• Home
  • Berita
  • DomaiNesia dan Komunitas Teknologi Yogyakarta: PyJogja Meetup dan Meetup #Chapter2 DevOps Jogja

DomaiNesia dan Komunitas Teknologi Yogyakarta: PyJogja Meetup dan Meetup #Chapter2 DevOps Jogja

Oleh Bimo Hutomo
No ratings yet.

Dua acara teknologi yang inspiratif dan informatif telah terlaksananya di Deneva Hub, Jalan Rogoyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dua acara ini, masing-masing diadakan pada tanggal 9 Maret dan 11 Mei 2024, mempertemukan para profesional di bidang teknologi untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

PyJogja Meetup: Road to Pycon APAC 2024

Pada Sabtu, 9 Maret 2024, DomaiNesia berkolaborasi dengan PyJogja untuk mengadakan “PyJogja Meetup: Road to Pycon APAC 2024”. Acara ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB dan dihadiri oleh 35 orang yang antusias terhadap perkembangan teknologi Python. PyJogja Meetup merupakan sebuah forum yang rutin diselenggarakan untuk para pengembang dan pecinta Python di Yogyakarta, yang kali ini juga menjadi ajang persiapan menuju konferensi Python terbesar di Asia-Pasifik, Pycon APAC 2024.

Pembicara dan Topik

Acara ini menampilkan dua sesi dengan pembicara yang berkompeten di bidangnya:

  1. Jan Kristanto (AI Engineering Manager di Waresix)

 Topik: Python for Generative AI

Deskripsi: Jan Kristanto membahas bagaimana Python dapat digunakan dalam pengembangan AI generatif. Sesi ini memberikan wawasan tentang teknik-teknik dan alat-alat yang digunakan dalam pembuatan aplikasi AI yang mampu menghasilkan konten baru berdasarkan data yang ada. Dalam presentasinya, Jan juga menyoroti berbagai tantangan dan peluang yang muncul dalam pengembangan AI generatif, serta bagaimana Python sebagai bahasa pemrograman memainkan peran kunci dalam inovasi ini.

  1. Rafi Ramadhana (Software Engineer di Digital Sharia Bank Company)

Topik: Logging Practices for Lazy Developer

Deskripsi: Rafi Ramadhana memberikan penjelasan tentang praktik logging yang efisien bagi para pengembang yang ingin menjaga kerapian dan keteraturan kode mereka tanpa memerlukan usaha ekstra. Topik ini sangat relevan bagi para pengembang yang sering berhadapan dengan masalah debugging dan monitoring aplikasi. Rafi menekankan pentingnya logging yang baik dalam menjaga kesehatan aplikasi dan bagaimana teknik-teknik tertentu dapat menghemat waktu dan usaha pengembang.

pyjogja meetup

Selain sesi presentasi, acara ini juga menyediakan sesi tanya jawab interaktif, di mana para peserta dapat bertanya langsung kepada para pembicara mengenai topik yang dibahas. Hal ini menciptakan suasana diskusi yang dinamis dan produktif, memungkinkan para peserta untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Python dan aplikasinya dalam teknologi terkini.

Meetup #Chapter2 DevOps Jogja

Dua bulan kemudian, pada Sabtu, 11 Mei 2024, Deneva Hub kembali menjadi tuan rumah untuk “Meetup #Chapter2 DevOps Jogja”. Acara yang dimulai pukul 13.00 dan berakhir pada 17.00 WIB ini juga berkolaborasi dengan DomaiNesia dan dihadiri oleh sejumlah profesional DevOps. Meetup ini merupakan kelanjutan dari rangkaian acara DevOps Jogja yang bertujuan untuk membangun komunitas yang solid dan berbagi pengetahuan seputar praktik DevOps.

Pembicara dan Topik

Meetup ini menampilkan dua sesi dengan fokus pada pengelolaan infrastruktur dan virtualisasi:

  1. Nizar Akbar M (System Administrator di DomaiNesia)

Topik: Load Balancers Unveiled: A Beginner’s Guide

Deskripsi: Sesi ini mengulas dasar-dasar load balancer, alat yang penting untuk mendistribusikan beban kerja di beberapa server. Nizar Akbar menjelaskan konsep-konsep dasar, manfaat, serta cara implementasi load balancer dalam infrastruktur TI. Nizar juga membagikan pengalaman praktis dan studi kasus dari proyek-proyek yang telah ia tangani, memberikan perspektif yang berguna bagi peserta yang baru mengenal teknologi ini.

pyjogja meetup

  1. Renaldy Gatan Pramana (DevOps Engineer di Atmatech Global Informatika)

Topik: From Setup to Success: Crafting Proxmox VM Templates Using Cloud-Init on Proxmox

Deskripsi: Renaldy Gatan memberikan panduan tentang cara membuat template VM (Virtual Machine) di Proxmox menggunakan Cloud-Init. Sesi ini sangat berguna bagi para profesional yang bekerja dengan virtualisasi dan pengelolaan cloud, karena memberikan langkah-langkah praktis untuk meningkatkan efisiensi dan konsistensi dalam penyebaran VM. Renaldy juga menjelaskan manfaat penggunaan Cloud-Init dalam mengotomatisasi proses konfigurasi VM, yang sangat penting dalam lingkungan DevOps yang serba cepat dan dinamis.

Seperti PyJogja Meetup, acara DevOps Jogja ini juga menyediakan sesi tanya jawab yang memungkinkan peserta untuk mendapatkan jawaban langsung dari para ahli. Para peserta sangat antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi yang terjadi selama sesi tersebut. Interaksi ini tidak hanya memperkaya pengetahuan peserta tetapi juga mempererat hubungan antar anggota komunitas.

pyjogja meetup

Kesimpulan

Kedua acara ini menunjukkan komitmen komunitas teknologi di Yogyakarta dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan keterampilan profesional di bidang teknologi. Melalui kolaborasi dengan DomaiNesia, baik PyJogja Meetup maupun DevOps Jogja Meetup memberikan platform yang efektif untuk berbagi ilmu dan pengalaman, serta memperkuat jaringan profesional di wilayah tersebut.

Tidak hanya memberikan wawasan teknis, acara-acara ini juga mendorong inovasi dan kolaborasi di antara para praktisi teknologi, menciptakan ekosistem yang subur bagi perkembangan teknologi di Yogyakarta. Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan akan lahir lebih banyak inovasi dan solusi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia, I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing and business.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds