan lain-lain.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!