• Home
  • Berita
  • Memahami Cloud Hosting Adalah Solusi Performa Web Terbaik

Memahami Cloud Hosting Adalah Solusi Performa Web Terbaik

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa jenis hosting yang web expert ketahui dan gunakan, salah satunya cloud hosting.

Hadirnya cloud hosting adalah angin segar bagi web expert dalam kebutuhan server hosting yang scalable, aman, dan cepat.

Bagi kamu yang merupakan pengembang teknologi website baru, wajar saja jika belum familiar dengan apa itu cloud hosting.

Cloud hosting adalah
Sumber: Envato

Tak salah juga jika kamu masih lebih memilih menggunakan web hosting tradisional ketimbang cloud hosting.

Padahal jika kamu telusuri lebih mendalam, ada banyak alasan mengapa cloud hosting adalah pilihan terbaik untuk pengembangan dan pengelolaan website bisnis yang lebih mudah dan bisa selalu online tanpa hambatan.

Bahkan hosting ini bisa bermanfaat untuk kebutuhan layanan internet penting lainnya.

Jika kamu ingin mengenal lebih dekat dengan apa itu cloud hosting, maka wajib banget untuk baca artikel DomaiNesia kali ini.

Harapannya kamu jadi bisa mempertimbangkan penggunaan layanan hosting berbasis cloud terlebih untuk website besar dan kompleks seperti e-commerce.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah jenis hosting premium yang menawarkan performa tingkat tinggi keamanan dan skalabilitas tak terbatas.

Sebab hosting ini menjalankan website dengan segala data dan resourcenya di sistem cloud (virtual) menggunakan beberapa resource server yang digabungkan menjadi satu server terpusat.

Gabungan server itu yang dikenal dengan istilah “cluster” yang mana semakin banyak server yang cloud hosting gabung, maka semakin besar pula jumlah resource yang bertambah.

Cloud hosting adalah jenis hosting yang relatif baru jika dibandingkan dengan hosting pendahulunya karena sifatnya yang mewakili penyimpanan di ruang virtual.

Dari pemahaman apa itu cloud hosting, kamu bisa menjalankan website di cloud dengan kemampuan untuk meningkatkan resource server untuk memenuhi permintaan dari website itu sendiri.

Karena hosting ini membuat kamu tidak memiliki batasan pada resource dari satu server, kamu bisa menggunakan sekaligus menskalakan website ke hampir semua tingkat penggunaan resource dan traffic tinggi tanpa adanya penurunan layanan.

Jadi jika ada satu server bermasalah maka server lain tidak akan terpengaruh dan akan mensupport website untuk tetap berjalan.

Bila kami ibaratkan, cloud hosting adalah seperti menghubungkan beberapa VPS (Virtual Private Server) menjadi satu virtual dedicated server yang besar.

Karakteristik Cloud hosting

Dari pengertian cloud hosting di atas mungkin kami bisa menyimpulkan adanya beberapa karakteristik yang hanya ada pada hosting berbasis cloud. Berikut ini penjelasannya.

  1. Kontrol

Cloud hosting adalah hosting yang memiliki beberapa server virtual yang telah disinkronkan untuk menyeimbangkan beban (load).

Hal ini memungkinkan kamu bisa mendapatkan layanan performa server seperti ketika menggunakan server utuh dengan resource besar.

  1. Resources

Besarnya resource yang kamu gunakan tergantung pada seberapa banyak server yang tergabung menjadi satu server dedicated.

Sehingga karakteristik apa itu cloud hosting membuat pengguna bisa memiliki akses root ke control panel dan hosting bisa memberikan bantuan recovery jika sewaktu-waktu server error.

Bantuan recovery pun juga tergolong mudah karena server yang tadinya error bisa mengalihkan resourcenya ke server lain yang masih normal agar kamu bisa terus operasikan website dengan lancar.

  1. Skalabilitas

Cloud hosting adalah jenis hosting yang fleksibel karena distribusi resource hosting lakukan secepat mungkin sehingga jam kerja server (uptime) lebih maksimal dan kamu tidak perlu menunggu.

Selain itu, melalui apa itu aloud hosting scalability, kamu bisa menghubungkan resource tambahan apapun yang dibutuhkan dalam satu hosting, baik itu RAM atau bandwidth jaringan dengan beberapa klikan saja.

Fleksibilitas cloud hosting semakin terlihat ketika kamu sebagai pemilik website bisa bebas memutuskan kapan akan membutuhkan resource dalam jumlah tertentu.

  1. Keamanan

Pada dasarnya semua hosting menyediakan fasilitas keamanan untuk melindungi server dari berbagai jenis aktivitas jahat seperti hacking.

Mulai dari adanya program scanning otomatis, sertifikat SSL, berbagai macam plugin keamanan, dan sistem proteksi dari spam dan virus.

Tapi berbeda halnya dengan cloud hosting karena cloud hosting adalah jenis hosting dengan keamanan standar yang telah dilengkapi dengan kemampuan untuk menginstal firewall aplikasi web dan sistem pemantauan tingkat lanjut.

  1. Biaya

Bisa jadi karakteristik apa itu cloud hosting kali ini adalah yang paling menguntungkan pengguna.

Sebab dalam kasus cloud hosting, kamu hanya perlu membayar untuk resource yang benar-benar kamu gunakan selama hosting aktif daripada langsung membayar untuk ruang server.

Berbanding terbalik dengan web hosting tradisional yang mana kamu perlu membayar hosting dengan resource tetap.

Cloud hosting adalah
Sumber: Envato

Jenis Website yang Bisa Menggunakan Cloud Hosting

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya kalau cloud hosting adalah solusi penggunaan hosting yang sangat fleksibel.

Sebab mereka bisa mendukung website organisasi perusahaan hingga individu yang menjalankan blog dengan traffic tinggi.

Dan untuk kebutuhan yang lebih tinggi, cloud hosting bisa menjadi pilihan tepat untuk website organisasi yang membutuhkan waktu kerja (uptime) yang hampir sempurna.

Atau ingin mengembangkan penggunaan server sesuai keinginan tanpa adanya delay.

Dengan penggunaan apa itu cloud hosting berkualitas tinggi, kamu akan mendapatkan pelayanan keamanan website yang terjamin dan performa situs yang sangat cepat.

Selain itu, cloud hosting juga sangat cocok untuk pemilik website yang ingin mengupgrade server websitenya yang mengalami peningkatan traffic secara drastis sehingga membuat website menjadi lebih lambat.

Walaupun permasalahan tersebut bisa kamu selesaikan dengan menggunakan dedicated server atau virtual private server, tapi cloud hosting adalah pilihan terbaik untuk skalabilitas yang lebih maksimal.

Jenis penggunaan cloud hosting paling umum

Cloud hosting telah unggul dalam daya saing melalui biaya yang lebih terjangkau fleksibilitas yang lebih besar dan pemanfaatan resource yang optimal.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang mana apa itu cloud hosting dapat bermanfaat dalam usaha pencapaian tujuan bisnis suatu website.

  1. IaaS dan PaaS

IaaS atau Infrastructure-as-a-Service adalah layanan yang memberikan komputasi dasar jaringan dan resource penyimpanan kepada konsumen melalui internet dan berdasarkan pembayaran sesuai penggunaan.

Sedangkan PaaS atau Platform-as-a-Service adalah layanan yang memberikan sebuah platform lengkap – mulai dari hardware, software, dan infrastruktur – kepada pelanggan.

Hal ini bertujuan agar pelanggan bisa mengembangkan, menjalankan, dan mengelola aplikasi tanpa biaya tambahan kerumitan dan ketidak fleksibelan dalam membangun dan memelihara platform.

Keduanya menerapkan apa itu cloud hosting di dalam pelayanannya karena infrastruktur pay-per-use yang dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin menghemat biaya investasi untuk memperoleh mengelola dan memelihara infrastruktur teknologi informasi.

  1. Hybrid cloud dan multi-cloud

Hybrid Cloud adalah lingkungan komputasi yang menghubungkan layanan cloud pribadi lokal perusahaan dengan cloud publik pihak ketiga ke dalam infrastruktur tunggal yang fleksibel.

Hybrid cloud memberikan kemewahan infrastruktur bagi organisasi untuk memilih cloud yang optimal untuk setiap aplikasi atau beban kerja (workload).

Cloud hosting adalah pemeran dibalik hybrid cloud agar organisasi bisa memindahkan beban kerja secara bebas di antara dua cloud jika sewaktu-waktu infrastruktur berubah.

Sedangkan multicloud akan mengambil langkah lebih jauh yang memungkinkan kamu bisa menggunakan dua atau lebih cloud dari provider cloud yang berbeda.

Dengan multicloud, kamu bisa memutuskan beban kerja mana yang paling sesuai untuk setiap cloud berdasarkan kebutuhan.

  1. Pengujian dan pengembangan

Salah satu skenario terbaik untuk penggunaan apa itu cloud hosting adalah untuk lingkungan pengujian dan pengembangan.

Sebab, keduanya memerlukan estimasi anggaran yang tepat dan pengaturan lingkungan pengembangan berdasarkan asset fisik, tenaga kerja yang signifikan, dan waktu.

  1. Big data analytics

Aspek yang ditawarkan ketika memanfaatkan cloud hosting adalah kemampuan untuk menggunakan analitik big data.

Proses analitik ini memanfaatkan sebagian besar data terstruktur dan tidak terstruktur untuk mengelola manfaat nilai bisnis.

Contohnya pada platform jejaring sosial sekarang yang menyediakan konsep dasar untuk analitik tentang pola perilaku yang organisasi gunakan untuk memperoleh informasi bisnis.

  1. Cloud storage

Cloud menawarkan kemampuan untuk menyimpan dan mengakses file dari antarmuka yang mendukung teknologi web.

Kamu akan memiliki availability, kecepatan, skalabilitas, dan keamanan yang tinggi untuk lingkungan bisnis kamu kapanpun dan dimanapun.

Dalam skenario apa itu cloud hosting, kamu atau organisasi hanya membayar biaya sejumlah cloud storage yang benar-benar digunakan, tanpa khawatir mengawasi maintenance harian sebuah storage infrastructure.

  1. Disaster recovery

Manfaat lain yang diperoleh dari penggunaan apa itu cloud hosting adalah keefektifan biaya dari solusi pemulihan kesalahan sistem atau disaster recovery.

Berkat cloud hosting, sistem bisa diperbaiki lebih cepat dari jaringan lokasi fisik yang berbeda dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada situs disaster recovery tradisional dengan asset tetap, prosedur yang kaku, dan biaya yang jauh lebih tinggi.

  1. Backup data

Proses membackup data selalu menjadi proses yang kompleks dan memakan waktu.

Termasuk maintaining satu set drive, mengumpulkan data secara manual, dan mengirimkannya ke fasilitas pencadangan dengan semua masalah bawaan yang mungkin terjadi antara website asal dan website backup.

Nah, dengan cloud hosting, kamu bisa mengirimkan semua data cadangan tersebut secara otomatis ke server manapun melalui kabel dengan jaminan keamanan availability atau kapasitas yang tidak menjadi masalah dalam backup.

Sumber: Envato

Cloud Hosting Adalah Batu Loncatan Dalam Mengonlinekan Bisnis

Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan segala bentuk teknologi, cloud hosting adalah layanan terbaik dalam menyediakan segala resources, skalabilitas, keamanan, dan biaya server yang terbaik.

Tentu saja kamu bisa mendapatkan cloud hosting dengan mudah dari kami, DomaiNesia sebagai penyedia layanan cloud web hosting Indonesia terbaik.

Jika kamu ingin website tumbuh secara dinamis dan mendapatkan segala fleksibilitas hosting, maka penting untuk lebih memilih dan mempelajari apa itu cloud hosting dari DomaiNesia.

Jika ada pertanyaan lanjutan seputar hosting DomaiNesia, jangan ragu untuk menghubungi tim Customer Support kami, ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!