• Home
  • Berita
  • Company Profile adalah: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

Company Profile adalah: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki perusahaan atau bisnis milik pribadi? Pastinya angan-angan ini hampir dimiliki setiap orang. Sebenarnya kesempatan memiliki perusahaan milik pribadi dimiliki oleh setiap orang, tentu jika kamu memiliki tekad untuk itu. Mungkin menurut sebagian orang, mendirikan sebuah perusahaan adalah hal yang sulit. Namun perlu kamu ketahui bahwa mengenalkan perusahaan yang telah kamu dirikan kepada masyarakat luas adalah hal yang lebih sulit. 

Kamu tidak ingin pastinya kalau perusahaan milikmu tidak dikenal banyak orang. Nah, salah satu solusi dari problem tersebut adalah dengan membuat company profile untuk perusahaanmu. Company profile adalah hal penting yang harus dimiliki suatu perusahaan. Masih bingung apa itu company profile? Apa fungsi company profile? Apa saja contoh company profile dan bagaimana cara membuat company profile? Semua hal tersebut akan kamu ketahui setelah selesai membaca artikel ini. Teruskan membaca jika kamu ingin perusahaanmu dikenal masyarakat secara luas!

company profile adalah
Sumber: Envato

Company Profile adalah

Penyampaian sebuah company profile suatu perusahaan kepada orang atau pihak lain merupakan kunci mengenalkan hingga meyakinkan kalangan luas terhadap perusahaan. Company profile adalah bentuk profesionalisme yang secara tidak langsung diharapkan oleh pihak lain. Satu-satunya cara mengenalkan perusahaan secara “resmi” adalah dengan memberikan company profile. 

Company profile adalah ringkasan komprehensif dari suatu perusahaan. Umumnya bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Profil perusahaan juga biasanya memuat sejarah, nilai, dan keunggulannya, dengan harapan banyak orang akan tertarik untuk mencoba produk dan layanannya.

Singkatnya, company profile adalah ringkasan untuk menyampaikan informasi tentang keberadaan suatu perusahaan secara detail. Dengan demikian, dapat meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap suatu perusahaan. Selain itu, profil perusahaan juga penting dalam menarik pengakuan investor.

Saat ini, telah terbentuk sebuah persepsi di kalangan masyarakat bahwa adanya company profile menunjukan bahwa perusahaan tersebut profesional. Mereka pasti akan meminta company profile sebelum memutuskan bekerja sama dengan perusahaanmu apalagi dengan value kerjasama yang besar. 

So, jangan sampai kamu tidak punya company profile dan ketika ada pihak yang mengajak kerja sama dengan perusahaanmu, kamu ngebut membuat company profile dalam semalam. Jangan deh, bisa jadi hasilnya tidak maksimal. Nah, mending mulai sekarang aja bikin nya. Di artikel ini Domainesia bakal kasih tahu secara lengkap bagaimana cara membuat company profile!

Pahami fungsi company profile

Perusahaan yang ingin berkembang secara konsisten pasti akan membuat company profile dengan baik dan menarik. Mengapa demikian? Dengan mengetahui fungsi company profile kamu pasti akan paham mengapa itu bisa terjadi. Inilah beberapa fungsi company profile:

company profile adalah
Sumber: Envato

1. Mengenalkan perusahaan

Fungsi inilah yang paling utama. Fungsi company profile adalah sebagai media mengenalkan perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki company profile, bagaimana mereka mengetahui detail perusahaanmu? Pihak lain akan mengetahui sejarah perusahaan, produk yang dijual, cerita pelanggan, keunggulan, dan segala hal yang menurut perusahaan perlu untuk diketahui oleh masyarakat.

Membangun citra perusahaan

Company profile adalah sarana perusahaan untuk membangun citra. Perusahaanmu akan dikenal sebagai perusahaan yang inovatif, perusahaan yang memiliki produk yang murah namun berkualitas, perusahaan yang memiliki banyak cerita sukses pelanggan, dan lain sebagainya. Semua hal itu bisa tergambar melalui company profile (selain melalui kinerja perusahaan itu sendiri).

Apa itu citra perusahaan

Pada dasarnya, citra perusahaan adalah gagasan yang menunjukkan siapa, apa yang dilakukan dan bagaimana melakukannya. Oleh karena itu, ini adalah salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

2. Mengapa citra perusahaan penting

Citra perusahaan akan membentuk value perusahaan dan ini sangat penting. Saat ini, kebanyakan orang mendukung perusahaan yang memiliki value yang sama dengan mereka. Bahkan, value perusahaan seringkali menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian seseorang. Data menyebutkan bahwa 83% milenial merasa penting untuk membeli dari perusahaan yang selaras dengan nilai-nilai mereka.

3. Media promosi dan partnership

Fungsi company profile adalah sebagai media promosi dan partnership. Hal ini dikarenakan dalam company profile memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Company profile yang dibangun dengan sungguh-sungguh akan menarik perhatian calon pelanggan untuk lebih memahami tentang perusahaan dan produk atau jasa yang ditawarkan. 


Selain itu, sebagai langkah awal untuk berkolaborasi dengan pihak lain, biasanya mereka akan mempertimbangkan perusahaanmu dengan membaca company profile yang dimiliki perusahaan. Baik itu kerjasama antar perusahaan ataupun investasi, mereka akan selalu mempertimbangkan berdasarkan company profile.

Cari tahu contoh company profile

Tentunya ada beragam contoh company profile. Beberapa contoh company profile telah dirangkum oleh Domainesia. Apa saja contoh company profile tersebut? Berikut ini contoh company profile yang dapat kamu gunakan sebagai referensi

Starbuck

company profile adalah
Sumber: Starbucks

Bagi Starbuck, company profile adalah hal vital. Starbuck memiliki semuanya dalam company profile nya, mulai dari misi perusahaan, cerita latar belakang, produk, suasana toko, dan bahkan cerita masyarakat mengenai nama tersebut. Mereka entah bagaimana berhasil terdengar authentic

Gojek

company profile adalah
Sumber: Gojek

Walaupun Gojek lebih dikenal melalui aplikasinya yang membuat sebuah distrupsi dalam bidang transportasi, namun Gojek sangat perlu untuk memiliki company profile yang menarik untuk mendapatkan investor. Sebagai startup teknologi yang sangat terkenal, mereka lebih memperkenalkan perusahaan dengan company profile yang dapat diakses melalui website. 

Aqua

company profile adalah
Sumber: Aqua

Sejak kecil kamu pasti sudah familiar dengan produk aqua. Kebanyakan dari kamu mengetahui Aqua melalui iklan di saluran televisi. Memang Aqua tergolong baik dalam melakukan promosi, namun segala cerita serta aktivitas yang dilakukan perusahaan ini tentu tidak dapat seluruhnya ditayangkan dalam iklan. Mereka juga memanfaatkan company profile untuk menampilkan informasi detail baik bagi pengguna maupun pihak lain untuk berkolaborasi. 

Bank Jago

company profile adalah
Sumber: Jago

Sebagai sebuah perusahaan keuangan alias bank, Bank Jago tentu sangat membutuhkan company profile untuk menunjang kinerja perusahaan. Calon nasabah tentu akan berpikir dua kali untuk memutuskan bank mana yang cocok dan terpercaya bagi mereka untuk menyimpan uang mereka. 

Tips cara membuat company profile

Setelah kamu mendapatkan beberapa referensi contoh company profile, saatnya bagi kamu untuk mengetahui cara membuat company profile. Tak perlu khawatir, mudah kok untuk membuatnya. Berikut tips cara membuat company profile:

1. Tentukan gaya atau ciri khas perusahaan

Cara kamu mempresentasikan perusahaan secara signifikan mempengaruhi seberapa sukses company profile tersebut. Sangat penting bahwa gaya menawarkan memiliki keunikan yang sesuai dengan bidang perusahaan dan mendorong audience untuk terlibat dengannya.Misalnya, tetap menggunakan format tradisional untuk kantor yang bergerak di bidang akuntan. 

Di sisi lain, jika kamu berada di perusahaan fashion atau pemasaran media sosial, disarankan untuk menjadi kreatif dan memberikan visual yang menarik. Jangan takut untuk bereksperimen atau menjadi liar dengan ide-ide kamu selama mereka beresonansi dengan audience target.

2. Cari media yang tepat

Cara membuat company profile berikutnya adalah dengan memilih media yang tepat untuk membuat dan menampilkannya. Ada beberapa pilihan media diantaranya adalah media cetak. Ini tentu mengharuskanmu untuk membuatnya seperti buku yang didalamnya memuat detail informasi perusahaan. Kamu juga bisa membuatnya hanya terdiri dari sedikit halaman.

Kedua, buat dengan media elektronik. Ini yang lebih populer dan efektif saat ini. Kebanyakan perusahaan telah mengalihkan company profile di media cetak menjadi dalam bentuk website atau format pdf. 

Membuat website company profile adalah hal yang mudah. Kamu bisa belajar secara otodidak melalui sumber yang beredar di internet dan itu sangat banyak. Tenang, sumber yang ada biasanya membahas cara membuat website bagi pemula sehingga jangan khawatir jika belum memiliki keahlian dalam bidang ini.

3. Ceritakan sejarah singkat perusahaan

Untuk membuat sejarah, kamu harus membuatnya dalam urutan kronologis. Jika tidak, itu akan membingungkan pembaca. Kamu dapat melakukannya dalam format paragraf atau garis waktu. Tips lain yang perlu diingat adalah, “lebih sedikit tapi lebih banyak”. Meskipun tergoda untuk membagikan semua pencapaian perusahaan, tetap berpegang pada yang utama untuk menghindari membuat pembaca kewalahan.

4. Berikan unique selling proposition perusahaan

Memberitahu audience tentang hal unik yang dimiliki perusahaan atau produk adalah suatu keharusan. Jika perusahaan memiliki banyak kompetitor maka unique selling proposition (USP) ini menjadi alasan bagi mereka pada akhirnya tertarik untuk berkolaborasi dengan perusahaanmu.

5. Beritahu produk unggulan perusahaan

Cara membuat company profile selanjutnya adalah menjelaskan apa yang ditawarkan perusahaan. Kamu dapat memilih beberapa produk atau layanan terbaik dan memberikan deskripsi mendalam tentang itu.

company profile adalah
Sumber: Envato

6. Ceritakan customer story atau testimoni

Beritahu bahwa perusahaanmu telah banyak membantu menyelesaikan masalah banyak pelanggan dengan solusi yang ditawarkan perusahaanmu. Jika kamu adalah bisnis B2C, cukup sertakan beberapa kutipan terbaik pelanggan. Namun jika kamu adalah bisnis B2B, tampilkan kesaksian dari pelanggan paling terkenal yang bekerjasama dengan perusahaanmu.

7. Berikan informasi kontak yang lengkap

Ini adalah salah satu bagian terpenting dari company profile. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu tujuan company profile adalah untuk promosi dan partnership. Sertakan semua kemungkinan cara prospek perusahaan kamu dapat menjangkaunya. Ini mungkin termasuk profil media sosial, alamat website, nomor telepon, email, dan alamat fisik.

Saatnya perusahaanmu lebih dikenal!

Sudah sadar bagaimana pentingnya company profile bagi perusahaanmu? Company profile adalah hal penting yang harus dimiliki suatu perusahaanmu. Company profile adalah ringkasan komprehensif dari suatu perusahaan. Fungsi company profile adalah sebagai media mengenalkan perusahaan, membangun citra, dan media promosi dan partnership. Tentunya ini saatnya kamu dan perusahaanmu memiliki company profile untuk menambah profesionalisme dan menambah kemungkinan kerjasama. Yuk, saatnya perusahaanmu lebih dikenal!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah