• Home
  • Tips
  • Begini Cara Membuat Tampilan Blog Seperti Website!

Begini Cara Membuat Tampilan Blog Seperti Website!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Baik blog maupun website, sampai saat ini masih menjadi trend strategi marketing di semua lingkungan bisnis dan pemerintah. Hal ini karena keduanya dikenal dengan pengaksesan yang mudah, dimana dan kapan saja.

Asalkan terhubung dengan koneksi internet maka blog dan website dapat diakses. Antara blog dan website pastinya memiliki perbedaan.

Umumnya blog digunakan untuk sharing berbagai informasi saja. Sedangkan website biasanya digunakan dengan tujuan yang lebih spesifik seperti website toko online.

Cara membuatnya pun juga ada perbedaan. Namun, tahukah kamu kalau tampilan blog bisa diubah menjadi seperti website?

Nah, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat tampilan blog seperti website. Sebelumnya, yuk kenali pengertian masing- masing, cara membuatnya , dan perbedaannya!

Definisi Blog dan Cara Membuatnya

Blog adalah salah satu bentuk aplikasi berbasis web yang memuat banyak halaman dimana setiap halaman terdapat tulisan-tulisan.

Singkatnya, blog adalah kumpulan halaman yang berisi konten-konten atau informasi tertentu. Apabila kamu pernah mendengar web blog, itulah yang namanya blog.

Blog bisa berisi konten atau informasi dengan berbagai macam topik. Biasanya blog bersifat sharing. Mulai dari informasi pengalaman pribadi, cerita traveling, resep makanan, tips dan trik, dan masih banyak lagi.

Dengan menuliskan informasi pada blog, Blogger dapat mengekspresikan ide- ide yang yang ada di dalam pikiran cukup menuliskannya dalam bentuk tulisan.

Lalu bagaimana cara membuat blog? Apa yang harus dilakukan? Jadi sebelum membuat blog kamu harus tahu terlebih dahulu platform- platform untuk membuat website.

Kamu bisa memilih diantara WordPress.org, WordPress.com, Blogger.com , Weebly, Medium, dan Tumblr. Dengan melalui platform tersebut kamu tidak perlu memikirkan tema atau tampilan blog.

Sumber : envato

Karena platform-platform tersebut sudah menyediannya berbagai macam tema. Kamu cukup menuliskan konten saja maka blog selesai dibuat. Kamu bisa membuat blog secara gratis dan berbayar.

Namun pastinya ada batasan fitur jika kamu menggunakan platform Blog gratis. Untuk bagaimana langkah selanjutnya dalam membuat blog, kamu bisa baca artikel Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula.

Definisi Website dan Cara Membuatnya

Kamu sudah mengetahui apa itu blog dan cara membuatnya. Sekarang saatnya kamu mengetahui apa itu website dan bagaimana cara membuat website.

Berdasarkan survey oleh internetlivestats.com, sampai di awal tahun 2022 ini total jumlah website di seluruh dunia melebihi 1,92 miliar website. Tentunya dari total tersebut terdiri dari berbagai macam jenis website seperti website pribadi (blog), toko online, company profile, berita, portofolio, dan masih banyak lain.

Wah, terbukti ya bahwa website masih menjadi trend dari dulu hingga sekarang ini! Website adalah sekumpulan halaman yang berbasis web yang memiliki keterkaitan antar halamannya.

Bisa dibilang sama seperti blog karena sama- sama diakses dengan internet sehingga dapat diakses kapan dan dimana saja, namun untuk website memiliki keterkaitan antar halamannya.

Misalnya seperti toko online. Setelah kamu memilih barang di halaman awal toko online, pastinya barang- barang yang kamu pilih tersebut juga akan ditampilkan ke dalam halaman pembayaran bukan? Nah, itulah keterkaitan antara halaman. Sehingga halaman awal memiliki keterkaitan dengan halaman pembayaran.

Sumber : envato

Untuk pembuatannya, website sedikit berbeda dengan blog. Apabila kamu ingin membangun website maka tidak bisa membangun website dengan gratis, hal ini karena secara teknis website tidak hanya menampilkan informasi saja namun lebih kompleks.

Kamu membutuhkan domain, hosting, dan SSL untuk membuat website.

Domain digunakan sebagai alamat atau URL website. Sedangkan hosting digunakan sebagai media penyimpanan semua data dalam website. SSL digunakan sebagai pelindung website dari orang- orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu kamu juga membutuhkan komponen pendukung website seperti desain tampilan, konten, copywriting, dan optimasi.

Namun tenang saja, walaupun lebih kompleks, DomaiNesia memiliki jurus jitu dalam membuat website.

Hanya dengan sekali klik maka websitemu akan jadi. Untuk lebih detailnya kamu bisa baca artikel bagaimana cara membuat website professional.

Blog VS Website

Sebelum lanjut ke cara membuat tampilan blog seperti website, pahami terlebih dahulu apa perbedaan blog dengan website. Berikut ini beberapa perbedaan blog vs website yang perlu kamu ketahui, meliputi :

Tujuan

Sebagian besar blog dibuat dengan tujuan untuk berbagai informasi saja seperti resep makanan, tips dan trik, informasi seputar topik tertentu. Berbeda dengan blog, website bisa digunakan dengan tujuan yang lebih spesifik.

Misalnya kamu memiliki website toko online, melalui website toko online tersebut pelanggan bisa kapan saja membeli dan bertransaksi lewat website dengan mudah dan cepat. Contoh yang lainnya adalah misalnya kamu seorang developer aplikasi.

Kamu bisa memanfaatkan website sebagai personal branding dengan cara menuliskan deskripsi skill dalam membangun aplikasi dan juga menampilkan aplikasi- aplikasi apa yang telah dibuat (portofolio)

Maintenance atau Pengelolaan

Tidak banyak pengelolaan yang bisa dilakukan pada sebuah blog. Umumnya pengelolaan blog terdiri atas pembuatan konten, penambahan widget, mengatur desain blog, mengubah tema dan custom domain. Semua pengelolaan pada blog juga berlaku pada website.

Namun yang menjadi perbedaan adalah website dapat mengelola optimasi website. Hal ini dikarenakan, website memiliki hosting yang mana di dalam hosting terdapat kontrol panel yang menyediakan banyak fitur optimasi yang bisa dimanfaatkan.

cara membuat tampilan blog seperti website
Sumber : envato

Tipe Komunikasi

Biasanya blog menggunakan prinsip tipe komunikasi yang bersifat interaktif. Penulis blog dengan pengunjung blog dapat berkomunikasi secara interaktif melalui kolom komentar. Berbeda dengan website.

Website termasuk ke dalam tipe komunikasi satu arah. Biasanya media komunikasi website hanya melalui form dan sosial media pada bagian footer website.

Namun, sekarang ini sudah banyak website yang mulai menyediakan live chat sebagai media komunikasi dengan pengunjung website.

Gaya Penulisan

Penulisan blog biasanya ditulis dengan bahasa sehari- hari, santai, dan gaul. Hal ini karena blog kebanyakan untuk menulis pengalaman pribadi dan bertujuan untuk berbagi informasi.

Berbeda dengan website, gaya penulisan yang digunakan di konten website lebih bersifat formal.

Tampilan Menu

Tampilan menu menjadi perbedaan lain antara blog dan website. Tampilan menu pada blog umumnya berupa kategori topik blog post seperti olahraga, teknologi, dan lain-lain.

Sedangkan tampilan menu pada website, umumnya lebih mengarah untuk pengelompokkan fitur atau fungsi pada website.

Cara Membuat Tampilan Blog Seperti Website

Sekrang saatnya kamu untuk mengetahui bagaimana cara membuat tampilan blog seperti website. Berikut ini langkah- langkah yang harus kamu ketahui bagaimana cara membuat tampilan blog seperti website, meliputi :

Pilih Nama Domain Unik

Langkah awal cara membuat tampilan blog seperti website adalah memilih nama domain yang unik.

Domain pada website dapat dianalogikan seperti alamat pada suatu rumah. Sehingga agar mudah diingat, diusahakan untuk membuat nama domain yang unik.

Banyak domain yang unik dan dapat disesuaikan dengan jenis blog. Misal nya domain .press cocok untuk blog yang berisikan jurnal atau berita. Ada juga domain .my.id cocok untuk berbagai macam blog.

Baca Juga : Top 9 Domain Unik Sebagai Alternatif Domain COM Yang Semakin Menipis Ketersediaannya

Upload Blog ke Hosting

Setelah memilih nama domain unik, cara membuat tampilan blog seperti website selanjutnya adalah upload blog ke hosting. Pada umumnya website akan disimpan di dalam hosting.

Tidak hanya file kode program blog saja, namun semua isi website seperti gambar, video, tema website akan disimpan ke dalam hosting.

Bagaimana cara memilih hosting yang tepat? Hal yang paling utama dalam memilih hosting adalah sumber daya (CPU, Bandwidth, SSD), kapasitas hosting, fitur, dan juga budget yang kamu punya.

Ingat! Jangan terjebak dalam strategi “Unlimited” ya DomaiNesians. Mengapa begitu? Langsung saja baca artikel Kenali Apa Itu Hosting Unlimited dan Hubungannya dengan Inodes.

Pilih Template WordPress Menarik

Website WordPress cocok untuk kamu sebagai pemula yang ingin membangun website. Hal ini karena WordPress terkenal dengan kemudahan- kemudahan yang ditawarkan.

Mulai dari tampilan, hingga pengelolaan website. Tidak hanya itu, sekarang pada WordPress juga memberikan plugin yang digunakan untuk optimalisasi website. Sehingga website mu akan lebih cepat , stabil, dan pastinya sesuai dengan SEO.

Untuk template WordPress sendiri ada yang gratis dan ada yang berbayar. Kamu bisa memilih template sesuai dengan kebutuhan websitemu.

Tambahkan Informasi Kontak

Cara membuat tampilan blog seperti website selanjutnya adalah dengan menambahkan informasi kontak. Informasi kontak biasanya diletakkan pada footer website.

Dengan menambahkan informasi kontak, berpotensial dalam meningkatkat leads website.

Kamu bisa menambahkan informasi kontak seperti alamat email, nomor telepon, nomor fax, atau sekedar menyertakan link yang mengarah ke contact form.

Tambahkan Ikon Sosial Media

Lebih dari 72% website telah menambahkan ikon media sosial umumnya di bagian footer.

Biasanya link media sosial dibungkus pada suatu ikon di footer. Selain dapat terhubung dengan user website, media sosial juga dapat menambah brand awareness serta tingkat kepercayaan user.

Menambahkan link sosial media pada website footer sangatlah mudah.

Sumber : envato

Pasang Favicon Website

Favicon adalah ikon kecil yang terletak di sebelah kiri nama website. Favicon digunakan sebagai brand awareness bagi website.

Apabila suatu situs atau website menampilkan favicon, maka user yang mengakses akan percaya dengan informasi- informasi yang ada pada website.

Untuk itu, kamu juga harus melakukan demikian agar tampilan blog menjadi seperti website.

Pada website profesional biasanya terdapat tulisan “Copyright” di bagian footer website. Copyright disebut juga dengan hak cipta.

Copyright memiliki peran krusial pada website. Hal ini karena copyright memang bertujuan untuk mencegah siapapun menyalin (copy) gambar, animasi, paragraf, atau mencoba mencuri konten dari website.

Copyright biasanya dinotasikan dengan simbol copyright © (beberapa menambahkan kata-kata ‘Copyright’, ‘Hak Cipta’, atau ‘Copr.’).

Cara membuat tampilan blog seperti website selain dengan menambahkan copyright yaitu juga dengan menyisipkan tahun pembuatan atau penerbitan website disebelah tulisan copyright.

Tambahkan Call to Action (CTA)

Elemen Call to Action atau lebih dikenal dengan CTA adalah tombol interaktif yang bertujuan mendorong user atau pengguna website agar mengakses salah satu halaman web yang penting.

Dengan CTA, seolah-olah kamu mengajak user website untuk menjelajahi website lebih jauh sehingga bisa menambah ketertarikan masing- masing user.

Yuk, Ubah Tampilan Blog Menjadi Website Sekarang Juga!

Itulah beberapa cara membuat tampilan blog seperti website. Mudah bukan? Buat kamu yang belum punya hosting sebagai rumah website, kamu bisa order hosting terbaik DomaiNesia dan dapatkan promo yang menarik. Jangan lupa, pilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan websitemu ya!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah