• Home
  • Berita
  • Kenali Apa Itu Hosting Unlimited dan Hubungannya dengan Inodes

Kenali Apa Itu Hosting Unlimited dan Hubungannya dengan Inodes

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Ketika membuat sebuah website agar dapat digunakan dan diakses oleh orang lain, maka website tersebut memerlukan adanya domain dan hosting. Siapa sih yang tidak menginginkan paket hosting unlimited dengan disk space tak terbatas, bandwidth, dan website dengan biaya bulanan rendah? 

Saat kamu mencari di internet untuk paket hosting web murah, kamu pasti menemukan pilihan hosting unlimited. Tapi, apa arti sebenarnya?  Tenang, semuanya akan DomaiNesia bahas untuk kamu mulai dari pengertian hingga cara memilih paket hosting. Simak terus penjelasannya hingga akhir!

Apa itu Hosting Unlimited?

Hosting unlimited adalah sebuah layanan hosting yang tidak memiliki batasan dalam penggunaan disk space pada hosting atau bisa dibilang kamu akan mendapatkan resource tanpa batasan. Meskipun mendapatkan resource tanpa batasan, hosting ini merupakan jenis shared hosting yang artinya kamu harus berbagi server terhadap orang lain. 

Jadi jika salah satu pengguna memiliki aktivitas yang tinggi maka hal tersebut bisa berpengaruh terhadap pengguna lainnya. Pada dasarnya, unlimited hosting mengacu pada semua penggunaan data yang kamu dapatkan dalam bentuk disk space, bandwidth, dan layanan lainnya.

Sumber: Envato

Baca juga: Inilah Perbedaan Shared Hosting vs VPS yang Harus Kamu Tahu!

Penyimpanan unlimited pada paket hosting  memungkinkan kamu menyimpan banyak file, dan meng-host website yang lebih besar. Toko online yang harus menyertakan beberapa gambar produk atau katalog produk akan mendapat manfaat dari hosting unlimited. Untuk website  besar dengan lalu lintas tinggi, penting untuk memilih paket hosting yang menawarkan bandwidth yang tak terbatas juga. 

Ini akan memastikan bahwa kamu selalu memiliki akses ke halaman tersebut. Jika bandwidth terbatas, websitemu mungkin menampilkan pesan yang tidak tersedia,  kehilangan pelanggan, dan menurunkan peringkat Google. 

Paket hosting unlimited sering kali menyertakan database unlimited untuk menyiapkan website, subdomain unlimited untuk membuat berbagai bagian website, seperti blog, toko, login pelanggan, dan akun email unlimited. Namun, hosting ini cocok digunakan untuk pemilik website baru yang belum terlalu membutuhkan spesifikasi hosting yang tinggi. Kenapa demikian? Coba lanjutkan membaca pada poin berikut ini!

Apakah Unlimited Hosting Benar-benar Tidak Terbatas?

Dalam kebanyakan kasus sebenarnya unlimited hosting itu memiliki batasan tertentu namun batasan yang ditetapkan itu sangat tinggi sehingga tidak semua pengguna bisa melampaui batasan tersebut. Hosting ini tidak menggunakan batasan disk space dalam penyimpanan melainkan menggunakan sistem inodes. Apa itu sistem inodes? 

Sistem inodes adalah sebuah struktur data yang digunakan untuk menyimpan file pada hosting. Lebih mudahnya lagi, inodes adalah jumlah file dan folder, misalnya kamu memiliki 20 file dan 5 folder maka kamu sudah menggunakan inodes sebesar 25 inodes. Biasanya penyedia layanan hosting memiliki batasan inodes di angka 1000.000 hingga 750.000 inodes. Yuk kita coba cari tahu, berapa banyak file yang bisa disimpan di dalam 10.000 inodes.

  • Kamu dapat menyimpan file dengan ukuran 1 KB sebanyak 100.000 file, dengan begitu kamu akan mendapatkan 100 MB ruang penyimpanan.
  • Kamu juga dapat menyimpan file dengan ukuran 10 KB sebanyak 100.000 file, jadi kamu akan mendapatkan ruang sebesar 1000 MB dan begitu seterusnya.

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa berapa besar ruang penyimpanan hosting itu tidak bisa dipastikan menggunakan disk space sehingga jika kamu memiliki file yang berukuran besar maka kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan yang besar, namun jika file tersebut berukuran kecil maka otomatis ruang penyimpanan yang kamu dapatkan juga kecil.

Selain batasan sistem inodes, hosting unlimited juga memiliki batasan syarat dan ketentuan yang dimiliki setiap penyedia layanan. Biasanya aturan tersebut yaitu kamu tidak boleh menggunakan untuk hosting image, film, file, dan sebagainya. File yang diperbolehkan seperti file website HTML, CSS, Javascript, gambar yang dikompress, dsb. 

Ternyata cukup kecil ya penyimpanannya! Karena file-file tersebut mungkin hanya berkisar 1 GB saja. Apalagi saat kamu membeli hosting ini di tempat yang tidak terpercaya maka kamu akan mudah mendapatkan suspend apabila menggunakan disk space yang sedikit besar.

hosting unlimited
Sumber: Envato

Baca juga: Memahami Cloud Hosting Adalah Solusi Performa Web Terbaik

Apa Keunggulan Hosting Unlimited?

1. Unlimited bandwidth

Bandwidth adalah jumlah data yang ditransfer antara server situs web kamu dan komputer pengunjung. Paket bandwidth tidak terbatas tidak dikenakan biaya. Jadi unlimited bandwith ini cocok untuk bisnis atau situs web eCommerce. Bahkan jika terjadi lonjakan lalu lintas, situs web kamu akan tetap berjalan dengan lancar. Dengan begitu maka kamu sudah tidak dipusingkan lagi dengan server yang tiba-tiba down dan error yang dikarenakan oleh aktivitas server yang terlalu tinggi. 

2. Unlimited email

Sebuah website yang terlihat profesional itu harus memiliki halaman kontak dan juga sebuah bilah untuk memberikan saran serta kritik. Hal itu diperlukan agar pengunjung website kamu bisa berinteraksi dan bahkan bertukar pikiran melalui fitur tersebut. 

Apabila fitur ini dimanfaatkan semaksimal mungkin, maka kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar seperti mampu menjaring banyak pengunjung website. Untuk mendukung itu, kamu membutuhkan email yang tidak terbatas dong pastinya! 

3. Sertifikat SSL gratis

Untuk mengembangkan dan membangun website yang kredibel maka kamu membutuhkan sertifikat SSL ini. Tenang, jika kamu menggunakan layanan hosting unlimited, maka kamu bisa mendapatkan sertifikat SSL ini secara gratis!

Bagaimana Cara Memilih Hosting Unlimited yang Tepat?

1. Mengenal kebutuhan website

Sebelum memilih hosting, sebaiknya kamu mengenal kebutuhan website mu sendiri, misalnya dari berapa disk space yang diperlukan. Besarnya ukuran sebuah website itu tergantung pada berapa besar file yang ada di dalamnya. Apabila website yang kami miliki terdiri dari berbagai gambar dan file flash yang terlalu besar maka otomatis website tersebut memiliki ukuran yang sangat besar juga. 

Dengan kasus seperti itu, berarti kamu membutuhkan hosting dengan ruang penyimpanan yang besar atau bahkan unlimited. Padahal sebenarnya semakin besar ukuran website maka akan mempengaruhi performanya. Dianjurkan pada satu website hanya menggunakan 30 Kb saja tidak lebih agar mendapatkan performa terbaik.

2. Pilih paket yang sesuai dengan budget

Selain memperhatikan kebutuhan website, hal yang paling penting yaitu memperhatikan pilihan paket hosting unlimited yang akan kamu gunakan. Sesuaikan keduanya, jangan sampai kamu membeli paket hosting dengan spesifikasi selangit tapi tidak bisa membayarnya.  

3. Pahami lokasi server

Sebelum membeli paket hosting unlimited kamu juga wajib mengetahui dimana letak server penyedia layanan. Alasannya karena semakin dekat server dengan pengguna maka akan mendapatkan kecepatan akses yang semakin tinggi. Tetapi kecepatan server tidak hanya dari segi lokasi saja ya namun bisa karena spesifikasi hardware yang dimiliki juga.

4. Jangan mudah tergiur 

Banyak penyedia layanan hosting yang menawarkan hosting unlimited. Namun jangan mudah tergiur dan percaya ya! Karena bisa jadi mereka memang menyediakan hosting unlimited namun dengan kebijakan yang bisa berubah-ubah yang nantinya justru merugikan kamu.

hosting unlimited
Sumber: Envato

Baca juga: Pelajari Perbedaan Email Hosting vs Email Shared Hosting Sebelum Membuat Email Bisnis

Jadi Apakah Kamu Akan Menggunakan Hosting Unlimited?

Hosting unlimited adalah layanan hosting yang memberikan dan menawarkan berbagai fiturnya seperti disk space unlimited, bandwidth unlimited, email unlimited, sertifikat SSL gratis, dan masih banyak lagi. Tapi sebenarnya hosting unlimited ini juga memiliki batasan yang berupa inodes pada ruang penyimpanan hingga syarat dan ketentuan dari penyedia layanan. 

Perlu kamu perhatikan juga bahwa tidak semua website cocok menggunakan jenis hosting ini karena apabila kamu memiliki website dengan aktivitas yang tinggi maka kamu bisa terkena suspend dari penyedia layanan loh! Jadi sebelum memilih layanan hosting unlimited kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti kebutuhan dari website, memperhitungkan dengan budget yang tersedia, dan jangan lupa untuk mengetahui dimana lokasi server. 

Untuk kamu yang baru mulai membuat website, maka layanan ini cocok untuk kamu karena biaya yang ditawarkan juga tidak terlalu tinggi. Bagaimana apakah kamu ingin mencobanya?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Kaffinnur
September 23, 2022

terima kasih min artikelnya sangat bermanfaat

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah