Google Perkenalkan Attribute Link Nofollow Terbaru (Sept 2019)2 min read

4.29/5 (7)

attribute link nofollow

Google merubah attribute link nofollow dan memperkenalkan attribute tambahan untuk membantu Google dalam memahami sifat dari link tersebut.

Update Attribute Link Nofollow

Kedua link yang akan bergabung bersama rel=”nofollow” adalah:

  • rel=”sponsored” : attribute ini berguna untuk mengidentifikasi link pada halaman atau website yang menjadi bagian dari sebuah iklan, sponsorship, atau jenis-jenis perjanjian yang serupa.
  • rel=”ugc” : attribute ini berguna untuk mengidentifikasi link yang hadir pada user generated content, misalnya komentar atau postingan pada forum.

Pembaharuan ini akan bertugas sebagai bantuan, atau petunjuk tentang link mana yang tidak termasuk sebagai ranking signals. Nah, itu berarti keduanya tidak akan dikesampingkan seperti yang terjadi sekarang.

Google sendiri memiliki alasan mengapa tidak mengesampingkan kedua jenis link ini. Link mengandung informasi yang bernilai yang akan membantu Google untuk mengembangkan hasil pencarian. Misalnya terhadap sebuah kata pada link yang mendeskripsikan hal yang pemilik situs inginkan.

Dengan merubah jenis link menjadi sebuah petunjuk, Google mengharapkan tidak akan kehilangan informasi yang penting. Hal ini juga bisa berjalan sembari pemilik situs dapat memberitahukan bahwa beberapa link yang dia tampilkan, tidak seharusnya mendapatkan suntikan link juice dari pihak pertama.

Apa yang Perlu Diketahui Pemilik Situs dan SEO Experts?

Menanggapi perkenalan dua attribute baru ini, ada dua hal yang harus DomaiNesians pahami sebagai pemilik situs ataupun seorang SEO Expert.

  1. Attribute link tetap penting, karena dapat digunakan sebagai penanda iklan atau link dengan sponsor untuk menghindari penalty yang bisa dikenakan. Google lebih memilih penggunaan attribute “sponsored”, namun hanya menggunakan “nofollow” saja sebenarnya masih tidak apa-apa.
  2. Tidak perlu merubah attribute yang telah ada, hal ini karena Google tetap memberikan nilai pada attribute “nofollow” yang sudah ada sebelum update ini dilakukan. Meski Google sebenarnya merekomendasikan untuk merubahnya menjadi “sponsored” apabila  memang memungkinkan.

Bagaimana Cara Menggunakan Attribute Baru Dengan Benar?

Lebih dari satu attribute dapat digunakan untuk sebuah link. Sebagai contoh, rel=”ugc sponsored” yang akan secara otomatis diterima Google sebagai sebuah link bersponsor yang ada pada sebuah konten yang dibuat oleh pengguna (user generated content).

Google mengatakan bahwa tidak ada penggunaan yang salah dalam hal ini, kecuali pada kasus link dengan sponsor. Jika sebuah link ditandai sebagai sebuah link dengan sponsor, namun kenyataannya sebaliknya. Maka yang terjadi adalah berkurangnya efek yang akan dihasilkan dari link tersebut. Kuncinya adalah, jika ada sebuah link yang secara jelas merupakan sponsor, maka attribute yang harus digunakan adalah “sponsored” atau “nofollow”.

Berlaku Mulai Sekarang

Ketika artikel ini hadir setidaknya sudah berjalan sekitar satu hari sejak penetapan attribute baru oleh Google. Dimana attribute “sponsored” dan “ugc” akan melengkapi “nofollow”. Kedua attribute tambahan ini akan menjadi petunjuk bagi Google. Sedangkan attribute “nofollow” akan bekerja seperti biasanya hingga Maret 2020, dimana sejak hari itu akan berubah menjadi petunjuk juga.

Baca Juga: Panduan Memilih Server

Nah, DomaiNesians, mulai biasakan untuk menggunakan dua attribute tambahan ya. Karena update telah berjalan dan butuh pembiasaan terhadap strategi yang baru. Salam!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

1 komentar

  1. Avatar dinda-ajah.blogspot.com/ berkata:

    wah baru tau kalau sekarang atribut nofollow berubah hehe

Komentar