• Home
  • Berita
  • Pascal adalah: Definisi, Tipe Data dan Penerapan Hukum Pascal

Pascal adalah: Definisi, Tipe Data dan Penerapan Hukum Pascal

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Mempelajari sebuah bahasa pemrograman pasti membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk adaptasi dan berlatih agar terbiasa menggunakannya. Setiap bahasa pemrograman pastinya memiliki ciri khas masing-masing saat diterapkan pada coding. Apakah kamu tahu bahwa bahasa pemrograman digolongkan menjadi 2 jenis? Yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi (high-level) dan tingkat rendah (low-level). 

Bahasa pemrograman tingkat tinggi biasanya lebih mudah dimengerti oleh manusia karena menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Berbeda dengan bahasa pemrograman tingkat rendah, mereka cenderung menggunakan bahasa mesin yang tidak sepenuhnya dimengerti oleh manusia. Oleh karena itu, bahasa pemrograman tingkat tingg menjadi favorit para programmer untuk membuat sebuah program.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang kita kenal saat ini adalah python, pasti sudah tidak asing bukan? Namun, pada artikel ini kita akan membahas terkait bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sudah memiliki umur lebih dari 50 tahun, yaitu bahasa pemrograman pascal.

Pascal adalah
Sumber: Envato

Pasti bagi kamu yang melewati komputer generasi terakhir ini mengetahui pasti bahasa pemrograman tersebut. Beberapa perguruan tinggi masih mempelajari bahasa pemrograman ini, adapun yang sudah membahapus pascal dari kurikulum mereka karena dirasa sudah tidak relevan. 

Apakah kamu penasaran terkait bahasa pemrograman pascal ini? Yuk kita bahas secara detail hingga tuntas!

Baca juga: 10 Bahasa Pemrograman yang Jarang Orang Tahu

Siapakah Penemu Program Pascal?

Siapakah penemu program pascal? Pascal adalah program yang dikembangkan pada tahun 1970 oleh seorang ilmuwan di bidang komputer yaitu Niklaus Wirth yang berasal dari Swiss. Setelah mendapatkan gelar di bidang elektronika dari Swiss Federal Institute of Technology pada tahun 1959, dan mendapatkan gelar doktor pada tahun 1960, Niklaus Wirth memberikan banyak kontribusi serta jasa-jasa kepada perkembangan sistem komputer pada masanya mulai dari tahun 1965 bernama “ALGOL” sebagai bahasa pemrograman pertama yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth.

Dari penemuan ALGOL, Niklaus Wirth terinspirasi untuk membuat bahasa pemrograman lain yang sederhana dan mudah dimengerti oleh bahasa manusia terutama untuk mahasiswa-mahasiswa yang sedang belajar terkait pemrograman. Seiring berjalannya waktu, Wirth berhasil mengembangkan bahasa pemrograman baru yang dikenal sebagai “Pascal”. Menurutnya, Pascal adalah pemrograman khusus yang dirancang dengan tujuan untuk menjadi bahasa pemrograman yang mudah dipahami, struktural, dan cocok untuk pengajaran. 

Pada Tahun 1970 bahasa pemrograman pascal dikenalkan pada seluruh dunia menggunakan buku yang ditulis oleh Niklaus Wirth berjudul “Programming in Pascal”. Kemudian, bahasa pemrograman pascal mulai dikenal dan popularitasnya meningkat karena konsep sederhana dan mudah dimengerti oleh manusia. Pascal telah berjasa menjadi pedoman ilmuwan-ilmuwan lain mengembangkan bahasa-bahasa pemrograman lain yang lahir di tahun-tahun berikutnya.

Pascal adalah
Sumber: Envato

Pascal adalah 

Jadi, apa itu pascal? Pascal adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan sebagai alat untuk mengajarkan prinsip-prinsip pemrograman dan metode struktural. Pascal mendukung konsep blok, prosedur, dan fungsi sebagai elemen-elemen dasar program. Pascal adalah bahasa yang bersifat strong typing, yang berarti variabel harus dideklarasikan dengan tipe data tertentu sebelum digunakan, dengan hal Ini, maka akan membantu mencegah kesalahan tipe data selama eksekusi program.

Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman yang mendukung rekursi, yang artinya dapat memungkinkan fungsi atau prosedur untuk memanggil dirinya sendiri. Hal ini akan berdampak pada implementasi solusi algoritma yang menggunakan pemanggilan berulang. Pascal adalah pemrograman yang akan lebih sering diterapkan pada bidang pembelajaran mahasiswa, namun tidak sedikit pula yang menggunakannya untuk membuat sebuah program pada komputer pribadi di masanya.

Kekurangan dari pascal adalah pascal tidak mendukung OOP atau Object Oriented Programming yang pada masanya sempat populer setelah pascal lahir. 

Tipe Data Pascal

Pada pascal, tipe data yang digunakan lebih mudah dipahami karena pascal menganut bahasa pemrograman tingkat tinggi yang bahasanya paling dekat dengan manusia. Berikut merupakan tipe data, penjelasan dan contoh penerapan pascal yang harus kamu ketahui.Pascal adalah

Tipe data yang digunakan pada pascal termasuk menjadi inspirasi munculnya tipe data yang ada pada bahasa pemrograman yang kamu kenal saat ini. Jadi, tipe data bahasa pascal untuk True/False adalah boolean, kemudian ada yang Digunakan sebagai penyimpanan tipe data pascal untuk karakter dan sebagainya. Kamu tidak perlu menghafal tipe data di atas, cukup sering berlatih dalam pemrograman saja dan kamu akan menghafal sendirinya.

Baca juga: Kotlin adalah Bahasa Pemrograman Populer Untuk Android

Contoh Pascal

Agar lebih memahami, yuk kita simak contoh pascal terkait program dalam menghitung luas segitiga dengan memasukkan variabel alas, tinggi dan luas sebagai hasil akhir.

Jadi, program dimulai dengan mendeklarasikan variabel alas, tinggi, dan luas yang bertipe data Real. Pengguna diminta untuk memasukkan panjang alas dan tinggi segitiga. Program menghitung luas segitiga menggunakan rumus luas = 0.5 * alas * tinggi, kemudian sebagai output, hasil luas segitiga ditampilkan ke layar. Cukup mudah bukan? Algoritma pemrograman yang digunakan tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya.

Kesimpulan

Pascal adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan pada tahun 1970. Siapakah penemu program pascal? Pascal dikembangkan oleh ilmuwan komputer Swiss, Niklaus Wirth. Tujuannya adalah menciptakan bahasa pemrograman yang sederhana, mudah dimengerti, dan cocok untuk pengajaran, terutama bagi mahasiswa yang baru belajar pemrograman. 

Pascal adalah cikal bakal lahirnya bahasa pemrograman baru di era digital. Pascal dikenal sebagai bahasa pemrograman yang hanya menerapkan pemrograman terstruktur, selanjutnya lahirlah delphi yang dikembangkan memiliki gaya pemrograman OOP atau Object Oriented ProgrammingSampai sini apakah kamu sudah paham? Jika kamu ingin tahu lebih dalam, kamu bisa mencoba praktik dengan membuat sebuah website dengan beli domain murah dan menggunakan layanan hosting berkualitas.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds